Danau Lut Tawar, Eloknya Danau di Dataran Tinggi Gayo

Dataran Tinggi Gayo merupakan bagian dari Pegunungan Bukit Barisan, sehingga tak mengherankan jika memiliki keadaan alam yang luar biasa indah dan masih terjaga dengan baik.

Terdapat satu lokasi wisata yang sering dikunjungi di sini, karena memiliki alam yang sangat indah serta mudah untuk ditempuh. Namanya ialah Danau Laut Tawar, masyarakat Suku Gayo menyebutnya dengan Danau Lut Tawar.

Danau ini terbentang dengan luas mencapai 5.472 hektar dan panjang sekitar 17 kilometer serta lebar 3 kilometer, dengan kedalaman kolam sekitar 50 hingga 80 meter.

DIberi nama Danau Lut Tawar ialah karena lokasinya yang Luas sehingga tampak menyerupai sebuah lautan, sedangkan airnya ialah air tawar.

Tempat yang tepat untuk menikmati kekayaan alam yang sangat indah, dengan pemandangan bukit barisan yang hijau serta birunya danau.

Kamu juga dapat berjumpa dengan beberapa hewan liar seperti musang, kucing hutan, trenggiling, landak, siamang, rusa dan masih banyak lagi. Sebagian dari hewan tersebut dilindungi dan tidak diperbolehkan untuk diburu.

Landscape Danau Lut Tawar
Landscape Danau Lut Tawar. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Simak juga: Pilihan Wisata di Bumi Rencong Aceh

Keindahan dan lokasi dari Danau Lut Tawar akan saya ulas secara lengkap sebagai berikut:

Misteri Danau Lut Tawar

Dibalik keindahan Danau Lut Tawar yang sudah tak diragukan, ternyata danau ini menyimpan misteri yang sampai ini masih belum dapat terpecahkan. Diantaranya yakni:

1. Legenda Putri Ijo

Danau Lut Tawar konon katanya dijaga oleh sesosok makhluk yang menyerupai putri duyung, makhluk tersebut bernama Putri Ijo. Kepercayaan tersebut sudah lama berkembang di Masyarakat Takengon.

Selain itu ada juga makhluk yang menyerupai naga yang pernah tertangkap kamera sedang keluar dari dasar Danau Lut Tawar pada tahun 2001 silam.

2. Lembide

Misteri lain yang berkembang di sekitar Danau Lut Tawar ialah, adanya makhluk penghisap darah yang mendiami danau tersebut. Makhluk tersebut suka menghisap darah pengunjung yang sedang berenang.

Hal tersebut dikuatkan dengan selalu adanya korban tenggelam setiap tahunnya, dan hampir semua korban memiliki luka bekas gigitan dikakinya. Yang mirip dengan bekas gigitan drakula seperti yang ada di film-film horror.

3. Bom aktif yang tak bisa terangkat

Suku Gayo memiliki sejarah tersendiri ketika Indonesia masih dijajah, hal tersebut diyakini dengan ditemukannya bom aktif yang sangat besar dengan memiliki berat sekitar 1,5 ton yang merupakan peninggalan Zaman Belanda.

Bom aktif tersebut ditemukan di kedalaman sekitar 18 meter, selain bom tersebut masih ada beberapa alat bersenjata lainnya seperti bom nanas, peluru, senjata, serta bom-bom kecil lainnya.

Belum semuanya diangkat ke daratan, temasuk bom yang paling besar. Karena bagiannya sebagian sudah melekat pada bebatuan, sehingga harus sangat hati-hati ketika mengangkatnya.

Namun, hal tersebut sering dikaitkan dengan hal-hal mistis, yakni warga sekitar meyakini bahwa bom tersebut dipertahankan oleh makhluk penghuni Danau Lut Timur untuk tetap berada di sana.

Misteri yang ada di sekitar Danau Lut Tawar ini berkembang dari mulut ke mulut, masyarakat setempat meyakini beberapa peristiwa di atas. Meskipun semua itu belum dapat dibuktikan kebenarannya, kita hanya harus menghormati dan menghargai keyakinan warga sekitar.

Lokasi Danau Lut Tawar

Lokasi Danau Lut Timur berada di Dataran Tinggi Gayo, Kabupaten Aceh Tengah, Provinsi Nangroe Aceh Darussalam.

Rute Menuju Danau Lut Tawar

Rute menuju Danau Lut Tawar dari Ibu Kota Aceh Tengah yakni Takengon, hanya dapat ditempuh dengan estimasi waktu sekitar 10 menit saja.

Jika kamu bergerak dari luar Aceh, kamu harus menggunakan pesawat terbang dan mendarat di Bandara Sultan Iskandar Muda, Banda Aceh. Dari sana kamu bisa menaiki bus umum atau menyewa mobil untuk menuju Takengon.

Perjalanan yang akan kamu tempuh sekitar 32 km dengan waktu perjalanan sekitar 8 hingga 9 jam. Namun sepanjang perjalanan kamu akan disuguhi pemandangan yang sangat indah.

Jika kamu berangkat dari Medan, kamu akan menempuh perjalanan sekitar 3 sampai 4 jam lamanya. Dengan kondisi jalan yang cukup berkelok-kelok.

