Kebun Buah Mangunan Jogja, Pesona Indah Di Atas Awan

0

Bisa dibilang Yogyakarta benar-benar beruntung memiliki bentang alam yang begitu beragam. Hampir semua keindahan alam dimiliki oleh Kota yang juga disebut dengan Kota Gudeg ini. Maka, tidak heran bila Yogyakarta disebut-sebut sebagai pengganti dari Pulau Bali yang sudah sejak lama mengemban tugas sebagai pusat pariwisata nasional dan internasional.

Berkembangnya tempat wisata di Jogja membuat kebun buah Mangunan pun semakin dikenal oleh masyarakat luas. Kebun buah ini seakan mampu membius semua mata yang berkunjung ke tempat ini dengan keindahan alam yang luar biasa. Tidak ada tandingannya. Apalagi, saat pagi hari tiba. Sungguh mengesankan sekali.

dago dream park info
dago dream park

Daya Tarik Kebun Buah Mangunan

kebun buah mangunan jogja
via instagram.com/jordifoster20

Berada di ketinggian kurang lebih 200 mdpl, membuat tempat ini pun dijuluki sebagai negeri diatas awan. Dengan pemandangan kabut yang terbentuk tepat di depan mata, keindahannya memang luar biasa.

Disertai dengan pemandangan gunung yang tampak terlihat bersama dengan matahari, secara perlahan mulai menampakkan sinarnya dengan warna emasnya yang menggemaskan.

Kebun buah ini dibangun pada tahun 2003 di atas tanah seluas 23 hektar. Dengan tanah seluas ini membuat kebun buah mangunan ditanami banyak sekali pohon seperti mangga, rambutan, jeruk, durian, manggis dan masih banyak lagi.

kebun buah mangunan di pagi hari
via: Nadiyya Faza, google maps

Selain pohon buah, kawasan ini juga memiliki pohon jati, dan juga pohon pinus yang tampak cantik.

Saat melihat kearah selatan, Sobat Taveler semua akan melihat pemandangan Pantai Parangtritis yang tampak mempesona. Hanya saja, Sobat Traveller harus mempunyai keberuntungan. Bila, kabut tiba maka, pemandangan pantai parangtritis hanya akan menjadi sebuah impian belaka.

Selain Pantai Parangtritis ada juga pemandangan sungai Oya yang melintang dan berkelok, walau sedikit surut. Namun, mampu memberikan sebuah warna yang berbeda. Dimana, sungai ini membuat pesona Kebun buah mangunan tampak sekali sempurna. Belum lagi udara yang sejuk dan angin yang berhembus lirih. Rasanya enggan untuk beranjak dari tempat ini.

Baca Juga :  Review Farmhouse Lembang di Bandung, Harga Tiket Masuk, Peta Dan Fasilitas

Ingin melihat keindahan Kota Bantul? Tidak harus jauh-jauh, tempat ini mempunyai gardu pandang yang mempesona. Sobat Traveller semua akan disuguhkan pemandangan Kota Bantul yang elok. Bangunan-bangunan kecil tersebut seperti sebuah pelengkap yang keberadaannya begitu penting.

kebun buah mangunan yogyakarta
via: http://yogyakarta.panduanwisata.id

Jam berapa pun berkunjung ke tempat ini terasa sangat tepat. Selain tidak panas, banyaknya pepohonan yang tumbuh membuat suasana menjadi berbeda. Tempat ini pun juga memberikan oksigen yang dibutuhkan untuk tubuh sehingga mendapatkan udara segar.

Fasilitas

Selain melihat alam yang indah. Di kebun buah mangunan ini Sobat Traveller juga bisa belajar mengenai buah-buah langsung di kebunnya. Beberapa petugas akan dengan senang hati memberi pengetahuannya kepada Sobat Traveller semua.

lokasi kebun buah mangunan

Ada pula proses pembibitan sapi yang bisa dipelajari secara mendalam. Pembibitan ini mempunyai fungsi dimana salah satunya adalah menghasilkan pupuk kandang untuk tumbuhan-tumbuhan agar tumbuh sebagaimana mestinya. Seperti, diketahui pupuk kandang adalah pupuk yang paling baik untuk tanaman dan juga tumbuhan.

Hadirnya gazebo membuat tempat ini paling pas dijadikan tempat tongkrongan dan juga relaksasi. Melepaskan diri dari penat karena beban tugas yang menumpuk. Sobat Traveller semua bisa mengajak teman atau keluarga dan memanfaatkan gazebo ini untuk sekedar berbincang-bincang bertukar pikiran atau juga menumpahkan pikiran.

Tak heran jika, musim liburan tiba, gazebo-gazebo ini akan dipenuhi oleh Traveller lainnya yang ingin menikmati kebun buah mangunan dengan caranya sendiri.

