Embung Kledung, Keindahan Alam Yang Menakjubkan Di Temanggung

Embung Kledung merupakan sebuah tempat untuk kamu mengajak anak-anak berkemping ria diantara panorama Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing.

Karena memang lokasinya yang berada tak jauh dari area parkir, sehingga kamu ngga perlu melakukan trekking yang cukup melelahkan.

Namun panorama alam yang disajikan sungguh sangat luar biasa, udara yang segar dipadukan dengan keindahan Gunung Sindoro didepan mata yang dihiasi sebuah danau buatan yang cukup besar.

embung kledung
embung kledung. google maps. sumber: tamam udin

Simak juga: 11 lokasi wisata Temanggung

Banyak pengunjung yang membandingkan pemandangan tersebut seperti pemandangan Danau Kawaguchi yang berlatarkan Gunung Fuji.

Embung sendiri bermakna waduk atau penampungan air, yang didirikan di bekas lahan tembakau dengan luas sekitar 83 x 83 meter. Karena memang pada awal pembuatannya dimaksudkan untuk menampung air hujan yang akan mensuplai air ketika musim kemarau.

Karena keindahan alam yang dimilikinya, Embung Kledung kemudian beralih fungsi menjadi sebuah objek wisata alam yang sangat indah dan menarik untuk dikunjungi.

Lokasi Embung Kledung

Lokasi Embung Kledung berada di Jl, Raya Parakan-Wonosobo KM.12, Desa Tlahab, Kecamatan Kledung Parakan, Kabuaten Temanggung, Jawa Tengah.

taman embung
taman embung. google maps. sumber: erma mons

Rute Menuju Embung Kledung

Rute menuju Embung Kledung jika kamu berangkat dari Magelang, bisa menuju jalur Magelang-Wonosobo via Secang.

Setelah tiba di perbatasan Wonosobo-Temanggung kamu akan menemukan sebuah pom bensin, nanti akan ada petunjuk jalan yang akan mengarahkanmu menuju lokasi Embung Kledung.

Lokasi Embung Kledung dari gang sekitar 500 meter, dengan kondisi jalan yang tak begitu lebar namun mudah untuk dilalui kendaraan mobil maupun motor.

Hanya saja jika berpapasan dengan mobil lain dari arah berlawanan akan ribet juga. Kamu akan melewati area pemukiman warga serta ladang-ladang yang ada.

Dari area parkir menuju area wisata Embung Kledung harus dilanjutkan dengan berjalan kaki, jaraknya pun tak terlalu jauh. Setelah melalui tangga yang berwarna-warni, tibalah kamu di area Embung Kledung.

Jam Buka Embung Kledung

Jam operasional Embung Kledung dibuka setiap hari selama 24 jam nonstop, karena memang di Embung Kledung menyediakan area untuk camping.

danaunya dihuni ikan ikan yang cukup besar
danaunya dihuni ikan ikan yang cukup besar. google maps. sumber: anna masfuatun

Simak juga: Bukit Warinding

Tiket Embung Kledung

Tiket Embung Kledung dibedakan menjadi:

  • Tiket masuk sebesar Rp. 5.000,- per orang
  • Tiket camping sebesar Rp. 15.000,- per orang
  • Parkir motor sebesar Rp. 2.000,- per unit
  • Parkir mobil sebesar Rp. 5.000,- per unit
  • Jika hendak menginap maka untuk biaya parkir nya sebesar Rp. 10.000,- per unit

Fasilitas Embung Kledung

Fasilitas penunjang yang ada di objek wisata Embung Kledung ini diantaranya:

  • Area parkir yang aman
  • Kamar mandi dan Toilet
  • Mushola
  • Warung-warung makanan dan minuman
  • Spot foto kece
  • Penyewaan peralatan camping

Ragam Wisata Seru Di Embung Kledung

Ragam wisata yang dapat kamu lakukan ketika berada di Embung Kledung diantaranya:

1. Menikmati Panorama Alam

menikmati alam yang tersaji
menikmati alam yang tersaji. google maps. sumber: Chaerul Anwar

Simak juga: Air terjun Sigura-gura, Tertinggi di Indonesia

Ketika kamu melihat sekeliling area Embung Kledung, rasa takjub dan kagum akan langsung menghampiri. Panorama yang disajikan memang mirip dengan keindahan Danau Kawaguchi di Jepang.

Alam yang tenang dan sejuk kelebihan lain dari Embung Kledung, apalagi akses menuju lokasi tak begitu sulit maka tak heran jika Embung Kledung selalu ramai dikunjungi wisatawan.

Kamu dapat duduk-duduk santai di tempat yang sudah disediakan melihat betapa cantiknya alam di Embung Kledung, ditambah lagi dengan penampakan ikan-ikan yang ada di danaunya.

