Beberapa Tindakan Ini Bisa Menyebabkan Domain Anda Error

0

Banner IDwebhostDomain error menjadi sebuah masalah yang lumrah terjadi bagi pemilik website. Tidak ada satupun situs yang sempurna. Semua bisa mengalami bug atau error kapan saja. Tapi, dibalik semua kejadian pasti ada penyebabnya, salah satunya adalah error tersebut. Jika error ini muncul maka hal itu terjadi karena murni human error (kesalahan manusia) atau serangan dari pihak lain.

Serangan tersebut pastinya akan menyebabkan domain yang dimiliki mengalami masalah. Tapi jika hal tersebut terjadi secara intens, anda perlu curiga bahwa salah satu penyebabnya adalah karena tindakan yang anda lakukan. Beberapa tindakan yang salah dilakukan bisa memberikan masalah error yang signifikan.

Berbagai jenis error yang bisa muncul antara lain error 500, error 503, Internal Server Error, Error 404, 502 Bad Gateway, dan lain sebagainya. Masalah ini bisa muncul pada berbagai kategori CMS yang digunakan, baik itu pengguna setia WordPress, Joomla, dan lain sebagainya.

Supaya anda tidak sampai salah langkah, maka alangkah baiknya jika anda menghindari melakukan beberapa tindakan yang dirangkum IDwebhost berikut ini:

Terlalu Sering Gonta Ganti Tema

idwebhost
idwebhost

Meskipun CMS WordPress menyediakan banyak pilihan theme yang bisa dipilih, sebaiknya anda tidak terlalu sering mengganti tema yang digunakan. Pasalnya, penggantian tema yang terlalu sering juga berpotensi merusak direktori file yang ada di server. Inilah yang nantinya membuat website anda cepat mengalami down atau error. Biasanya pesan yang akan muncul adalah error plese contact your administrator or web master.

Disini anda akan diminta untuk menghubungi pihak admin atau penyedia jasa hosting domain yang digunakan. Dalam hal ini masalah error terjadi karena ada file yang crash ketika anda mengganti tema tersebut. Secara otomatis website akan menyimpan cache dari tema yang sebelumnya anda gunakan. Kemudian, kalau banyak gonta-ganti tema maka hal ini akan membuat website anda mengalami down seketika. Pasalnya cache yang dipakai sudah terlalu banyak.

Simak juga: Cara membuat travel blog

Terlalu Banyak Tab Browser Yang Dipakai Untuk Membuka Domain Sendiri

Anda suka membuka banyak tab dalam satu browser? Jika iya, maka jangan sering-sering melakukannya. Ada banyak alasan yang membuat anda membuka banyak tab dalam satu waktu, misalnya karena anda ingin mengedit sejumlah konten, tapi lebih ringkas kalau membuka via banyak tab.

Disinilah masalah krusial bisa terjadi. Terlalu banyak tab bisa membuat server down seketika karena anda melakukan request domain yang intens. Hal ini tentunya akan mengganggu pekerjaan anda. Karena sebetulnya anda bisa melakukan pekerjaan lebih ringkas dan cepat dengan membuka banyak tab tersebut, tapi nyatanya karena website tiba-tiba crash maka bahkan anda harus mengulang semuanya dari awal lagi.

Mematikan Koneksi Internet Saat Mengedit CMS atau Directory File

Mungkin lebih tepatnya anda tidak memperhatikan bahwa PC atau laptop yang digunakan sudah tak terkoneksi lagi dengan internet. Akibatnya, domain error tak terhindarkan. Jadi pada saat anda melakukan edit terhadap CMS atau directory file, sangat disarankan koneksi internet tetap terjaga. Karena pada saat koneksinya terjaga, anda akan bisa menghindari masalah yang bisa terjadi kapan saja. Perubahan yang anda lakukan pada directory atau CMS akan crash jika koneksi internet tiba-tiba terputus.

