Dusun Bambu Lembang Di Bandung, Review Dan Harga Tiket Masuk

Jika anda berlibur ke Bandung, tak lengkap rasanya apabila tidak mengunjungi Dusun Bambu Lembang.

Dusun Bambu biasanya menjadi tempat wisata di Bandung yang wajib dikunjungi, terutama saat anda liburan ke Lembang dan sekitarnya.

dusun bambu di lembang
foto: dusunbambu.id

Letaknya tidak begitu jauh dari pusat kota Lembang. Selain itu juga berdekatan dengan tempat wisata lain, sehingga bisa anda jadikan satu paket.

Berminat mengunjungi tempat ini? silahkan simak dulu reviewnya dibawah ini ya.

Dusun Bambu buka atau tutup?

Dusun Bambu Lembang sudah buka. Hanya saja, sekarang ada perubahan konsep. Namun masih berbasis wisata Ecotourism.

Pada awal masa pandemi, Dusun Bambu ditutup, sama seperti tempat wisata lainnya. Sekarang sudah buka kembali dengan perubahan tata cara masuk. Selain itu, beberapa area juga berubah.

Sekarang kita tidak bisa masuk untuk sekedar berwisata saja. Tapi, harus reservasi makan di salah satu resto yang ada di lokasi.

Setelah reservasi makan, anda baru bisa masuk ke dalam area Dusun Bambu. Anda bisa makan terlebih dulu, lalu dilanjut menikmati keindahan dan wahana yang tersedia.

Sekilas tentang Dusun Bambu Bandung

Dusun Bambu Bandung mulai dikenal publik sekitar awal tahun 2014. Dari awal beroperasi, langsung menyedot banyak pengunjung.

Wajar saja sih, hal yang ditawarkan oleh tempat ini terhitung baru dan membawa suasana segar.

Dulu, tempat wisata di Lembang rasanya seperti itu-itu saja. Keberadaan Dusun Bambu membawa pilihan suasana baru bagi wisatawan yang berkunjung ke Bandung.

Area dusun bambu sendiri terhitung luas, dan di tata dengan baik. Tersedia area kuliner, restoran unik, berbagai permainan, tempat menginap berupa villa dan glamping, dan juga taman terbuka yang luas. Semuanya terkonsep dengan baik.

Suka berfoto dan mengunggahnya ke sosmed? jangan khawatir. Terdapat banyak spot berfoto yang unik dan indah disini.

Baca juga: Review Farmhouse Lembang

Kondisi Dusun Bambu 2021

Menyesuaikan dengan kebijakan pemerintah di masa pandemi, sekarang konsep kunjungan Dusun Bambu menjadi outdoor dining resort.

Anda harus reservasi makan di salah satu resto yang tersedia, baru bisa masuk ke area.

Selain itu, ada beberapa perubahan juga.

Misalnya saja area Pasar Khatulistiwa. Sekarang berganti menjadi Galeri Flora Indonesia. Disini, terdapat berbagai macam tanaman yang bisa anda beli. Mulai dari harga terhitung murah sampai dengan puluhan juga juga ada.

Kawasan resto Lutung Kasarung dan Sky Bridge juga ditutup (saat terakhir saya berkunjung kesini). Rencananya nanti akan jadi salah satu pilihan resto juga katanya.

Playground yang dulu kecil disamping lokasi Pasar Khatulistiwa, sekarang pindah ke area atas. Jadi jauh lebih besar.

Secara umum saya pikir jadi jauh lebih enakeun. Dulu, berkunjung kesini kadang mirip seperti pasar. Padat dengan pengunjung. Sekarang jauh lebih teratur.

Ada Apa di Dusun Bambu?

Banyak hal yang bisa anda lakukan disini. Anda bisa reservasi makan di beberapa resto yang tersedia:

  • Resto Purbasari
  • Resto Burangrang
  • Resto Lembur Urang

Setiap resto memiliki konsep yang berbeda.

Dari tempat parkir menuju area utama jaraknya cukup jauh. Anda bisa berjalan menyusuri sawah dengan gazebo-gazebo istirahat, atau menggunakan shuttle mobil listrik yang disediakan. Shuttle untuk pengunjung disediakan gratis, siap mengantar dan menjemput pengunjung.

Selain itu anda juga bisa menginap di villa yang tersedia. Mau sedikit beda? cobalah menginap di fasilitas glamping yang ada disini.

