Danau Laguna, Panorama Asli Dari Lukisan di Uang Seribu Rupiah

Ternate Selatan merupakan sebuah kecamatan yang terletak di Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara. Sebuah kecamatan yang menyimpan kekayaan alam yang masih alami, belum banyak dijamah oleh tangan-tangan manusia.

Di daerah ini terdapat sebuah tempat wisata yang diabadikan kedalam sebuah gambar di mata uang Rp. 1.000,- yang bernama Danau Laguna atau disebut juga Danau Ngade, karena terletak di Desa Ngade.

Diabadikan Dalam Uang Pecahan Rp. 1000
Diabadikan Dalam Uang Pecahan Rp. 1000. Sumber: akurat.co

Danau ini memiliki suasana yang masih sangat asri dan alami, dikelilingi oleh pepohonan yang rindang. Sejauh mata memandang yang terlihat hanyalah perairan yang tenang dan indah, serta dua buah gunung yang berdiri dengan kokohnya.

Gunung Tidore dan Maitara itulah nama gunung yang kamu lihat. Untuk melihat kedua gunung tersebut lebih jelas, kamu dapat menaiki sebuah gardu pandang yang juga difungsikan sebagai spot foto.

Dari ketinggian kamu dapat melihat hamparan keindahan yang dihadirkan alam di sekitar Danau Laguna, birunya laut pun akan tampak terlihat dengan jelas.

Hamparan Alam Yang Menakjubkan
Hamparan Alam Yang Menakjubkan. Sumber: phinemo.com

Meskipun lokasi Danau Laguna berdekatan dengan laut yang berwarna biru, namun airnya tetap tawar tidak berubah menjadi asin. Warnanya pun berbeda jika kamu lihat dari ketinggian.

Selain memiliki alam yang indah Danau Laguna juga memiliki peran penting bagi masyarakat yang berbudiya ikan tawar seperti ikan nila dan ikan gurame.

Selain sector perikanan, Danau Laguna juga bermanfaat untuk pengairan area perkebunan yang dikelola oleh warga di sekitar danau.

Berikut saya ulas lebih lengkap mengenai Danau Laguna:

Lokasi Danau Laguna

Lokasi Danau Laguna atau Danau Ngade terletak tepat di kaki Gunung Gamalama Ternate, tepatnya berada di Desa Ngade, Kelurahan Fitu, Kecamatan Ternate Selatan, Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara.

Berada di Kaki Gunung Gamalama
Berada di Kaki Gunung Gamalama. Sumber: www.indonesiakaya.com

Rute Menuju Danau Laguna

Rute menuju Danau Laguna jika kamu bergerak dari pusat kota Ternate Selatan, kamu akan menempuh perjalanan kira-kira sejauh 18 km. Kamu bisa menuju Jl. Kalumata Puncak maupun melalui jalur kampus Unkhair. Jalurnya dapat dilalui oleh kendaraan motor maupun mobil.

Untuk menuju Puncak Danau Laguna kamu harus berjalan kaki sekitar 500 meter jauhnya dari area parker. Namun rasa lelah yang dirasa akan hilang seketika, dengan melihat pemandangan yang akan membuat kita takjub.

Jam Buka Danau Laguna

Danau Laguna Ngade terbuka 24 jam sepanjang pekan untuk dikunjungi. Dengan demikian pengunjung bisa leluasa mengatur waktunya sesuai dengan kesempatan yang dimiliki.

Namun demikian tidak disarankan untuk berkunjung di saat hari sudah gelap. Selain faktor hambatan untuk menikmati keindahan panorama, juga karena kurangnya penerangan di lokasi maupun di jalur menuju lokasi.

Tiket Danau Laguna

Untuk dapat menikmati Danau Laguna kamu akan dikenakan tiket sebagai berikut:

Tiket masuk                              : Rp. 5.000,- per orang

Tiket parkir roda dua               : Rp. 5.000,- per unit

Tiket parkir roda empat          : Rp. 10.000,- per unit

Keramba di danau laguna ngade.
Keramba di laguna. Image via: asrot

Simak juga: Lokasi-lokasi indah di Maluku Utara

Fasilitas Danau Laguna

Fasilitas yang ada di Danau Laguna yakni:

  • Area parkir
  • Spot foto
  • Warung makan atau restoran terapung

Daya Tarik Danau Laguna

1. Pemandangan yang indah

Simak juga: Air terjun matayangu

Senja di danau laguna ngade.
Senja di laguna. Image via: @_krllh

Pemandangan yang terhampar di sekitar Danau Laguna sudah tak diragukan lagi. Maka tak heran jika lokasi wisata ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan baik dari dalam maupun dari mancanegara.