Jam Buka Danau Lut Tawar

Jam operasional Danau Lut Tawar dibuka mulai hari Senin hingga Minggu selama 24 jam nonstop. Jadi kamu dapat mengunjunginya kapan saja kamu mau.

Menikmati Indahnya Danau Lut Tawar
Menikmati Indahnya Danau Lut Tawar. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Simak juga: Savana Bukit Tanarara

Tiket Danau Lut Tawar

Tiket masuk Danau Lut Tawar belum ditentukan atau masih gratis.

Fasilitas Danau Lut Tawar

Fasilitas yang ada di Danau Lut Tawar diantaranya:

  • Area parkir mobil maupun motor
  • Warung-warung makanan dan minuman
  • Tempat untuk duduk-duduk manja
  • Mushola
  • Penginapan
Bersantai Sambil Menikmati Keindahan Alam
Bersantai Sambil Menikmati Keindahan Alam. Sumber: kataomed.com

Daya Tarik Danau Lut Tawar

1. Keindahan Danau Lut Tawar

Ketika kamu mulai menginjakkan kaki di lokasi wisata yang satu ini, kamu akan melihat secara nyata sebuah hamparan air yang berwarna biru cantik. Sekilas kamu akan berfikir bahwa kamu sedang berada di laut lepas.

Namun ternyata kamu salah, kamu sedang berada di sebuah danau yang sangat luas dengan memiliki air berwarna biru seperti laut lepas. Selain itu, kamu akan melihat indahnya pegunungan bukit barisan yang melengkapi suasana indah di Danau Lut Tawar.

Dikelilingi Bukit Yang Indah
Dikelilingi Bukit Yang Indah. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Mulai dari Bukit Ujung Toweran hingga Bukit Ujung Bale Atu. Bukit-bukit tersebut ditumbuhi oleh pepohonan yang sangat rindang dan telihat jelas berwarna hijau.

Sempatkan waktu untuk berkeliling mengelilingi keindahan Danau Lut Tawar ini, dengan menyewa perahu motor atau dengan menyewa sepeda.

Kamu tidak disarankan untuk berenang di danau ini, karena kedalaman kolamnya berkisar antara 50 hingga 80 meter. Sehingga tak cocok untuk kegiatan berenang apalagi untuk kamu yang belum mahir.

2. Dermaga Dedalu

Dimanfaatkan Warga Sekitar Untuk Mencari Ikan
Dimanfaatkan Warga Sekitar Untuk Mencari Ikan. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Simak juga: Pantai Batu Taka Urung

Terdapat sebuah dermaga di atas danau yang berada di Desa Dedalu, Kecamatan Lut Tawar, kamu dapat melihat keindahan Danau Lut Tawar dari sini. Serta dermaga ini sering digunakan pengunjung sebagai tempat untuk berfoto.

Dermaga Dedalu
Dermaga Dedalu. Sumber: www.travelingan.net

3. Kegiatan Camping dan Memancing

Keindahan Alam Yang Sangat Menakjubkan
Keindahan Alam Yang Sangat Menakjubkan. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Danau Lut Tawar sering digunakan untuk kegiatan memancing oleh warga sekitar, dimana di danau tersebut terdapat ikan endemik yang biasa disebut Ikan Depik.

Ikan Depik ini mirip dengan ikan teri, tubuhnya kecil dan berwarna-warni. Kalau digoreng akan terasa renyah dan gurih sekali.

Selain itu kamu dapat melakukan kegiatan camping bersama dengan kawan komunitas ataupun sebuah lembaga. Area campingnya langsung melihat keindahan Danau Lut Tawar.

Menghabiskan malam di alam terbuka dengan hanya ditemani bintang-bintang, udara di malam hari akan terasa dingin jadi sebaiknya kamu menyiapkan pakaian hangat.

Kegiatan 100 Tenda Di Area Danau Lut Tawar
Kegiatan 100 Tenda Di Area Danau Lut Tawar. Sumber: www.kba.one

4. Menyaksikan Festival Lut Tawar

Simak juga: Curug Penganten Tasikmalaya

Di Danau Lut Tawar setiap tahunnya selalu diadakan kegiatan festival yang biasa diselenggarakan di Bulan Desember. Terdapat kegiatan-kegiatan menarik yang telah disiapkan.

Kegiatan tersebut diantaranya Pentas Seni Budaya Lut Tawar, Gayo Art Carnival, Kampung Seni Gayo, Parade Perahu Hias, serta Lomba Balap Perahu.

Kegiatan tersebut sering juga dimeriahkan oleh penyanyi Ibu Kota maupun penyanyi daerah setempat. Tujuan diselenggarakannya festival tersebut, salah satunya ialah untuk menarik minat para pengunjung untuk terus mengunjungi Danau Lut Tawar.

Penutup

Apapun misteri yang menghiasi keindahan Danau Lut Timur, tak menyulutkan para wisatawan untuk terus berdatangan.

Jika kamu sedang berada di Dataran Tinggi Gayo, cobalah singgah untuk menikmati keindahan Danau Lut Tawar.


Leave a Comment