Kawasan Batik Trusmi, Kawasan Warisan leluhur Cirebon

|

Kawasan Batik Trusmi merupakan sebuah kawasan wisata yang harus banget dikunjungi ketika berada di Kota Udang ini. Istilah batik cirebon udah gak asing lagi, kebanyakan orang menyebutnya batik trusmi.

Batik Cirebon beda dengan batik yang lain ya sob, kaya batik solo yang konsisten sama satu model batiknya yaitu batik kraton, gak juga kaya batik pekalongan yang konsisten sama batik pesisirnya. Batik Cirebon nyatuin konsep keduanya, kreatif banget kan gengs.

mobil batik
mobil batik. google maps. sumber: Syafril Umar Rofiq

simak juga: banyu panas palimanan

Disamping batiknya yang khas, Ternyata Batik yang satu ini mengandung sejarah dan punya filosofi yang dalem, disamping itu batik ini juga merupakan batik yang udah banyak dipakai sama desainer terkenal di tanah air guys.

Batik klasik ini juga dikembangkan oleh Kerajaan Kasepuhan Kesultanan Kanoman, berikut deskripsi lebih jauh tentang Kawasan Batik Trusmi.

Sejarah Batik Trusmi Cirebon

Awalnya sesepuh Trusmi di undang sama kesultanan Cirebon buat nge duplikasiin Batik kesultanan sama raja kraton pada saat itu, pas udah jadi, mirip banget bentuknya kaya yang punya kesultanan.

Akhirnya raja ngasih penduduk Trusmi kepercayaan buat ngembangin usaha ini karena pada saat itu, di Desa Trusmi ini masyarakatnya mayoritas mata pencahariannya adalah pengrajin batik.

Hari ini, batik udah masuk kedalam dunia fashion, para perancang busana terkenal tanah air seperti Iwan Tirta, Ramli, Ngalwan Alwar, dan Edward Hutabarat, kerap menggunakan batik khas cirebon ini.

museum batik
museum batik. google maps. sumber: ERK

simak juga: keraton kanoman cirebon

Yang menjadi perhatian dari batik trusmi ini adalah batik tulis yang memakai motif mega mendung yang mempunyai makna filosofis yang dalem banget sob.

Mega mendung bermakna tirakat yang tiada henti, dengan jumlah gradasi yang berbeda yakni 5 gradasi yang melambangkan rukun islam, 6 gradasi yang melambangkan rukun iman, 7 gradasi adalah simbol tujuh lapis langit, dan 9 gradasi melambangkan sembilan wali songo penyebar islam di pulau jawa.

Mega mendung memiliki sejarah yang panjang, konon katanya Mega mendung ini pada awalnya tanpa gradasi. Seiring berkembangnya zaman, mega mendung ini mempunyai 3 gradasi yang mempunyai filosofi trilogi agama islam yaitu, iman, islam, dan ihsan. Batik religius yang bernuansa sufi ya gengs.

Kemudian berkembang menjadi 5 filosofi dari rukun islam yang berkaitan dengan syariat kemudian berkembang kembali menjadi 6 yang merupakan simbol dari banyaknya rukun iman kemudian menjadi 7 yang menggambarkan lapisan bumi.

menjajakan batik khas cirebon
menjajakan batik khas cirebon. google maps. sumber: Natalia Gulo

simak juga: keraton kasepuhan cirebon

Fasilitas Kawasan Wisata Batik Trusmi Cirebon

Dengan area parkiran yang luas dan tempat yang strategis, membuat kita gak harus jauh-jauh ke area pintu masuk, awal masuk kita disuguhkan dengan bioskop mini yang menampilkan sejarah batik trusmi yang menceritakan tentang cerita perkembangan batik trusmi ini.

Disana ada bermacam variasi harga dan model batik, disini juga kalian dimanjakan dengan spot foto yang cantik dan sangat instagramable ya sob.

Lokasi dan Alamat Kawasan Wisata Trusmi Cirebon

Lokasi Kawasan Batik Trusmi berada di alamat Jl. Syekh Datul Kahfi, Weru Kidul, Kecamatan Weru, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat.

kawasan wisata batik trusmi
kawasan wisata batik trusmi. google maps. sumber: Aura Sutra Mahrani

simak juga: batu lawang

Rute Menuju Kawasan Wisata Trusmi

Untuk menuju Kawasan Wisata Trusmi kamu harus mengarahkan kendaraanmu ke sebelah barat, dan menempuh jarak sekitar 40 km. Aksesnya sangat mudah dituju, karena sudah menjadi tempat wajib bagi wisatawan.

Jam Buka Kawasan Wisata Batik Trusmi Cirebon

  • Jam operasional Kawasan Wisata Batik Trusmi setiap hari Senin hingga Minggu.
  • Mulai beroperasi pukul 08.00 hingga 21.00 waktu setempat.

Harga Tiket Masuk Ke Kawasan Wisata Batik Trusmi Cirebon

Tidak ada biaya tiket masuk yang harus kamu keluarkan alias gratis.

sentra oleh oleh
sentra oleh oleh. google maps. sumber: sigit deka

simak juga: cirebon waterland

Daya Tarik Wisata Batik Trusmi Cirebon

Kelebihan dari Kawasan Wisata Batik Trusmi ini ialah, disini gak hanya nyediain batik aja ya sob, tapi juga ada oleh-oleh khas Cirebon, foodcourt, museum, gambaran proses pembuatan batik, peralatan pembuatan batik, serta contoh modifikasi batik.

Sehingga sangat wajar jika setiap wisatawan yang datang ke Cirebon, akan menyempatkan waktunya untuk berkeliling di Kawasan Wisata Batik Trusmi ini.

souvenir lainnya
souvenir lainnya. google maps. sumber: Ripa Andriansyah

simak juga: makam sunan gunung jati

Penutup

Itulah Kawasan Wisata Batik Trusmi Cirebon, kawasan yang wajib banget kamu masukin ke katalog buat kamu yang suka shopping dan jalan-jalan. Selain Low Budget kamu juga bisa belajar sejarah tentang batik Cirebon ya guys.