Menikmati indahnya keajaiban tangan Tuhan, sembari diiringi kicauan burung merupakan tempat yang tepat untuk menenangkan diri. Menghilangkan semua peluh dalam diri, diganti dengan semangat yang baru.

Dengan berdiri di atas jembatan kayu, melihat dari ketinggian gradasi warna yang terlihat perbedaan warna air Danau Laguna yang berwarna hijau dengan air laut yang berwarna biru.

2. Spot Foto

Melihat Keindahan Danau Laguna Dari Ketinggian
Melihat Keindahan Danau Laguna Dari Ketinggian. Sumber: www.idntimes.com

Simak juga: Air terjun cunca Wulang

Di area Danau Laguna terdapat sebuah spot foto dengan latar keindahan danau dan alam di sekitar. Spot foto tersebut diantaranya sebuah gardu pandang yang berupa jembatan kayu serta sebuah ayunan tinggi yang cukup ekstrim.

Spot Foto Favorite
Spot Foto Favorite. Sumber: www.gotravelly.com

Jembatan kayu tersebut hanya boleh didatangi sebanyak 7 orang dalam satu waktu. Banyak pengunjung yang antri untuk di foto di ayunan, untuk menikmati spot foto tersebut pengunjung harus membayar biaya sebesar Rp. 5.000,-

3. Ikan Bakar di Atas Danau

Setelah menikmati keindahan alam Danau Laguna, kamu harus mengisi perutmu dengan menyantap ikan bakar yang fresh ditemani sambel dabu-dabu khas Ternate.

Terdapat beberapa jenis ikan yang dapat kamu nikmati, ikan-ikan tersebut merupakan hasil dari budidaya warga diatas keramba. Ikan tawar yang dibudidayakan yakni ikan mas, nila, gabus, dan mujair.

Menyantap ikan di sebuah restoran terapung, ditemani dengan keindahan yang memukau serta bercengkrama bersama teman atau keluarga merupakan sebuah pengalaman yang sangat berharga.

Selain untuk disantap, kamu dapat membeli bibit ikan untuk dipelihara di rumah. Bibit ikan tersebut dijual dengan harga Rp. 70.000/kg.

Simak juga: Air terjun Ogi

Objek Wisata Dekat Danau Laguna

1. Danau Tolire

Di Ternate Utara terdapat sepasang danau yang harus kamu coba kunjungi yakni Danau Tolire. Danau ini terdiri dari Danau Tolire Kecil berada tepat di pinggir pantai dengan airnya yang berwarna gelap, sedangkan Danau Tolire besar airnya berwarna hijau. Jarak antar keduanya sekitar 200 meter.

Bentuk dari Danau Tolire sendiri unik yakni menyerupai sebuah Loyang raksasa jika dilihat dari ketinggian. Selain memiliki bentuk yang unik, danau ini ternyata menyimpan legenda dan kisah misteri yang sampai saat ini belum terpecahkan.

Namun meskipun begitu, keindahan alamnya sungguh luar biasa. Alamnya masih sangat alami, hal tersebut ditandai dengan masih rindangnya pepohonan yang ada di sekitar danau.

2. Pantai Bubane Ici

Jika kamu ingin menikmati suasana pantai, kamu dapat mengunjungi Pantai Bubane Ici. Pantai ini terletak di Kelurahan Dorpedu, Kecamatan Pulau Ternate.

Lokasi pantainya kecil serta dipenuhi batu karang sehingga pengunjung dilarang untuk berenang di pantai. Namun kamu dapat berenang di kolam berenang yang telah disiapkan oleh pengelola.

Selain area berenang, di Pantai Bubane Ici juga terdapat warung-warung makanan di pinggir pantai dan juga telah tersedia penginapan untuk kamu yang ingin bermalam disini.

Setelah puas menikmati Pantai Bubane Ici, saatnya kamu mengisi perut dengan menu ikan bakar, yang merupakan menu wajib ketika datang ke tempat ini.

Makan di pinggir pantai sambil melihat kea rah laut lepas, ditemani suara deburan ombak yang indah adalah kesempatan yang indah yang tak mungkin datang setiap saat.

Keindahan alam yang dihadirkan Danau Laguna jangan sampai kamu lewatkan, nikmati dan rasakanlah ketenangan yang merasuk ke dalam jiwa.

Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan dan keasrian Danau Laguna, supaya keindahannya dapat terus dinikmati sampai kapanpun.

Selamat menikmati keindahan Danau Laguna, ya!


Tinggalkan komentar