Curug Sawer Sukabumi, Tiket, Ragam Wisata Seru Keindahan Alam Yang Dibalut Modernisasi

Sukabumi sekarang mempunyai tempat wisata yang asri, modern, juga sangat indah. Perpaduan antara alam dengan modernisasi menjadi sesuatu yang menakjubkan.

Tempat wisata ini berada di Kawasan Pegunungan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, yakni Curug Sawer namanya.

Nama Curug Sawer memang bukan hanya ada di Sukabumi saja, melainkan ada juga di Tasikmalaya, di Bogor juga Bandung.

Meskipun namanya sama, namun pastinya memiliki karakteristik curug yang berbeda. Berikut ulasan lebih jauh mengenai Curug Sawer Sukabumi, check this out!

Trekking Menuju Curug Sawer Sukabumi

Untuk menuju Curug Sawer Sukabumi, para pengunjung biasanya dengan melewati Situ Gunung Suspension Bridge atau Jembatan Gantung Situ Gunung terlebih dahulu. Karena jembatan tersebut memberikan kamu pengalaman yang luar biasa.

Setelah melewati jembatan gantung tersebut kamu harus melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki diatas jalur bebatuan yang sudah dipadatkan, dengan terdapat pegangan di sebelah kanan jalannya.

Jalur Trekking Menuju Curug Sawer
Jalur Trekking Menuju Curug Sawer. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Jalurnya dipenuhi dengan turunan yang cukup curam, namun dihiasi pemandangan yang sangat indah dan masih sangat alami.

Kemudian sebelum menuju Curug Sawer Sukabumi kamu akan menemukan beberapa penjual souvenir dan area foodcourt. Akhirnya tibalah kamu di area Curug Sawer Sukabumi.

Area Curug Sawer
Area Curug Sawer. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Jalur trekking menuju Curug Sawer Sukabumi dari Jembatan Gantung Situ Gunung memakan waktu sekitar 30 menit sampai 1 jam lamanya. Jalurnya bisa dilalui oleh anak-anak maupun orang tua.

Pesona Keindahan Curug Sawer Sukabumi

Curug Sawer Sukabumi berada di kawasan Gunung Gede Pangrango, sehingga dikelilingi oleh pepohonan yang masih lebat dan berdiri kokoh.

Curug Sawer Sukabumi
Curug Sawer Sukabumi. Sumber: id.pinterest.com

Ketinggian Curug Sawer Sukabumi sekitar 35 meter, mengalirkan air dengan derasnya dibalik tebing batu yang dihiasi tumbuhan merambat di kiri dan kanannya.

Air yang dialirkan sangat jernih juga berwarna putih, jatuh ke kolam alami yang berada di bawahnya dengan menghasilkan angin yang disertai gemercik air. Airnya terus mengalir menuju sungai yang dihiasi bebatuan.

Ragam wisata Curug Sawer Sukabumi

Ragam wisata seru yang dapat dilakukan di Curug Sawer Sukabumi ialah:

1. Menikmati Keindahan Alam

Area Curug Sawer Sukabumi sangat asri, masih dipenuhi oleh pepohonan yang rindang serta udara yang sangat segar juga sejuk.

Suara deburan air curugnya cukup deras, mampu menenangkan jiwa yang dipenuhi kepenatan. Dengan duduk di depan curug sambil melihat ke sekeliling, menambah rasa syukur dan takjub akan ciptaan Tuhan.

2. Bermain Air

Kamu dilarang mandi tepat di kolam tempat jatuhnya air, karena arusnya cukup deras dan tidak aman untukmu. Kamu dapat bermain air di sekitar aliran air, dengan bebatuan yang berserakan.

Bermain Air Curug Sawer
Bermain Air Curug Sawer. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Jika mendatangi sebuah tempat wisata air tak lengkap rasanya jika kita tidak merasakan segarnya air yang dialirkan. Merasakan kesegaran air pegunungan menyentuh badanmu, namun kamu harus siap dengan suhunya yang dingin.

Di atas aliran sungainya terdapat sebuah jembatan, yang dapat kamu gunakan untuk mendekati area curug dengan tetap kering. Dari atas jembatan kamu dapat merasakan hempasan angin akibat deburan air Curug Sawer Sukabumi.

Menikmati Curug Dari Atas Jembatan
Menikmati Curug Dari Atas Jembatan. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

3. Hunting Foto

Ragam wisata kali ini merupakan sebuah keharusan, yakni hunting spot foto terbaik untuk kamu posting di Facebook, Instagram, maupun jadi status di Whatsapp.

4. Glamping

Glamping merupakan akronim dari Glamorous Camping, yang artinya kegiatan kemping yang mewah. Tak seperti camping pada umumnya yang harus tidur didalam tenda, dengan fasilitas seadanya.

Area Glamping
Area Glamping. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Glamping merupakan kegiatan camping dengan fasilitas yang memadai, dan kamu tak perlu repot-repot untuk mendirikan tenda.

Tak jauh dari Curug Sawer Sukabumi terdapat sebuah area glamping yang cukup luas, kamu bisa menikmati malam hari dengan suasana pegunungan dan suara aliran air sepanjang malam.

5. Melewati Situ Gunung Suspension Bridge atau Jembatan Gantung Situ Gunung

Situ Gunung Suspension Bridge merupakan sebuah jembatan gantung dengan panjang 243 meter dan lebar 18 meter. Dan katanya merupakan jembatan gantung terpanjang yang ada di Asia.

