Curug Sawer Bandung Barat, Keindahan Air Terjun di Cililin

Bandung dikenal sebagai Paris Van Java karena trend modenya yang selalu menjadi sorotan dan kiblat para pencinta fashion. Namun, selain fashionnya Bandung juga menyimpan keindahan alam yang sayang untuk dilewatkan.

Seperti misalnya kawasan Lembang, yang selalu dipenuhi para pelancong disetiap akhir pekan. Jalanan menuju kawasan Lembang selalu padat, begitu pun dengan penginapan dan objek wisata yang ada di kawasan tersebut.

Salah Satu Lokasi Wisata di Lembang Bandung
Salah Satu Lokasi Wisata di Lembang Bandung. Sumber: www.javatravel.net

Selain kawasan Lembang, ada juga objek wisata yang sayang untuk kamu lewatkan saat kamu berkunjung ke Bandung. Yakni Curug Sawer yang terletak di Kecamatan Cililin, Kabupaten Bandung Barat.

Curug Sawer Bandung Barat ini memiliki luas sekitar 8 hektar dan dikelilingi oleh hutan pinus yang berjajar rapih, sehingga menimbulkan kesan sejuk dan indah. Saat ini Curug Sawer Bandung Barat dikelola oleh Perhutani Cililin sejak tahun 1970-an.

Curug Sawer Bandung Barat
Curug Sawer Bandung Barat. Sumber: tempatwisatadibandung.info

Dan ternyata Curug Sawer itu bukan hanya terdapat di Bandung Barat saja, di kota-kota lain seperti Sukabumi, Bogor, Cianjur, Kuningan hingga Majalengka pun ada sebuah air terjun yang diberi nama Curug Sawer.

Kita simak yuk ulasan mengenai Curug Sawer Bandung Barat ini! Check this out!

Ragam wisata Curug Bandung Barat

Banyak hal yang dapat kamu lakukan di area Curug Sawer Bandung Barat, diantaranya yaitu :

1. Mandi di Curug Sawer

Curug Sawer memiliki tinggi yang tidak terlalu tinggi. Katanya dulu Curug Sawer memiliki tinggi sekitar 73 kilometer, namun setelah terjadi longsor di wilayah ini tinggi nya pun berubah menjadi lebih kecil.

Jika sedang musim hujan Curug Sawer mempunyai aliran air yang cukup deras, berbeda halnya jika cuaca sudah lama tidak turun hujan maka debit airnya pun menjadi berkurang.

Air yang mengalir di Curug Sawer keluar melewati himpitan batuan yang cukup besar. Dibawahnya terdapat kolam yang menampung tumpahan air tersebut. Di kolam itulah, para pengunjung biasanya mandi atau hanya merendam kakinya saja.

Mandi di Curug Sawer Bandung Barat
Mandi di Curug Sawer Bandung Barat. Sumber: liburasik.com

Menikmati kesejukan air Curug Sawer ditambah pemandangan sekitar yang masih asri dan alami membuat jiwa dan raga bisa beristirahat dari hirup pikuknya kesibukan.

2. Berkuda

Area Curug Sawer sangat luas sehingga kamu bisa mengelilinginya dengan kegiatan berkuda yang sudah disediakan oleh pengelola.

3. Outbound dan Flying Fox

Kegiatan outbound dan flying fox tak boleh kamu lewati saat berada di Curug Sawer. Untuk kamu yang ingin mencoba terbang atau berjalan di atas jembatan gantung melintasi pepohonan pinus yang berderet, kamu wajib untuk mencoba kegiatan yang satu ini.

Arena Outbound
Arena Outbound. Sumber: kataomed.com

4. Piknik

Curug Sawer berada di kawasan hutan pinus, sayang untuk kamu lewatkan kegiatan berpikinik disini. Sebelum kamu melanjutkan perjalanan menuju Curug sawer, alangkah baiknya jika kamu melakukan kegiatan piknik dibawah rimbunnya pohon pinus. Selain itu ksmu juga bisa mencoba bersantai di atas Hammock yang sudah disediakan.

Area Berkumpul Bersama Keluarga
Area Berkumpul Bersama Keluarga. Sumber: www.mediacompersada.com

5. Spot Foto

Alam selalu menyediakan spot foto yang menarik dan tiada duanya. Kamu dapat berfoto dengan berlatar pohon pinus, dan pastinya kamu juga harus berfoto dengan latar Curug Sawer itu sendiri.

Eksplor Curug Sawer
Eksplor Curug Sawer. Sumber: explorebandungbarat.com

Sejarah / Legenda Asal Mula Curug Sawer

Banyak cerita yang berkembang dimasyarakat mengenai penamaan Curug Sawer, sejauh ini belum dapat dibuktikan mana yang benar. Cerita yang berkembang yakni sebagai berikut :

1. Tempat Pernikahan

Pada zaman dahulu ada seorang sesepuh yang bernama Mbah Rangkung, beliau menikahkan anaknya di curug tersebut. Beliau menikahkan anaknya dengan menggunakan adat sunda, dimana didalam adat sunda terdapat sebuah ritual yang diberi nama “Saweran atau Nyawer”.