Lihat juga: review Tebing Keraton di Dago

Resto Purbasari

Resto Purbasari adalah salah satu icon terkenal dari Dusun Bambu. Konsepnya berupa saung-saung kayu yang mengelilingi danau kecil.

resto purbasari dusun bambu
resto purbasari dusun bambu

Di setiap saung terdapat juga dermaga kecil. Karena bentuknya berupa pondok kayu yang terpisah cukup jauh, privasi anda akan lebih terjaga.

Setelah makan, atau sambil menunggu makanan datang, anda bisa sewa perahu. Perahu ini bisa anda gunakan berkeliling danau. Asyik juga lho, bisa dapetin spot foto dengan sudut pemandangan berbeda. Bisa juga beli makanan ikan untuk memberi makan ikan-ikan yang ada di danau.

resto purbasari
view dari dalam resto purbasari

Menu makanan di resto Purbasari adalah makanan Sunda dan Seafood.

Untuk menu di resto Purbasari, bisa anda download disini. Catatan: menu bisa berubah sewaktu-waktu.

Resto Burangrang

Resto Burangrang berupa bangunan cafe yang cantik, terletak di pinggir danau. Jadi tidak jauh dari resto Purbasari.

resto burangrang dusun bambu
resto burangrang, foto: dusunbambu.id

Dari sini, anda bisa melihat area sekitar danau dari ketinggian.

Jenis makanan yang tersedia di resto Burangrang berupa menu makanan Asian dan Western. Untuk menunya bisa anda download disini. Catatan: menu bisa berubah sewaktu-waktu.

Resto Lembur Urang

resto lembur urang
resto lembur urang

Resto Lembur Urang berada di area paling atas di Dusun Bambu. Konsepnya berupa saung-saung kayu yang berjejer menghadap sawah.

Karena berada di ketinggian, anda bisa lepas melihat area Dusun Bambu secara keseluruhan. Di setiap saung, terdapat juga semacam balkon kecil yang cantik.

view di resto lembur urang
view di resto lembur urang

Makanan yang disediakan di resto Lembur Urang berupa aneka olahan bebek, juga makanan khas Bali. Anda bisa download menu disini. Catatan: menu bisa berubah sewaktu-waktu.

Teh Walini, Nusantara Coffee, & Galeri Flora Indonesia

area teh walini dan taman
area teh walini dan taman

Gedung tempat Pasar Khatulistiwa dulu, sekarang berganti. Disini sekarang jadi lokasi teh Walini, Nusantara Coffee, dan Galeri Flora Indonesia.

Anda bisa menikmati berbagai jenis teh produksi Walini. Atau mungkin beristirahat sambil menikmati beragam kopi yang tersedia. Makanan dan snack juga tersedia. Tapi tidak sebanyak dulu saat masih berupa Pasar Khatulistiwa.

griya flora indonesia
griya flora indonesia

Di dalam gedung, sekarang menjadi tempat Galeri Flora Indonesia. Di dalamnya terdapat berbagai tanaman hias yang unik, berasal dari berbagai daerah di Indonesia.

Harganya juga beragam. Mulai dari di bawah 100 ribu, sampai dengan puluhan juta juga ada disini.

Selain tempat makan, ada berbagai area lain yang bisa anda nikmati juga. Misalnya saja;

Taman Arimbi

taman arimbi
taman arimbi

Taman Arimbi terletak sebelum area resto Lembur Urang. Taman ini sekarang di isi dengan tanaman Lavender yang cantik. Dulu sih beragam bunga isinya.

Penataannya indah banget. Kita bisa mengelilingi Taman Arimbi melalui jalan yang tersedia. Ada juga beberapa platform khusus untuk berfoto cantik.

Playground Anak Outdoor

playground anak
playground anak

Harga tiket masuk playground Dusun Bambu: Rp 50.000

Jika anda bawa anak, kayaknya bakal senang bermain di playground ini. Area playground cukup luas. Letaknya ada di bagian atas area Dusun Bambu.

Disini terdapat berbagai permainan seperti halang rintang besar banget. Ada juga menara pasir, flying fox pendek untuk anak, dan memanah.

area memanah
area memanah

Anda bisa pakai sepuasnya. Bisa juga keluar-masuk playground, asalkan gelang tiket tidak hilang aja.

Penyewaan Perahu

sewa perahu
sewa perahu

Harga sewa perahu: Rp 20.000/orang. Sekali sewa, berlaku untuk 20 menit.

Lokasi penyewaan perahu ada di danau. Jalan masuknya berada di bawah resto Burangrang.

Anda bisa sewa perahu kayu disini. Bisa sewa perahu model sampan biasa, atau perahu kayu besar. Cuma hal yang perlu di ingat, anda dayung sendiri. Jadi ngga ada petugas yang mendayungkan perahu.

