Gua Rangko, Baim Wong, Dan Kiano Pernah Berenang Di Sana Loh

Gua Rangko, atau disebut juga dengan Goa Rangko seakan menjadi puzzle pelengkap kesempurnaan pesona Labuan Bajo, yang terletak di Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Mengapa demikian? Karena Nusa Tenggara Timur ternyata bukan hanya sebatas tentang pesona alam pantai, dan Pulau Komodo saja. Namun pesona goanya mampu membuat takjub siapapun yang melihatnya.

gua rangko, atau goa rangko
gua rangko, atau goa rangko. google maps. sumber: Baktiar Sontani

Jika anda berpikir bahwa saya sebagai penulis memberikan polesan hiperbola atas diksi yang disajikan, jelas itu salah. Karena Gua Rangko memang memiliki pesona keindahan yang mampu menyingkirkan kesan angker tentang sebuah goa.

Lokasi Gua Rangko berada di Kabupaten Manggarai Barat, sebagai kabupaten yang sama tempat Labuan Bajo berada, maka kunjungan ke Goa Rangko menjadi sebuah wisata keindahan tanpa batas sejak kaki anda masuk ke kabupaten tersebut.

Daripada anda penasaran kenapa Goa Rangko begitu memikat mata para wisatawan, yuk kita simak ulasan lengkap Goa Rangko tersebut.

Sejarah Gua Rangko

Sebelum kita membahas daya tarik Gua Rangko, ada baiknya anda mengetahui terlebih dahulu tentang sejarah Gua Rangko tersebut.

gua rangko, gua yang ditemukan oleh fotografer belanda
gua rangko, gua yang ditemukan oleh fotografer belanda. google maps. sumber: Yoshe Ariel

Menurut para pemandu wisata yang ada di sana, mereka menyebutkan bahwa orang yang pertamakali menemukan Gua Rangko adalah fotografer yang berkebangsaan Belanda.

Sejarah Gua Rangko pada saat pertamakali ditemukan oleh fotografer tersebut, memang belum terbentuk tangga turun seperti saat sekarang.

Setelah itu, penemuan goa tersebut perlahan menyebar ke telinga masyarakat, hingga banyak yang penasaran ingin melihat keindahannya.

Sejarah penamaan Gua Rangko memang disematkan terhadap sebuah nama desa tempat goa tersebut berada, yaitu Desa Rangko.

Trekking Menuju Gua Rangko

perjalanan menuju gua rangko
perjalanan menuju gua rangko. google maps. sumber: Florian Christen

Banyak orang yang menyebut bahwa Gua Rangko adalah surga yang tersembunyi. Mungkin hal tersebut dikarenakan cara menuju Goa Rangko harus melalui beberapa tahapan perjalanan.

Jalur yang ditempuh untuk mencapai Gua Rangko dari Desa Rangko, yang pertama adalah dengan naik kapal yang sudah tersedia.

Perjalanan akan menuju Pulau Gusung tempat Goa Rangko berada, selama 20 menit perjalanan. Setelah sampai di daratan, para pengunjung harus melakukan trekking atau jalan kaki untuk sampai di lokasi utama Goa Rangko sejauh 200 meter.

Daya Tarik Gua Rangko

daya tarik gua rangko
daya tarik gua rangko. google maps. sumber: Luh Ayu

Setelah hampir sampai di lokasi utama, para pengunjung akan sedikit kebingungan, karena hanya akan melihat mulut goa saja.

Lanjutkan langkah kaki anda mennuruni anak tangga yang sudah tersedia, dan anda akan melihat sebuah kolam indah yang sangat bersih.

Warna air yang terkena sinar matahari terlihat berwarna biru. Namun bagi air yang berada di gelapnya goa, akan berwarna hijau.

Bagi yang tidak bisa berenang, diharapkan membawa pelampung sendiri. Karena di sana tidak ada fasilitas pendukung tersebut.

