Kampung Toga, Suasana Khas Pegunungan Yang Dekat Pusat Kota Sumedang

Kampung Toga ialah tempat wisata alam terpadu yang lokasinya sangat dekat dari pusat kota, nggak perlu waktu lama dalam menikmati indahnya Sumedang dari ketinggian.

Yang menjadi favorit para pengunjung ialah dengan menuju puncak Bukit Toga, dimana terhampar secara nyata keindahan dari sebuah kota yang terkenal akan tahu nya ini.

pemandangan di bukit toga
pemandangan di bukit toga. google maps. sumber: Ani Rusmiati

simak juga: nangorak camp

Beberapa waktu yang lalu, Kampung Toga sempat ditutup karena mengikuti aturan pemerintah dalam menekan kasus penyebaran covid-19 khususnya di Sumedang.

Saat ini Kampung Toga sudah mulai dibuka kembali dan dapat dikunjungi wisatawan, namun tetap harus menerapkan protokol kesehatan.

Berikut review dari Kampung Toga Sukabumi, sebagai bahan referensi tempat wisata alam yang dapat kamu kunjungi weekend ini.

Lokasi dan Alamat Kampung Toga

Lokasi Kampung Toga berada di alamat Jl. Kampung Toga KM.25, Kelurahan Sukajaya, Kecamatan Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

landmark kampung toga
landmark kampung toga. google maps. sumber: Ani Rusmiati

simak juga: waduk jatigede

Rute Menuju Kampung Toga

Rute menuju Kampung Toga sangat mudah untuk dituju, dan dapat dilalui oleh kendaraan jenis roda dua maupun roda empat hingga ke area parkir.

Dari Alun-Alun Sumedang hanya berjarak sekitar 5 km, atau memakan waktu sekitar 20 menit saja. Disamping itu petunjuk jalannya pun sudah tersedia dengan baik.

Siapkan kendaraanmu dengan baik, karena jalan yang akan dilalui terus menanjak hingga ke lokasi. Namun tenang saja, jalannya mulus kok hanya di beberapa bagian saja terlihat masih berlubang.

Jam Buka Kampung Toga

  • Jam operasional Kampung Toga buka setiap hari Senin hingga Minggu.
  • Mulai pukul 08.00 hingga 23.00 waktu setempat.

Waktu terbaik mengunjungi Kampung Toga ialah di sore hari, dan menikmati senja bersama orang tersayang.

panorama di malam hari
panorama di malam hari. google maps. sumber: Nazwa Hazna

simak juga: pemandian cipanas cileungsing

Harga Tiket Masuk Kampung Toga

Harga tiket masuk Kampung Toga atau Bukit Toga dengan membayar biaya parkir kendaraan saja.

Fasilitas Kampung Toga

Fasilitas yang ada di sekitar Kampung Toga diantaranya:

  • Area parkir kendaraan,
  • Café and Resto,
  • Villa atau penginapan,

Daya Tarik Kampung Toga

1. Best View Of Sumedang

best view of sumedang
best view of sumedang. google maps. sumber: Ardy Pearl

simak juga: mata air sirah cipelang

Kampung Toga berada di ketinggian sekitar 800 mdpl, so view yang dihadirkan menakjubkan banget. Apalagi tempat wisata alam yang satu ini jaraknya dekat dari pusat kota.

Meski begitu, suasana yang tenang, damai, dan sejuk dapat kamu rasakan. Sangat wajar jika Kampung Toga menjadi tujuan wisata favorit ketika berada di Sumedang.

Mudahnya akses yang dilalui, ditunjang pula dengan view yang indah banget. Dimana kamu dapat melihat kota Sumedang secara keseluruhan, lengkap dengan hijaunya perbukitan. Paling enak jika mengunjungi di waktu sore, dimana kamu dapat menyaksikan indahnya senja yang begitu romantis.

2. Tempat Paralayang

paralayang bukit toga
paralayang bukit toga. google maps. sumber: BANG JAKA

simak juga: puncak damar jatigede

Kampung Toga juga menyediakan sebuah wahana ekstrem namun seru, yakni kegiatan paralayang. Dimana kamu dapat terbang bebas layaknya burung, dan menyaksikan keindahan alam Sumedang dari ketinggian.

Kampung Toga merupakan salah satu tempat paralayang di Sumedang selain Batu Dua. Untuk kamu yang ingin mencobanya, nggak perlu khawatir karena akan didampingi oleh pemandu profesional.

Biaya yang harus kamu keluarkan untuk mencoba paralayang di Bukit Toga ialah membayar biaya dengan kisaran harga mulai dari Rp. 150.000,- hingga Rp. 250.000,-

3. Café and Resto

Daya tarik selanjutnya dari Kampung Toga atau Bukit Toga ini ialah hadirnya sebuah café atau restoran yang dapat dijadikan lokasi untuk bersantai.

cafe and resto dengan suasana ajib banget
cafe and resto dengan suasana ajib banget. google maps. sumber: Nazwa Hazna

simak juga: alun-alun sumedang

View yang ditampilkan nggak kalah seru dengan keadaan di luar, sehingga banyak pengunjung yang memilih menikmati alam sambil menyantap hidangan yang disajikan.

Dulu di Kampung Toga terdapat sebuah arena kolam renang yang menjadi tujuan utama selanjutnya pengunjung, namun saat ini kondisinya sudah tidak terawat.

Sungguh sangat disayangkan, padahal kamu dapat berenang dengan suasana alam yang sejuk dan indah. Sekarang hanya tinggal sebuah cerita indah di masa lalu.

4. Villa atau Penginapan

Karena menjadi lokasi favorit para pelancong, di sepanjang jalan Kampung Toga dihiasi dengan villa-villa atau penginapan dengan beragam fasilitas yang dimiliki.

kolam renang kampung toga
kolam renang kampung toga. google maps. sumber: paul teaa

simak juga: gunung tampomas

Untuk kamu yang datang dari luar kota nggak perlu bersusah payah dalam mencari tempat menginap, suasana khas pegunungan yang sejuk namun tak jauh dari pusat kota merupakan nilai plus dari villa di Kampung Toga.

Penutup

Kampung Toga merupakan akronim dari tanaman obat keluarga, sebelum menjadi tempat wisata seperti sekarang ini daerah ini banyak ditanami tanaman obat.

Dan saat ini menjadi tempat wisata yang wajib dikunjungi ketika berada di Sumedang, Jawa Barat. Apalagi dengan membawa serta keluarga tercinta.


shopee