Jatim Park 2 ; Review, Lokasi, Harga Tiket dan Wahana Yang Ada

| | ,

Objek wisata Jatim Park, khususnya area Jatim Park 2 selalu dibanjiri pengunjung setiap musim liburan tiba. Berada di area dataran tinggi, tepatnya di Kota Batu, kawasan Jatim Park terbilang strategis. Berbagai aktivitas dan wahana Jatim Park 2 siap menyambut dan menghibur pengunjung.

Selain udara yang sejuk dan tidak terlalu panas, tumbuhan dan pepohonan di sekitarnya masih sangat lebat. Hal ini membuat wisatawan betah berlama-lama di kota ini.

Jatim Park 2
Jatim Park 2. Image via: trivindo.com

Lokasi Jatim Park 2

Jatim Park 2 lokasinya tidak jauh dengan Jatim Park 1. Sekitar 1 km dari Jatim Park 1. Pengunjung bisa menempuh nya dengan kendaraan pribadi maupun umum.

Secara lengkap alamat Jatim Park 2 ada di di Jl. Oro-Oro Ombo No. 9, Temas, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur 65315.

Simak juga: daftar tempat wisata di Malang

Rute Menuju Jatim Park 2

Objek wisata yang termasuk dalam wisata Batu Malang ini mudah dijangkau dengan angkutan umum atau pribadi.

Kendaraan Pribadi

Untuk pengunjung yang berasal dari kota di Jawa Tengah, bisa memulai perjalanan dari kota Solo.

Dari kota tersebut, rute yang diambil adalah: Solo – Sragen – Ngawi – Nganjuk – Pare – Kandangan – Alun Alun Kota Batu. Dari titik ini, ambil jalur ke Jl. Diponegoro – Jl Imam Bonjol Bawah – Jl. Agung Salim lalu dari situ langsung menuju Jl. Oro Oro Ombo ke destinasi wisata ini.

Kebun binatang Jatim Park 2. Image via: http://tempatwisataindonesia.id/jatim-park-2-malang/

Kalau dari Jakarta, kalian bisa ambil rute berikut: Tol Cikampek – Tol Kanji – Pejagan – Brebes Exit – Margadana – Pekalongan – Semarang – masuk Tol Semarang – Ambarawa dan keluar di Bawen. Lalu ambil rute Bawen – Salatiga – Boyolali – Solo.

Dari Kota Solo, jalur yang ditempuh sama seperti rute keberangkatan dari Semarang.

Kendaraan Umum

Pengunjung dariluar kota bisa menggunakan bus AKAP denagn tujuan Terminal Arjosari. Dari Arjosari, naik angkot berkode AL atau ADL menuju ke Terminal Landungsari. Sesampainya di Landungsari, naiklah angkot berkode BJL yang menuju Kota Batu. Pengunjung akan diturunkan langsung di depan destinasi wisata ini.

Untuk pengguna Kereta Api, bisa mengguankan stasiun tujuan di Stasiun Malang Kotabaru. Dari stasiun ini naik angkot AL/ADL yang menuju ke Landungsari.

Untuk pengguna angkutan Udara, bisa turun di Bandara Abdul Rahman Saleh. Dari bandara, menggunakan menuju ke Terminal Arjosari. Seterusnya, rutenya sama seperti yang di atas.

kapal nabi nuh
Replika Kapal nabi Nuh. Image via: kangpoer.staff.ugm.ac.id

Simak: review wisata Malang Night Paradise


Tiket Masuk Jatim Park 2

Untuk merasakan seruan nya berbagai wahana di Jatim Park 2, pengunjung dikenakan tiket Rp 84.000 untuk hari Senin – Kamis. Sedangkan untuk hari Jumat – Minggu, harganya naik menjadi Rp 120.000.

Untuk hari libur nasional atau musim liburan, harga tiket masuk mengikuti harga tiket weekend, yaitu Jum’at – Minggu.

Tiket tersebut sudah termasuk tiket masuk ke Museum Satwa dan Batu Secret Zoo, serta menikmati semua wahana permainan di Batu Secret Zoo.

