Kebun Teh Kemuning: Review, Lokasi dan Tiket Masuk

Indonesia memiliki jajaran Gunung yang esoktis, dengan suhu udara yang dingin dan juga menyejukkan. Kebanyakan semua orang di perkotaan akan senang bila tinggal di daerah pegunungan. Bukan hanya udaraya saja yang sejuk melainkan keramahan antar warga yang membuat mereka betah untuk tinggal berlama-lama.

Salah satu keindahan kebersamaan tersebut hadir di Kebun Teh Kemuning yang berada di Karanganyar. Mungkin, hampir semua kebun teh memiliki keramahan yang sama. Hanya saja, di tempat inilah yang baru saya alami bagaimana nuansa alam bersatu dengan hangatnya tali persaudaraan diantara sesama.

Kebun Teh Kemuning Main
Image by: instagram.com/teh_kemuning_karanganyar/

Para Pemetik Teh

Waktu menunjukkan pukul 8 pagi. Nuansa alam kemuning masih dingin dan masih sepi. Belum banyak orang yang datang untuk menikmati kesejukan Lereng Gunung Lawu ini. Tetapi, ada yang menarik hati saya untuk menelusuri sepanjang perbukitan teh ini. Sekelompok ibu-ibu pemetik teh yang sudah siap dengan berbagai macam peralatannya.

Pemetik Teh Kemuning
Image by: Rizky Pradhana (Coll.)

Karena, rasa penasaran inilah saya pun mengikuti mereka di sebuah titik dimana mereka menyebar dan memetik teh. Mereka bercengkrama, menimbulkan gelak tawa dan suasana yang begitu cair dan hangat. Berada diantara mereka adalah sebuah kebahagiaan walau, saya sendiri tidak tahu menahu apa yang sedang mereka perbincangkan. Walaupun, dari segi bahasa saya mampu memahaminya.

Satu per satu daun-daun teh ini dipetik dari pucuknya. Dimasukan ke dalam sebuah tempat yang selalu mereka bawa di belakang punggung. Tak lama kemudian, ada sebuah truk datang dan membawa timbangan. Hasil dari petikan mereka, ditimbang dan kemudian dicatat. Dari hasil, catatan itulah mereka nantinya akan mendapatkan uang.

Hari pun sudah mulai terik. Ibu-ibu ini tidak lantas pulang. Mereka akan memetik teh lagi karena truck ini datang dua kali pada waktu pagi dan juga sore hari. Ibu-ibu ini duduk di sebuah warung dan membuka bekal makanan yang mereka bawa. Kehangatan, kerukunan, dan rasa saling mengasihi pun sangat terasa.

Baca Juga :  Eksotisme Danau Beratan, Karena Bali Ga Cuma Pantai

Tidak hanya bertukar ilmu cara membuat makanan tersebut tetapi, mereka juga berbagi satu sama lain. Benar-benar suasana yang hangat dengan keakraban yang terjalin diantara mereka. Sebuah suasana yang bakal sulit ditemukan bila Sobat Native berada di tengah-tengah perkotaan.

Spot-Spot Foto

Tidak hanya memiliki keramahan para penduduk serta alamnya saja. Kebun teh kemuning ini juga mempunyai beberapa spot foto yang menarik untuk dikunjungi. Karena, spot foto kekinian adalah salah satu fasilitas yang ditawarkan untuk Sobat Native.

Berikut, beberapa spot foto menarik yang ada di kawasan ini:

1. Lembah Katresnan

Harga tiket masuk ke kawasan ini hanya 5 ribu rupah saja. Sobat Native akan disuguhi pemandangan perkebunan teh yang luar biasa sejuknya. Selain itu, ada spot-spot kekinian yang bisa dmanfaatkan seperti payung-payung yang ada diatas.

Gardu pandang dengan landmark kebun teh dan love, serta masih banyak lagi yang bisa dimanfaatkan di kawasan ini.

Lembah Katresnan
Image by: instagram.com/puthusoerjo_memey/

2. Taman Kemuning Bogor

Sobat Native ingin merasakan petualangan yang menarik, bisa mengunjungi kawasan ini. Selain menyuguhkan wahana yang menarik. Kawasan ini juga mempunyai wahana yang cukup menarik yaitu tubing. Atau menyusuri aliran sungai yang cukup deras.

Selain itu, Sobat Native juga bisa memanfaatkan arena outbond yang juga disediakan di kawasan ini.

Kebun Teh Kemuning Spot
Image by: instagram.com/dungrayung/

3. Bukit Ganduman

Bukit ini berada di sisi paling atas kemuning dengan harga 5 ribu rupiah saja. Sobat Native akan disuguhkan pesona alam kemuning yang sesungguhnya. Karena, letaknya berada yang paling tinggi.