Begitupun dengan makanan dan minuman harus dipersiapkan saat masih berada di Desa Rangko. Karena di lokasi utama tidak ada penjual makanan dan minuman.

kolam gua rangko
kolam gua rangko. google maps. sumber: Cecep Yoesmadi

Kolam Gua Rangko memang sangat menggoda untuk dijajal, namun tetap perhatikan aspek keselamatan. Karena kolamnya memiliki kedalaman 4-5 meter.

Bahkan di titik air yang berwarna hijau akibat gelapnya goa, itu justru sangat dalam sekali. Aliran air kolam Goa Rangko langsung tersambung ke laut lepas.

Menurut para pemandu wisata, air di kolam Gua Rangko menjadi sangat tenang meskipun terhubung langsung ke laut, dikarenakan bentuk dasar goanya mengkerucut.

Secara kasat mata memang tidak tampak, karena aliran airnya melewati titik goa yang gelap tadi. Bagi yang sudah pandai berenang, menjajal kolam Goa Rangko menjadi sebuah kepuasan tersendiri.

pesona gua rangko
pesona gua rangko. google maps. sumber: Yoshe Ariel

Bahkan pesona Gua Rangko mampu mengundang rasa penasaran youtuber terkenal di Indonesia, yaitu Baim Wong untuk datang ke sana.

Di Gua Rangko Baim Wong berenang bersama anaknya tercinta, Kiano. Tentu saja Kiano memakai pelampung, atau ban yang berbentuk bebek.

Secara pribadi, saya mengapresiasi kepada para publik figur yang notabene memiliki followers, serta subscriber yang banyak, saat membuat konten tentang pariwisata di Indonesia.

Dengan demikian, semakin banyak orang yang tahu, dan bangga akan pesona keindahan alam yang ada di Indonesia melalui media yang mereka sajikan, seperti halnya Baim Wong. Salut pokoknya Bosque!

Simak juga: 11 tempat wisata di Kupang NTT

Lokasi Gua Rangko

Lokasi dan alamat Gua Rangko berada di Desa Rangko, Kecamatan Boleng, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Rute Menuju Gua Rangko

jalan menuju gua rangko
jalan menuju gua rangko. google maps. sumber: Torsten Praulich

Jalur yang ditempuh  untuk menuju Gua Rangko yang pertama adalah menuju Desa Rangko. Dari lokasi tersebut lanjutkan perjalanan dengan menggunakan kapal menuju sebuah pulau tempat goa tersebut berada.

Stetalah kapal, atau perahu menepi di sebuah dermaga. Maka lanjutkan perjalanan dengan menyusuri jalur yang masih berupa tanah, dengan deretan pepohonan di samping jalur tersebut.

Perkiraan trekking 15 menit perjalanan hingga sampai di lokasi utama Gua Rangko, atau Goa Rangko.

Jam Buka Gua Rangko

Jam operasional Gua Rangko, atau Goa Rangko sebetulnya belum ada ketetapan resmi. Namun rata-rata pengunjung akan kembali sebelum hari menjadi gelap.

Waktu terbaik berkunjung ke Gua Rangko, atau Goa Rangko pada pukul 12 – 14. Gua rangko buka setiap hari.

akses menuju gua rangko
akses menuju gua rangko. google maps. sumber: A Dhien

SImak juga: Pesona Pulau Karampuang

Tiket Gua Rangko

Harga tiket masuk Gua Rangko Rp. 20.000 per orang. Dan para pengunjung harus membayar tiket transportasi kapal, atau perahu untuk sampai di Gua Rangko.

Harga tiket naik perahu, atau kapal tersebut masih bisa ditawar loh, asalkan anda pandai menawarnya. Hehehe…

Fasilitas Gua Rangko

Fasilitas di lokasi utama Gua Rangko belum memadai. Jadi diharapkan bagi pengunjung yang ingin berkunjung ke sana untuk mempersiapkan bekal dari rumah berupa minuman, makanan maupun obat-obatan pribadi yang mungkin dibutuhkan.


Leave a Comment