Ekowisata Mangrove Mulyo Asri, Taman Mangrove Di Kabupaten Pekalongan

|

Ekowisata Mangrove Mulyo Asri salah satu tempat wisata yang ada di Kabupaten Pekalongan, tepatnya berada di Desa Mulyorejo hingga biasa pula disebut Mangrove Mulyorejo.

Fun Factnya, di Kota Pekalongan pun terdapat sebuah tempat wisata hutan mangrove yang bernama Mangrove Park Pekalongan yang kondisinya sudah berbeda dari awal diresmikan.

Jika Mangrove Park Pekalongan dulunya merupakan tempat tambak udang, maka Ekowisata Mangrove Mulyo Asri awalnya merupakan area pesawahan yang sangat subur bahkan menjadi lumbung padi Kabupaten Pekalongan.

menyusuri hutan mangrove
menyusuri hutan mangrove. google maps. sumber: EkoWisata Mangrove Mulyo Asri

Namun semenjak mengalami rob di awal tahun 2000, membuat banyak tanaman mati. Dan oleh warga sekitar dialihfungsikan menjadi tempat budidaya ikan, hingga pada tahun 2012 tempat tersebut mengalami rob kembali.

Singkat cerita dengan bantuan dan dukungan dari beberapa pihak tempat ini kemudian ditanami pohon bakau atau mangrove, hingga menjadi Ekowisata Mangrove Mulyo Asri seperti sekarang ini.

Lokasi Ekowisata Mangrove Mulyo Asri

Lokasi Ekowisata Mangrove Mulyo Asri berada di alamat Desa Mulyorejo, Kecamatan Tirto, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah.

Rute Menuju Ekowisata Mangrove Mulyo Asri

Rute menuju Ekowisata Mangrove Mulyo Asri jika beranjak dari kawasan wisata Pantai Pasir Kencana akan memakan waktu kurang dari satu jam saja.

Yakni dengan mengarahkan kendaraanmu ke Jl. WR.Supratman untuk tiba di Kadang Panjang. Selanjutnya ambil arah ke Jl. Jetayu hingga tiba di Jl. Cendrawasih.

Ambil arah ke Jl. Raya Jeruksari untuk tiba di Jalan Raya Mulyo Rejo di Kabupaten Pekalongan. Hingga akhirnya kamu tiba di Ekowisata Mangrove Mulyo Asri. Jalan mendekati lokasi Ekowisata Mangrove Mulyo Asri tidak terlalu lebar dan belum beraspal.

menanam pohon bakau
menanam pohon bakau. google maps. sumber: akhmad nurul hudha

Jam Buka Ekowisata Mangrove Mulyo Asri

  • Jam buka Ekowisata Mangrove Mulyo Asri mulai pukul 08.00 hingga pukul 17.00
  • Setiap hari Senin hingga Minggu

Harga Tiket Masuk Ekowisata Mangrove Mulyo Asri

Harga tiket masuk Ekowisata Mangrove Mulyo Asri sangat murah, yakni dengan mengeluarkan uang sebesar Rp. 5.000,- saja per orangnya.

Fasilitas Ekowisata Mangrove Mulyo Asri

Fasilitas yang ada di sekitar Ekowisata Mangrove Mulyo Asri diantaranya:

  • Dermaga,
  • Warung makanan dan minuman,
  • Area parkir kendaraan,
  • Toilet,
hunting foto
hunting foto. google maps. sumber: EkoWisata Mangrove Mulyo Asri

simak juga: curug muncar

Daya Tarik Ekowisata Mangrove Mulyo Asri

1. Sekolah Alam

Kawasan Ekowisata Mangrove Mulyo Asri menjadi tempat dari sekolah alam yang akan memberikan pembelajaran atau informasi mengenai penanaman, pengenalan mangrove hingga manfaat dari hutan mangrove itu sendiri.

Sekolah alam tersebut dibuat untuk memberikan edukasi kepada para pengunjung yang datang tentang segala hal yang berkaitan dengan tanaman bakau atau mangrove.

Sehingga mereka yang datang bukan hanya mendapatkan keseruan berlibur saja, tapi ada bekal positif yang dapat mereka ingat hingga nanti.

eksplor dengan naik perahu
eksplor dengan naik perahu. google maps. sumber: gopung pacing

simak juga: curug bajing

2. Eksplor Hutan Mangrove

Eksplor kawasan Ekowisata Mangrove Mulyo Asri dapat dilakukan melalui daratan atau lautan, jika melalui daratan tinggal menyusuri jalur yang sudah tersedia. Kamu dapat pula sambil hunting beberapa foto keren untuk nantinya diunggah di media sosial yang dimiliki.

Jika hendak eksplor kawasan Ekowisata Mangrove Mulyo Asri melalui perairannya, dapat menyewa perahu sederhana yang senantiasa siap mengantarkanmu berkelana menyusuri hutan mangrove.

Panoramanya sangat indah dan cantik, pohon mangrovenya cukup padat dan tersusun dengan rapih. Sampai di titik dimana kita seperti berada di dalam lorong hutan mangrove.

Cantik sekali, apalagi jika kamu berkunjung di senja hari dimana sang surya akan kembali ke peraduannya langitpun akan berubah menjadi sangat elok.

terowongan mangrove
terowongan mangrove. google maps. sumber: muh riyanto

Penutup

Ekowisata Mangrove Mulyo Asri merupakan tujuan liburan yang tepat untuk mengajak anak-anak, apalagi mereka akan belajar banyak di sini sebagai bekal di kehidupan yang akan datang.