Hukoci, Oase Segar Pelepas Penat Warga Cianjur

Hutan Kota Cianjur atau yang lebih familiar dengan nama nama Hukoci ini, merupakan hutan kota yang sengaja di buat. tujuannya adalah sebagai hutan kita yang berfungsi sebagai paru-paru kota. Hukoci karena namanya yang unik, tidak jarang  disebut mirip dengan bahasa jepang.

Nama obyek wisata yang mirip bahasa Jepang, Hukoci, hanyalah sinonim atau singkatan dari “Hutan Kota Cianjur”. Hukoci ini, dibangun memang salah satunya sebagai hutan kota yang berfungsi sebagai paru-paru kota.
Hukoci, hutan Kota Cianjur. Image via: @maura.zharfa.mustika

Hampir di setiap hari libur, warga masyarakat Kota Cianjur selalu meyempatkan diri untuk berkunjung ke Hukoci. bukan hanya bangga karena adanya Hukoci di kota mereka. Tapi juga karena warga masyarakatpun bisa merasa bersantai merekapun dapat menikmati udara yang lebih segar belum terpapar dengan polusi.

Hukoci bukan saja sebagai hutan kota. Tapi Hukoci di kota cianjur ini memperlihatkan pemandangan yang luar biasa. Dimana pemandangannya lansung menghadap Gunung Mananggel. Jelas saja pemandangan semakin hangat dan manis, saat kabut halus turut menyelimuti keindahan pemandangan di pagi juga d sore harinya.

Hutan Kota Cimahi atau Hukoci ini memiliki luas 15 hektar. tentunya, di penuhi dengan  berbagai macam tanaman. tentunya suasana teduh dan juga rindangnya suasana hutan tercipta di sini. Dari mulai playing fox, arena berkuda, memanah hingga bersepeda bisa kita dinikmati di Hukoci wisata taman kota ini.

Lokasi wisata Hukoci ini tidak macet, sehingga sangat d minati oleh semua kalangan masyarakat. Karena, budget yang besahabat di kantong wajar saja jika objek wisata Hukoci  menjadi tempat piknik yang murah dan meriah.

Luas Hukoci yaitu 15 hektar yang ditanami berbagai tumbuhan, sehingga melahirkan kerindangan keteduhan, dan kenyamanan suasana alam hutan.
Selamat Datang. Image via: info-cianjuryeuh

Simak juga: 13 lokasi wisata indah di Cianjur

Lokasi Hukoci

Objek wisata Hutan Kota Cianjur terletak di Desa Babakan Karet, Kecamatan Cianjur, Cianjur, Jawa Barat.

Rute Menuju Hukoci

Para pengunjung bisa sampai ke Lokasi objek wisata Hukoci dengan mudah. Karena lokasinya yang cukup Strategis. Bisa melalui arah Baros atau Panembong.

Rute jalannya sangat khas dengan nuansa pegunungan, jalan yang naik turun, serta luas jarak yang memang hanya cykup untuk dua mobil yang berlawanan arah. Walaupun penerangan yang masih terbatas khas di Perkampungan Cianjur dengan jarak yang tidak terlalu jauh, tidak menjadi sebuah kendala. karena tidak sedikit juga pengunjung yang bersepeda ataupun berjalan kaki untuk sampai di lokasi Hukoci.

Dikarenakan belum adanya Ankutan umum untuk menuju ke sini, banyak juga pengunjung yang menggunakan sistem borongan untuk sampai ke sini.

Untuk bisa sampai di tempat ini gampang banget bisa dari arah Panembong dan arah Baros. Kalo dari Panembong jaraknya kurang lebih 2.4 km dari Gedung Gelanggang Muda, gak terlalu jauh dari The John aquatic resort.
Gerbang Taman. Image via: tagar.id

Jam Buka Hukoci

Objek wisata Hukoci di Kota Cianjur buka setiap harinya. Dari senin hingga minggu. Hukoci juga buka pada jam 08.00 dan akan di tutup pada jam 18.00 Wib.

Tiket Hukoci

Tentu saja Hukoci merupakan objek wisata yang sangat diminati semua kalangan. Karena wisata piknik yang murah meriah ini hingga  saat ini tidak ada harga pungutan tiket yang di bebankan kepada pengunjung.

Ini terjadi mungkin dikarena Hukoci termasuk salah satu fasilitas publik yang dikelola pemerintah kota Cianjur. Dengan maksud untuk meningkatkan taraf kebahagiaan masyarakat kota nya.

Fasilitas Hukoci

Fasilitas umum di Hukoci sudah di bilang cukup mendukung dan juga cukup memadai. Mulai dari kawasan parkir yang luas, toilet, hingga penjual makanan ringan. Walau akhir aklhir ini ada seikit kendala kualitas, akibat faktor perawatan yang kurang. Namun, mestinya itu bukan sebuah masalah besar.

Daya Tarik Hukoci

  1. Taman Hutan yang Hijau

Namanya juga hutan maka HuKoCi ini benar-benar hutan, tanaman yang ada disini jumlahnya 6.631 pohon yang berasal dari 91 jenis tanaman.
Hijau dan rindang. Image via: maps.google

Image via: Mempelajari Padi di Kampung Pandanwangi

Para pengunjung akan mendapati pemandangan pepohona yang rindang nan hijau ketika berkunjung ke kawasan ini. Setidaknya terdapat 90an jenis tanaman yang tumbuh disini, dengan mayoritas pohon karet. Tak heran mengingat bahwa kawasan ini berada di babakan karet.

