Hutan Bonsai, Pesona Fatumnasi Dan Tradisi Suku Dawan

Saat pertama kali membahas tentang wisata Timor Tengah Selatan ini, yang bernama Hutan Bonsai yang berlokasi di Kecamatan fatumnasi. Hati dan pikiran semakin takjub akan pesona keindahan wisata Nusa Tenggara Timur.

Dari mulai Labuan Bajo, Gunung Mutis, Taman Nasional Pulau Komodo, hingga Hutan Bonsai Fatumnasi, adalah rangkaian keindahan tersebut.

hutan bonsai alam mutis
hutan bonsai alam mutis. google maps. sumber: lh5.googleusercontent.com

Dan untuk memahami secara utuh pesona keindahan Hutan Bonsai tersebut, maka saya sarankan untuk membaca terlebih dahulu artikel sebelumnya tentang Fatumnasi. Dan ini linknya ya: www.nativeindonesia.com

Hutan Bonsai Fatumnasi merupakan hutan bonsai yang sudah berumur ratusan tahun. Saya pribadi sangat kagum akan kelestariannya.

Anda tahu sendiri, bahwa pohon bonsai sangat bernilai ekonomi yang sangat tinggi sekali, apalagi jika sudah berumur ratusan tahun, serta memiliki daun yang alami, alias bukan plastik ya… hehehe…

hutan bonsai fatumnasi
hutan bonsai fatumnasi. google maps. sumber: lh5.googleusercontent.com

Okelah, tanpa basa – basi lagi kita langsung saja masuk ke pembahasan pesona keindahan apa saja yang ada di Hutan Bonsai tersebut. Dan inilah reviewnya !

Daya Tarik Hutan Bonsai Fatumnasi Timor Tengah Selatan

1. Hutan Bonsai Ratusan Tahun

hutan bonsai dengan umur pohon ratusan tahun
hutan bonsai dengan umur pohon ratusan tahun. google maps. sumber: lh5.googleusercontent.com

Kita mulai dari sebuah pertanyaan kenapa disebut dengan Hutan Bonsai? Padahal kawasan tersebut dipenuhi dengan ribuan pohon ampupu.

Sebetulnya, sebuah pohon ampupu bisa mencapai ketinggian sampai 40 meter. Namun di kawasan ini, vegetasi pohon tersebut hanya mempunyai ketinggian sampai 2,5 meter saja. Oleh karena itu disebut sebagai Hutan Bonsai.

Batang pohonnya dipenuhi dengan lumut hijau. Sehingga para pengunjung yang datang, akan terkesima dengan kawasan hutan Bonsai tersebut.

lumut hijau di batang pohon bonsai
lumut hijau di batang pohon bonsai. google maps. sumber: lh5.googleusercontent.com

Pohon bonsainya, sering juga dijadikan sebagai sebuah latar bagi mereka yang melakukan selfie, maupun foto prewedding.

Lokasi wisata ini sering disebut juga dengan nama :

  • Hutan Bonsai
  • Hutan Bonsai Fatumnasi
  • Hutan Bonsai Alam Mutis
pohon bonsai sebagai latar foto
pohon bonsai sebagai latar foto. google maps. sumber: lh5.googleusercontent.com

Simak juga 9 tempat wisata di Timor Tengah Selatan : www.nativeindonesia.com

2. Bagian Dari Cagar Alam Mutis

Lokasi Hutan Bonsai berada di lereng Gunung Mutis, menjadikannya sebagai salah-satu kawasan terlembab yang ada di Pulau Timor.

Selain itu, Hutan Bonsai Fatumnasi bisa mampu terjaga kelestariannya karena sebagai bagian dari Cagar Alam Gunung Mutis, atau Cagar Alam Mutis.

bagian dari cagar alam mutis
bagian dari cagar alam mutis. google maps. sumber: lh5.googleusercontent.com

Namun, jauh sebelum itu. Kelestarian alam Gunung mutis, maupun alam yang ada di Fatumnasi, khususnya kawasan Hutan Bonsai, tidak bisa dilepaskan dari peran Suku dawan.

Suku Dawan mempunyai sebuah tradisi positif tentang upaya pelestarian alam. Oleh karena itu, kunjungan wisata ke Hutan Bonsai memberikan nilai edukasi bagi para  wisatawan.

Lokasi Hutan Bonsai

Lokasi Hutan Bonsai berada di lereng Gunung Mutis. Adapun alamat Hutan Bonsai berada di Kecamatan Fatumnasi, Kabupaten Timor Tengah Selatan, Provinsi Nusa Tenggara timur (NTT).

Rute Menuju Hutan Bonsai

jalan menuju kawasan hutan bonsai
jalan menuju kawasan hutan bonsai. google maps. sumber: lh5.googleusercontent.com

Hutan Bonsai yang indah ini dapat pengunjung capai dengan mengambil patokan dari kabupaten Soe menuju Lereng Gunung Mutis.

Akses jalannya pun cukup mudah dilalui oleh kendaraan roda dua maupun empat. Dari titik ini pengunjung setidaknya memerlukan waktu sekitar 2 jam perjalanan saja untuk sampai ke Hutan Bonsai.

Jam Buka Hutan Bonsai

Untuk mengunjungi dan menikmati keindahan Hutan Bonsai Fatumnasi ini, sebenarnya tidak ada ketentuan waktu. Pengunjung bisa datang 24 jam sehari, 7 hari sepekan.

Namun demikian, karena medan jalan yang sulit dan ketiadaan penerangan, datang pada saat hari sudah gelap tidak disarankan.

Tiket Hutan Bonsai

Harga tiket masuk Hutan Bonsai gratis.

Fasilitas Hutan Bonsai

Fasilitas di Hutan Bonsai Fatumnasi belumlah lengkap. Tetapi bagi wisatawan yang ingin menginap, bisa memilih penginapan yang disebut dengan Lopo Mutis.


Leave a Comment