JATIM PARK 1 : Review, Alamat dan Tiket Masuk

Indonesia memiliki beragam kebudayaan yang sangat menarik untuk disimak. Keberagaman ini yang membuat negeri ini menjadi bangsa yang besar. Bangsa yang semakin dilirik oleh Sobat Native dunia. Satu per satu dari mereka pun mengakui bila, negeri ini sangat indah dan juga elok. Mereka pun mulai mengakui akan hal ini seiring tumbuhnya sektor pariwisata.

Keberagaman Indonesia tersebut bisa dipelajari bila, Sobat Native mengunjungi sebuah kawasan yang begitu luas, unik dan memberikan sebuah pengalaman yang berbeda.

Tempat tersebut adalah Jatim Park, Kota Batu, Jawa Timur. Dimana, ada 3 kawasan dengan wahana yang berbeda-beda di yang bisa dipelajari di setiap kawasannya.

Jatim Park 1 Entrance
Image by: @fasyay

Wahana-Wahana Jatim Park 1

Berada di Jatim Park I berarti Sobat Native akan mempelajari bebagai macam ragam budaya tentang Indonesia. Semua dikupas tuntas, hingga Sobat Native akan memahami dan bangga dengan apa yang dipunya negeri ini yang dijamin tidak akan dipunya oleh negara lain.

Sebagai awal dari petualangan, Sobat Native akan disambut dengan sebuah pesta rakyat yaitu gunungan. Pesta rakyat ini terdiri dari tumpeng nasi kuning yang cukup besar. Ditambah dengan beberapa orang yang duduk melingkar di sekitar. Masih ada satu tempat yang memang tidak diisi sebagai salah satu spot foto untuk Sobat Native yang ingin merasakan.

jatim park 1
Image by: Rizky Pradhana (Coll.)

Selain itu ada beberapa kawasan kota lama yang lengkap dengan delman, sepeda onthel, becak dan beberapa pedagang bakso yang masih menggunakan gerobak yang digendong.

Ada pula beberapa patung yang sedang memperagakan tari-tarian asal aceh. Selain itu, ada pula topeng-topeng yang begitu menarik untuk dijadikan sebagai spot untuk selfi. Ada pula beberapa orang yang sedang bermain gamelan lengkap dengan sinden dan juga dalang. Hanya saja, untuk penabuh gamelannya tidak ada.

Berjalan menuju ke dalam Sobat Native akan disuguhkan dengan berbagai macam rumah adat beserta pakaian adatnya. Rumah-rumah dan pakaian adat ini tampak begitu mengagumkan. Sehingga, Sobat Native, bisa selfie-selfie di tempat kawasan ini.

Baca Juga :  Curug Cipurut, Alternatif Wisata di Purwakarta

Ada salah satu spot yang cukup menarik yaitu, kawasan malioboro, Yogyakarta yang di set sesuai dengan zaman dahulu. Jadi, lengkap dengan beberapa kendil mulai dari yang kecil hingga yang besar. Sobat Native, bisa melakukan aksi dengan menggunakan kendil ini dan beberapa sayur mayur yang terbuat dari plastik dan dibentuk sesuai dengan aslinya.

Lepas dari kawasan ini, ada kawasan papua yang lengkap dengan wahana perahu dan rumah adat suku pedalamannya. Ada pula beberapa tarian tradisional dari Banyuwangi, Ponorogo dan juga tionghoa pun dipersembahkan disini.

Jatim Park 1 Wahana 3
Image by: @jatimparksatu

Setelah puas melihat bagaimana kekayaan dan keberagaman di negeri ini saatnya Sobat Native mempelajari tentang bagaimana ilmu fisika itu. Semua mengenai hukum fisika yang rumit tetapi asik untuk di jelajahi dan dicoba satu persatu, begitu pula dengan kawasan Science center, serta taman buah dan sayuran.

Keindahan negeri ini pun tidak cukup sampai disini. Sobat Native, masih akan disuguhkan beberapa taman yang bersejarah. Sobat Native, akan disuguhkan miniature beberapa bangunan yang Indonesia banget yaitu, candi, patung budha, dan beberapa adegan prasejarah yang menarik untuk dijelajahi dan dijadikan tempat spot foto.

Kemudian, Sobat Native akan disuguhkan beberapa keraton Nusantara dan sejarahnya yang sangat menarik untuk di dengar. Keraton keraton ini sampai saat ini masih bediri, dengan megahnya dan Sobat Native pun bisa berkunjung ke kawasan-kawasan keraton ini.

