Goa Buniayu, Wisata Ekstrem Di Sukabumi

|

Goa Buniayu hadir untuk kamu yang menyukai tantangan, dimana kamu akan diajak untuk menyelami goa alami di bawah tanah dengan jalur yang tak biasa serta keadaan yang berbeda-beda.

Tak seperti liburan di tempat biasanya yang penuh dengan orang banyak, berwisata di Goa Buniayu penuh dengan pengalaman seru yang ekstrem namun seru.

wanawisata goa buniayu
wanawisata goa buniayu. google maps. sumber: Tohari Idris

simak juga: 7 tempat wisata di jawa barat

Jika kita membahas tempat wisata di Sukabumi tak pernah ada habisnya, dengan memiliki alam yang mengagumkan salah satu Kabupaten di Jawa Barat ini selalu menjadi tujuan para pelancong untuk menghabiskan waktu liburnya.

Untuk kamu para petualang sejati, simak ulasan tentang Goa Buniayu berikut ini!

Lokasi dan Alamat Goa Buniayu

Lokasi Goa Buniayu berada di alamat Desa Cipicung, Kerta Angsana, Kecamatan Nyalindung, Cimerang, Purabaya, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Rute Menuju Goa Buniayu

Akses menuju Goa Buniayu jika berangkat dari pusat kota Sukabumi akan menempuh perjalanan sekitar 2 jam lamanya, dengan menuju ke arah timur laut.

Arahkan kendaraanmu menuju Jl. Baros lalu teruslah melaju agar kamu tiba di Jl. Cikarae Hilir. Selanjutnya kamu tinggal mencari gerbang wisata Goa Buniayu.

Rute menuju Goa Buniayu cukup berliku, apalagi ketika mau tiba di lokasi. So, pastikan kendaraan yang digunakan dalam kondisi prima ya…

spot terbaik
spot terbaik. google maps. sumber: Imam Feri

simak juga: 14 tempat wisata di sukabumi

Harga Tiket Masuk Goa Buniayu

  • Tiket masuk kawasan wisata Goa Buniayu sangat murah yakni sebesar Rp. 2.000,- per orang

Dan terdapat beberapa pilihan paket wisata, atau tergantung pada rute yang hendak dipilih. Setiap rute memiliki harga yang berbeda, yakni:

  • Rute atau perjalanan Horizontal dengan biaya Rp. 20.000,- per orang
  • Rute atau perjalanan Vertikal dengan membayar sebesar Rp. 150.000 per orang sudah termasuk pemandu dan perlengkapan keamanan.

Jam Buka Goa Buniayu

Jam operasional Goa Buniayu buka setiap hari Senin hingga Minggu, selama 24 jam nonstop. Namun untuk pengunjung yang datang pada malam hari, akan diarahkan untuk beristirahat terlebih dahulu kemudian memulai kegiatan di pagi harinya.

Fasilitas Goa Buniayu

  • Pihak pengelola sudah menyediakan perlengkapan keamanan, untuk melakukan penjelajahan di dalam goa.
  • Kegiatan eksplor goa akan dipandu oleh pemandu yang berpengalaman.
  • Tersedia penginapan atau Homestay di sekitar lokasi Goa Buniayu.
wisata ektrem namun seru
wisata ektrem namun seru. google maps. sumber: UTUK-892

simak juga: pantai cibangban

Sejarah Goa Buniayu

Goa Buniayu memiliki beberapa nama yakni:

  • Goa Siluman, dan
  • Goa Cipicung.

Kedua nama tersebut memiliki kisahnya masing-masing. Namun saat ini goa alami tersebut dikenal dengan nama Goa Buniayu, yang artinya Goa tersembunyi yang cantik.

Sejarah tentang Goa Buniayu berawal dari penelusuran beberapa ahli sekitar tahun 1982. Para ahli tersebut terdiri dari Dr. R.K.T Kho berasal dari Indonesia, dan George Robert yang berasal dari Perancis.