Kalau ini sampai terjadi, di kemudian hari anda membuka domain akan muncul halaman error yang signifikan. Jadi jangan sampai lengah untuk menjaga koneksi internet anda di momen-momen krusial, yakni pada saat anda mengedit backend atau frontend domain anda.

Kesalahan Dalam Melakukan Editing/Coding HTML

penyebab website error
penyebab website error

Sebelumnya tanyakan pada diri anda sendiri apakah anda jago coding? Atau anda punya kemampuan coding sebelumnya? Jika tidak memiliki, maka hal tersebut akan bisa berimbas pada domain error. Disinilah banyak pengguna yang biasanya melakukan coba-coba coding tanpa sadar bahwa apa yang mereka rubah itu akan berimbas fatal domain error. Kalau sudah demikian, kabar buruknya anda harus melakukan setting semua dari awal lagi. Jadi sangat disarankan untuk menyerahkan semua pada ahlinya terkait masalah coding pada web tersebut.

Anda juga sebaiknya belajar lebih banyak atau mencari dari berbagai sumber tentang coding HTML. Disini kemampuan coding HTML tidak hanya sebatas merubah saja, tapi juga harus bisa memperbaiki domain error yang terjadi. Kalau anda bingung saat terjadi domain error, maka hal ini akan berimbas pula pada performa dan traffic web tersebut.

Baca Juga: Review Fitur Keamanan Lengkap IDwebhost

Menginstall Plugin Terlalu Banyak

Domain error juga bisa saja terjadi karena anda melakukan install plugin yang terlalu banyak. Jika anda menginstall plugin, gunakan yang seperlunya saja yang benar-benar penting untuk anda gunakan. Plugin yang penting misalnya adalah Yoast SEO yang berperan mengoptimalkan web anda agar bisa ramah di mesin pencari Google. Lalu plugin lainnya yang membantu menanggulangi Spam. Serta beberapa plugin tambahan untuk editing tampilan situs.

Kalau plugin lainnya yang sekiranya hanya sebatas mempercantik web atau semacam widget saja sebaiknya jangan terlalu banyak. Hal ini akan bisa berimbas pada tampilan situs anda yang terlalu ramai. Parahnya lagi, domain error akan bisa terjadi dalam sekejap.

Tidak Memasang Anti Virus atau Firewall

Seperti yang dijelaskan bahwa pemicu domain error salah satunya adalah anda tidak memasang anti virus dan firewall. Apabila anda tidak memasangnya, maka hal tersebut akan berimbas pada situs anda rentan mendapatkan serangan dari malware, virus dan juga hacker. Disinilah mereka akan mengambil data penting anda. Dalam beberapa kasus, mereka juga akan bisa merusak sistem dengan cepat.

Oleh karena itu, jangan sampai lupa untuk selalu menginstall anti virus di laptop dan memastikannya tetap up to date. Hal ini akan berpotensi mendatangkan melindungi laptop dari ancaman yang menyebabkan domain error. Jika error saja yang berkaitan dengan server atau directory file mungkin masih bisa diperbaiki. Tapi kalau sudah ada serangan dari hacker dan pencuri data web, tentu saja ini berpotensi merugikan kerja keras anda selama ini.

Terlalu Banyak Widget dan Video HTML Yang Tidak Perlu

Domain error bisa juga terjadi karena widget dan video HTML yang terpasang terlalu membebani server. Hal inilah yang kemudian akan menjadikan situs anda semakin rentan bermasalah. Pasalnya, beberapa widget dan video HTML memiliki ukuran yang cukup besar jika dipaksakan terpasang di web. Akan lebih mudah jika anda tidak terlalu memberikan web fitur yang satu ini. Cukup dengan pembuatan web yang simpel tapi responsif. Bukan website yang terlalu banyak widget yang ada didalamnya.

Hal ini malah akan berpotensi menambah problem pada server yang anda miliki tersebut. Kesimpulannya, mencegah itu lebih baik daripada mengobati. Jadi kalau anda mengalami problem domain error tersebut, anda harus meningkatkan user experience yang lebih baik dalam mengoperasikan backend website anda.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.