Kebun Binatang Ragunan, Oasis di Tegah Panasnya Jakarta

| | ,

Kebun binatang ragunan telah berdiri selama lebih dari 120 tahun. Sebagai kebun binatang pertama di Indonesia, nama kebun binatang ragunan tentu tidak asing di telinga masyarakat. Selain memiliki banyak satwa alam yang paling banyak di dunia, tempat ini juga menjadi lokasi penelitian.

Di kebun binatang ragunan terdapat 295 spesies hewan yang dapat dijumpai oleh pengunjung. Jumlah ini merupakan angka terbesar di antara seluruh kebun binatang di Indoensia. Spesies yang ada tidak hanya dari hewan lokal saja, namun juga hewan yang didatangkan dari berbagai negara, seperti Kanguru Australia, Unta Arab, dan Ikan Arapaima Brasil.

Kebun Binatang Ragunan
Kebun Binatang Ragunan. Image via: id.wikipedia.org

Alamat Kebun Binatang Ragunan

Kebun Binatang Ragunan Jakarta beralamat di Jl. Harsono No.1, Ragunan, Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

Rute Menuju Kebun Binatang Ragunan

Transjakarta koridor 6 jurusan Ragunan-Dukuh Atas punya halte pemberhentian yang berada persis di depan Kebun Binatang Ragunan. Dengan membayar sebesar Rp3.500,00 kita bisa sampai tujuan tanpa perlu mencari dan bayar parkir.

Kita juga bisa naik Commuter Line, lalu turun di Stasiun Pasar Minggu. Selanjutnya, bisa pilih naik angkot KWK S15A sampai depan Ragunan, atau menggunakan ojek dan taksi.

KOlam Pelikan
Kolam Pelikan. Image via: wartakota.tribunnews.com

Simak: review Planetarium Jakarta

dago dream park
dago dream park

Jam Buka Kebun Binatang Ragunan

Kebun Binatang Ragunan beroperasi setiap hari Selasa – Minggu mulai pukul 06.00 WIB (masuk melalui pintu utara 2 dekat halte Transjakarta) sampai pukul 16.00 WIB.

Tiket Masuk Kabun Binatang Ragunan

Tiket masuk Kebun Binatang Ragunan dibagi menjadi dua, yaitu untuk dewasa seharga Rp4.000,00, dan anak-anak seharga Rp3.000,00. Tiket ini belum tyermasuk untuk menikmati sarana rekseasi, seperti naik gajah, onta, kuda, dll. Masing masing sarana rekreasi itu ada kercisnya, masing masing harus dibayar terpisah.

Untuk tarif parkir, dibedakan sesuai jenis kendaraan. Biaya Parkir dikenakan per hari parkir. Tarif parkirnya untuk masing masing kendaraan itu adalah:

Big bus, big trucks and big box cars Rp. 15.000, A small bus, small truck and large pick up Rp. 12.000, Sedan, Minibus / kind, including in the formof a small pick up Rp 6.000, Sepeda motor Rp 3000, dan Speda gayung Rp 1000.

Simak: review Dufan, tempat wisata keluarga di Jakarta

Fasilitas Kebun Binatang Ragunan

Di kebun binatang ragunan fasilitas publik seperti toilet, jalan pedestrian utnuk jalan kaki maupun jalan speda, mushola, dan warung makanan ringajn, tersedia dengan memadai.

Atraksi Menarik Kebun Binatang Ragunan

Ada berbagai macam atraksi di kebun binatang Ragunan ini. Smeua atraksi tentunya berhubungan dengan dunia per-binatangan yang menjadi objek utama dari obajek wisata ini. Berikur ini beberapa atraksi yang bsia dinikmati oleh pengunjung.

Pusat Primata Schmutzer

Pusat Primata Schmutzer
Pusat Primata Schmutzer. Image via: commons.wikimedia.org

Baca juga: daftar tempat wisata di Jakarta yang populer

Pusat Primata Schmutzer adalah salah satu pusat primata berkelas internasional yang mempunyai peranan dalam konservasi primata Indonesia dan sekaligus sebagai Jendela Informasi Primata.


Berbagai jenis primata Indonesia terwakili di sini dengan beberapa primata eksotisnya antara lain: orangutan, gorilla, simpanse, dan jenis-jenis primata langka dari dalam dan luar negeri lainnya. Kompleks seluas 13 ha dirancang dengan konsep open zoo dimana satwa yang tinggal di dalamnya seolah-olah berada di habitat aslinya.

Selain melihat satwa primata, pengunjung dapat mempelajari kehidupan primata melalui beberapa fasilitas yang ada di dalam pusat primata schmutzer antara lain : dapur makanan satwa, fasilitas pendidikan dengan adanya ruang teater pemutaran film dokumenter, diorama satwa serta perpustakaan.

