Hutan Mangrove Karangsong, Sejarah Ekowisata Yang Inspiratif Di Indramayu

|

Hutan Mangrove Karangsong bukan sekedar wisata Indramayu yang biasa. Karena kawasan tersebut memiliki sebuah sejarah yang sangat inspiratif.

Hutan Mangrove Karangsong bermetamorfosa dari sebuah kebutuhan akan perlindungan dari abrasi, hingga menjadi sebuah wisata Indramayu yang edukatif.

ekowisata karangsong
ekowisata karangsong. google maps. sumber: Mohamad Adi

Ekowisata Karangsong Indramayu adalah sebuah objek wisata yang dibuka pada tahun 2015. Kehadiran kawasan hutan mangrove tersebut selain sebagai benteng kokoh penghalang dari bencana abrasi, di sisi lain juga berdampak ekonomis bagi masyarakat setempat setelah dijadikan sebuah objek wisata.

Dan saat ini, masyarakat yang tinggal di kawasan Karangsong sudah terhindar dari bencana abrasi. Padahal sebelumnya selalu saja dilanda bencana tersebut.  

Lokasi Dan Alamat Hutan Mangrove Karangsong

  • Lokasi Hutan Mangrove Karangsong terletak di dekat Pantai Karangsong.
  • Alamat Ekowisata Hutan Mangrove Karangsong Indramayu ini berada di Desa Karangsong, Kecamatan Indramayu, Kabupaten Indramayu, Provinsi Jawa Barat.

Rute Hutan Mangrove Karangsong

rute menuju ekowisata karangsong
rute menuju ekowisata karangsong. google maps. sumber: sugiarti Giarti

Rute menuju Wisata Hutan Mangrove jika berangkat dari Indramayu pusat akan menempuh jarak 8 Km, dengan kondisi jalur yang bisa dilalui dengan kendaraan motor, ataupun mobil hingga area parkir.

Jika pengunjung berangkat dari arah Cirebon, bisa mengambil jalan dari perempatan Bunderan Kijang, lalu belok kanan menuju Jl. Pahlawan.

Setelah itu, kalian mengambil Jl. Tambak lalu pengunjung tinggal mengikuti jalan tersebut, nanti akan menjumpai pertigaan, lalu belok ke kanan kurang lebih 1 km akan langsung menjumpai laut.

Jika dari Jakarta bisa melalui Jati Barang menuju pusat kota Indramayu. Ketika sudah tiba di Jembatan Cimanuk yang lokasinya dekat Masjid Agung, dan Alun-Alun Indramayu belok kiri dan tetap di Jl. Siliwangi.

Kemudian kamu akan menemukan Gapura Besar Desa Karangsong, menuju lokasi Hutan Mangrove Karangsong sekitar 3 km lagi.

Harga Tiket Masuk Hutan Mangrove Karangsong

  • Tiket masuk tidak membebankan tiket untuk per orang tetapi berdasarkan kendaraan, yakni :
  • Kendaraan sepeda motor Rp. 5.000,-
  • Kendaraan mobil Rp. 10.000,-
  • Tiket perahu Rp. 15.000,- per orang.

Jam Buka Hutan Mangrove Karangsong

  • Jam Oprasional Hutan Mangrove Karangsong dibuka setiap hari Senin hingga Minggu.
  • Hutan Mangrove Karangsong buka mulai pukul 08.00 hingga pukul 17.00 petang.

Fasilitas Hutan Mangrove Karangsong

fasilitas hutan mangrove karangsong
fasilitas hutan mangrove karangsong. google maps. sumber: Randy Bimantara

Fasilitas umum yang ada disekitar Hutan Mangrove Karangsong di antaranya :

  • Area Parkir,
  • Mushola,
  • Kamar mandi / MCK,
  • Warung-warung,
  • Dan masih banyak lainnya.

Daya Tarik Hutan Mangrove Karangsong

1. Ekowisata Hutan Mangrove

wisata edukatif di indramayu
wisata edukatif di indramayu. google maps. sumber: Na Esf

Ekowisata Hutan Mangrove Karangsong adalah kawasan konservasi yang memang di peruntukan sebagai sarana edukasi untuk para wisatawan terhadap kelestarian lingkungan.

Pengunjung tentu saja menikmati keindahan kawasan hutan bakau atau mangrove yang cukup rindang bisa dengan menyusuri trek yang telah disediakan.

Wisata Hutan Mangrove ini memiliki luas sekitar 20 hektar, dan menjadikannya sebagai hutan mangrove terbesar di Kabupaten Indramayu.

Selain menjadi tempat wisata, sebagaimana kita ketahui bersama bahwa manfaat hutan mangrove berfungsi sebagai pelindung ombak laut yangsering disebut dengan bencana abrasi.

Hutan Mangrove Karangsong ini merupakan hutan mangrove terbesar di Indramayu. Dan cara menuju kawasan Hutan Mangrove ini pengunjung  dapat menaiki sebuah perahu motor, tentunya sebelum pengunjung berangkat harus membeli tiket terlebih dahulu.

Perjalanan yang dilalui sekitar 5 sampai 10 menit saja, sajian pemandangannya pun sangat indah, deretan pohon bakau serta suara burung yang berkicau seakan menyambut kedatanganmu berkunjung.

2. Spot Selfie

jembatan cinta
jembatan cinta. google maps. sumber: Randi Bimantara

Ekowisata Mangrove Karangsong juga menyajikan kebutuhan trend wisata saat ini, berupa spot selfie yang instagramable. Salah-satunya adalah sebuah menara pandang, sebagai spot terbaik menikmati keindahan alam sekitar dari ketinggian.

Selain itu, spot lainnya yang bisa dijadikan latar spot selfie adalah di area landmark yang bertuliskan Karangsong, atau di sebuah jembatan yang bernama Jembatan Cinta.