Goa Liang Bangkai, Perjalanan Menuju Destinasi Wisata Alam Dunia

Goa Liang Bangkai merupakan tempat wisata Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, yang terkenal sebagai sebuah komplek wisata alam goa.

Diksi “komplek” menjadi sebuah pertanda bahwa di tempat tersebut terdapat lebih dari satu goa. Setidaknya terdapat 7 goa yang berbeda-beda ukuran.

Goa Liang Bangkai diproyeksikan menjadi sebuah destinasi wisata alam dunia pada tahun 2025. Hal itu semakin dipertegas dengan dukungan dari pemerintah pusat, maupun pemerintah tingkat provinsi.

goa liang bangkai
goa liang bangkai. google maps. sumber: sambang simambang

Simak juga: Goa Gong Pacitan

Lokasi Goa Liang Bangkai yang berada di kaki Gunung Meratus menjadikannya komplek goa yang dikelilingi oleh view alam yang masih asri, dan eksotis.

Puncak kunjungan wisatan tertinggi ke Goa Liang Bangkai, biasanya pada saat momen tahun baru. Tentu saja, situasinya tidak pada saat pandemi ya….

Sejarah Penamaan Goa Liang Bangkai

Secara pribadi, saya menilai cukup unik terkait asal-usul penamaan  Goa Liang Bangkai.  Jika objek wisata lain memberikan nama tempat wisatanya merujuk kepada legenda, nama tempat, ataupun misteri, namun tidak demikian dengan Goa Liang Bangkai.

Asal-usul penamaan Goa Liang Bangkai mengacu kepada kondisi aroma yang ada di dalam goa. Di dalamnya tercium seperti bau bangkai.

Hal tersebut bisa dimaklumi, karena di dalam Goa Liang Bangkai terdapat banyak sekali kelelawar,kemudian mati, dan aromanya bercampur juga dengan kotoran kelelawar.

batuan yang menghiasi goa liang bangkai
batuan yang menghiasi goa liang bangkai. google maps. sumber: sambang simambang

Simak Juga: Wisata Banjarmasin

Daya Tarik Goa Liang Bangkai

Bagi para pengunjung yang ingin datang ke Goa Liang Bangkai, disarankan untuk memakai jasa guide, serta menggunakan alas kaki yang tepat. Untuk perlengkapan lainnya seperti penerangan, biasanya sudah disediakan oleh pihak pengelola.

Dan inilah pesona keindahan Goa Liang Bangkai yang bisa dinikmati oleh para pengunjung:

1. Goa Purba

termasuk salah satu goa purba
termasuk salah satu goa purba. google maps. sumber: Supriadi Bartulicin

Simak juga: Goa selomangleng.

Goa Liang Bangkai merupakan satu dari sekian banyak goa purba tertua yang ada di Indonesia. Dari penemuan fosil, atau riset yang pernah dilakukan di Goa Liang Bangkai, diperkirakan umur Goa Liang Bangkai tidak kurang dari 3000 tahun.

Bukan hanya itu saja, diduga komplek Goa Liang Bangkai pada saat itu sangat dimungkinkan sebagai salah-satu pusat kota,  atau lokasi penting di jamannya.

Hal tersebut dikuatkan dengan keberadaan 7 goa lainnya, fosil, serta tulisan, dan gambar – gambar yang tertera pada dinding goa.

2. 7 Goa, 11 Lubang

dikelilingi alam yang masih asri
dikelilingi alam yang masih asri. google maps. sumber: ISA ANSARI

Simak juga: Goa Gajah Bali.

Daya tarik selanjutnya dari Goa Liang Bangkai adalah keberadaan 7 goa lainnya , yang memiliki nama tersendiri. Di  antaranya :

  • Goa Tujuh Pintu
  • Goa Kelelawar
  • Goa Candi
  • Goa Batumuda
  • Goa Putri

Keberadaan 11 lubang di goa tersebut sangat memungkinkan untuk melakukan aktivitas susur goa. Demi menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, maka para pengunjung wajib memakai jasa guide.

Terutama berkaitan dengan aktivitas susur goa, untuk menjelajah setiap lubang yang ada di Goa Liang Bangkai tidak cukup satu hari, bahkan bisa sampai 2 hari.

Ada keuntungan tersendiri jika memakai jasa guide, karena selain akan memandu perjalanan, mereka juga akan memberikan informasi edukatif yang berkaitan dengan Goa Liang Bangkai.

mulai ditata sedemikian rupa
mulai ditata sedemikian rupa. google maps. sumber: Kautsar Hidayatullah

Lokasi & Alamat Goa Liang Bangkai

Lokasi Goa Liang Bangkai berada sekitar 50 km dari pusat kota Kabupaten Tanah Bumbu.

Alamat lengkapnya berada di Desa Dukuh Rejo, Kecamatan Mantewe, Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan.

Rute Menuju Goa Liang Bangkai

Rute menuju Goa Liang Bangkai jika dari arah Tanah Bumbu akan memakan waktu sekitar 1 jam perjalanan. Dengan menuju Kantor Bupati Tanah Bumbu di Jl. Dharma Praja.

Kemudian ambil arah menuju Jl. Lingkar, ketika tiba di bundaran. Kamu akan menemukan pertigaan jalan, beloklah ke arah kiri menuju Jl. Transmigrasi Plajau.

Untuk selanjutnya kamu tinggal menemukan petunjuk arah menuju Goa Liang Bangkai. Berhati-hatilah ketika melajukan kendaraan, karena banyak belokan dan persimpangan jalan.

jaga kebersihan goa bersama
jaga kebersihan goa bersama. google maps. sumber: sambang simambang

Jam Buka Goa Liang Bangkai

Jam operasional Goa Liang Bangkai dibuka selama 24 jam nonstop setiap hari Senin hingga Minggu.

Namun, karena untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan lebih baik datang ketika matahari masih bersinar.

Tiket Goa Liang Bangkai

  • Tiket masuk Goa Liang Bangkai cukup dengan membayar Rp. 5.000,- per orang
  • Jika kamu menggunakan jasa guide harus membayar secara terpisah.

Fasilitas Di Goa Liang Bangkai

Fasilitas primer sudah tersedia di dekat pintu masuk utama, seperti:

  • Area parkir
  • Kamar mandi
menjelajah goa
menjelajah goa. google maps. sumber: M.J Channel

Sedangkan di sekitar Goa Liang Bangkai, tidak tersedia fasilitas apapun. Namun pemerintah setempat saat ini sedang membangun kawasan tersebut.

Sedang ditata sebaik mungkin untuk menunjang kenyamanan pengunjung menuju tahun 2025, dimana objek wisata Goa Liang Bangkai diharapkan mampu menjadi destinasi wisata alam dunia.


Tinggalkan komentar