Penyewaan Skuter Listrik dan Sepeda

penyewaan skuter listrik
penyewaan skuter listrik, foto: dusunbambu.id

Capek berjalan mengelilingi area Dusun Bambu? anda bisa sewa skuter elektrik atau sepeda aja.

Tempat penyewaan skuter listrik dan sepeda ada di bawah Taman Arimbi. Elektrik scooter dan sepeda ini bisa anda gunakan untuk berkeliling area Dusun Bambu.

Kayaknya sih, skuter elektrik lebih cocok untuk berkeliling di area Taman Arimbi dan sekitarnya aja. Kalau sepeda, bisa anda gunakan berkeliling ke area lain.

Tempat foto instagramable

Di sekitar area Dusun Bambu, terdapat banyak spot foto cantik dan instagramable. Semuanya di desain bagus, dan terkesan alami.

Misalnya saja bangku-bangku tempat istirahat. Bangku istirahat ini tersebar di berbagai tempat. Menggunakan balok kayu, terlihat cantik dan menyatu dengan suasana sekitarnya.

Ada juga sungai kecil yang ditata rapi dan bersih. Kalau mau anak anda bisa bermain air di sana, tapi harus hati-hati.

Di bawah gerbang masuk ke resto Lembur Urang, terdapat kolam kecil dengan dek kayu yg aesthetic. Lokasinya rada tersembunyi, soalnya di bawah jalan.

Jadi dari gerbang masuk ke resto Lembur Urang, anda menyeberang aja. Ntar langsung kelihatan.

Di atasnya lagi, anda bisa temukan Saung Leuit. Disini kita bisa beli berbagai cinderamata yang disediakan.

Fasilitas Toilet

Sebetulnya ada beberapa toilet yang bisa anda gunakan. Cuma karena areanya yang cukup luas, lokasi toilet jadi lumayan berjauhan.

Toilet umum bisa anda temukan di setiap area resto, playground anak, dan di gedung tempat Griya Flora Indonesia.

Mobil Listrik

Lokasi antara gerbang registrasi dengan area utama cukup jauh. Tapi ngga usah khawatir, ada shuttle mobil listrik yang siap mengantar anda.

Armada Shuttle mobil listrik ini cukup banyak. Jadi ngga perlu menunggu lama. Tapi kalau mau, anda juga bisa untuk berjalan kaki saja. Asik juga kok suasananya. Cuma mungkin sedikit menanjak aja.

Menginap Di Dusun Bambu

Mau menginap di sini? bisa banget. Harga penginapan Dusun Bambu Bandung cukup mahal. Wajar aja sih karena tempat menginap yang disediakan juga terbilang lengkap dan lumayan ‘premium’.

Ada dua pilihan menginap yang bisa anda pilih;

Kampung Layung Resort

Kampung Layung Resort berupa villa-villa dengan konsep pedesaan.

kampung layung resort dusun bambu
kampung layung resort, foto: dadangoray.com

Glamping

Jika ingin suasana yang berbeda, anda bisa menginap di Glamping juga. Ada beberapa spot glamping dengan privasi terjaga, juga fasilitas cukup lengkap

glamping di dusun bambu
glamping di dusun bambu

Untuk harga, anda bisa cek langsung harganya dibawah ini;

Cek harga di Agoda

Area yang berubah fungsi

Saat ini ada beberapa hal yang berubah fungsi. Diantaranya;

Lutung Kasarung dan Sky Bridge

sky bridge dan resto lutung kasarung
sky bridge dan resto lutung kasarung

Sebelum pandemi, area resto Lutung Kasarung dan Sky Bridge jadi salah satu favorit pengunjung. Sekarang area ini ditutup. Katanya sih akan jadi salah satu resto pilihan juga, cuma entah kapan dibukanya.

Simak juga: daftar tempat wisata di Ciwidey

Pasar Khatulistiwa

Dulu, Pasar khatulistiwa adalah semacam pujasera yang menyediakan banyak jenis makanan. Disini anda bisa memilih berbagai macam makanan dan minuman, dan menikmatinya di tempat-tempat yang tersedia.

Sekarang area Pasar Khatulistiwa berubah menjadi Galeri Flora Indonesia, Teh Walini, dan Nusantara Coffee.

Baca juga: review Pinisi Resto Dan Glamping Lakeside Rancabali

Alamat Dusun Bambu

Alamat Dusun Bambu Lembang :  Jl. Kolonel Masturi KM. 11 Kartawangi, kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat 40551.

