Embung Manajar, Wisata Selo Boyolali Yang Menantang Dan Instagramable

|

Embung Manajar menjadi sebuah gambaran bahwa alam telah memberikan semuanya, manusia hanya perlu merawat, melestarikan, dan memberikan sedikit “sentuhan”, maka akan menjadi sebuah tempat yang keren.

Embung Manajar bukan hanya sekedar bendungan yang berfungsi untuk menjaga keestabilan air untuk sektor pertanian saja. Kini, wisata Embung Manajar Selo menjadi salah-satu tempat wisata yang populer di Boyolali.

embung manajar
embung manajar. google maps. sumber: Albert Oseep

Dan perlu anda ketahui bahwa saat ini banyak sekali embung, atau bendungan yang menjelma menjadi sebuah tempat wisata yang hits.

Begitupun dengan wisata Embung Manajar Selo Boyolali. Tetapi terdapat beberapa persiapan yang wajib anda ketahui sebelum berangkat ke sana. Apa saja? Ini dia informasi lengkapnya!

SImak juga: 7 Tempat Wisata Di Boyolali

Lokasi Embung Manajar

  • Lokasi Embung Manajar terletak di lereng, atau kaki Gunung Merbabu.
  • Alamat Embung Manajar berada di Dusun IV, Desa Samiran, Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali, Provinsi Jawa Tengah.

Rute Menuju Embung Manajar

lokasi utama embung manajar
lokasi utama embung manajar. google maps. sumber: Putra Octavianto

Persiapan yang wajib diketahui oleh para pengunjung terkait erat dengan rute, atau cara menuju ke lokasi utama Embung Manajar Selo.

Para pengunjung disarankan untuk menggunakan motor, karena jalan menuju Embung Manajar sempit hanya bisa dilalui oleh kendaraan roda dua saja.

Bagi anda yang terlanjur membawa kendaraan roda empat, maka selanjutnya bisa menyewa jasa ojek dengan tarif berkisar Rp. 10.000 – Rp. 15.000.

Dan bagi anda yang membawa kendaraan roda dua, maka pastikan kondisi kendaraan dalam keadaan prima. Terutama rem, ban, dan jangan sampai kehabisan bensin di tengah jalan.

Sebetulnya jalan menuju lokasi utama Embung Manajar sudah bagus, tetapi karena lokasi utamanya berada di ketinggian, maka di beberapa titik terkadang kendaraan roda dua tidak bisa naik.

Apalagi jika membawa barang, atau berboncengan. Maka jangan heran jika penumpang harus turun dulu, atau menitipkan barang bawaan di loket tiket.

Jika perjalanan anda dimulai dari Alun – Alun Kidul Boyolali, maka jarak tempuhnya sekitar 22 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 45 menit.

Pastikan juga kondisi cuaca sedang mendukung. Dan bagi anda yang berencana camping di Embung Manajar, maka bisa melakukan trekking menyusuri jalur yang sama dengan jalur motor.

Simak juga: Puncak Merbabu Via Selo

Harga Tiket Masuk Embung Manajar

Tiket masuk ke objek wisata Embung Manajar Selo Boyolali sangat murah, cukup membayar htm Rp. 5.000 per orang.

Jam Buka Embung Manajar

Pada dasarnya wisata Embung Manajar, atau Waduk Manajar buka selama 24 jam, terutama bagi pengunjung yang ingin melakukan camping.

Tetapi bagi pengunjung yang tidak melakukan camping, ada baiknya turun sebelum hari gelap. Karena dikhawatirkan jika turun kabut akan sedikit menggangu pandangan mata saat menjalankan kendaraan.

Simak juga : Tlatar Boyolali

Fasilitas Di Embung Manajar

fasilitas embung manajar
fasilitas embung manajar. google maps. sumber: Daryanto_01

Fasilitas wisata di Embung Manajar adalah sebagai berikut:

  • Area parkir,
  • Toilet,
  • Warung,
  • Gazebo,
  • Area Camping.

Daya Tarik Embung Manajar

view di embung manajar
view di embung manajar. google maps. sumber: Rahmat

Wisata Embung Manajar Selo Boyolali terletak di atas ketinggian 1.700 meter di atas permukaan laut (mdpl), serta memiliki luas sekitar 1.602 meter persegi.

Di sekeliling waduk sudah dipasangi pagar pembatas, karena para pengunjung dilarang keras berenang di Embung Manajar Selo Boyolali.

Selain itu, area di sekeliling bendungan sudah tertata secara baik. Bahkan menjadi salah – satu lokasi favorit pengunjung untuk melalukan selfie dengan latar bendungan.

camping di embung manajar
camping di embung manajar. google maps. sumber: gunawan sulistiyo

Ada juga latar Gunung Merbabu yang instagramable, dan Gunung Merapi yang legendaris. Selain itu, para pengunjung juga bisa melakukan aktivitas camping yang lokasinya tidak jauh dari lokasi utama Embung Manajar.

Camping di Embung Manajar menyuguhkan city light yang keren. Dan secangkir kopi panas akan memberikan kesan tersendiri terutama saat kabut mulai turun.

Oh iya, perlu diketahui bahwa kawasan Embung Manajar Boyolali cukup terawat kebersihannya. Oleh karena itu jangan sampai menjadi pengunjung yang tidak bertanggungjawab dengan membuang sampah sembarangan.