Hutan Joyoboyo, Pelepas Penat Di Tengah Kota Kediri

Kediri merupakan kota terbesar ketiga di Jawa Timur setelah Malang dan Surabaya, jika kamu sedang berada di Kediri, sempatkanlah mampir ke sebuah lokasi yang bernama Hutan Joyoboyo.

Hutan Joyoboyo
Hutan Joyoboyo. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Hutan Joyoboyo berada di tengah Kota Kediri tepatnya di Kecamatan Kota Kediri, Kediri, Jawa Timur. Tempat ini merupakan Ruang Terbuka Hijau yang berdiri di atas lahan seluas 2,6 hektar.

Tempat ini menjadi lokasi favorite warga Kediri untuk mengajak anak-anak bermain, berolahraga atau hanya sekedar bersantai ria bersama kawan. Layaknya sebuah hutan kota, Hutan Joyoboyo pun memiliki fungsi dasar sebagai paru-paru Kota Kediri.

Setelah direvitalisasi, Hutan Joyoboyo memiliki tampilan yang lebih modern dengan dilengkapi fasilitas seperti, kubah ornamen elektrik, amphiteater, wahana bermain anak, tempat ibadah, sky bridge, teras pohon, balok titian, serta sarana fisik untuk edukasi.

Bersantai Di Area Hutan Joyoboyo
Bersantai Di Area Hutan Joyoboyo. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Simak juga: 10 lokasi populer di Kediri

Berikut ulasan lengkap mengenai Hutan Joyoboyo:

Lokasi Hutan Joyoboyo

Lokasi Hutan Joyoboyo terletak di Kawasan Banjaran, Kecamatan Kota Kediri, Kediri, Jawa Timur.

Untuk mencapai lokasi wisata ini sangat mudah, karena berada di tengah kota. Serta berjarak sekitar 3 km dari kantor Wali Kota Kediri, dengan estimasi waktu perjalanan sekitar 10 menit saja.

Jam Buka Hutan Joyoboyo

Jam operasional Hutan Joyoboyo dibuka setiap hari dan selama 24 jam nonstop. Waktu terbaik untuk mengunjungi Hutan Joyoboyo ialah ketika pagi dan malam hari.

Pagi hari udara masih sangat sejuk cocok sekali untuk berolahraga. Sedangkan jika malam tiba Hutan Joyoboyo akan banyak dihiasi oleh lampu-lampu taman yang sangat indah, menimbulkan kesan romantis.

Tiket Hutan Joyoboyo

Untuk menikmati keindahan Hutan Joyoboyo dengan segala fasilitas yang dimiliki, kamu tak perlu mengeluarkan uang sepeser pun alias gratis. Semua fasilitas yang ada dapat kamu manfaatkan sesuai fungsinya secara cuma-cuma. Kamu hanya perlu mengeluarkan uang untuk biaya parkir kendaraan yang kamu bawa.

Fasilitas Hutan Joyoboyo

Fasilitas yang ada di Hutan Joyoboyo sudah lengkap, jadi kamu tak perlu khawatir. Fasilitas umum yang ada seperti:

  • Area parkir
  • Toilet
  • Mushola
  • Wahana permainan anak
  • Kursi-kursi cantik untuk beristirahat

Daya Tarik Hutan Joyoboyo

1. Keindahan Hutan Joyoboyo

Saat kamu menginjakkan kaki di area Hutan Joyoboyo hawa sejuk dan menyegarkan akan langsung terasa. Rindangnya pepohonan dapat kamu lihat di sepanjang mata memandang.

Area hutan belantara ini, kini telah berubah menjadi Hutan Kota yang sangat mengasyikkan. Pohon-pohon yang tinggi memayungi setiap langkahmu, semilir angin ikut menyegarkanmu.

Rindangnya Pepohonan Di Hutan Joyoboyo
Rindangnya Pepohonan Di Hutan Joyoboyo. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Simak juga: Curug Dadali Cianjur, selebar 50 meter

Tak heran jika Hutan Joyoboyo selalu ramai dikunjungi disetiap waktunya. Merupakan sebuah tempat yang tepat untuk merelaksasi diri setelah seharian bergelut dengan penat.

Dengan duduk-duduk di tempat yang tersedia, kamu dapat menikmati keindahan yang coba diberikan Hutan Joyoboyo. Apalagi jika kamu mengunjunginya di malam hari, suasana yang berbeda akan sangat terasa.

Gemerlapnya lampu taman menghiasi di sepanjang jalan, ditambah dengan lampu sorot warna-warni yang menyinari pepohonan yang tinggi. Begitu cantik dan romantis sekali, cocok banget untuk menghabiskan waktu bersama dengan orang terkasih.

Hal menarik lainnya ketika sedang berada di Hutan Joyoboyo ialah dengan hadirnya Patung Pandji Galuh, yang dengan gagahnya menyambut kedatanganmu.

