Danau Riam Kanan, Waduk Buatan yang Cocok Buat Wisata

Danau Riam kanan salah satu waduk buatan terbesar di Kalimantan Selatan. Selain berfungsi sebagai irigasi dan sumber air untuk PLTA, Danau ini indah untuk digunakan sebagai lokasi tujuan wisata. Di danau pengunjung bisa berenang, memancing dan berlayar mengelilingi danau.

Danau siam kanan salah satu waduk buatan terbesar di Kalimantan Selatan. Selain berfungsi sebagai irigasi dan sumber air untuk PLTA, Danau ini indah untuk digunakan sebagai lokasi tujuan wisata
Danau riam kanan. Image via: traveltodayindonesia.com

Legenda Riam Kanan

Dahulu kala, di Puncak meratus, tinggallah dua dua bersaudara. Saudara tertua bernama Utuh Pujung, saudara mudanya bernama Anang. Keduanya rajin mencari damar, madu dan garu di belantara Meratus.

Namun, keduanya mempunyai watak yang berbeda. Utuh Pujung keras kepala, sedangkan Anang, selalu terbuka menerima pendapat siapa saja. Suatu hari, keduanya berjalan mencari madu. Mereka bertemu gadis cantik bernama Galuh Sakadut. Galuh ini, senantiasa membawa kadut Karun, yang berisi intan dan emas.

Keduanya sepakat beradu kesaktian memperebutkan gadis itu. Mulailah Pujung menunjukkan kesaktiannya. Ketika tangan kirinya bergerak, maka bumi belah dengan gemuruh air yang mengalir dari Pegunungan Meratus, disertai limpahan bebatuan, bijih besi, mangan, emas, intan, kecubung, akik dan buntat kalulut. Tempat itu disebut Riam Kiwa

Giliran Anang menunjukkan kesaktian. Digerakkannya tangannya yang Kanan, maka tiba-tiba terdengar bunyi guntur, kilat menyambar, angina kencang berhembus, bumi bergoyang dan terguncang. Rupanya terjadi Vulkano tektonik. Keluarlah dari perut bumi lahar, pasir, emas, intan jumantan, bijih besi, mangan, kecubung air, akik, merah delima, buntat kalulut, dan zircon.

Camping di bukit memebrikan keluasanpandangan untuk mengamati keseluruhan danau riam kanan dengan pulau pulau kecil di dalam danau.
Camping di bukit. Image via: saprudi

Simak juga: Wisata Banjarmasin

Hujan turun dengan derasnya. Bumi belah menjadi sungai dan Riam. Semua penduduk sekitar Meratus panik, termasuk anak-anak Suku Naga yang merasa keturunan dari negeri Fu ni, atau Brunai atau Borneo. Daerah itu dikenal dengan sebutan Riam kanan, karena si Anang menunjukkan kesaktian dengan tangan Kanan.

Aliran Sungai Riam Kanan inilah, yang sekarang dibendung dan menjadi Danau Riam Kanan.

Lokasi Danau Riam Kanan

Danau Riam Kanan berada di Aranio, Aranio, Banjar, Kalimantan Selatan.

Awalnya, di kecamatan Aranio ada dua desa yang ditenggelamkan. Sehingga penduduknya menyebar dan terpecahlah dua desa itu menjadi 13 desa yang ada sekarang mengelilingi danau tersebut. Di antaranya ada Desa Tiwingan Lama, Tiwingan Baru, Liang Toman, Kalaan, Banua Riam, Bunglai, Bukit Batas, Apuai, Rantau Bujur, Balangian dan lain-lain

spot foto danau riam kanan bsia menghasilkan foto yang luar biasa
Spot foto. Image via: foto.tempo.co

Rute Menuju Danau Riam Kanan

Dari kora Banjarmasin ikuti Jl. Kapten Piere Tendean dan Jl. Aes Nasution ke Jl. Veteran Sungai Bilu sejauh 1,3 km. Belok ke arah barat di Gg. Suryacipta menuju Jl. Kapten Piere Tendean, kemudian belok kanan ke Jl. Kapten Piere Tendean. Lalu  Belok kanan ke Jl. Aes Nasution.

Masuk ke jalan Jl. A. Yani ke Jl. Ir. P. M. Noor di Banjarbaru sejauh sekitar 35 km. Belok kanan ke Jl. Veteran, kemudian  Belok kiri ke Jl. Kapten Piere Tendean. Belok kiri ke Jl. Ahmad Yani. Terus di jalan ini hingga sekitar 15 km dan menemukan  bundaran.

Aambil jalan keluar ke-2 dan ambil jalan keluar ke-2 dan tetap di Jl. A. Yani, hingga melewati Indomaret. Ikuti Jl. Ir. P. M. Noor ke tujuan di Aranio, di Pelabuhan Tiwingan Riam Kanan.

