Eling Bening, Restoran Keluarga di Atas Awan

| | ,

Ketika memikirkan untuk berwisata di sekitarnya Semarang dan Jawa Tengah umumnya, memori yang terlintas tentu adalah wisata budaya. Kalau tidak wisata sejarah, ya wisata religius. Misalnya Lawang Sewu, Sam Poo Kong, hingga Masjid Agung Jawa Tengah. Termasuk diantaranya makam para wali ataupun masjid-masjid kuno lainnya.

Namun sekarang hal itu tidak mutlak benar. Ada sedikit perubahan dalam peta pariwisata Semarang. Semarang sudah menyesuaikan diri untuk menyediakan tempat wisata dengan rasa zaman now.

Sebuah fasilitas wisata yang dikelola dengan cara modern, untuk menimbulkan kenikmatan berwisata seperti halnya yang diinginkan oleh anak-anak muda. Namun tetap menyatu dengan lingkungan, dengan keindahan alam. Tanpa melakukan kerusakan terhadap alam. Fasilitas wisata ini adalah wisata Eling Bening di perbukitan Ngrawan.

eling-bening
Eling bening. Image via: @agendasolo

Eling Bening sejatinya sebuah Restoran yang mengusung konsep wisata keluarga. Eling Bening menawarkan pemandangan alam yang sangat indah dengan view utama Rawa Pening. Keindahan itu disempurnakan lagi dengan  adanya background Gunung Merbabu, Andong dan Telomoyo, yang terlihat berdiri dengan gagah.

Simak juga: daftar tempat wisata di Semarang

eling-bening 2
Indahnya panorama. Image via: hargatiket.net

Lokasi Wisata yang dibuka pada tahun 2015 ini menarik banyak wisatawan dengan keindahan panorama yang dimiliki tersebut. Tak hanya makan saja, ada banyak kegiatan yang bisa kita lakukan di Eling Bening, mulai dari bermain outbond, trekking, hunting foto hingga mandi di kolam renang. Dengan berbagai macam fasilitas yang tersedia, Eling Bening kini menjadi salah satu tempat wisata favorit di Kabupaten Semarang.

Lokasi yang berada di dataran tinggi menjadikan udara di kawasan Eling Bening cukup sejuk, terutama di pagi dan sore hari. Setiap harinya Eling Bening tak pernah sepi dari wisatawan, terutama kalangan anak muda yang mencari pemandangan alam indah sebagai background fotonya.

Baca juga: review seputar wisata Puri Maerokoco

Lokasi Eling Bening

Eling Bening Ambarawa berada di wilayah Jawa Tengah. Alamat lengkapnya di Jalan Sarjono, Bawean, Semarang. Beberapa orang ada yang mengatakan lokasi ini berada di perbukitan Ngrawan.

Out bound
Outbound eling bening. Image via: elingbening.com

Rute Menuju Eling Bening

Bagi wisatawan yang akan berwisata ke Eling Bening dapat menuju ke alamat Jalan Sarjono, Bawen, Semarang, Jawa Tengah.

Lokasi wisata ini berjarak sekitar 36 Km dari pusat Kota Semarang dengan melalui Jl. Semarang – Surakarta hanya butuh waktu 60 menit. Sedangkan dari pusat Kota Salatiga berjarak 16 Km atau sekitar 30 menit melalui Jl. Nasional 16.

Tiket Masuk Eling Bening

Harga tiket masuk sekitar Rp. 18.000 per wisatawan. Tiket masuk tersebut dapat ditukarkan dengan minuman softdrink.

Selain uang tiket, sebaiknya disiapkan juga uang untuk makan dan minum. Harga makanan di Eling Bening bervariasi yakni kisaran mulai dari Rp. 20.000 hingga paling mahal Rp. 50.000. Harga makanan menyesuaikan makan-minuman dipesan. Menu nya pun beragam seperti berbagai menu western, roti bakar, nasi goreng, tempe mendoan dan steak daging.

Baca: info wisata Candi Gedong Songo

Jam Buka Eling Bening

Mengenai jam buka Eling Bening Ambarawa, tempat wisata ini buka pada pukul 08.00-22.00 Weekday dan 07.30-22.00 Weekend/Holiday.


Fasilitas Menarik di Eling Bening

1. Restaurant

restoran
Meja hidang restoran. Image via: pegimakan.id

Retaurant utama di eling bening ini punya pemandangan paling indah. Terletak menghadap Rawa Pening, dari resto ini tamu yang sedang makan bisa melihat dramatisnya perbukitan yang membentengi persawahan dengan Rawa Pening sebagai penghujung.

Menu menu nusantara menjadi andalan di Eling Bening ini. Berbagai macam menu seperti soup, ayam goreng, bakaran ikan, ca sayur, pecel, asem asem, mie lontong dan menu menu lainnya yang masih banyak lagi.

Untuk harga makanan juga tergolong normal, sama seperti di warung makan di perkotaan. Harganya berkisar Rp. 20.000,- sampai Rp. 50.000,- rupiah.

Simak: review wisata Umbul Sidomukti

2. Kolam Renang

KOlam
Kolam melayang. Image via: @hermanto7252

Anda tidak hanya disuguhkan dengan pemandangan memukau saja. Kolam renang yang langsung menghadap pegunungan. Sungguh lokasi yang tepat untuk menghilangkan penat dan sejenak menjauh dari padatnya kota Semarang.

Berenang di kolam renang luar ruangan bisa menjadi pilihan yang tepat untuk merefresh pikiran dan tubuh.