Wahana yang terakhir adalah Galeri Pos dan Zona taman bermain. Di zona inilah Sobat Native bisa bermain dengan ceria. Apalagi, dibangunnya wahana-wahana baru yang membuat jantung berdetak dengan sangat kencang. Seperti halnya, superman coster yang harus berputar 360 derajat dengan kecepatan yang super cepat.

Baca Juga :  Taman Nasional Teluk Cendrawasih, Keindahan Papua Sebenarnya
Jatim Park 1 Wahana 1
Image by: @jatimparksatu

Wahana adrenalin seperti ini yang memang dicari oleh kebanyakan Sobat Native, terlebih lagi dengan wahana pendulum dan halilintar yang siap membuat jantung Sobat Native copot seketika, air mata keluar, dan rasa takut melanda. Hanya saja, setelah selesei Sobat Native akan merasa ketagihan dan ingin melakukan wahana ini lagi dan lagi.

Setelah puas dengan berbagai macam wahana, Sobat Native bisa berbelanja beberapa kebutuhan dan oleh-oleh khas dari malang. Mulai dai kaos, pernak-pernik antik dan juga lucu-lucu dengan harga yang sangat bersahabat dengan Sobat Native.

Lapar? Di samping pintu keluar ada semacam kantin yang biasa digunakan oleh para petugas untuk menyantap makanan yang disajikan. Untuk rasa, kantin ini mempunyai rasa yang begitu luar biasa. Enaknya, bikin nagih. Apalagi, berbagai macam menu kuliner ada disini termasuk bakwan kawi yang sangat segar.

Soal harga jangan khawatir, harganya sangat bersahabat dan tidak membuat kantong sobat native kempes. Ditempat Ini pula ada teh jawa timur yang dijual dengan harga pasar. Dimana, teh ini super nikmat dan tidak ada teh yang mampu mengalahkannya. Sobat Native harus dan wajib mencobanya.

Jatim Park 1 Wahana 4
Image by: @m1qbalimages

Rute, Lokasi, Dan Harga Tiket Masuk

Alamat Jatim Park berada di Jl. Kartika no.2, Sisir, Kecamatan Batu, Kota Batu, Jawa Timur. Menuju ke kawasan ini sebenarnya sangat mudah. Karena, letaknya berada di tengah jalan raya.

Sobat Native akan melintasi kawasan UMM dan gapura selamat datang di kota Batu. Sementara itu, Sobat Native bisa memanfaatkan papan petunjuk yang sudah tersebar di berbagai perempatan dan menjadi pemandu yang baik yang akan mengarahkan Sobat Natïve, menuju kawasan Batu.

Baca Juga :  Nostalgia Itu Bernama "Malioboro", Simak Reviewnya Disini

Ikuti lajur jalan utama hingga bertemu dengan sebuah pertigaan. Belok ke kiri dan kemudian ambil lajur kearah kanan yang akan mengantarkan Sobat Native, menuju ke Jatim Park 1.

Bagi Sobat Native yang ingin naik angkutan umum. Titik poin adalah stasiun kereta api Malang. Kemudian, naik angkutan umum dengan kode AL atau ADL. Yang akan mengantarkan Sobat Native menuju ke Terminal Landung. Dari sini menuju terminal Batu menggunakan angkutan dengan kode BT atau BTL lalu, turun di depan pintu gerbang Jatim Park 1. Dengan tarif 3000 rupiah per angkot.

Jam Buka kawasan ini pada pukul 8.30 pagi hingga 16.30 sore. Harga tiket masuk weekday 70 ribu, dan week end 100 ribu. Untuk tiket terusan ke Museum Bagong 130 ribu untuk weekday, dan 150 ribu untuk weekend.

Museum Bagong

Museum Bagong adalah museum yang mempelajari tentang tubuh manusia. Bagaimana bentuk jantung dan bagaimana cara kerjanya. Bentuk hati, limpa, paru-paru dan lengkap dengan cara kerjanya. Semua akan dikupas habis dan tuntas di museum Bagong ini.

Jatim Park 1 Wahana Museum Bagong
Image by: @sgsx_trans

Di museum ini pula Sobat Native bisa memperiksakan mata dan juga golongan darah secara gratis. Jadi, apabila mata sobat Native tidak sehat bisa ketahuan. Pasti petugas akan menyuruh Sobat Native untuk memeriksakannya ke dokter untu mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Jatim park I adalah kawasan wisata yang sudah mempunyai nama. Kawasan yang tidak boleh dilewatkan oleh siapa pun yang berasa di Kota Batu. Apalagi, Jatim Park sudah menjadi ikon wisata Kota Batu yang tidak akan pernah tergantikan.

80%
Awesome
  • Harga Tiket Masuk
  • Akses Lokasi
  • Fasilitas
You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.