Gunung Sepikul, Pesona Gunung Api Purba Berbalut Legenda Di Sukoharjo

|

Gunung Sepikul adalah salah-satu gunung yang ada di Sukoharjo yang cocok dijadikan tujuan pendakian untuk para pemula. Hanya saja, wisata Sukoharjo tersebut belum cocok untuk anak-anak usia SD.

Gunung Sepikul tidak hanya menyimpan pesona keindahan alam saja. Gunung tersebut memiliki sisi legenda yang masih menjadi cerita di beberapa kalangan masyarakat.

gunung sepikul sukoharjo
gunung sepikul sukoharjo. google maps. sumber: prihanto raharjo

Sebelum anda berangkat ke Gunung Sepikul Sukoharjo, perlu diketahui terlebih dahulu bahwa di area Gunung Sepikul masih sangat minim fasilitas.

Oleh karena itu, persiapkan perbekalan makanan, dan minuman secukupnya. Karena tidak ada warung saat kaki anda sudah mulai mendaki.

Tetapi tidak perlu membawa perbekalan yang banyak, apalagi membawa peralatan camping. Karena di Gunung Sepikul tidak bisa dijadikan tempat camping. Gunung tersebut merupakan gunung batu, atau tepatnya gunung api purba yang didominasi bebatuan.

Simak juga: Wisata Alam Batu Seribu

Lokasi Gunung Sepikul

Lokasi Gunung Sepikul berada di alamat Dukuh Gunung Lor, Desa Tiyaran, Kecamatan Bulu, Kabupaten Sukoharjo, Provinsi Jawa Tengah.

Rute Menuju Gunung Sepikul

area parkir gunung sepikul
area parkir gunung sepikul. google maps. sumber: Vera Ningsih

Rute menuju Gunung Sepikul bisa diakses oleh kendaran roda dua, maupun roda empat hingga area parkiran utama. Meskipun kalau mobil bisa dibilang pas-pasan ukuran jalannya, terutama saat mulai mendekati area parkiran.

Bahkan, tidak sedikit juga yang datang ke wisata Gunung Sepikul Sukoharjo dengan menggunakan sepeda. Adapun jarak dari Alun-Alun Sukoharjo ke Gunung Sepikul sekitar 15 kilometer.

Simak juga: Royal Water Adventure

Trekking Atau Hiking Menuju Gunung Sepikul

jalur menuju puncak gunung sepikul
jalur menuju puncak gunung sepikul. google maps. sumber: Dafran Ilyasa

Gunung sepikul sangat cocok bagi anda yang belum pernah hiking, atau naik gunung. Karena untuk bisa sampai di puncaknya hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit saja dari area parkir.

Oleh karena itu, Gunung Sepikul bisa disebut juga dengan bukit karena tidak terlalu tinggi. Kondisi jalur pendakiannya didominasi oleh bebatuan.

Anak tangga baru terdapat di beberapa titik saja. Tetapi di titik yang susah, sudah dilengkapi dengan pembatas untuk pegangan tangan.

Bagi anda yang ingin berangkat ke Gunung Sepikul Sukoharjo, disarankan untuk mempertimbangkan aspek cuaca, dan alas kaki yang tepat supaya tidak licin saat berada di atas bebatuan.

Jalur menuju puncak Gunung Sepikul didominasi oleh bebatuan, dan rumput ilalang. Di beberapa titik sudah terdapat beberapa spot selfie dengan latar alam yang keren.

Simak juga: Curug Krajan

Harga Tiket Masuk Gunung Sepikul

Tiket masuk Gunung Sepikul seikhlasnya. Terdapat kotak tiket seikhlasnya yang terletak di dekat gerbang utama menuju pendakian ke puncak Gunung Sepikul Sukoharjo.

Jam Buka Gunung Sepikul

  • Gunung Sepikul buka dari pukul 05.00 – 18.00.
  • Wisata Gunung Sepikul Sukoharjo beroperasional setiap hari.

Fasilitas Di Gunung Sepikul

Fasilitas wisata di Gunung Sepikul mayoritas terkonsentrasi di area parkiran, termasuk tempat makan. Saat berada di atas hanya terdapat beberapa spot selfie, dan quotes di papan kayu.

Meskipun begitu, Gunung Sepikul Sukoharjo justru menyajikan nilai keasriannya. Dengan kata lain masih belum banyak terjamah oleh kreasi tangan manusia.

Sejarah Gunung Sepikul

sejarah gunung sepikul
sejarah gunung sepikul. google maps. sumber: Muh Ismail

Sejarah Gunung Sepikul Sukoharjo terbentuk akibat letusan gunung api purba sebelumnya. Bahkan, Gunung Sepikul Sukoharjo diindikasikan berumur lebih tua dibandingkan dengan Gunung Api Purba Nglanggeran, Gunungkidul.

Legenda Gunung Sepikul

Begitulah objek wisata di Indonesia selalu memiliki sisi legenda, misteri, atau mitos, seolah-olah dua sisi mata uang yang sulit dipisahkan.

Para pengunjung mesti bijak memahami hal tersebut. Di sisi lain, ternyata cerita legenda yang berkembang terkadang menjadi daya tarik tersendiri.

Begitupun dengan cerita legenda yang berkembang di Gunung Sepikul Sukoharjo terkait dengan cerita Bandung Bondowoso, yang dibantu oleh kelompok makhluk halus membentuk Gunung Sepikul.

Daya Tarik Gunung Sepikul

pesona keindahan gunung sepikul
pesona keindahan gunung sepikul. google maps. sumber: Fatih Alard

Gunung Sepikul memiliki ketinggian sekitar 350 mdpl, dengan sudut kemiringan 40 – 60 derajat. Gunung Sepikul adalah dua gunung batu yang saling berhadapan.

Tetapi hanya 1 gunung saja yang bisa didaki untuk umum. Bahkan sangat recommended bagi para pendaki pemula yang ingin mencoba petualangan menaklukan puncak gunung.

Pesona keindahan alam saat berada di puncak sangatlah menawan. Hamparan sawah, gunung-gunung, area pemukiman warga, berpadu dengan semilir angin yang menyejukan.

Berhati-hatilah saat mengabadikan moment indah di puncak Gunung Sepikul. Karena puncaknya juga merupakan bebatuan. So, selamat mendaki!