Untuk menikmati fasilitas berenang di atas awan ini, pengunjung dikenakan biaya tambahan sebesar Rp 20.000,-

3. Outbond

Pada area outbond, dibagi menjadi beberapa tempat yaitu archery area untuk olahraga panahan, hill tracking area untuk menikmati pemandangan punggung bukit, serta flying fox untuk meluncur dari ketinggian dengan menggunakan sling.

Dilihat dari tipe permainan dan ukuran peralatan yang di sediakan, fasilitas outbound di eling bening ini tampaknya memang didesain hanya untuk anak anak. Orang Dewasa cukup jadi penonton dan mengantar saja ke fasilitas outbound ini.

4. Play Ground

PLayground
Lomba burung Macaw di Playgound eling Bening. Image via: @hermanto7252

Di salah satu sudut halaman restoran terdapat halaman terbuka yang berumput hijau. Halaman inilah yang digunakan sebagai area permainan atau play ground. Fasilitas playground ini bisa dinikmati oleh berbagai usia, baik anak-anak maupun orang dewasa. Bahkan juga cocok untuk kegiatan gathering organisasi, baik itu perusahaan, lembaga pemerintah, maupun sekolah.

Selain playground berupa lapangan,  ada juga playground berupa kolam dangkal dengan ketinggian air hanya 10 sampai 15 cm. Kolam dangkal ini bisa digunakan sebagai tempat permainan untuk anak-anak.

5. Garden Resto

Garden resto
Garden resto. Image via: wisatakaka.com

Selain restoran utama di bawah atap gedung, Eling Bening juga punya restoran kedua yang berkonsep Garden Resto.

Garden Resto maksudnya adalah deretan meja meja dan kursi yang diletakkan berserakan di halaman dan taman. Penempatan meja dan kursi ini di desain sedemikian rupa sehingga ketika menikmati makan para pengunjung akan bisa dengan leluasa Menikmati keindahan panorama. Suasana makan yang dirasakan di garden Resto ini, bagaikan garden party di acara acara pernikahan selebritis selebritis ibukota

6. Taman Bunga

Taman Bunga
Taman bunga indah. Image via: elingbening.com

Pada beberapa bagian halaman eling bening juga dihiasi dengan taman bunga yang cantik. Taman bunga di Eling bening memang tidak luas, apalagi jika dibandingkan dengan taman bunga matahari di tempat lain. Namun demikian bukan berarti kalah Indah.

Taman dibuat berbentuk petak petak kecil. Di setiap petak ditanami dengan bunga sejenis. Bunga dikelompokkan berdasarkan warna. Ada kelompok warna biru, warna kuning, dan kelompok warna putih, juga kelompok warna merah.

Satu hal yang pasti, keindahan taman bunga ini didukung oleh tempatnya. Walaupun taman bunga ini relatif kecil, tapi didukung dengan latar belakang pemandangan Rawa Bening dan jajaran pegunungan yang demikian luas, taman bunga ini serasa taman bunga nirwana di atas awan.

7. Menikmati Sunset

Sunset
Sunset di Anjungan Perahu eling Benin. Image via: webstagram

Sembari menikmati sejuk angin sore, secara perlahan, sinar matahari mulai redup. Senja di Eling Bening sungguh eksotis, semburat warna ungu kehitaman terlihat jelas ketika sang surya berangkat menuju peraduan. Pada beberapa sudut pelataran tempat duduk, sengaja tak dipasang lampu penerangan. Hal ini membuat suasana jadi syahdu dan romantis.

8. Spot Selfie

Seperti umumnya trend perkembangan tempat wisata now,  salah satu hal terpenting yang harus dimiliki tempat wisata adalah Lokasi Foto Instagramable. Tempat untuk mengambil foto cantik dengan foto pose maupun foto selfie.

foto cantik
Lokasi foto yang sempurna. Image via: travelingyuk.com

Dari segi ini, Eling bening bisa membanggakan diri. Senadainay harus diberikan nilai, angka 8 atau 9 bukan angka yang berlebihan, untuk menggambarkan kualitas tempat berfoto. Ada banyak pilihan lokasi foto indah, baik itu dengan latar belakang panorama yang luas ataupun dengan latar bangunan yang memang didesain dengan sangat cantik. Pengunjung dapat juga berfoto dengan latar belakang taman bunga.

Ada sangat banyak pilihan di tempat ini. Bahkan pengelola sengaja menambah fasilitas berfoto, dengan membuat Wahana perahu yang dipasang menjorok ke tebing. Ketika berfoto di atas perahu ini, efek yang ditimbulkan adalah berperahu di atas Awan.

Perahu angkasa
Perahu langit. Image via: @hermanto7252

Objek Wisata Dekat Eling Bening

Setelah puas beristirahat makan dan foto foto di eling bening, pilihan aling masuk akal nya adalah melanjutkan perjalanan wisata ke danau Rawa Pening. Danau ini hanya berjarak 2.5 km.

Sementara bagi pengunjung yang ngebet banget mau berburu objek foto instagramable, bisa saja melanjutkan perjalanan wisata ke Celosia Flower Garden atau Metro Stables, yang masing-masing jaraknya hanya 9 km dari eling bening. Pilihan lokasi instagramable lain juga ada Setiya Aji Flower Farm, yang jarak nya sekitar 6 km.

Sampai di sini dulu cerita cerita kita soal lokasi wisata indah mempesona ini. Semoga bisa jadi tambahan referensi bagi kalian yang merencanakan berwisata di area jawa tengah. Selamat menikmati pemandangan nan mempesona.

Eling Bening, Restoran Keluarga di Atas Awan
4.8 (95%) 4 vote[s]

Share artikel ini!
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Previous

Pantai Jogan, Keindahan Yang Istimewa di Gunung Kidul

Taman Nasional Ujung Kulon Dengan 10 Aktivitas Serunya

Next

Artikel Wisata Lainnya

Leave a Comment