Saweran atau Nyawer merupakan sebuah tradisi sunda yang dilakukan oleh sepasang pengantin yang baru selesai melakukan ijab qabul. Setelah selesai ijab qabul mereka akan melemparkan koin, uang, atau beras sebagai simbol berbagi rezeki dari kedua mempelai kepada para tamu undangan yang hadir.

Setelah upacara pernikahan anak dari Mbah Rangkung tersebut, maka kemudian Curug ini sering disebut warga sekitar dengan nama Curug Sawer.

2. Tempat Bertemunya Muda Mudi

Cerita yang berkembang selanjutnya ialah bahwa tempat ini sering dijadikan tempat bertemunya sepasang muda mudi yang sedang menjalin kasih. Dan mereka yang bertemu disini selalu berakhir dengan pernikahan. Maka dari situ, kemudian Curug ini diberi nama Curug Sawer.

Entah cerita mana yang sebenarnya melatarbelakangi penamaan Curug Sawer ini, namun yang pasti Curug ini menghadirkan keindahan yang sayang untuk dilewatkan.

Mitos Yang Berkembang Di Curug Sawer

Selain kisah penamaannya yang menarik perhatian, ada hal lain yang akan lebih membuat kamu penasaran. Yakni hadirnya mitos yang berkembang berkenaan dengan Curug Sawer ini.

Mitos tersebut ialah barangsiapa yang datang ke Curug Sawer ditemani bersama pasangannya, maka hubungan mereka akan langgeng sampai ke jenjang pernikahan. Selain itu ada juga mitos yang mengatakan bahwa barang siapa yang mandi di aliran air Curug Sawer, dapat menjadikan kamu lebih awet muda dan untuk kamu yang masih jomblo kamu akan segera bertemu dengan jodohnya.

Penasaran dengan mitos tersebut? Silahkan kamu datang ke Curug Sawer dan mencobanya sendiri.

Lokasi Dan Alamat Curug Sawer Bandung Barat

Lokasi dan alamat Curug Sawer Bandung Barat terletak di Cililin Gabus Girang, Desa Karangtanjung, Kecamatan Cililin, Kabupaten Bandung Barat, Provinsi Jawa Barat, Kode Pos 40562.

Jam Operasional Curug Sawer Bandung Barat

Jam Operasional Curug Sawer Bandung Barat dibuka mulai Pukul 08.00 WIB sampai Pukul 17.00 WIB. Dari hari Senin sampai dengan hari Minggu.

Rute Menuju Curug Sawer Bandung Barat

  • Rute menuju Curug Sawer Bandung Barat, tidaklah terlalu sulit. Jika kamu bergerak dari Kota Bandung kamu akan menempuh perjalanan selama kurang lebih 1 jam.
  • Untuk kamu yang datang dari Jakarta setelah keluar dari pintu tol Padalarang lanjutkan perjalananmu ke arah Batujajar sampai akhirnya kamu berada di Jalan Raya Cililin. Setalah kamu berada di Jalan Raya Cililin kamu akan menempuh perjalanan sejauh 2,5 kilometer lagi, dan kamu akan menemukan gerbang masuk yang bertuliskan Wahana Wisata Curug Sawer.

Tiket Masuk Curug Sawer

  • Untuk tiket masuk Curug Sawer kamu cukup membayarkan uang sebesar Rp. 7.500,-  per orangnya.
  • Untuk parkir kendaraan bermotor kamu harus membayar Rp. 2.500,- per unitnya.
  • Sedangkan untuk kendaraan mobil harus membayar sebesar Rp. 5.000,- per unitnya.

Fasilitas Yang Tersedia di Curug Sawer Bandung Barat

Fasilitas yang tersedia di Curug Sawer Bandung Barat, sudah terbilang lengkap dengan tersedianya :

  • Area Parkir
  • Tiolet Umum
  • Saung untuk kamu beristirahat
  • Mushola
  • Hammock untuk kamu yang ingin bersantai sekaligus selfie.

Tips Wisata

Ada beberapa tips nih untuk kamu simak jika kamu akan berkunjung ke Curug Sawer Bandung Barat ini :

  • Bawalah baju ganti dan perlengkapan lainnya untuk kamu yang ingin mandi di Curug Sawer.
  • Gunakan alas kaki yang nyaman, karena kamu akan melakukan treking menuju Curug Sawer.
  • Jika ingin membawa anak-anak alangkah baiknya perhatikan baik-baik, karena pada jalanan treking menanjak dan menurun.
  • Bawalah persediaan minuman yang cukup, untuk bekal kamu di perjalanan.
  • Jaga selalu kebersihan tempat yang kamu datangi.

Penutup

Kejadian alam memang penuh dengan misteri. Dimulai dengan proses terbentuknya, letak keberadaan tempatnya, bahkan sejarah dibalik penamaannya. Dan kemampuan kita tidak akan pernah sanggup untuk mengolahnya.

Biarlah kisah dan mitos dibalik penamaan Curug Sawer Bandung Barat ini menjadi sebuah cerita sejarah yang harus kita junjung tinggi. Tugas kita sekarang ialah, kita harus menjaga dan melestarikan keindahan alam yang sudah diberikan Tuhan melalui Curug Sawer Bandung Barat ini.

Siapkan foto terbaikmu saat di Curug Sawer Bandung Barat, ya!

Baca juga:

Leave a Comment