Istana Siak, Wisata Siak Yang Bersejarah Dan Megah

Istana Siak merupakan tempat wisata yang ada di Kabupaten Siak, Provinsi Riau, yang mengisyaratkan bahwa objek wisata di Indonesia syarat dengan nilai sejarah yang sangat tinggi.

Istana Siak hanyalah satu dari sekian banyak wisata sejarah yang masih terjaga secara baik. Bayangkan saja, Istana Siak mulai dibangun pada tahun 1889, dan kini istana tersebut masih berdiri kokoh.

Istana Siak terletak di Kabupaten Siak, Riau, adalah bukti peninggalan sejarah Kerajaan Melayu Islam terbesar di Riau. Dan kini, kompleks tersebut menjadi sebuah tempat wisata edukatif yang recommended untuk dikunjungi.

landmark siak sri indrapura
landmark siak sri indrapura. google maps. sumber: omaRania

Simak juga: wisata di Pekanbaru

Sejarah Istana Siak

Sejarah  Sejarah Istana Siak dibangun oleh Sultan Assyaidis Syarif Hasyim Abdul Jalil Syaifuddin. Keberadaan Istana Siak menjadi bukti sejarah Kerajaan Siak Sri Indrapura dari abad ke 16 sampai dengan abad ke 20.

Kerajaan atau Kesultanan Siak sangat terkenal sebagai sebuah kerajaan bahari yang sangat kuat. Sementara yang menjadi cikal bakal terbentuknya Kesultanan Siak, tidak lepas dari sosok pendirinya yang bergelar Sultan Abdul Jalil.

Memiliki nama lengkap Sultan Abdul Jalil Rahmad Syah, sering juga disebut sebagai Sultan Abdul Jalil I merupakan sosok yang berasal dari Pagaruyung, sebuah tempat di Sumatera Barat.

kapal kato
kapal kato. google maps. sumber: Muhammad Fadil

Nama Lain Istana Siak

Merupakan hal yang lumrah jika tempat wisata yang ada di Indonesia memiliki lebih dari satu nama penyebutan. Tentu saja banyak faktor yang melatarbelakangi lahirnya nama-nama tersebut.

Begitup dengan Istana Siak, Riau, memiliki nama lain, yaitu:

  • Istana Asseraiyah Al-Hasyimiah
  • Istana Matahari Timur
tangga unik di istana siak
tangga unik di istana siak. google maps. sumber: JR Foodbuster

Simak juga: Serunya Galaxy Waterpark Jogja

Lokasi Dan Alamat Istana Siak

Lokasi dan alamat Istana Siak berada di Jalan Sultan Syarif Kasim, Kp. Dalam, Siak, Kabupaten Siak, Provinsi Riau.

Rute Menuju Istana Siak

Akses jalan menuju Istana Siak sangatlah mudah, dan bisa dilalui oleh kendaraan roda dua, maupun kendaraan roda empat (Mobil), hingga ke area parkiran.

Jarak Istana Siak dari Pelabuhan Siak hanya sekitar 500 meter saja. Lokasi Istana Siak terletak berdekatan dengan alun-alun Kabupaten Siak, jaraknya hanya 180 meter saja.

Harga Tiket Masuk Istana Siak

Tiket masuk Istana Siak Rp. 10.000 per orang

dekat dengan alun alun siak (1)
dekat dengan alun alun siak. google maps. sumber: Nandi Kosmaryandi 

Simak juga: Indahnya P:uncak Pusunge Tahura

Jam Buka Istana Siak

  • Istana Siak buka dari pukul 08.00 – 16.00
  • Istana Siak buka dari hari Senin – Minggu

Fasilitas Di Istana Siak

Fasilitas Di Istana Siak sudah lengkap untuk menunjang kenyamanan para wisatawan yang datang berkunjung. Adapun fasilitas penginapan di lokasi utama Istana Siak memang tidak ada, namun karena lokasinya yang strategis, maka para pengunjung tidak akan kesulitan mencari penginapan yang dekat dengan Istana Siak, Riau.

Daya Tarik Istana Siak

1. Arsitektur Istana Yang Megah

mengabadikan keindahan istana siak
mengabadikan keindahan istana siak. google maps. sumber: Anies Heriyanto

Simak juga: Cantiknya Taman Limo Jatiwangi

Daya tarik yang pertama dari Istana Siak tentu saja adalah bangunan istananya. Bangunan tersebut sangat unik, karena tidak mengacu kepada satu corak saja.

Corak bangunan Istana Siak adalah Melayu, Arab, dan Eropa. Para pengunjung diperkenankan masuk untuk melihat-lihat apa yang ada di dalam istana tersebut.

Di area dalam Istana Siak terdapat 6 ruangan yang memiliki fungsi berbeda – beda. Di lantai 2, para pengunjung bisa meliat beberapa patung elang yang menjadi simbol keberanian Kerajaan Siak.

2. Wisata Sejarah Yang Edukatif

interior yang mengagumkan
interior yang mengagumkan. google maps. sumber: Sarah R Putri

Simak juga: Canggihnya Mikie Holiday Funland

Daya tarik selanjutnya dari Istana Siak adalah wisata sejarah yang sangat menyenangkan, namun bernilai edukatif. Karena letak Istana Siak berada di area kompleks seluas 32.000 meter persegi.

Dari total luas kawasan tersebut, 1.000 meter perseginya menjadi luas bangunan Istana Siak. Di dalam Istana Siak banyak sekali barang-barang peninggalan sejarah yang sangat berharga.

Begitupun di area luar Istana Siak, meskipun berada di area taman yang sudah tertata baik nan indah, namun tidak merubah barang – barang yang bersejarah, yang sudah ada sejak dahulu.

Jalan-jalan mengelilingi kawasan tersebut sangat menyenangkan, menyajikan sebuah sensasi mundur beberapa ratus tahun ke belakang, namun dalam suasana yang sangat nyaman.

view istana siak di malam hari
view istana siak di malam hari. google maps. sumber: krisna rahmantya

Jangan lupakan untuk mengabadikan momen berharga saat berada di objek wisata Istana Siak. Oh iya, jangan sampai merusak atau mencurat-coret barang bersejarah yang ada di sana ya…..


Tinggalkan komentar