Karena memang di danau ini hiduplah beberapa ikan koi serta ikan hias air tawar lainnya yang cukup besar-besar. Sehingga kamu mungkin bisa memberi makan mereka, sambil menikmati alam yang tersaji.

2. Menyaksikan Sunrise dan Sunset

Keseruan lain yang dapat kamu lakukan ialah menunggu datangnya matahari pagi yang sangat cantik. Keadaan alam akan berubah menjadi terang benderang ketika matahari mulai menampakkan dirinya.

menyaksikan pergantian hari di embung kledung
menyaksikan pergantian hari di embung kledung. google maps, sumber: Wiwid Walaz

Momen itulah yang banyak dinantikan oleh mereka yang berkemah di sekitar Embung Kledung, mereka akan mencari spot untuk menyambut kedatangan sang mentari dari arah Gunung Sumbing.

Ketika malam mulai menjelang, kamu akan menyaksikan indahnya sunset yang akan terbenam di balik Gunung Sindoro. Sungguh luar biasa sekali bukan!

3. Camping Seru di Embung Kledung

Objek wisata Embung Kledung menjadi pengobat untuk kamu yang suka hiking, dan terkendala cuaca yang sedang tak menentu seperti sekarang ini.

Banyak pengunjung yang datang ke Embung Kledung hanya sekedar untuk mengobati kerinduan mereka mendirikan tenda dan menghabiskan malam dengan alam.

camping seru di embung kledung
camping seru di embung kledung. google maps. sumber: Gde Victory

Tersedia area camping yang cukup luas dengan fasilitas yang memadai, untuk kamu yang tidak membawa peralatan camping ngga perlu khawatir.

Di dekat area parkir terdapat tempat penyewaan peralatan camping yang lengkap, harga yang kamu bayarkan sudah termasuk service pasang dan bongkar tenda.

Kamu dapat mengajak serta anak-anak untuk camping di Embung Kledung, dan biarkan mereka memiliki pengalaman yang sangat luar biasa.

4. Hunting Spot Foto

Di sekitar danau Embung Kledung terdapat beberapa spot foto cantik yang dapat kamu gunakan secara gratis, yakni diantaranya:

  • Ayunan

Ayunan yang ada disini tak seperti ayunan biasanya, karena ayunan yang ada di Embung Kledung dibuat memanjang ke samping sehingga dapat dinaiki oleh dua orang sekaligus.

Ada pula ayunan yang dibuat menyerupai bangku cafe yang saling berhadapan dengan meja ditengahnya. Ayunan-ayunan yang ada tak dapat berayun seperti ayunan pada umumnya ya.

salah satu spot foto yang ada di embung kledung
salah satu spot foto yang ada di embung kledung. google maps. sumber: JAM’IYAH HIMSSAS REMBANG official

Simak juga: Kebun teh Gunung Gambir

  • Tangga Warna-Warni

Sebelum menuju lokasi Embung Kledung kamu akan menaiki tangga warna warni yang eye catching banget, gimana ngga, tangga yang berwarna warni tersebut dihiasi dengan hiasan yang kece banget.

Maka tak heran jika banyak pengunjung yang berhenti sejenak kemudian berfoto di tangga yang warna warni tersebut.

  • Hiasan Bunga-bunga Cantik

Yang terakhir ialah sebuah spot foto yang dihiasi bunga-bunga yang sangat cantik, dengan latar keindahan Gunung Sindoro serta danau Embung Kledung.

5. Melihat Perkebunan Holtikultura

Simak juga: Heha Sky View Jogja

Di sekitar Embung Kledung terdapat area perkebunan milik warga yang ditanami berbagai macam sayuran dan buah-buahan, sehingga menambah kesan asri lingkungan objek wisata alam yang satu ini.

Tips Wisata

  • Bawalah baju hangat karena udara akan terasa dingin khususnya malam hingga menjelang pagi.
  • Jika ingin menyaksikan keindahan Gunung Sindoro secara sempurna, datanglah ketika cuaca sedang cerah.
  • Buanglah sampah pada tempatnya, karena di area Embung Kledung sudah terdapat banyak tempat sampah.
  • Selalu koordinasi dengan pengelola setempat jika hendak berkemah.
  • Jaga dan selalu awasi anak-anak.
  • Hindari perbuatan yang dapat merugikan diri sendiri dan orang lain.
landmark embung kledung
landmark embung kledung. google maps. sumber: Fitriani Rumbaru

Penutup

Embung Kledung merupakan sebuah tempat yang sangat indah dan harus kamu kunjungi bersama dengan keluarga tercinta ataupun orang-orang yang kamu kasihi.

Leave a Comment