Darmacaang Hill, Camping Seru Di Wisata Alam Batu Cakra Ciamis

|

Darmacaang Hill adalah sebuah desa, dan kawasan hutan pinus yang lokasinya terletak di bawah kaki Gunung Sawal, Kabupaten Ciamis, Provinsi Jawa Barat.

Darmacaang Hill adalah sebutan populer dari sebuah objek wisata alam yang hits di Ciamis, yaitu Wisata Alam Batu Cakra. Sekaligus sebagai salah-satu spot terbaik untuk melakukan camping.

darmacaang hill
darmacaang hill. google maps. sumber: Herdi

Bahkan, Wisata Alam batu Cakra, atau Darmacaang Hill sangat terkenal hingga daerah luar Kabupaten Ciamis, seperti Kota Tasik, dan Kota Banjar.

Sebagai bagian dari persiapan perjalanan wisata. Maka penulis perlu mengingatkan beberapa hal terkait kunjungan wisata yang bertemakan alam.

Faktor cuaca sangat menentukan sekali terhadap kepuasan wisata alam, bahkan aspek keselamatan wisata. Oleh karena itu, kemanapun, dan dimanapun objek wisata alamnya, sangat direkomendasikan saat cuaca cerah.

Simak juga: 54 Tempat Wisata Di Bandung Yang Cocok Untuk Liburan Akhir Tahun

Lokasi Dan Alamat Darmacaang Hill

  • Lokasi Darmacaang Hill terletak di bawah kaki Gunung sawal, dan di kawasan Wisata Alam Batu Cakra Ciamis.
  • Alamat hutan pinus Darmacaang Hill berada di Dusun Sorok, Desa Darmacaang, Kecamatan Cikoneng, Kabupaten Ciamis, Provinsi Jawa Barat.

Rute Menuju Darmacaang Hill

hutan pinus darmacaang
hutan pinus darmacaang. google maps. sumber: mulyana SPd

Rute menuju Darmacaang Hill bisa diakses oleh kendaraan roda dua, maupun roda empat hingga area parkiran Wisata Alam Batu Cakra.

Bagi anda yang datang dari luar Kabupaten Ciamis, maka patokan jalannya adalah belokan pas Indomart dekat dengan Kantor Desa Cikoneng.

Jika perjalanan anda dimulai dari alun-alun Kabupaten Ciamis, maka jarak tempuhnya sekitar 16 kilometer, dengan waktu tempuh sekitar 40 menit, melalui Jl. Nasional III.

Simak juga: 66 Tempat Wisata Di Jogja Yang Instagramable

Harga Tiket Masuk Darmacaang Hill

  • Tiket masuk masuk Darmacaang Hill Rp. 5.000 per orang.
  • Sewa hammock Rp. 10.000 per 3 jam.
  • Sewa tenda Rp. 100.000 per malam.
  • Sewa lokasi outbound Rp. 500.000 per hari.
  • Tersedia juga sewa lampu hias, dan lampu sorot.

Jam Buka Darmacaang Hill

  • Wisata Darmacaang buka dari jam 08.00 – 16.30.
  • Wisata Darmacaang Hill Ciamis beroperasional setiap hari, kecuali hari Jumat.

Fasilitas Di Darmacaang Hill

fasilitas wisata darmacaang
fasilitas wisata darmacaang. google maps. sumber: Acep Aziz

Fasilitas wisata di Darmacaang Hill adalah sebagai berikut:

  • Area parkir,
  • Toilet,
  • Mushola,
  • Kopinus Cafe,
  • Outbound,
  • Darmacaang Camping,
  • Warung.

Simak juga: 38 Tempat Wisata di Bali

Daya Tarik Darmacaang Hill

1. Hutan Pinus Darmacaang

view alam di darmacaang hill
view alam di darmacaang hill. google maps. sumber: Yusman Yusman

Darmacaang Hill menyajikan pesona alam berupa kawasan hutan pinus yang sangat indah, udaranya sejuk, sekaligus menjadi salah-satu lokasi terbaik menikmati keindahan Kabupaten Ciamis, dan Kota Tasikmalaya dari ketinggian.

Wisata Darmacaang Hill bukan hanya seledar tentang camping saja. para pengunjung juga bisa datang untuk hunting foto, serta santuy dari lelahnya kerja di atas sebuah hammock.

Selain itu, nikmati juga sajian kopi di Kopinus cafe, sambil menikmati alam sekitar yang sangat indah. Cafe tersebut sangat cocok bagi anda yang mencari tempat nongkrong di Ciamis yang jauh dari keramaian.

Darmacaang Hill juga menyajikan fasilitas outbound, sehingga recommended sebagai destinasi wisata keluarga yang edukatif di Ciamis.

2. Darmacaang Camping

darmacaang camping
darmacaang camping. google maps. sumber: Ayu Lestari

Nah, yang paling terkenal di Darmacaang Hill adalah aktivitas campingnya. Darmacaang Camping begitu populer dikarenakan tidak perlu bersusah payah untuk melakukan trekking.

Selain itu, bagi anda yang tidak membawa peralatan, bahkan makanan. Maka Darmacaang Hill juga menyediakan paket sewa alat, beserta paket makan.

Soal view alam yang disajikan di Darmacaang Hill tidak usah diragukan lagi. Faktanya, Darmacaang Hill Ciamis sering juga dijadikan sebagai spot untuk melakukan prewedding.

Terakhir, jangan lupa untuk selalu menjaga kelestarian alam, serta kebersihan di area wisata. Karena musuh terbesar sebuah objek wisata adalah sampah.

Ingatlah, “Sampahmu, Adalah Dosamu”.