Danau Ranau, Bukan Sekedar Pesona Danau Saja

Danau Ranau merupakan danau terbesar ke 2 di Sumatera, setelah Danau Toba. Letak Danau Ranau mencakup ke dalam tiga kecamatan di Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan, di antaranya:

  • BPR Ranau Tengah,
  • Warkuk Ranau Selatan,
  • Banding Agung.
salah satu fasilitas di danau ranau
salah satu fasilitas di danau ranau. google maps. sumber: Graha Rekanusa

Sebetulnya, lokasi Danau Ranau terletak di perbatasan antara dua kabupaten yang ada di 2 Provinsi yang ada di Pulau Sumatera, yaitu:

  • Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan, Provinsi Sumatera Selatan,
  • Dan Kabupaten Lampung Barat Provinsi Lampung.

Seperti halnya objek wisata lainnya yang ada di Indonesia, setiap objek wisata ternyata memiliki dampak positif bagi lingkungan sekitar, terutama dari sisi ekonomi.

Begitupun dengan wisata Danau Ranau, saat ini penataan fasilitas di kawasan tersebut semakin baik, terutama dari sisi fasilitas penginapan, hotel, atau resort.

Penataan kawasan sekitar Danau Ranau, pada ahirnya semakin memancarkan pesona keindahan yang mampu mendatangkan pengujung, baik lokal, nasional, bahkan ada juga wisatawan mancanegara yang datang.

Dan inilah informasi lengkap Danau Ranau yang sudah kami siapkan untuk anda, sebagai referensi awal untuk menentukan tempat wisata di Ogan Komering Ulu, saat liburan tiba.

keindahan alam di danau ranau
keindahan alam di danau ranau. google maps. sumber: Martinus Ciputra

Tapi, para pengunjung tetap harus mematuhi protokol kesehatan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah, dan pihak pengelola ya…

Lokasi Dan Alamat Danau Ranau

Lokasi Danau Ranau berada di perbatasan dua provinsi yakni Lampung dan Sumatera Selatan.

Rute Menuju Danau Ranau

Rute menuju Danau Ranau jika bergerak dari arah Bandar Lampung tinggal arahkan kendaraan menuju Kota Bumi, kemudian dilanjutkan hingga tiba di Bukit Kemuning.

Setelah itu dilanjutkan ke arah Kota Batu hingga tiba di Danau Ranau. Dengan estimasi waktu perjalanan sekitar 6 hingga 7 jam lamanya.

Akses jalan menuju Danau Ranau tidak begitu lebar, meski begitu masih bisa dilalui kendaraan motor maupun mobil. Hanya saja lebih baik kamu menggunakan kendaraan roda dua.

bermain air di danau ranau
bermain air di danau ranau. google maps. sumber: Rizki Sapriani

Tiket Masuk Danau Ranau

Untuk menikmati keindahan Danau Ranau, kamu ngga perlu membayar tiket masuk. Biaya yang harus kamu keluarkan ketika hendak menikmati wahana yang ada di sekitar Danau Ranau.

Penginapan Di Sekitar Danau Ranau

Di sekitar Danau Ranau terdapat beberapa penginapan yang menyediakan fasilitas lengkap, sesuai dengan kebutuhan para pengunjung.

Harga yang ditawarkan pun tak terlalu menguras isi kantong. Berikut beberapa penginapan yang ada di sekitar Danau Ranau:

  • Aulia Danau Ranau
  • Wisma Pusri Varita
  • Seminung Lombok Resort

Daya Tarik Danau Ranau

1. Pesona Danau

danau ranau yang mempesona
danau ranau yang mempesona. google maps. sumber: Godin Grin

Daya tarik yang pertama dari Danau Ranau tentu saja keberadaan danau terbesar ke 2 setelah Danau Toba tersebut. Danau Ranau memiliki luas sekitar 125 kilometer, dan memiliki kedalaman sekitar 229 meter.

Danau Ranau tergolong sebagai sebuah danau vulkanik. Dengan kata lain, sejarah Danau Ranau terbentuk akibat gempa, dan ledakan gunung berapi.

Fenomena alam tersebut menyebabkan sebuah cekungan besar, atau danau. Adapun aliran air utama Danau Ranau berasal dari Sungai Warkuk.

Saat ini, wisata Danau Ranau dijadikan sebagai objek wisata, serta sumber air, atau irigasi bagi masyarakat.

2. Objek Wisata Dekat Danau Ranau

pesona air terjun
pesona air terjun. google maps. sumber: arif rahman

Wisata Danau Ranau ternyata memiliki pesona lain berupa objek wisata lainnya selain danau. Objek wisata tersebut masih dalam satu kawasan, dan jaraknya cukup dekat.

Adapun objek wisata di Danau Ranau adalah sebagai berikut:

  • Pulau Mariza,
  • Gunung Seminung,
  • Air Terjun Subik Tuha,
  • Pemandian air panas,
  • Pantai Pelangi,
  • Pantai Bidadari,

3. Aktivitas Wisata

Daya tarik selanjutnya dari Danau Ranau adalah aktivitas wisatanya. Adapun beberapa aktivitas wisata yang bisa dilakukan di Danau Ranau adalah sebagai berikut:

  • Memancing,
  • Jelajah danau,
  • Motor Traill Adventure,
  • Touring Road Bike.

4. Fasilitas Yang Nyaman

view alam yang cantik
view alam yang cantik. google maps. sumber: Novia Fajrina

Fasilitas yang terkenal di wisata Danau Ranau adalah fasilitas penginapannya yang sangat nyaman, memiliki udara yang sejuk, serta view alam yang menawan.

Bermalam di penginapan Danau Ranau menjadi sebuah aktivitas wisata keluarga yang menyenangkan di akhir pekan.


Tinggalkan komentar