Dengan melakukan penelusuran yang lebih mendalam, akhirnya mereka menemukan beberapa goa lain yakni:

  • Goa Adni,
  • Goa Cipicung,
  • Goa Nyangkut,
  • Goa Karsim,
  • Goa Bibijilan,
  • Kubang Lanang,
  • Goa Idin,
  • Goa Gede,
  • Goa Kole,
  • Goa Bisoro, dan satu lagi goa yang tanpa nama.

Goa yang paling memikat hati para peneliti ialah Goa Cipicung, karena memiliki stalaktit dan stalagmit cantik yang akhirnya berubah namanya menjadi Goa Buniayu.

berfoto bersama stalaktit dan stalagmit
berfoto bersama stalaktit dan stalagmit. google maps. sumber: taufik alisandy

simak juga: wisata bukit baros

Daya Tarik Goa Buniayu

Wanawisata Goa Buniayu berada di lahan kira-kira seluas 10 hektar, dan merupakan wisata ekstrem yang wajib kamu coba ketika berada di Sukabumi.

Sebelum eksplor Goa Buniayu, kamu diwajibkan untuk mengisi formulir yang sudah disediakan pengelola. Berikut beberapa daya tarik yang dimiliki Wanawisata Goa Buniayu:

1. 2 Rute Perjalanan Yang Berbeda

Jika kamu melihat di point harga tiket masuk, terdapat 2 jalur atau rute perjalanan. Kedua jalur tersebut memiliki tingkat kesulitan yang berbeda.

  • Rute Horizontal

Rute atau perjalanan horizontal disebut juga penelusuran minat umum, dimana kamu akan diajak memasuki gua yang memiliki kedalaman sekitar 500 meter.

Dimana nantinya kamu akan diajak untuk eksplor lebih dalam, jalurnya memang tak begitu sulit. Namun tetap harus berhati-hati karena sempit dan licin.

Kira-kira waktu yang diperlukan untuk menjelajahi goa dengan Rute Horizontal ini sekitar 1 jam, sepanjang perjalanan kamu akan menemukan stalaktit, stalagmit, dan dinding goa yang sangat khas.

menelusuri goa
menelusuri goa. google maps. sumber: Ocyid

simak juga: curug bibijilan

  • Rute Vertikal

Rute atau perjalanan vertikal disebut juga penelusuran minat khusus, karena akan memakan waktu sekitar 4 hingga 6 jam. Selain itu cara masuknya pun cukup ekstrem, yakni harus dengan cara dikerek.

Tenang aja pasti aman kok, karena sebelumnya kamu sudah dilengkapi dengan topi pelindung yang telah disertai lampu, pakaian khusus, serta sepatu boots.

Suasana di dalam goa sangat mengagumkan, hanya terlihat dinding goa yang khas serta cahaya matahari yang sangat minim. Ngeri memang, tapi seru kok….

Kemudian kamu akan diarahkan oleh pemandu untuk terus berjalan menelusuri goa, ditengah perjalanan kamu akan menemukan air murni yang konon katanya berkhasiat supaya awet muda.

cara masuk yang ekstrem
cara masuk yang ekstrem. google maps. sumber: UTUK 892

simak juga: camp bravo

2. Berada di 3 Zona

Ketika melakukan penelusuran lebih jauh ke dalam goa, kamu akan menikmati 3 zona dengan keadaan yang sangat berbeda. Yakni:

  • Zona Terang,
  • Zona Senja, dan
  • Zona Gelap.

Di Zona Gelap sama sekali tidak ada cahaya matahari yang masuk, jika kamu mematikan lampu di helm yang digunakan maka keadaan akan sangat gelap.

Sungguh seru bukan? Pengalaman yang nggak dapat kamu lakukan setiap saat, menelusuri keindahan goa alami yang sudah ada sejak beberapa puluh bahkan ratusan tahun yang lalu.