Tiket masuk Pusat Primata Schmutzer adalah (selasa-jumat : Rp.6.000,-) dan (sabtu-minggu dan hari libur nasional : Rp.7500,-). Apabila pengunjung ingin menyaksikan film dokumenter Primata, pengunjung dikenakan biaya Rp. 150.000 untuk sekali putar dengan kapasitas tempat duduk 85 kursi.

Baca: menikmati suasana lama di Kota Tua

Taman Refleksi

Taman Refleksi
Taman Refleksi. Image via: ragunanzoo

Taman Margasatwa Ragunan memiliki areal khusus untuk refleksi. Tempat itu berupa taman yang dilengkapi dengan batu-batu yang didesain sebagai taman refleksi. Taman Refleksi berada di Central Area Pusat Primata Schmutzer.

Untuk mengunjungi situs ini  akan terasa lebih nikmat suasana di pagi dan sore hari. Pengunjung biasanya memanfaatkan tempat ini untuk melakukan relaksasi dan olahraga ataupun sekadar berfoto di taman tersebut.

Selain icon Orang Utan yang berada tepat di tangah kolam Taman Refleksi, saat ini dilengkapi pula dengan patung Komodo dan patung Gajah yang berukuran sangat besar. Bagi pengunjung yang memiliki disabilitas, khususnya pengguna kursi roda, tetap dapat menikmati taman tersebut, sebab akses menuju taman ini juga disiapkan ramah terhadap pengguna kursi roda.

Taman Satwa Anak

Taman Satwa Anak
Taman Satwa Anak. Image via: medcom.id

Taman Satwa Anak merupakan taman satwa yang menampilkan beberapa satwa yang disukai anak-anak seperti: ikan raksasa arapaima, burung kakatua yang pandai berbicara, ular condrophyton yang indah warna-warninya, dan kapibara yaitu jenis rodentia raksasa (satwa pengerat).

Taman Satwa Anak dilengkapi dengan sarana permainan anak-anak seperti ayunan, jaring laba-laba dan sebagainya.

Untuk tiket masuknya adalah Rp. 2.500.

Simak: review liburan ke Seaworld Ancol

Sarana Rekreasi

Tunggang Gajah

Tunggang Gajah
Tunggang Gajah. Image via: tribunnews.com

Menunggang gajah bisa pengamalan yang tidak terlupakan, khususnya bagi anak anak. Satwa yang berukuran besar dan tinggi ini bisa menjadi sangat jinak bersama perawat sehingga pengunjung dapat merasakan berkeliling dengan nyaman dan aman.

Atraksi ini hanya ada pada hari Minggu dan Libur Nasional saja. Pengalaman menunggang gajah dapat dinikmati hanya dengan tiket seharga Rp. 7.500 per orang.

Tunggang Onta

Tunggang Unta
Tunggang Unta. Image via: apartemenkemangvillage.com

Tidak perlu pergi ke Arab Saudi atau ke Mesir untuk bisa merasakan sensasi naik Onta. Cukup sampai di Kebun Binatang Ragunan saja.  Untuk harga tiket naik Onta Rp. 7.500,-

Tunggang Kuda

Tidak seperti kuda pacu. Kuda di sini adalah kuda pony yang tidak terlalu besar. Anda akan didampingi perawat kuda untuk mengelilingi area taman satwa anak. Tiket naik kuda hanya Rp. 5000,- per orang untuk satu kali putaran.

Kereta Keliling

Kereta ragunan
Kereta Ragunan. Image via: twitter.com

Mengelilingi Taman Margasatwa Ragunan yang luas akan membuat lelah. Untuk itu pengelola menyediakan Kereta wisata. Kereta keliling mengantarkan pengunjung mengelilingi luas Taman Margasatwa Ragunan.

Harga tiket untuk menggunakan fasilitas kreta keliling, sebesar Rp. 7.500,-

Penyewaan Sepeda

Mengelilingi Kebun Binatang Ragunan Jakarta, akan terasa lebih menyenangkan jika dilakukand engan speda gayung, dari pada denganjalan kaki saja. Pengelola menyediakan penyewaan sepeda dengan dua model sepeda, yaitu sepeda tunggal ( satu kayuh ) dan sepeda ganda ( dua kayuh ).

Untuk menyewa sepeda Rp. 10.000 per jam untuk sepeda biasa dan Rp. 15.000 per jam untuk speda  sepeda ganda.

Taman Perahu Angsa

Taman-Angsa-Ragunan
Perahu angsa. Image via: thetripcorner.com

Taman perahu adalah kolam besar, membentang dari utara ke selatan seluas 2.000 m2. Terdapat beberapa pulau di tengahnya. Pulau-pulau buatan ini menambah indahnya perjalanan mengelilingi danau dengan menggunakan perahu angsa.