Jam Buka Jatim Park 2

Jatim Park 2 Malang dibuka tiap hari mulai pukul 10.00 – 18.00 WIB. Khusus dalam menyambut Bulan Suci Ramadhan, Ada sedikit perubahan jam buka, yakni dari pukul 09.00 – 17.00 WIB.

Fasilitas Jatim Park 2

Selain menyediakan wahana dan dunia binatang yang seru, Jatim Park 2 Malang juga menyediakan beberapa fasilitas penunjang bagi kenyamanan pengujung selama bertualang dari wahana ke wahana.

Berikut beberapa fasilitas yang tersedia: Mushola, E-bike station, Food court, Pusat oleh oleh, Charging station, Fun house, Baby care, dan Pusat informasi.

wakling bird
Walking Bird. Image via: mytrip.co.id

Baca: info seputar Museum Angkut

3 Zone di Jatim Park 2

Seluruh atraksi menarik di Jatim Park 2, tersebar dalam 3 zone berbeda. 3 zone itu meliputi: Bau Secret Zoo, Museum Satwa, dan Eco Green Park.

Batu Secret Zoo

Sesuai namanya, zone ini adalah kebun binatang. Berbagai jenis binatang ada di Zone ini sana. Kebun binatang ini luasnya mencapai 15 hektar.

Kebun binatang ini dibagi dalam 6 area.Setiap area si dedikasikan untuk jenis hewan tertentu.Seperti area reptile, area aquarium, area savanah, area pasar Afrika, area fantasy land and adventure land, area dan area tiger land.

Museum Satwa

Di lokasi ini pengunjung akan bertemu dengan hewan-hewan yang sudah musnah dari bumi juga yang sampai sekarang masih tetap eksis. Terdapat fosil, ataupun patung hewan-hewan tersebut di museum satwa Jatim Park 2. Juga terdapat koleksi serangga lebih dari 5.000 yang didatangkan dari penjuru bagian-bagian dunia.

Eco Green Park

Di dalam zone wisata Eco Green Park ini, pengunjung  bukan hanya terhibur tapi juga ter-edukasi. Semua hal mengenai pendidikan bidang: pengetahuan alam, lingkungan, pengenalan edukasi, dan masih banyak lagi, di sajikan dengan cara menarik melalui 35 wahana di wisata. Di antara wahana-wahana itu terdapat miniatur candi, insectarium, music plaza, eco journey, animal farm, hydroponic, world of parrot, dan duck kingdom.

Simak: Review wisata Coban Rondo

10 Wahana Jatim Park 2

Dari puluhan wahana seru yang ada di ketika Zona itu, pada kesempatan ini nativeindonesia.com ingin mengajak untuk melihat lebih jauh 10 di antara wahana yang paling seru.

1. Pulau Harimau

TIGER-LAND
Tiger Land. Image via: travel.detik.com

Koleksi harimau dan singa berasal dari berbagai tempat baik itu dari Indonesia, seperti misal Harimau Sumatra, atau luar negeri Singa Afrika.

Di wahana yang terdapat pada Zona Secret Zoo ini pengunjung bisa bertemu dengan harimau dengan sangat dekat. Setiap kandang akan ada harimau yang menyambut pengunjung dengan pandangan garang. Pengunjung bisa berfoto dengan angel seakan-akan harimau berada tepat di belakang pengunjung.

Dan yang lebih keren lagi adalah, mereka ditempatkan tidak di kandang besi yang menyedihkan. Tapi mereka dibuatkan diorama yang dibuat mirip dengan habitat asli dari negara mereka.

2. Aquarium

aquarium
Aquarium besar. Image via: namnamstory.blogspot.com

Sesuai namanya Aquarium, wahana pada zona Secret Zoo Jatim Park 2 ini terdapat berbagai jenis hewan yang tinggal di Air. Aquarium ini terletak di bawah tanah. Layaknya sea world, di area ini ditampilkan berbagai jenis hewan yang tinggal di air laut atau air tawar. Mulai dari Ikan hiu, belut listrik, hingga hewan aneh bernama Axlotl ada disini.