Pepohohan rindang yang tumbuh dikawasan ini tentunya membuat udara pun semakin segar dan sejuk sehingga para pengunjung akan dibuat betah olehnya. Hal ini membuat kawasan ini cocok dijadikan sebagai pelepas penat dari aktivitas sehari-hari.

Terdapat dua pintu masuk yang dapat dilalaui oleh para pengunjung, namun pintu masuk kedua lah yang paring ramai dilalaui karena memiliki lahan parkir yang lebih tertata rapi.

Di sekitar parkir pengunjung bisa juga botram. Karena ada saung kecil yang bisa digunakan untuk istirahat sejenak
Gazebo Hutan. Image via: beatifulcianjur

Selain itu di HuKoCi juga terdapat fasilitas gazebo kecil yang dapat digunakan pengungjung untuk istirahat atau makan-makan bersama. Di kawasan ini juga terdapat penyewaan hammock sehingga pengunjung dapat merasakan kesejukan udara di kawasan ini lebih sempurna lagi.

  1. Aktifitas Luar Ruangan

HuKoCi atau Hutan Kota Cianjur merupakan taman yang dapat digunakan sebagai tempat atau rekreasi. Para pengunjung dapat bersantai-santai menikmati segarnya udara sambil bersenang-senang dengan keluarga.

Banyak pengunjung yang datang bersama keluarga, teman, pacar, atau club hobi. Kebanyakan yang datang ke hutan kota ini pada hari jumat dan minggu
Duduk bersama. Image via: @dellanovputri

Simak juga: Mandi Air hangat di Cikundul Cianjur

Waktu akhir pekan merupakan waktu dimana taman ini cukup ramai dikunjungi. Dengan udaranya yang sejuk serta pemandangan pepohonan yang rindang membuat pengunjung betah-betah di area ini.

Pengunjung dapat berolah raga dengan jogging atau lari-lari kecil bahkan jalan santai pun dapat dilakukan di area ini. Juga, tersedia lapangan yang dapat digunakan pengunjung untuk bermain bola. Hal ini tentunya menjadikan kawasan ini menjadi tempat yang sangat recomended bagi pengunjung yang hendak berolah raga kecil.

  1. Trek Sepeda

Hukoci, memiliki lintasan sepeda gunung yang bersuasana hutan. Nuansa bersepeda gunung sangat kental terasa, mirip dengan lintasan yang jauh dari perkotaan.Club Sepeda di Hukoci. Image via: @deni_pane

Simak juga: Safari Alam liar di Ketambe Aceh

Hutan Koci Cianjur memiliki lintasan sepeda gunung dengan panjang lintasan 2,4 Km dan 3,6 km. Lintasan yang dibuat untuk kejuaraan sepeda gunung dan cyclocross ini memiliki nuansa hutan khas pegunungan yang cukup kental.

Siapa sangka dalam pembuatannya, lintasan ini bahkan melibatkan langsung seorang ahli profesional yang didatangkan dari Malaysia. Maka tak heran jika lintasan sepeda gunung Hukoci ini memiliki lintasan yang bisa dibilang sempurna bagi para pecinta speda gunung.

Tips Mengunjungi Hukoci

Musim hujan bukan saat yang tepat untuk berkunjung ke Hukoci. Karena di musim hujan, tanahnya licin dan belum ada track khusus yang dipaving block atau dikasih batu. Jalannya masih setapak, di beberapa tempat ada genangan air dan tanahnya becek banget.

Kalau ke sini harus make sepatu yang gripnya masih oke biar gak slip. Jangan make selop, wedges atau high heels. Kalau sandal jepit masih oke lah.

Hutan ini didominasi pohon Karet berjumlah 878 pohon makanya gak heran nama tempat ini Babakan Karet
Hukoci. Image via: @sarrahfauziah_33

Objek Wisata Dekat Hukoci

Selain wisata alam berupa hutan, cianjur juga punya wisata kampung budaya. Salah satunya Kampung Budaya Padi Pandanwangi. Kawasan ini merupakan tempat wisata yang menyuguhkan pemandangan khas pedesaan yang diintegrasikan dengan pertanian/persawaha. Varietas tanaman yang dapat dijumpai di area ini adalah padi pandanwangi.

Cianjur juga memiliki wisata pertanian kebun Teh. Salah satu yang terkenal adalah Kebun The Sukanagara. Di wisata kebun the ini, pengunjung akan disuguhi pemandangan cantik area sekitar dengan jejeran pohon teh tersusun rapi yang nampak cantik dan instagramable.

Secara keseluruhan, Hukoci ini merupakan destinasi wisata keluarga yang menarik. Karena selain melepaskan penat dari kegaitans ehari hari, suasana alam terbuka bsia menumbuhkan keakraban antar anggota keluarga. Sesuatu yang dewasa ini makin terasa mewah, karena tingginya aktifitas indifidual anggota keluarga, bahkan ketika did alam ruah sekalipun.

Baca juga:

Leave a Comment