Untuk menikmati perahu angsa anda dikenakan tiket Rp. 15.000,-

Pentas Satwa

Atraksi satwa seperti kakatua bermain gelang warna warni, beruang bersepeda sangat menyenangkan untu ditonton. Apalagi jika atraksi itu dikemas dalam atraksi yang lucu, tentu akan membuat penonton tertawa dengan tingkah satwa-satwa ini.

Loket dibuka pukul 10.00 – 15.00 WIB. Tiket masuk yang berlaku Rp 4.000 perorang.

Kuda Bendi

Kuda BEndi
Kuda Bendi. Image via: mynameishety

Kendaraan tradisional bendi saat ini sudah menjadi alat angkutan yang unik dan sudah langka. Di kebun Binatang ragunan, pengunjung bisa menjumpainya di saat-saat liburan.

Loket buka pukul 10.00 – 15.00 WIB. Harga tiket Rp. 10.000 per bendi dengan penumpang maksimal 4 orang.

Sejarah Kebun Binatang Ragunan

Kebun Binatang Ragunan adalah kebun binatang pertama di Indonesia. Kebun binatang ini didirikan pada tahun 1864 dengan nama Planten En Dierentuin yang berarti “Tanaman dan Kebun Binatang.” Terletak pada tanah seluas 10 hektare di kawasan Cikini, Menteng, Jakarta Pusat yang merupakan pemberian Raden Saleh.

Saat itu, Planten En Dierentuin dikelola oleh Perhimpunan Penyayang Flora dan Fauna Batavia yang tergabung dalam Culturule Vereniging Planten en Dierentuin at Batavia. Tahun 1949, nama Planten En Dierentuin diubah menjadi Kebun Binatang Cikini dan pada tahun 1969 dipindahkan ke kawasan Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan pada tahun 1964.

Kebun-Binatang-Tjikini-tempo-dulu
Kebun binatang cikini dahulu. Image via: jakartan.id

Pemerintah DKI Jakarta menghibahkan lahan yang menjadi rumah bagi kebun binatang ini. Gubernur DKI Jakarta Ali Sadikin meresmikan Taman Margasatwa Ragunan pada 22 Juni 1966.

Tips Mengunjungi Kebun Binatang Ragunan

Datang lebih pagi

Selain bisa menghindari macet jalanan, kamu juga bisa menikmati sejuknya udara segar Ragunan. Kalau datang lebih pagi, pengunjung belum ramai sehingga kamu bisa lebih leluasa jalan-jalan di Ragunan

Pakai Kendaraan Umum

Banyak cara untuk mencapai Kebun Binatang Ragunan. Kamu bisa membawa kendaraan pribadi seperti mobil atau motor. Namun, meningkatnya jumlah pengunjung pada saat hari libur nasional atau akhir pekan akan membuat kamu sulit mendapatkan tempat parkir. Untuk menyiasati hal ini, kamu bisa naik Transjakarta.

Bawa Kartu e-money JakCard

Bagi para pengunjung yang belum punya, kartu ini bisa dibeli di loket masuk Ragunan dengan membayar Rp30.000,00. Harga ini termasuk saldo kartu Rp20.000,00 dan biaya kartu Rp10.000,00.Satu kartu bisa digunakan beberapa orang sekaligus selama saldo masih cukup. Kalau saldo kamu masih sisa banyak, jangan takut rugi karena kartu ini bisa kamu pakai untuk naik Transjakarta atau naik ke atas Monas.

Lihat Papan Peta dan Sewa Sepeda

Kebun binatang ragunan sangat luas. Kalau sampai tersesat atau salah ambil jalan, akan sangat merepotkan. Maka memperhatikan Papan Peta dan menyewa Speda sangat memudahkan.

Membawa Bekal dan Tikar

Banyaknya pengunjung pada hari libur nasional atau akhir pekan membuat semua tempat istirahat, terutama food court, ramai. Maka dari itu ide untuk membawa makanan dan minuman sendiri patut dipertimbangkan. Selain bisa menghemat pengeluaran, kamu tidak perlu lelah antre tempat duduk. Jika merasa repot membawa tikar, banyak penjual tikar yang berjualan di dekat pintu masuk Ragunan seharga Rp 5.000,00.

Download Aplikasi Ragunan Zoo

Aplikasi
Aplikasi Ragunan Zoo

Saat ini sudah ada aplikasi bernama Ragunan Zoo yang tersedia untuk kamu unduh. Pada aplikasi ini ada beragam informasi yang berguna sebelum dan saat kamu pergi. Semua bisa menjadi lebih praktis saat berjalan-jalan di sana karena kamu hanya perlu memegang handphone untuk mencari tahu semua hal tentang Ragunan.

Selamat berlibur!

Kebun Binatang Ragunan, Oasis di Tegah Panasnya Jakarta
4.5 (90%) 2 vote[s]

Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Previous

Danau Sentani, Nirwana Dunia di Tanah Papua

Museum Geologi Bandung, Wisata Berbonus Pengetahuan Sains

Next

Artikel Wisata Lainnya

Leave a Comment