Tak hanya melihat berbagai macam jenis ikan, kamu juga bisa berfoto seru seakan kamu sedang menyelam di dalam kolam raksasa berisi ikan eksotis.

Lihat juga: review wisata Pantai Balekambang

3. River Adventure

Masih di Zone Secret Zoo, terdapat wahana River Adventure. Mengarungi sungai dengan perahu yang dikelilingi satwa unik adalah pengalaman unik yang tak terlupakan. Pengunjung juga berkesempatan memberi makan burung pelikan yang mengikuti perahu sepanjang perjalanan.

Di tepi sungai terdapat berbagai macam satwa yang siap menyapa dengan suara unik mereka.

Petualangan sungai ini sangat seru dan menyenangkan. Selain menyusuri deras arus sungai, wisatawan akan disuguhkan dengan megah nya replika Kapal Nabi Nuh.

Di dalam kapal ini juga terdapat berbagai patung hewan-hewan. Selama perjalanan, wisatawan akan menjumpai burung bangau, kera, dan orang hutan yang hidup bebas di sekitar sungai buatan tersebut.

4. Savana

Savana
Zebra di savana. Image via: indonesia-tourism

Salah satu wahana di Secret Zoo, Savannah adalah sebuah lorong panjang yang terbuat dari kaca. Dengan memasuki lorong ini, pengunjung bisa melihat langsung ekosistem fauna Afrika, sekaligus dengan binatang binatang khas nya.

Hewan yang berada di area ini semuanya berasal dari Afrika yang memiliki banyak padang savana. Habitat dan Lokasi pun didesain mirip dengan suasana di Afrika.

Tak jauh dari lokasi ini adalah Fantasy land, dan sebuah area dimana ada banyak Gajah berada. Pada jam-jam tertentu pengunjung bisa ikut memberi makan gajah.

Selama di wahana ini pengunjung tidak perlu khawatir kehilangan arah. Ada layar sentuh di terowongan ini yang akan memecahkan kebingungan pengunjung, sehingga bisa melanjutkan penjelajahan menyusuri Savannah ini tanpa kebingungan.

5. Eco Journey

Berpindah ke zone selanjutnya, ke Eco Green Park. Salah satu atraksi yang mengasyikkan adalah Eco Journey. Atraksi ini  memberikan gambaran mengenai  keindahan yang ada di muka bumi dan bagaimana keindahan itu terbentuk dalam jangka waktu yang lama. Butuh waktu setidaknya jutaan hingga milyar tahun untuk membentuk suatu keindahan yang bisa kita nikmati sekarang.

Gunung, Danau, hingga laguna-laguna yang terbentuk oleh proses alami merupakan suatu maha karya indah yang harus kita jaga. Namun, semua itu bisa rusak hanya dalam sekejap oleh ulah manusia.

Di Eco Journey, pengunjung dapat melihat gambaran-gambaran alam dan juga kerusakan yang dialami alam oleh manusia. Banyak sekali pengetahuan-pengetahuan baru dan juga cara merawat alam ini agar tetap lestari.

6. Rumah Terbalik

rumah terbalik
Abis ada tornado ya?. Image via: jtp.id

Atraksi menarik selanjutnya di Zone Eco Green Park adalah Rumah terbalik. Di sini pengunjung bisa merasakan sensasi memasuki dunia serba terbalik. Pengunjung dapat berfoto di dalam rumah dengan desain 180 derajat beserta furnitur yang terasa melawan gaya gravitasi. Rasakan sensasi berjalan dan merangkak di langit-langit rumah bahkan berfoto seru bersama-sama.

Tampilan luarnya saja sudah akan membuat takjub, belum lagi penampakan perabotan rumah tangga yang juga terbalik. Kondisi perabot di ruangan yang lain, seperti dapur misalnya. Di sana, meja makan, wastafel tempat mencuci piring, hingga peralatan makan yang berada di lemari makan seperti sendok, garpu, piring juga terlihat terbalik. Bahkan saat memasuki kamar mandi, Anda akan melihat semua peralatan mandi, dari bak mandi, shower, keran air, sabun, shampo, sikat gigi, dan lain-lain juga berada di atas kepala.