Bukit Ganduman bisa dimanfaatkan oleh Sobat Native untuk melihat dan menikmati sore bersama secangkir kopi hitam.

Baca Juga :  Fenomena Kuliner Telur Asin di Indonesia, Sudah Coba Kelezatannya?
Bukit Ganduman
Image by: instagram.com/bukitganduman/

4. Tanggul Asri

Mau wisata petik buah sekaligus selfie, disini tempatnya. Sobat Native bisa memanfaatkan wahana petik buah yang begitu menyenangkan. Ditengah hamparan perbukitan yang begitu menggoda. Harga tiket masuknya cukup 5000 rupiah saja.

Bagaimana murah bukan? Bila bosan, Sobat Native bisa singgah di tempat ngopi yang lokasinya tidak jauh dari sini.

5. Taman Bintang

Disini, Sobat Native bisa foto dengan sebuah balon udara, masuk kawasan ini Sobat Natïve bisa membayar uang sebesar 5000 rupiah saja.

Taman Bintang
Image by: instagram.com/oktavia_sriani28/

Rute, Lokasi, Dan Harga Tiket Masuk

Apabila sobat native dari arah solo, arahkan kendaraan menuju ke karanganyar kemudian, terminal karangpandan. Setelah itu, ambil lajur kekiri atau jalan lurus saja. Karena, bila sobat Native belok ke kanan maka, Sobat Native akan memutar lebih jauh. Ikuti jalan saja dan jangan berbelok-belok tapi di terminal ngargoyoso. Dari sini, sobat native sudah bisa melihat kawasan perkebunan teh kemuning.

Bagi Sobat Native yang ingin naik bus umum. Bisa naik dari terminal Tirtonadi solo menggunakn bus arah tawangmangu. Turun di terminal karangpandan. Disini pindah menggunakan bus kecil menuju ke Terminal Ngargoyoso.

Sobat Native bisa menggunakan jasa ojek untuk mengantar sampai ke tempat tujuan yang diinginkan.

Tempat Makan di Daerah Sekitar Kemuning

Kurang lengkap rasanya bila berwisata alam tidak menikmati sajian kuliner yang dihadirkan di kawasan sekitar.

Berikut ini adalah beberapa tempat maka yang bisa Sobat Native pilih saat berada di kawasan Kemuning:

1. Bale Branti

Tempat ini berada di 500 meter sebelum memasuki area kemuning. Tempat makanan ini menawarkan pengalaman menarik makan di luar dengan udara sejuk khas pegunungan. Suasananya pun sangat ramah dan juga menyenangkan. Sobat Native dibuat seperti para ratu dan raja apabla makan ditempat ini. Apalagi, pemandangan gunung lawu yang begitu mengesankan.

Baca Juga :  Sunrise Di Gunung Bromo, Pesona Keindahan Yang Tak Terlupakan

Cita rasa makanannya pun cukup menggoda dan dari segi harga relatif murah tempat yang cocok untuk Sobat Natïve bersama dengan keluarga.

2. Omah Ndeso

Makan sambil selfie, mungkin disinilah tempatnya. Sobat Native akan disuguhkan spot-sot selfie yang menarik seperti sepeda ontel, dan view sawah ngargoyoso yang menggoda. Cita rasanya pun menyenangkan, dengan konsep gazebo-gazebo yang ada aliran sungai kecil. Sungguh tempat yang eksotik sekali.

3. Ndoro Dongker

Ndoro dongker begitu terkenal dikalangan wisatawan yang berkunjung ke kawasan ini. Harga teh dan juga kopinya bisa dibilang cukup mahal dan memiliki kualitas yang mumpuni. Ndoro Dongker berbeda dengan Omah Ndeso dan Bale Branti yang menawarkan view keren. Tetapi, disini Sobat Native, bisa merasakan ornament dan bangunan tua nan mengesankan.

Ndoro Donker
Image by: instagram.com/behira_intan_diatri/

4. Kemuning Resto

Tempat ini berada di kawasan kemuning. Dimana, Sobat Native bisa memanfaatkan sarana outbond yang memang jadi fasilitas yang disediakan oleh pihak pengelola. Disini, hampir berbentuk sebuah pemancingan dengan menu serba ikan yang ditawarkan. Sobat Native bisa memilih cara memasaknya dibakar atau digoreng. Uniknya, resto ini berada di tengah-tengah perkebunan teh.

Kebun teh kemuning adalah sebuah kawasan yang bisa dijadikan alternatif wisata disaat datang penat. Dengan udara yang sejuk, dan pemandangan alam yang luar biasa membuat tempat ini wajib untuk dikunjungi.

Jangan lupa datang bila Sobat Native berada di wilayah solo dan sekitarnya.

80%
Awesome
  • Keindahan
  • Akses Lokasi
  • Tiket masuk
You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.