Danau Riam Kanan, Waduk Buatan Yang Elok Berbalut Misteri

Danau Riam Kanan merupakan waduk buatan terbesar yang ada di Kalimantan Selatan, keberadaannya difungsikan sebagai sumber air untuk PLTA.

Karena keindahan alam yang dimiliki, Danau Riam Kanan pun sering digunakan pengunjung untuk berwisata menikmati ketenangan di danau yang satu ini.

Selain itu banyak dari mereka yang berniat untuk memancing di sekitar danau atau waduk tersebut, dengan membawa peralatan pancing sendiri.

view danau riam kanan
view danau riam kanan. google maps. sumber: sarah surya

Waduk atau Danau Riam Kanan sempat ditutup awal tahun lalu karena kondisi airnya yang sedikit meningkat, akibat dari terjadinya banjir di beberapa wilayah di Kalimantan Selatan.

Saat ini kamu sudah dapat menikmati keindahan Danau Riam Kanan kembali, namun tetap harus berhati-hati dan mematuhi aturan serta protokol kesehatan covid-19.

Berikut ulasan lengkap mengenai Danau atau Waduk Riam Kanan, check this out!

Legenda Riam Kanan

Alangkah baiknya jika kamu mengetahui sejarah atau legenda yang terjadi dengan Waduk atau Danau Riam Kanan ini. Pada zaman dahulu, di Puncak Meratus tinggallah dua bersaudara yang bernama Utuh Pujung sebagai anak tertua dan Anang yang menjadi adiknya.

Kakak beradik tersebut meskipu memiliki watak yang berbeda, keduanya rajin mencari damar, madu, dan garu du Hutan Meratus.

Hingga pada suatu hari ketika mereka berdua sedang mencari madu, bertemulah mereka dengan seotang gadis cantik jelita yang bernama Galuh Sakadut.

Mereka berdua merasa tertarik dan sepakat untuk adu kesaktian memperebutka sang gadis. Ketika tangan kiri Utuh Pujung bergerak, bumi menjadi terbelah diiringi gemurug air yang mengalir dari Pegunungan Meratus yang disertai bebatuan, bijih besi, mangan, emas, intan, kecubung, akiki dan buntat kalulut.

dilengkapi spot foto
dilengkapi spot foto. google maps. sumber: Adul Kehek

Simak juga: Wisata Banjarmasin

Kemudian ketika Anang menggerakkan tangan kanannya tiba-tiba terdegar bunyi guntur, kilat menyambar, angin menjadi berhembus cukup kencang serta bumi bergoncang.

Terjadilah vulkano tektonik yang mengeluarkan lahar, pasir, emas, intan jumantan, bijih besi, mangan, kecubung air, akik, merah delima, buntat kalulut serta zircon.

Disertai hujan yanh sangat deras, sehingga membuat bumi terbelah menjadi dua yakni sungai dan riam. Kemudian penduduk di sekitar Meratus menyebutnya dengan nama Riam Kanan, karena Anang menunjukkan kesaktiannya dengan tangan kanan.

Kemudian aliran dari Sungai Riam Kanan inilah yang dibendung dan menjadi sebuah danau buatan atau waduk dengan nama Danau Riam Kanan.

Lokasi Danau Riam Kanan

Alamat Danau atau Waduk Riam Kanan berada di Kecamatan Aranio, Banjar, Kalimantan Selatan.

Lokasi Danau Riam Kanan dikelilingi 13 Desa, yakni Desa Tiwingan Lama, Tiwingan Baru, Liang Toman, Kalaan, Banua Riam, Bunglai, Bukit Batas, Apuai, Rantau Bujur, Balangian dan lain sebagainya.

Rute Menuju Danau Riam Kanan

Rute menuju Danau Riam Kanan jika berangkat dari Kota Banjarmasin tinggal menuju Jl. Kapten Piere Tendean, hingga tiba di pelabuhan Tiwingan Riam Kanan.

