Gunung Ciwaru, Panorama Gagahnya Gunung Ciremai

Gunung Ciwaru sebuah tempat wisata alam yang pernah hits beberapa tahun yang lalu, hal tersebut bukanlah tanpa alasan karena memang sajian alamnya sangat indah dan juga bikin adem.

Kabupaten Majalengka memiliki alam yang masih asri dan alami, dibuktikan dengan banyaknya tempat wisata di Majalengka yang menyajikan panorama keindahan alam yang luar biasa.

Gunung Ciwaru dapat menjadi pilihan tempat wisata di Rajagaluh yang cocok untuk dikunjungi oleh seluruh anggota keluarga, meski nama tempat wisatanya diawali kata gunung.

gagahnya gunung ciremai
gagahnya gunung ciremai. google maps. sumber: sandy ramadhan

simak juga: curug cilutung

Tapi yakinlah gunung yang ini sangat mudah dan nyaman untuk didaki, apalagi untuk kamu yang ingin camping tapi nggak pake ribet.

Berikut gambaran tentang Gunung Ciwaru Majalengka, sebagai bahan referensi wisata alam di Rajagaluh untuk dikunjungi weekend ini.

Lokasi dan Alamat Gunung Ciwaru

Lokasi Gunung Ciwaru berada di kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai, tepatnya beralamat di Jl. Desa Payung, Pajajar, Kecamatan Rajagaluh, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat.

view terasering sawah
view terasering sawah. google maps. sumber: Dhanni Dae

simak juga: cikadongdong river tubing

Rute Menuju Gunung Ciwaru

Jalan menuju Gunung Ciwaru dapat dilalui oleh kendaraan roda dua maupun roda empat, hanya saja melihat jalurnya yang tidak begitu lebar sebaiknya menggunakan kendaraan roda dua saja.

Dari pusat kota Majalengka tinggal melanjutkan perjalanan untuk menuju Rajagaluh, selanjutnya tinggal mencari arah Gunung Ciwaru.

Jam Buka Gunung Ciwaru

  • Jam operasional Gunung Ciwaru buka mulai pukul 08.00 hingga 16.00 waktu setempat.
  • Dan kamu dapat mengunjunginya setiap hari Senin hingga Minggu.

Harga Tiket Masuk Gunung Ciwaru

Tiket masuk Gunung Ciwaru Majalengka sangat terjangkau, kamu hanya perlu mengeluarkan biaya sebesar Rp. 15.000,- saja per orangnya.

dilengkapi spot kece
dilengkapi spot kece. google maps. sumber: Ratna Arumnasari

simak juga: bukit sanghyang dora

Fasilitas Gunung Ciwaru

Fasilitas umum yang ada di kawasan wisata Gunung Ciwaru diantaranya:

  • Mushola,
  • Gazebo atau saung,
  • Tempat untuk duduk-duduk,
  • Camping ground,
  • Warung makanan dan minuman,
  • Toilet,
  • Penyewaan perlengkapan tenda,

Daya Tarik Gunung Ciwaru

Gunung Ciwaru sejak tahun 2019 telah menjadi tempat wisata hits yang ada di Majalengka, karena memiliki beberapa daya tarik yang dapat menarik wisatawan untuk berdatangan.

trekking yang mudah
trekking yang mudah. google maps. sumber: Wandi Yunizard

simak juga: gunung ciremai via apuy

1. Trekking Mudah

Meski bernama gunung, trekking Gunung Ciwaru sangatlah mudah, karena sudah tertata dengan rapih jadi kamu hanya tinggal menyusuri tangganya saja.

Sehingga dapat dilalui oleh anak-anak hingga orang tua, sehingga Gunung Ciwaru dapat menjadi tempat wisata keluarga di akhir pekan.

2. Suasana Yang Bikin Adem

Gunung Ciwaru berada di ketinggian sekitar 540 mdpl, menyajikan pemandangan alam yang amazing banget. Hamparan hutan pinus, bukit-bukit, terasering sawah, dataran rendah, serta Gunung Ciremai.

View tersebut dapat kamu saksikan secara sempurna apabila cuaca sedang cerah, banyak spot untuk duduk-duduk santai sambil menikmati indahnya pemandangan.

Terpesona banget deh liatnya, suasananya bikin adem sehingga jiwa dan raga menjadi lebih rileks dan dapat memulai aktivitas dengan riang gembira keesokan harinya.

tempat healing yang adem
tempat healing yang adem. google maps. sumber: Lis Maniar Bali

simak juga: curug ibun pelangi

3. Spot Foto

Sebuah tempat wisata nggak lengkap tanpa hadirnya spot untuk berfoto, terdapat beberapa bentuk spot foto unik dan menarik yang ada di puncak Gunung Ciwaru ini, yakni:

  • Gardu panjang,
  • Jendela langit,
  • Sarang burung,
  • Bentuk lingkaran unik yang menghadap langsung ke arah Pegunungan Kromong,

Untuk menghasilkan spot foto yang keren banget, pihak pengelola juga menyediakan jasa foto yang akan mengambilkan foto dengan angel yang tepat.

4. Camping

Di Gunung Ciwaru kamu juga bisa ngecamp, baik bersama keluarga maupun bestie. Selain itu, kamu juga nggak perlu repot-repot membawa perlengkapan karena di sini sudah ada penyewaan tenda dan beberapa perlengkapan lainnya.

gunung ciwaru
gunung ciwaru. google maps. sumber: rhe vanqman

simak juga: lembah panyaweuyan

Terdapat camping ground yang memang tidak terlalu besar, kira-kira hanya memuat sekitar 3 tenda saja. Namun pemandangannya luar biasa indah banget. Jangan lewatkan untuk menyaksikan sunrise juga sunset nya ya…

Penutup

Gunung Ciwaru tempat wisata alam di Majalengka yang harus kamu kunjungi weekend ini, bersantai bersama alam dengan suasana yang adem dan udara sejuk yang dapat menjadi tempat healing.


shopee