Selain sebagai salah satu tempat wisata yang favorit, kebun buah Mangunan juga bisa dijadikan sebagai salah satu tempat yang paling tepat untuk meeting atau mengadakan sebuah pertemuan penting.

sunrise di mangunan

Ada dua gedung pertemuan yang tersedia disini. Satu gedung berkapasitas 100 orang, dan satu gedung lagi berkapsitas 300 orang.

Baca Juga :  Air Terjun Parang Ijo: Tempat Wisata Tersembunyi di Karanganyar

Dengan harga sewa yang cukup bersahabat, membuat gedung pertemuan ini menjadi salah tempat paling favorit para Traveller dalam mengadakan sebuah acara Seperti acara pernikahan dan juga acara resmi perkantoran.

Menikmati Kebun buah Mangunan memang tidak bisa hanya 1 jam atau 2 jam saja. Terlebih lagi perburuan sunset dan sunrise cantik. Fenomena ini yang ditangkap oleh para warga sehingga membangun sebuah penginapan yang dikhususkan untuk Sobat Traveller semuanya. Dengan harga yang terjangkau, membuat kebanyakan Sobat Traveller dari luar kota memilih untuk menginap di daerah kebun buah.

Bagi Sobat Traveller yang ingin berhemat, bisa memanfaatkan tempat camping yang sengaja disediakan oleh pihak pengelola. Tidak hanya Traveller saja yang memanfatkan tempat camping ini ada juga anak-anak sekolah dan juga mahasiswa, serta komunitas pecinta alam yang memanfaatkan tempat ini untuk menyatu dengan alam.

Cukup membayar 5 ribu rupiah per orang saja untuk bisa menikmati fasilitas camping ini. Cobalah saat tengah malam, Traveller semua keluar dari tenda, dan coba lihat ke atas bagaimana Tuhan melukiskan bintang-bintangnya di atas langit seperti sebuah lukisan yang tidak akan pernah bisa diungkapkan oleh kata-kata.

Hobi memancing pun bisa juga berkunjung kesini. Tempat ini memiliki sebuah kolam khusus yang memang dikhususkan untuk para mancing mania. Bagi yang tidak membawa peralatan memancing, bisa juga menyewa alat pancing yang begitu bersahabat. Ada berbagai jenis ikan yang ada di kolam ini. Memancing sembari menunggu datangnya senja biasa dilakukan oleh kebanyakan para Traveller.

Ada lintasan sepanjang 2300 meter yang memang sengaja dibuat untuk para pecinta sepeda. Sobat Traveller semua menjajal track downhill ini. Ada juga kelas Cross Country dengan panjang lintasan kurang lebih 3800 meter dengan membayar harga sewa sekitar 50ribu rupiah saja untuk 5 orang.

Baca Juga :  Pinisi Resto Dan Glamping Lakeside Rancabali Bandung; Info Lengkap

Ingin memacu adrenalin? Sobat Traveller bisa mencoba jembatan goyang yang benar-benar menggemaskan. Jalur jembatan ini memiliki panjang 100 meter diatas sungai opak. Saat mencoba melintas dijembatan ini, Sobat Traveller dituntut untuk ekstra hati-hati lantaran, jembatan goyang ini akan bergoyang, di tambah dengan terpaan angin yang berhembus kencang.

Selain berjalan di jembatan gantung, Sobat Traveller pun juga bisa menafaatkan arena flying fox yang tak kalah mendebarkan.

Rute dan Lokasi Kebun Buah Mangunan

Kebun Buah Mangunan berada di daerah Mangunan, Dlingo, Bantul Yogyakarta. mencapai tempat ini sebenarnya cukup mudah. Dari terminal Giwangan Sobat Traveller bisa arahkan kendaraan menuju jalan imogiri timur. Ikuti saja jalan hingga sampai di sebuah lapangan.

Kurang lebih 500 meter dari lapangan tersebut belok ke kanan menuju ke kebun buah mangunan. Akan ada papan petunjuk yang bisa dimanfaatkan oleh Sobat Traveller semua menuju ke kawasan ini. Petunjuk dan jalan yang akan dilalui cukup baik, sehingga tidak akan tersesat.

Silahkan lihat peta kebun buah Mangunan yang kami ambil dari google map dibawah ini:

Harga Tiket Masuk Kebun Buah Mangunan

Harga tiket masuknya pun cukup murah hanya dengan 5 ribu rupiah saja. Dengan harga parkir 3ribu untuk motor, dan juga 5 ribu untuk mobil.. Dengan area parkir yang cukup luas dan nyaman. Hanya saja, fasilitas musholla yang tidak begitu terawat dengan baik.

Kebun Buah Mangunan adalah sebuah destinasi wisata yang lengkap dan mampu membawa semua hobi Sobat Traveller semua dalam satu kawasan.

Coba saja, segera berkunjung ke tempat ini dan rasakan sensasi keindahannya.

80%
Awesome
  • Harga
  • Keindahan tempat
  • Fasilitas
You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.