7. Eco Science Center

candi
Miniatur Candi. Image via: urukyu

Atraksi selanjutnya di Zona Eco Green Park yang juga sangat menarik adalah Eco Science Park. Dengan bangunan berbentuk candi menyediakan berbagai pengetahuan alam yang dibutuhkan. Disini pengunjung akan mengetahui apa saja kekayaan yang bisa dihasilkan alam hingga bencana yang akan timbul jika kita tidak menjaga alam sekitar.

Terdapat Simulator Gempa, Simulator Angin yang bisa kamu coba sendiri!. Tidak cuma itu berbagai macam batuan alam yang bisa kamu pelajari selama berkeliling di Eco Science Center.

8. Sangkar Raksasa

Selanjutnya kita berpindah ke Zona Museum Satwa. Ketika memasuki museum satwa, pengunjung pertama tama akan disambut dengan sebuah sangkar burung raksasa. Di dalam sangkar ini pengunjung  dapat berfoto-foto pada berbagai objek yang disediakan. Di dalam sangkar raksasa ini terdapat ornamen tambahan seperti taman bunga dan patung burung. Sangat tepat untuk digunakan obyek untuk mengambil foto yang cantik..

9. Galeri Fosil

fosil
Selfie dengan kerangka dinosaurus. Image via: mistertraveller07

Atraksi selanjutnya  yang tidak kalah menarik di Zona Museum Satwa ini adalah Galeri Fosil.

Berjuta-juta tahun yang lalu, hewan-hewan raksasa hidup menguasai bumi. Ukurannya yang sangat besar bahkan ada yang mencapai tinggi bangunan bertingkat, membuat ukuran manusia zaman sekarang tidak ada artinya. Hewan-hewan raksasa itu sudah tidak hidup lagi di bumi. Tapi, peninggalan-peninggalan mereka dapat kita saksikan dan pelajari.

Di Museum Satwa, pengunjung bisa melihat koleksi fossil dari hewan-hewan besar ini. Selain itu, pengunjung juga bisa mempelajari tentang kehidupan hewan hewan purba ini.

10. Khazanah Pengetahuan Fauna

Atraksi terakhir yang akan kita bicarakan di Zona Museum Satwa adalah Khazanah Pengetahuan Fauna. Di Khazanah Pengetahuan Fauna pengunjung akan dipandu untuk mempelajari lebih terperinci mengenai organ dalam berbagai makhluk hidup. Disini pengunjung usia sekolah dasar dan menengah juga bisa melakukan pembedahan tikus dan katak.

Di lokasi ini pengujung dapat mengobati penasaran tentang bagaimana bentuk jantung tikus dan seperti apa saluran pencernaan katak.

makan barenga ma panther
Makan siang ditemani Macam Tutul. Image via: @melianasantoso

Objek Wisata Dekat Jatim Park 2

Lokasi Jatim Park 2 dekat dengan Wisata Jatim Park 1 dan Wisata BNS. Selain dengan Jatim Park 1, ada berjibun lokasi wisata menarik yang bisa ditemukan dalam radius kurang dari 2 km dari Jatim Park 2. Museum Anatomi Bagong Adventure, Museum Angkut, Museum topeng, dan Jatim Park 3 adalah sebagian dari semua objek wisata menarik itu.

Sekian dulu cerita cerita kami soal Jatim Park 2 yang penuh sensasi menggembirakan ini. Semoga bisa memberikan tambahan semangat untuk menyegerakan mengunjungi objek wisata ini pada musim liburan semester tahun ini.

Jatim Park 2 ; Review, Lokasi, Harga Tiket dan Wahana Yang Ada
4.7 (93.33%) 3 vote[s]

Share artikel ini!
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Previous

Museum Macan, Museum yang Penuh Lokasi Foto Cantik

Wisata Jatim Park 3; Info Harga Tiket, Wahana Permainan, dan Lokasi

Next

Artikel Wisata Lainnya

Leave a Comment