Jam Buka Danau Riam Kanan

Danau riam kanan terbuka 24 Jam sehari untuk dikunjungi.

Sunset di danau riam kanan berbeda denganm enyaksikan sunset di lautan. di sini cakrawala diganti oleh garis pohon
Sunset balik gunung. Image via: @riam_kanan

Simak juga: Waduk Jatibarang

Tiket Danau Riam Kanan

Saat memasuki Pelabuhan Danau Riam Kanan, pengunjung akan diminta membayar tiket masuk sebesar  Rp.5000.

Jika ingin berwisata keliling danau dengan Kelotok, ada tambahan biaya sebesar Rp. 15. 000 per orang.

Fasilitas Danau Riam Kanan

Mengenai fasilitas pendukung wisata di Danau riam kanan sudah cukup memadai. Walau memang tidak tersedia di semua titik, karena mengingat luasnya area ini. Namun paling tidak pada spot-spot keramaian sudah tersedia Mushola, toilet umum, dan kamar mandi.

Daya Tarik Danau Riam Kanan

1. Pulau Pinus 2

camping pulau pinus danau riam kanan memebrikan pengalaman berbeda. biasnaya camping di kelilingi padang, di sini dikelilingi air.
Camping pulau pinus. Image via: travel.detik.com

Berada di tengah danau riam kanan, Pulau Pinus 2 adalah salah satu tempat yang untuk rekreasi keluarga.  Pulau ini tidak begitu luas, namun pulau ini banyak di kunjungi oleh warga Kalimantan Selatan maupun luar daerah untuk di jadikan tempat berlibur di akhir pekan.

Di namakan Pulau Pinus 2 karena dulunya ada Pulau Pinus 1 yang sekarang sudah tidak di tutup. Pulau itu sekarang terkesan angker dan tidak terawat.

Untuk menuju pulau pinus 2, hanya ada satu alat transportasi yaitu dengan Klotok. Biaya sewa Klotok sekitar 300 – 400 ribu, sesuai dengan kapasitas muatan. Biasanya Biaya transportasi yang terjangkau Rp 350.000 sudah antar jemput maksimal 15 orang.

Senja di Pulau pinus danau riam kanan terlihat magis dan mendamaikan hati.
Senja di Pulau pinus. Image via: travel.detik.com

Simak juga: Waduk Gajah Mungkur

Menuju pulau pinus 2 memakan waktu sekitar 25 menit. Sepanjang perjalanan pengunjung akan disuguhkan pemandangan menarik, dan sangat sayang untuk kita lewatkan. Mulai dari hamparan pegunungan meratus, pulau-pulau kecil di tengah waduk, sampai rumah terapung. Bagi pengunjung yang penggemar fotografi, ini adalah moment yang harus diabadikan.

Setelah sampai dermaga pulau, pengunjung langsung di suguhkan akan rindangan pepohonan pinus, yang membuat merasa nyaman berada di bawahnya. Padi deretan pohon pinus ada terdapat beberapa bangku tempat bersantai yang langsung menghadap danau riam kanan.

Di pulau ini juga terdapat kios – kios kecil. Jadi pengunjung tidak bakalan kelaparan. Adapun fasilitas yang ada di pulau ini terbilang lumayan, ada tempat ibadah, toilet umum, kamar mandi.

1. Bukit Batas

Pesona Bukit Batas DAnau riam kanan memebrikan pemandangan layaknya rajaampat
Pesona Bukit Batas. Image via: @andriepology

Bukit batas sering disebut-sebut sebagai raja ampat dari Kalimantan selatan. Dari atas bukit Batas, yang berada di area atas wisata danau riam kanan, pengunjung bisa melihat pulau-pulau kecil yang bertebaran di dalam danau. Mirip seperti di Pantai Raja Ampat, Papua.

Jalan menuju bukit batas hanya ada satu jalan yaitu melalui pulau pinus 2. Jika pengunjung ke pulau pinus 2, maka akan menemukan jembatan penghubung ke desa. Di situ merupakan titik awal pendakian menuju bukit batas.

Jarak yang di tempuh lumayan jauh dan menanjak, terlebih jika cuaca hujan maka jalan akan becek dan sulit di jalani. Adapun jarak tempuhnya sekitar kurang lebih 1 jam jalan normal. Dalam perjalanan itu, pengunjung akan melalui lebatnya hutan dan perkebunan karet milik masyarakat setempat.

sunset bukit batas di tepian danau riam kanan
Sunset bukit batas. Image via: @aulia_fathoni

Simak juga: Waduk Jatiluhur

Saat sampai di puncak rasa lelah pasti terbayar melihat keindahan deretan pegunungan meratus. Juga melihat keindahan danau riam kanan dari ketinggian. Terlebih jika datang pada sore hari, pengunjung akan menemukan moment sunset yang sangat indah.