Jangan khawatir apalagi takut ketika melintasi jembatan gantung ini, karena sebelum menyebrangi jembatan kamu akan diberikan sebuah ikat pingang yang dapat disematkan ke sebuah tali yang ada di sepanjang jembatan.

Situ Gunung Suspension Bridge
Situ Gunung Suspension Bridge. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Pijakan jembatan pun terbuat dari kayu ulin yang didatangkan langsung dari Papua, jenis kayu ini sangat kuat. Situ Gunung Suspension Bridge dapat menampung sekitar 60 orang dalam satu waktu.

Berada diketinggian 161 meter di atas permukaan tanah, kamu dapat melihat lebih jauh keindahan alam yang tersaji. Terkadang kabut akan datang menghampiri.

Sejarah / legenda Penamaan Curug Sawer

Pada zaman dahulu kala area curug ini selalu digunakan untuk ritual upacara mistis, karena itulah Curug Sawer selain terkenal karena keindahan alamya juga terkenal karena keangkerannya.

Konon nama Curug Sawer ini tercipta setelah seseorang yang tinggal di kaki Gunung Ciremai, beliau sangat sakti, menyelenggarakan Upacara Saweran di Sungai Cipada.

Upacara Saweran tersebut dengan maksud untuk mendapatkan berkah bagi dirinya dan keturunannya. Kemudian beliau bertapa selama bertahun-tahun di area curug ini hingga wafat.

Berdasarkan cerita yang berkembang jasad petapa tersebut tidak hancur menjadi tanah melainkan berubah menjadi ular raksasa yang hidup secara gaib.

Meskipun katanya angker, tapi Curug Sawer Sukabumi sangat indah sayang untuk dilewatkan. Cerita yang sudah berkembang tersebut, biarlah menjadi cerita yang harus kita hargai dan hormati.

Lokasi Dan Alamat Curug Sawer Sukabumi

Lokasi Curug Sawer Sukabumi berada di Kawasan Pegunungan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango.

Alamat lengkapnya terletak di Desa Gedepangrango, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Rute Menuju Curug Sawer Sukabumi

Rute menuju Curug Sawer Sukabumi ketika kamu sudah melewati Masjid Agung Kota Sukabumi terus lajukan kendaraanmu menuju Jl. Arif Rahman, kemudian menuju Jl.Babakan Sirna lalu belok kanan.

Setelah tiba di perempatan jalan belok ke arah kiri. Lalu kamu akan bertemu alun-alun, arahkan kendaraanmu untuk belok kanan menuju ke Jl. Surya Kencana, lurus terus untuk menuju Jl. Cimumpang.

Tiket Masuk Curug Sawer Sukabumi

Tiket masuk menuju Curug Sawer Sukabumi jika kamu melewati Situ Gunung Suspension Bridge, sebagai berikut:

  • Tiket masuk Taman Nasional Gunung Gede Pangrango weekday  : Rp. 16.000,-
  • Tiket masuk Taman Nasional gunung Gede Pangrango weekend  : Rp. 18.500,-
  • Paket wisata Reguler                                                                        : Rp. 70.000,-  (Curug Sawer, Situ Gunung Suspension Bridge 1x balikan, welcome drink, masker)
  • Paket wisata VIP                                                                               : Rp. 100.000,- (curug Sawer, Situ Gunung Suspension Bridge bolak balik, welcome drink, masker, kendaraan antar jemput)

Ya, khusus untuk pemegang tiket VIP akan diantarkan menuju Curug Sawer tanpa harus lelah berjalan.

Jam Operasional Curug Sawer Sukabumi

Jam operasional Curug Sawer Sukabumi dibuka setiap hari, mulai pukul 07.00 pagi sampai dengan pukul 18.00 sore. Waktu terbaik ialah ketika pagi hari serta cuaca yang cerah.

Fasilitas Curug Sawer Sukabumi

Fasilitas yang ada di area Curug Sawer Sukabumi cukup lengkap, yakni dengan adanya:

  • Area parkir
  • Area food court
  • Toilet
  • Mushola
  • Area camping

Tips Wisata

Berikut saya sampaikan beberapa tips wisata sebagai bahan referensi untuk kamu yang hendak mengunjungi Curug Sawer Sukabumi, yakni:

  • Karena kamu akan mengunjungi alam, cuaca yang cerah adalah waktu terbaik.
  • Gunakan alas kaki yang nyaman dan tidak licin.
  • Jaga selalu kebersihan dan keasrian lokasi Curug Sawer Sukabumi.
  • Hindari perbuatan yang dapat merugikan diri sendiri dan orang lain.
  • Siapkan gadget kamu untuk mengabadikan keindahan Curug Sawer Sukabumi.

Penutup

Masa pandemi Covid-19 ini kita lebih banyak menghabiskan waktu di rumah, berbagai aktivitas yang biasa kita lakukan sudah tak bisa seperti dulu lagi.

Menikmati keindahan alam merupakan obat terbaik untuk melepaskan rasa penat dalam diri, apalagi ditambah dengan kemudahan akses menuju lokasi.

Curug Sawer Sukabumi harus kamu datangi bersama dengan anggota keluarga atau teman komunitas yang dimiliki.

Jangan lupa siapkan foto terbaikmu ketika berada di Curug Sawer Sukabumi, ya!


Leave a Comment