Sambutan Patung Pandji Galuh
Sambutan Patung Pandji Galuh. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Keberadaan beberapa ekor merpati yang merupakan sumbangan dari karyawan PT. Gudang Garam Tbk. pun ikut melengkapi daya tarik dari Hutan Joyoboyo ini. Anak-anak dapat bersenang-senang dengan keberadaan burung merpati tersebut setelah bermain di area playground.

2. Kids Playground

Hutan Joyoboyo merupakan tempat yang ramah anak, karena disini tersedia area playground untuk anak-anak bermain. Wahana permainan yang ada seperti ayunan, perosotan, serta beberapa wahana permainan lainnya yang dapat mengasah kemampuan motorik pada anak.

Area Bermain Anak
Area Bermain Anak. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

 

3. Sky Bridge

Yang menjadi perhatian pegunjung yang datang ke Hutan Joyoboyo ialah dengan keberadaan sebuah Sky bridge atau jembatan layang yang ditopang dengan besi.

Sky Brigde Di Hutan Joyoboyo
Sky Brigde Di Hutan Joyoboyo. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Sky Bridge ini membentang dari arah Selatan hingga menuju Utara dengan panjang sekitar 240 meter. Dengan didesaign sedemikian rupa sehingga terlihat sangat cantik namun gagah.

Kamu dapat melihat keindahan Hutan Joyoboyo dari ketinggian jika berada di Sky Bridge. Area ini juga selalu dijadikan spot foto oleh para pengunjung.

Spot Foto Favorite Pengunjung
Spot Foto Favorite Pengunjung. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Simak juga: Florawisata san terra dengan 100 jenis bunga

4. Jogging Track

Hutan kotanya Kediri ini dilengkapi pula dengan Jogging Track, dan selalu ramai digunakan pengunjung di pagi hari. Jogging Track yang ada mengelilingi seluruh area hutan, pastinya akan membuat peluhmu bercucuran.

Kamu akan berlari atau hanya berlari-lari kecil diantara pepohonan yang tinggi, Jogging Tracknya berkelok-kelok namun mudah untuk dilalui karena sudah ditata dengan baik sekali.

Jogging Track
Jogging Track. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Simak juga: Wana Wisata Ciherang, di bawah teduhnya Pinus

Tips Mengunjungi Hutan Joyoboyo

Berikut beberapa tips untuk kamu yang hendak mengunjungi Hutan joyoboyo, diantaranya yakni:

  • Waktu terbaik mengunjungi Hutan kota ini ialah ketika pagi dan malam hari.
  • Jika menginginkan suasana yang tenang kamu dapat mengunjunginya di hari-hari biasa.
  • Jaga selalu kebersihan dan keasrian lokasi Hutan Joyoboyo.
  • Hindarilah perbuatan yang dapat merugikan diri sendiri dan orang lain.
  • Siapkan gadget kamu untuk mengabadikan momen indah ketika berada di Hutan Joyoboyo.
  • Karena kamu akan berkunjung di area terbuka, lebih baik perhatikan kondisi cuaca ketika kamu hendak pergi.

Simak juga: Berburu foto instagramable di Bukit Klongan Jogja

Objek Wisata Lain Yang Harus Dikunjungi

Objek wisata lain yang dapat kamu kunjungi selain Hutan Joyoboyo ialah:

1. Kediri Eco Park

Kediri Eco Park atau biasa disebut KEP ini merupakan lokasi wisata yang berkonsep edukatif, karena ketika kamu disini kamu akan belajar cara membuat pupuk kompos, budidaya jamur, mengenal tanaman hydroponic serta aquaponic. Selain menikmati alam yang masih sangat asri, dengan ditumbuhi pepohonan yang menjulang tinggi.

Kediri Eco Park terletak di Jl. Kelapa Kelurahan Ketami, Kecamatan Pesantren, Kediri. Fasilitas yang ada di area wisata ini tak perlu diragukan lagi, kamu akan bersenang-senang sambil belajar ketika berada disini.

2. Bukit Dhoho Indah

Bukit Dhoho Indah berada cukup jauh dari pusat kota, namun lokasinya layak untuk kamu kunjungi. Menghadirkan hamparan alam yang tak kalah indahnya dengan Hutan Joyoboyo, Bukit Dhoho Indah selalu ramai dikunjungi pengunjung apalagi jika weekend tiba.

Serta banyaknya ragam wisata yang dapat kamu lakukan ketika berada disini merupakan daya tarik lainnya, Bukit Dhoho Indah sering disebut juga Taman Hammock karena saking banyaknya hammock yang terpasang diantara pepohonan.

Alam selalu menjadi tempat yang spesial untuk kita manusia, alam selalu siap sedia menerima keluh kesah kita, alam selalu ada menemani disaat kita merasa lelah dan sendiri.

Saat ini kamu ngga perlu pergi jauh-jauh untuk mencari alam yang indah, cukup dengan mengunjungi Hutan Joyoboyo lepaskanlah semua penat dan perih dalam diri. Resapilah energi positif yang coba alam berikan.

Jagalah selalu keindahan Hutan Joyoboyo serta keindahan alam yang lainnya, supaya kamu dapat terus menikmatinya!

Leave a Comment