Curug Silangit, Wisata Lengkap di Desa Somongari, Purworejo

Di Purworejo, Jawa Tengah terdapat sebuah desa wisata yang selalu ramai dikunjungi para wisatawan. Desa tersebut berada dikawasan Perbukitan Menoreh yang terkenal memiliki alam yang masih asri dan indah.

Desa itu bernama Desa Somongari yang terletak di Kecamatan Kaligesing. Di desa Somongari terdapat wisata air berupa air terjun yang mempunyai keunikan tersendiri.

Air terjun tersebut bernama Curug Silangit yang menjulang tinggi dan mengalirkan air diantara pepohonan yang masih rindang.

Berikut ulasan lengkap mengenai Curug Silangit, check this out!

Trekking Menuju Curug Silangit

Sebuah curug atau air terjun selalu mempunyai trekking tersendiri, ada yang mudah dilalui adapula yang harus melewati medan yang berat dan mengeluarkan peluh yang cukup menguras tenaga.

Trekking yang akan kamu lalui untuk sampai menikmati Curug Silangit terbilang mudah dan tidak perlu mengeluarkan tenaga yang ekstra.

Perjalanan yang akan kamu lakukan kurang lebih sejauh 100 meter saja, dengan jalur trekking yang sudah ditandai dengan jalanan yang telah dicor.

Trekking Menuju Curug Silangit
Trekking Menuju Curug Silangit. Sumber: spadepicnic.wordpress.com

Kamu hanya tinggal mengikuti jalan itu saja, tanjakan dan turunan yang curam tidak akan kamu temukan yang akan kamu temukan hanyalah keindahan hamparan hutan Menoreh yang masih sangat asri.

Ditengah perjalanan kamu akan melewati sebuah jembatan yang terbuat dari bambu, tenang saja jembatannya aman untuk kamu lalui ko.

Sebuah Jembatan Sederhana Yang Harus Kamu Lalui
Sebuah Jembatan Sederhana Yang Harus Kamu Lalui. Sumber: spadepicnic.wordpress.com

Tanda bahwa Curug Silangit akan segera kamu dapati ialah kamu mulai berjalan dipinggiran sungai yang mengalirkan air yang berasal dari Curug Silangit.

Jalanannya pun sudah mulai berupa tanah, semakin dekat mendekati Curug Silangit kamu akan semakin jelas mendengar suara deburan aliran airnya.

Trekking yang kamu lakukan tidak akan terasa dengan hamparan keindahan hutan yang selalu menemani disepanjang perjalanan. Hawa sejuk selalu kamu hirup diiringi dengan nyanyian serangga yang silih bersahutan.

Pesona Keindahan Curug Silangit

Menurut warga sekitar Curug yang ada di Perbukitan Menoreh ini terdiri dari 3 tingkatan curug atau air terjun. Curug yang paling bawah bernama Curug Siklotok yang memiliki tinggi sekitar 10 meter.

Papan Yang Menyambut Kedatanganmu
Papan Yang Menyambut Kedatanganmu. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Ada pula Curug kedua yang letaknya berada di tengah dengan memiliki ketinggian sekitar tinggi pohon kelapa, sedangkan yang paling atas adalah Curug Silangit itu sendiri yang memiliki ketinggian sekitar 30 meter.

Air yang mengalir di Curug Silangit berasal dari sebuah bukit di dusun Sijanur. Aliran air terjunnya mengalir melalui tebing batu yang berada di tengah pepohonan yang cukup rindang. Airnya menyebar diberbagai penjuru tebing, mengalirkan air yang sangat jernih serta bersih.

Kamu dapat melihat biasan pelangi dibawah Curug Silangit, hal tersebut terjadi jika kamu beruntung. Terdapat kolam yang cukup dangkal yang bisa digunakan oleh anak-anak, selain itu pengelola telah membuatkan beberapa pancuran dibawah kolam tersebut.

Pancuran Yang Mengalirkan Air Curug Silangit
Pancuran Yang Mengalirkan Air Curug Silangit. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Perjalanan yang kamu lakukan tidaklah sia-sia, karena keindahan dan kesegaran alam Curug Silangit dapat membuat jiwa dan ragamu kembali ke titik nol.

Ragam wisata di Curug Silangit

Banyak ragam wisata yang dapat kamu lakukan ketika berada di Curug Silangit, diantaranya yakni:

1. Berenang

Jika kamu berkunjung ke tempat wisata air, pasti hal pertama yang akan kamu lakukan ialah merasakan airnya dengan cara berenang di kolamnya.

Merasakan Kesegaran Curug Silangit
Merasakan Kesegaran Curug Silangit. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Kolam alami Curug Silangit memiliki kedalaman yang cukup dalam, yakni sekitar 5 meter. Untuk kamu yang kurang mahir berenang lebih baik hindari berenang di kolam ini.

2. Bermain Air

Untuk kamu yang membawa anak-anak jangan khawatir, mereka masih bisa bermain air di kolam yang tak terlalu dalam. Lokasinya ada berdampingan dengan kolam penampungan air Curug Silangit.

Bermain Air Curug Silangit
Bermain Air Curug Silangit. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Airnya sangat jernih dan bersih hingga kamu dapat melihat ke dasar kolamnya. Kesegaran airnya dapat menghilangkan rasa lelah setelah melakukan trekking menuju Curug Silangit.

3. Spot Foto

Keindahan Curug Silangit selalu menjadi buruan para pencinta selfie, kemudian mereka akan menguploadnya ke media sosial mereka. Dan membiarkan orang lain ikut menikmati keindahan Curug Silangit.

Berfoto BersamaKeindahan Curug Silangit
Berfoto Bersama Keindahan Curug Silangit. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Keindahan alam memang selalu menjadi pusat perhatian dan background foto terbaik yang dapat menarik rasa penasaran mereka yang melihatnya.