Soal makanan, pengunjung tidak perlu khawatir. Karena di atas bukit ini banyak warga yang berjualan makanan dan minuman. Namun, karena medan yang berat harga makanan dan minuman di tempat ini 2 kali lipat dari harga biasa.

Lahan atau lapangan di atas bukit batas lumayan cukup luas. Lokasi ini bisa dipakai untuk mendirikan tenda camping. Dengan camping tentu bisa lebih maksimal lagi menghayati keindahan alam di sekitar sana.

1. Pulau Bekantan

Pulau Bekantan merupakan suatu pulau kecil yang terletak di area Danau Riam Kanan. Kawasan tersebut ditujukan untuk pelestarian hewan endemik Kalimantan berupa Monyet Bekantan yang statusnya merupakan hewan yang dilindungi.

Salah satu pulau di danau riam kanan didedikasiakn utnuk konservasi primata langka bekantang
Pulau Bekantan. Image via: jawarapost.com

Suasana Pulau Bekantan hampir sama dengan Pulau Rusa, sama-sama dilengkapi jalan berupa batako. Serta, dipenuhi deretan pohon pinus dan karet. Bedanya, Pulau Bekantan memiliki area lebih luas yaitu sekitar 24 hektare.

Untuk ke pulau bekantan, hanya memerlukan waktu sekitar 10 menit dari Pulau Rusa dengan naik kelotok.

1. Pulau Rusa

Salah satu pulau di danau riam kanan diberdayakan untuk pengembangan Rusa Totol (Axis axis) dari istana Bogor. Pulau itu dikembangkan melengkapi keindahan wisata alam di salah satu pulau yang berada di Waduk Riam Kanan yang masih berada di kawasan wisata alam Tahura.

Beberapa warga yang berkunjung mengatakan, Pulau Rusa bukan hanya indah, tetapi juga sejuk dan tenang, sehingga cocok bagi wisatawan yang menyukai keindahan alam.

Menuju Pulau Rusa juga tidak terlalu sulit, dari dermaga Riam kanan , wisatawan bisa menyeberang dengan menyarter kelotok atau perahu mesin dengan biaya sekitar Rp300 ribu, yang bisa ditumpangi lebih dari 20 orang.

1. Memancing

Bagi para nelayan dan penghobi mancing, perairan danau riam kanan, disebut sebagai salah satu surganya mancing
Memancing. Image via: foap.com

Simak juga: Waduk Cirata.

Selain dijadikan sebagai destinasi wisata yang sangat indah, Waduk Riam kanan ini juga merupakan spot memancing terbaik yang perlu anda kunjungi. Salah satu jenis ikan yang banyak terdapat di waduk ini adalah ikan nila dan gurami.

Bagi para nelayan dan penghobi mancing, perairan waduk riam kanan, disebut sebagai salah satu surganya mancing. Mereka rela merogoh kocek sekitar Rp 350.000 untuk dewa perahu klotok sebagai sarana mengantarkan ke spot-spot pemancingan did alam danau.

Memancing di danau riam kanan bsia dilakukan dari tepian maupun dari atas perahu motor. Namun kebanyakan pemancing memilih untuk melakukannya dari atas perahu motor. Dengan pertimbangan memudahkan untuk berpindah tempat ke spot pemancingan selanjutnya.

Selain memancing, untuk keperluan umpan juga bisa diperoleh di sini. Para pemancing nila biasanya mendahului dengan mencari umpan udang-udang kecil di daerah dangkal pada perairan danau. Udang tersebut kemudian digunakan sebagai umpan nila.

danau riam kanan didiami beberapa keramba apung yang sekaigus berfungsis ebagai rumah tinggal nelayan pemilik keramba
Rumah Apung Riam Kanan. Image via: kanalkalimantan.com

Objek Wisata Dekat Danau Riam Kanan

Setelah seharian berwisata di danau riam kanan, saat kembali ke kota Banjarmasin pengunjung mungkin bisa singgah ke Pantai Jodah atau taman siring Banjarmasin. Taman yang berjarak 68 km dari danau ini merupakan pedestrian di atas senderan sungai yang dikelola sehingga menjadi objek taman yang cantik.

Bagi yang ingin mengunjungi lokasi bersejarah, dalam kaitan dengan rasa nasionalisme, bisa mencoba berkunjung ke Makam Pangeran antasari. Makam pahlawan nasional ini hanya berjarak 62 km dari pantai jodoh. Kopleks makam Pangeran Antasari berupa pendopo yang dipagari. Di satu lokasi itu terdapat juga makam istri Pangeran Antasari, cucu Pangeran Antasari  Ratu Zaleha, Panglima Batur dan pahlawan Ampera, Hasanuddin HM.

Demikian sedikit pemaparan kami mengenai Danau Riam Kanan Banjarmasin ini. Semoga bsia jadi tambahan informasi yang berguna untuk perencanaan perjalanan wisata di Kalimantan Selatan. Selamat berlibur.