Gedung Perundingan Linggarjati, Mesin Waktu Perjuangan Pahlawan Di Kuningan

|

Gedung Perundingan Linggarjati ialah tempat yang sangat bersejarah bagi Bangsa Indonesia. Namun dapat pula dijadikan sebagai tempat wisata edukasi.

Selain untuk mengenang sejarah, gedung ini juga berfungsi untuk mengabadikan perjuangan Bangsa Indonesia. Lokasinya berada di Desa Linggarjati, Kecamatan Cilimus.

Hingga saat ini Gedung Perundingan Linggarjati menjadi tujuan sekolah-sekolah untuk melakukan study tour, dengan tujuan untuk mengenalkan sejarah dengan cara yang lebih menyenangkan.

Dengan halaman yang indah serta luas, kamu tidak perlu bingung mencari tempat untuk berswafoto bersama. Banyak sekali pilihan yang dapat kamu eksplor seketika berada disini.

Jadi tunggu apalagi, yuk segera kunjungi Gedung Perundingan Linggarjati ini bersama keluarga dan juga teman-teman sekolahmu.

Sejarah Perundingan Linggarjati

Perundingan Linggarjati merupakan sebuah perundingan yang terjadi antara Belanda dengan Indonesia, untuk menegaskan status Indonesia yang sudah merdeka.

Perundingan Linggarjati diadakan pada tanggal 10 hingga 12 November 1946, terjadi di Hotel Rustoord (nama gedung perundingan linggarjati pada masa itu) karena dianggap tidak memihak salah satu alias netral.

Bangunan ini telah ada sejak tahun 1918, dan telah mengalami beberapa alih fungsi mulai dari tempat tinggal, markas tentara Belanda, bangunan sekolah hingga hotel.

monumen perjanjian linggarjati
monumen perjanjian linggarjati. google maps. sumber: TJIUNGGU TJERMIN

simak juga: woodland kuningan

Perundingan Linggarjati dihadiri oleh:

  • Sutan Syahrir perwakilan dari pihak Indonesia.
  • Wim Schermerhorn wakil dari pihak Belanda.
  • Lord Killearn selaku mediator yang berasal dari Inggris.

Hasil dari Perundingan Linggarjati ini menghasilkan beberapa kesepakatan yang disebut Perjanjian Linggarjati yang ditandatangani oleh kedua belah pihak di Istana Merdeka pada tanggal 15 November 1946.

Adapun hasil perundingan linggarjati, terukir pada sebuah monumen sebagai pengingat akan perjuangan para pahlawan sebelum maupun sesudah kemerdekaan.

Di gedung ini kamu akan menyaksaikan banyak sekali dokumentasi, serta benda-benda sebagai saksi bisu perundingan ini. Properti-properti bersejarah ini tersimpan dengan sangat apik dan rapi di setiap ruangan.

Lokasi Gedung Perundingan Linggarjati

Lokasi atau alamat dari Gedung Perundingan Linggarjati ini berada di Desa Linggarjati, Kecamatan Cilimus, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat.

gedung perundingan linggarjati
gedung perundingan linggarjati. google maps. sumber: Herdiana Wibawa

simak juga: wisata cipaniis

Rute Menuju Gedung Perundingan Linggarjati

Rute menuju Gedung Perundingan Linggarjati jika dari pusat kota Kuningan ialah dengan menuju jalan Veteran kemudian belok kanan ke Jl. Ajid /Jl. Nanggeleng – Cirahayu sejauh 300 m.

Selanjutnya belok ke arah kiri menuju Jl. Syeh Maulana Akbar, setibanya di bunderan ambil jalan keluar ke-2 menuju Jalan DR. Moch. Hatta/ Jl. Nanggeleng – Cirahayu.

Lalu arahkan kendaraanmu untuk menuju Jalan Siliwangi terus saja lurus menuju Jalan Rangsari/ Jalan Raya Jalaksana. Kemudian belok kiri ke Jalan Bandorasa-Linggarjati, selanjutnya kamu belok kiri ke Jalan Bojong Linggarjati.

Dan terakhir beloklah ke kiri menuju Jalan Ciremai dan kamu akan segera sampai di Gedung Perundingan Linggarjati, Kuningan, Jawa Barat.

Jam Buka Gedung Perundingan Linggarjati

  • Gedung Perundingan Linggarjati bisa dikunjungi wisatawan dari pukul 08.00 hingga 17.00 WIB.
  • Jam operasional Gedung Perundingan Linggarjati buka setiap Senin hingga Minggu.
sempat difungsikan sebagai hotel
sempat difungsikan sebagai hotel. google maps. sumber: Keke Purnama

simak juga: sangkan resort aqua park

Harga Tiket Gedung Perundingan Linggarjati

Harga tiket masuk Gedung Perundingan Linggarjati cukup membayar sebesar Rp. 3.000,- saja per orangnya.

Fasilitas Gedung Perundingan Linggarjati

Gedung Perundingan Linggarjati tidak telalu memiliki fasilitas yang banyak untuk bisa dinikmati wisatawan, adapun fasilitas yang bisa kamu jumpai saat berkunjung ke destinasi wisata ini diantaranya:

  • Area parkir kendaraan,
  • Toilet,
  • Mushola,
  • Taman,
  • Replika Perundingan Linggarjati.

Daya Tarik Gedung Perundingan Linggarjati

1. Panorama Alam yang Sejuk dan Asri

panorama alam yang sejuk
panorama alam yang sejuk. google maps. sumber: Arnel Arnellis

simak juga: situ wulukut

Kamu akan menikmati keindahan panorama alam di seluruh area Gedung Perundingan Linggarjati. Karena gedung ini dihiasi pula dengan sebuah taman yang cantik, tampak sangat asri dan juga sejuk.

Jalan-jalan mengitari Gedung Perundingan Linggarjati pun bisa menjadi pilihan yang cocok untuk refreshing dan memanjakan mata.

2. Replika Perundingan Linggarjati

lokasi perundingan linggarjati
lokasi perundingan linggarjati. google maps. sumber: Keke Purnama

simak juga: wisata bukit panembongan

Melihat replika perundingan Linggarjati tentu menjadi daya tarik utama bagi wisatawan yang berkunjung. Dengan melihat replika ini kamu bisa membayangkan bagaimana kondisi dan situasi pertemuan antara pemerintah Indonesia dan Belanda pada tahun 1946 silam.

Adanya replika perrundingan LInggarjati juga memudahkan kamu untuk belajar sejarah, tidak hanya mendengarkan tapi kamu juga bisa merasakan vibes dari perundingan tersebut.

3. Spot Foto Aesthetic

tempat wisata sejarah di kuningan
tempat wisata sejarah di kuningan. google maps. sumber: Ulie Rakhma

simak juga: desa wisata cibuntu

Spot foto aesthetic bukan hanya dapat didapatkan bersama panorama alam yang indah, berfoto bersama tempat-tempat bersejarah pun dapat dijadikan spot foto vintage yang nggak kalah keren.

Kamu bisa berfoto di depan area Gedung Perundingan Linggarjati dengan latar belakang gedung khas Belanda yang membuat hasil fotomu aesthetic dan jarang bisa kamu temukan di tempat lain.

Penutup

Itulah informasi seputar wisata sejarah Gedung Perundingan Linggarjati yang ada di Kuningan. Kamu bisa mengunjunginya kapan saja untuk menikmati semua daya tarik yang tersedia sambil berwisata sejarah.