Jalurnya sudah dapat dilalui kendaraan mobil maupun motor.

harus menyewa perahu
harus menyewa perahu. google maps. sumber: wahyu nugroho

Jam Buka Danau Riam Kanan

Jam operasional Danau Riam Kanan dibuka setiap hari dan selama 24 jam nonstop

Simak juga: Waduk Jatibarang

Tiket Danau Riam Kanan

  • Tiket masuk menuju Danau atau Waduk Riam Kanan cukup membayar Rp. 5.000,- per orang.
  • Berkeliling danau dengan menggunakan perahu klotok sebesar Rp. 15.000,- per orang.

Fasilitas Danau Riam Kanan

Fasilitas yang ada di Danau Riam Kanan diantaranya:

  • Mushola
  • Toilet
  • Tempat menyimpan kendaraan
  • Camping area

Daya Tarik Danau Riam Kanan

Danau atau Waduk Riam Kanan selain dimanfaatkan sebagai sumber mata air, juga memiliki beberapa daya tarik sehingga layak untuk dijadikan sebagai objek wisata.

Berikut merupakan beberapa daya tarik yang dimiliki Danau Riam Kanan:

1. Alam Yang Masih Asri

spot foto lainnya
spot foto lainnya. google maps. sumber: Ranga Es

Simak juga: Waduk Gajah Mungkur

Daya tarik waduk atau Danau Riam Kanan yang pertama adalah sajian panorama alam yang masih asri. View di kawasan tersebut sangat memanjakan mata pengunjung.

Tentu saja magnet utama panorama yang tersaji adalah danau tersebut. Oleh karena itu, abadikan momen keseruan wisata anda saat berada di sana dengan jepretan kamera.

View alamnya mampu menjadi latar foto yang layak untuk diposting di media sosial. Namun tetap utamakan keselamatan, jangan hanya karena mengejar kebutuhan konten, rela mengabaikan aspek keselamatan.

2. Spot Favorit Memancing

memancing sambil menikmati alam
memancing sambil menikmati alam. google maps. sumber: BAIDAWI

Simak juga: Waduk Jatiluhur

Bagi para pengunjung yang hobi dengan aktivitas memancing, maka Waduk Riam Kanan bisa menjadi lokasi terbaik untuk melakukan aktivitas tersebut.

Terdapat beberapa pilihan lokasi untuk memancing, baik di tepian waduk, maupun ke tengah – tengahnya. Hanya saja bagi pengunjung yang ingin ke tengah, diharuskan menggunakan jasa penyewaan perahu.

Harga sewa perahu yang ditawarkan di Waduk Riam Kanan berkisar Rp. 350.000. Biaya tersebut akan terasa ringan, jika aktivitas memancing anda tidak sendirian. Namun tetap pertimbangkan bobot maksimal perahu tersebut.

3. Dikelilingi Wisata Alam Yang Kece

danau buatan terbesar
danau buatan terbesar. google maps. sumber: Puji Mulyanto

Daya tarik selanjutnya dari danau, atau Waduk Riam Kanan adalah lokasinya berdekatan dengan objek wisata alam lainnya yang sangat indah.

Untuk sampai di objek wisata tersebut, para pengunjung harus menggunakan jasa transportasi perahu dengan kisaran harga sewanya Rp. 300.000 – Rp. 400.000.

Adapun objek wisata di dekat Waduk Riam Kanan adalah sebagai berikut:

  • Pulau Pinus 2
  • Bukit Batas
  • Pulau Bekantan
  • Pulau Rusa

4. Camping

Yang terakhir adalah jangan lewatkan merasakan sensasi camping di area dekat Waduk Riam Kanan. Suasana tenang, nyaman, udara yang sejuk, adalah beberapa kenikmatan saat melakukan camping di kawasan tersebut.

panorama alam yang tersaji
panorama alam yang tersaji. google maps. sumber: BAIDAWI

Simak juga: Waduk Cirata.


Leave a Comment