Tempatnya mudah untuk dijangkau baik dari arah Bandung ataupun dari Lembang.

Harga Tiket Masuk Dusun Bambu

Saat ini tidak ada tiket masuk. Anda cukup bayar biaya parkir saja Rp 15.000, dibayar di gerbang saat keluar dari area.

Jam Buka

Senin – Minggu : pukul 10.00 WIB – 20.00 WIB

Jalan Menuju Dusun Bambu Bandung

Ada beberapa rute jalan menuju ke Dusun Bambu Bandung. Selain jalan utama, anda juga bisa menggunakan beberapa jalan alternatif.

Ini bakal berguna banget jika anda berkunjung saat long weekend atau musim libur. Biasanya jalan utama sering macet.

  • Rute Bandung – Ledeng – Lembang – Parongpong – Lokasi. Ini merupakan rute utama dan paling mudah untuk diikuti. Anda tinggal ikuti jalan utama ke Lembang, dan belok kiri ke arah parongpong dari pertigaan sebelum kota Lembang.
  • Rute Bandung – Ledeng – Jalan Sersan Bajuri – Parongpong – Lokasi. Rute ini satu jalur dengan kampung gajah, kampung daun, dan berbagai cafe di area sini. Anda belok kiri dari pertigaan di terminal ledeng mengikuti jalan sersan bajuri.
  • Rute Cimahi – Jalan Cihanjuang – Parongpong – Lokasi.
  • Rute Cimahi – Jalan Kolonel Masturi – Lokasi.  2 Rute alternatif ini bisa anda ambil jika starting point dari area Cimahi.
  • Rute alternatif Bandung – Jalan Gegerkalong Girang – Jalan Cihanjuang – Parongpong – Lokasi.
  • Rute alternatif Bandung – Jalan Gegerkalong Girang – Ciwaruga – Parongpong – Lokasi.

Lihat juga : Daftar tempat wisata di Lembang

Peta Lokasi

Anda bisa menggunakan peta google map di bawah ini untuk menuju ke lokasi

Silahkan gunakan bantuan aplikasi google map, waze, dan sejenisnya. Panduan sampai ke lokasi cukup jelas dan mudah diikuti.

Baca juga review Puncak Bintang Bandung, Keren Lho!

Video Dusun Bambu

Agar lebih mendapatkan gambaran, silahkan simak aja video yang kami ambil dari youtube ini. Video saya kutip dari channel Olenka Holiday.

Simak juga: info seputar Situ Cisanti

Tempat wisata dekat Dusun Bambu

Pada dasarnya, tempat wisata di Lembang letaknya tidak begitu berjauhan. Jadi anda bisa dengan mudah mendatangi objek wisata populer lainnya. Misalnya saja:

Tempat wisata di Bandung yang satu ini sayang sekali untuk anda lewatkan. Bagaimana, tertarik untuk berkunjung?

Selamat berlibur!


16 pemikiran pada “Dusun Bambu Lembang Di Bandung, Review Dan Harga Tiket Masuk”

    • kalau ngga salah sih dulu ada semacam paket-paket gitu di Dusun Bambu. Tapi lebih enaknya langsung hubungi aja
      phone : 022 – 82782020
      fax : 022 – 82782014
      mobile : 0857-2125-4446
      BB : 572624A0

      ** di ambil dari web official dusunbambu.com

  1. Untuk ke dusun bambu itu kita hanya mengeluarkan biaya untuk tiket parkir dan tiket masuknya saja atau setelahnya kita masi harus mengeluarkan biaya lagi ya?

  2. Admin yang baik akan mau tanya, kalau dari terminal leuwi panjang ke dusun bambu jauh gak? Terus ada bis yang kesana gak?

  3. Untuk masuk k dusun bambu kita cuman bayar tiket kendaraan&tiket masuk saja atau masih ada yg harus bayar2 lagi?

  4. parah sekali pelayanannya.. hati2 buat yang masuk disini tolong di tanya lebih detail ke penjaganya all you can play apa saja karena rugi sekali ternyata di dalamnya banyak yang harus bayar lagi.kalau buat anak gede sih enak kalo masi 3 tahun krbawah mainannya banyak gak kepakr. kata2 “All” nya menipu seharusnya tidak ada kata2 itu hati2 guys dan kni pengalaman buruk sekalu buat saya dan anak baby saya

  5. Jika saya dari jakarta naik kereta sampai bandung, stelah itu naik kendaraan umum jurusan apa/no brpa ?
    Apakah bisa dgn naik taksi online

Komentar ditutup.