Curug Sibiting, Si Cantik Di Balik Kebun Teh Batang

|

Curug Sibiting adalah wisata Blado Batang yang menyajikan pesona air terjun yang masih asri, alias belum banyak mendapatkan sentuhan kreasi tangan manusia.

Curug Sibiting lokasinya terletak di balik indahya hamparan kebun teh Kalitengah, serta dekat dengan wisata lainnya yang populer dan hits di Batang, yaitu Kembanglangit Park.

curug sibiting
curug sibiting. google maps. sumber: Rembulan Permata Octaria

Kabupaten Batang adalah salah-satu kabupaten di Jawa Tengah yang memiliki banyak objek wisata air terjun. Bahkan salah-satu air terjun tertinggi di Jawa Tengah lokasinya berada di Batang.

Biasanya yang menjadi ciri sebuah daerah memiliki banyak air terjun adalah letak geografisnya dikelilingi oleh pegunungan yang masih ditumbuhi oleh pohon-pohon besar, atau serapan airnya besar.

Maka jangan heran jika pembahasan tempat wisata di Batang banyak diulas tentang air terjun, curug, atau coban. Seperti review yang akan kami sajikan saat ini, yaitu Curug Sibiting Blado Batang.

Simak juga: Curug Lojahan

Lokasi Curug Sibiting

  • Lokasi Curug Sibiting terletak di belakang, dan area bawah perkebunan teh Kalitengah.
  • Alamat Curug Sibiting berada di Desa Kalitengah, Kecamatan Blado, Kabupaten Batang, Provinsi Jawa Tengah.

Simak juga: Wisata Alam Sikembang

Rute Menuju Curug Sibiting

rute melewati perkebunan teh
rute melewati perkebunan teh. google maps. sumber: Kholiq Faizin

Sangat direkomendasikan jika ingin berkujung ke Curug Sibiting ditemani oleh orang yang pernah berkunjung ke objek wisata tersebut.

Sepintas bakalan sedikit bingung terkait pintu masuk ke objek wisata Curug Sibiting, karena minimnya papan atau landmark curug tersebut.

Patokannya setelah objek wisata Kembanglangit Park, dan setelah jembatan. Tidak lama berselang para pengunjung akan sampai di kawasan perkebunan teh.

Jarak tempuh dari Alun-Alun Kabupaten Batang ke Curug Sibiting sekitar 32 kilometer, dengan waktu tempuh hanya 1 jam perjalanan hingga lokasi parkiran.

Simak juga: Curug Gombong

Trekking Menuju Curug Sibiting

trekking menuju curug sibiting
trekking menuju curug sibiting. google maps. sumber: putrabatangcity Ahmad

Trekking menuju lokasi utama Curug Sibiting Batang setidaknya akan menghabiskan waktu sekitar 15 – 20 menit berjalan kaki. Trekking pertama akan melewati area perkebunan teh.

Kondisi jalur trekkingnya masih berbentuk tanah dan bebatuan. Setelah melewati area kebun teh, maka akan mulai memasuki jalan setapak yang banyak ditumbuhi oleh rerumputan.

Kondisi jalur mayoritas adalah turunan yang dipayungi oleh pohon-pohon besar yang memberikan keteduhan. Lokasi Curug Sibiting terasa semakin dekat saat anda mulai dekat dengan suara aliran sungai.

Simak juga: Curug Sigenting

Harga Tiket Masuk Curug Sibiting

  • Tiket masuk Curug Sibiting gratis.

Jam Buka Curug Sibiting

  • Tidak ada kerentuan resmi terkait jam buka, atau jam operasional Curug Sibiting Kalitengah Blado Batang.

Fasilitas Curug Sibiting

Fasilitas di Curug Sibiting hanya tersedia area parkir saja. oleh karena itu para pengunjung harus mempersiapkan perbekalan sebelumnya, serta alat-alat yang diperlukan.

Simak juga: Curug Putri

Daya Tarik Curug Sibiting

1. Curug Cantik Yang Masih Asri

lokasi utama curug sibiting
lokasi utama curug sibiting. google maps. sumber: Nur Hasyim

Curug Sibiting menyajikan view air terjun yang sedikit berundak dengan kondisi air yang masih terjaga kebersihannya. Debit airnya sangat dipengaruhi oleh musim.

Oleh karena itu pertimbangkan juga faktor cuaca saat hendak berangkat ke sana. Apalagi aliran air dari kolam utamanya akan langsung menuju sungai.

Curug Sibiting meskipun tidak terlalu tinggi, tetapi mampu menghadirkan latar foto yang keren. Bahkan para pengunjung bisa mendekat ke lokasi kolam utama.

Area di sekiling curug didominasi oleh bebatuan, serta hutan yang masih asri. Banyak tempat (bebatuan) yang bisa dijadikan lokasi untuk menikmati makanan, atau secangkir kopi panas.

2. Kebun Teh

view kebun teh
view kebun teh. google maps. sumber: Ogidugal 003

Bagi anda yang hobi hunting foto, maka kawasan perkebunan teh sebelum curug bisa dijadikan sebagai latar. Udara di kawasan tersebut sangat sejuk dan dikelilingi view pegunungan.

Penutup

Karena minimnya fasilitas di Curug Sibiting, maka para pengunjung dilarang keras membuang sampah sembarangan !!!.