Lokasi Dan Alamat Curug Silangit

Lokasi Curug Silangit berada di Perbukitan Menoreh, tepatnya terletak di alamat Desa Somongari Kecamatan Kaligesing, Kabupaten Purworejo, Provinsi  Jawa Tengah.

Rute Menuju Curug Silangit

Rute menuju Curug Silangit terbilang mudah dilalui, jalan raya yang dilalui sudah beraspal dan mulus. Namun layaknya perjalanan menuju sebuah pegunungan, pastilah kamu akan menemukan jalanan yang berkelok-kelok.

Jika kamu bergerak dari pusat kota Purworejo, kamu akan menempuh perjalanan sejauh 16 km menuju ke arah timur. Kamu harus mengarahkan kendaraanmu menuju Desa Cangkrep Lor kemudian tetap berada di J. Nyi Bagelen.

Setelah berada di simpang tiga Desa Cangkrep Lor lajukan kendaraanmu menuju Desa Somongari, yang jaraknya sekitar 5 km lagi. Setelah itu kamu akan memasuki area perkampungan warga.

Jika kamu menggunakan kendaraan roda empat kamu harus memarkirkannya di balai desa Somongari, sedangkan kendaraan roda dua dapat terus melaju menuju area parkir.

Tiket Masuk dan Parkir Curug Silangit

Untuk dapat menikmati keindahan Curug Silangit, kamu tidak perlu mengeluarkan uang yang sangat besar. Kamu hanya perlu mengeluarkan biaya sebesar:

  • Tiket masuk Curug Silangit    : Rp. 3.000,- per orang
  • Tiket parkir motor                   : Rp. 2.000,- per unit

Jam Operasional Curug Silangit

Jam operasional Curug Silangit selalu dibuka setiap hari mulai pukul 08.00 pagi sampai pukul 17.00 wib. Namun melihat medan yang kamu lalui minim lampu penerangan jalan, alangkah baiknya jika datang ketika matahari masih bersinar terang.

Fasilitas Curug Silangit

Fasilitas yang tersedia di area Curug Silangit ialah adanya beberapa gazebo yang bisa kamu gunakan untuk beristirahat atau menyimpan barang-barang yang kamu bawa.

Kamar mandi yang sederhana.

Wisata Kuliner

Desa Somongari merupakan sebuah kawasan desa wisata yang menghadirkan beberapa tipe wisata yang dapat kamu lakukan. Salah satunya ialah dengan berwisata kuliner mencoba buah durian maupun buah manggis sebelum melanjutkan perjalanan menuju Curug Silangit.

Kamu dapat mencoba buah durian khas Purworejo, yang bentuknya kecil namun rasanya legit sekali. Harganya pun murah karena kamu membeli dari petani duriannya langsung.

Wisata Budaya dan Sejarah Desa Somongari

Menurut catatan sejarah penulis lagu Indonesia Raya yakni W.R. Soepratman dilahirkan di Desa Somongari tepatnya di Dukuh Trembelang. Kamu bisa mengunjungi sebuah rumah dimana WR.Soepratman terlahir ke dunia.

Rumah Tempat Lahirnya W.R. Soepratman
Rumah Tempat Lahirnya W.R. Soepratman. Sumber: suaramerdekakedu.id

Selain wisata air, kuliner dan sejarah, Desa Somongari juga menawarkan sebuah wisata budaya yang selalu digelar setiap 2 tahun sekali pada hari selasa wage di bulan sapar sesuai penanggalan kalender jawa.

Tradisi tersebut biasa disebut saparan atau Jolenan. Kata Jolenan merupakan akronim dari “ ojo klalen” yang artinya jangan sampai lupa bersyukur kepada sang Pencipta karena telah memberikan kesuburan dan hasil tani yang melimpah.

Tradisi Jolenan Desa Somongari
Tradisi Jolenan Desa Somongari. Sumber: www.inibaru.id

Karena memang Desa Somongari terkenal sebagai sentra penghasil manggis dan durian yang bagus di Purworejo. Jadi tradisi Jolenan merupakan ungkapan rasa syukur kepada Tuhan atas anugrah yang telah diberikan.

Tips Wisata

Berikut saya sampaikan beberapa tips wisata untuk kamu yang hendak berkunjung ke Curug Silangit, diantaranya yakni:

  • Selalu pastikan kondisi cuaca sedang cerah, tidak mendung apalagi turun hujan.
  • Gunakan alas kaki yang nyaman digunakan untuk berjalan kaki.
  • Jika ingin berpiknik bersama anggota keluargamu, ngga ada salahnya kamu membawa makanan yang sudah disiapkan dari rumah.
  • Selalu jaga dan awasi anak-anak saat bermain air.
  • Tetap hati-hati dan waspada saat berenang.
  • Jika ingin menyaksikan tradisi Jolenan, catatlah waktunya.
  • Jaga kebersihan dan keasrian area Curug Silangit.
  • Hindari hal-hal yang dapat merugikan diri sendiri dan orang lain.
  • Siapkan gadget kamu untuk mengabadikan setiap momen yang tercipta.

Penutup

Desa Somongari wajib kamu datangi ketika berada di Purworejo, Jawa Tengah. Karena selain mempunyai keindahan wisata air yang dimiliki, kamu juga bisa melakukan kegiatan lainnya. Seperti wisata kuliner, wisata tradisi serta wisata sejarah.

Keindahan alam Curug Silangit sudah dibuktikan oleh banyak orang, hal tersebut ditandai dengan selalu banyaknya pengunjung yang datang terutama jika akhir pekan tiba.

Jangan lupa siapkan foto terbaikmu saat berada di Curug Silangit, ya!

Baca juga:

Leave a Comment