Kediri Eco Park, Tempat Wisata Keluarga Kediri Yang Terabaikan

Kediri Eco Park merupakan wahana wisata alam yang hadir dengan mengambil konsep edukasi. Disini kamu dapat melakukan banyak hal seperti, membuat pupuk kompos, budidaya jamur, tanaman hydroponic dan aquaponic.

Tak hanya itu, di Kediri Eco Park juga ada wahana permainan yang cocok untuk semua kalangan usia, diantaranya saung untuk bersantai, hammock, fasilitas outbound, permainan anak, kolam pancing, kolam tangkap ikan, kolam perahu kano, Doctor fish (terapi ikan), dan beberapa fasilitas lainnya.

banyak spot foto
banyak spot foto. google maps. sumber: Masrukin

Simak juga: Wisata populer di Kediri

Kediri Eco Park memanjakan pengunjung dengan pemandangan alam berupa Hutan Sengon. Selain itu, kamu juga bisa menikmati kesejukan alam, dan bersantai di kawasan tengah hutan kota.

Namun sungguh sangat disayangkan, Kediri Eco Park yang pernah berjaya di masanya itu kini hanya tinggal kenangan.

Destinasi wisata alam yang biasanya ramai dikunjungi rombongan sekolah atau instansi lainnya ini, kini tutup sementara sejak bulan Maret tahun 2020 lalu. Hingga batas waktu yang belum ditentukan.

Lokasi Kediri Eco Park

Lokasi Kediri Eco Park berada di sebelah timur pusat kota Kediri, tepatnya  berada di Jalan Kelapa, Kelurahan Ketami, Kecamatan Pesantren, Kota Kediri.

Lokasi ini berjarak hanya sekitar 7 km dari kota Kediri, dengan waktu tempuh sekitar 15 menit.

bermain air di kolam renang
bermain air di kolam renang. google maps. sumber: Roby Tohadi

Rute Menuju Kediri Eco Park

Rute menuju Kediri Eco Park dari pusat kota Kediri memerlukan waktu tempuh sekitar 15 menit, dengan mengarahkan kendaraan menuju Jl. Kabuoaten Lama.

Kemudian belok ke arah kanan ke Jl. Sultan Agung, dilanjutkan belok kanan ke arah Jl. Sam Ratulangi. Lalu dilanjutkan belok kiri ke Jl Brigadir Jenderal Katamso terus ke Jl Letjend. Mt Haryono.

Kemudian terus ke Jl Letjend Suparman belok kiri ke Jl Raya Kediri-Pare. Belok kanan setelah toko aksesoris di sebelah kiri. Kemudian belok kiri ke Jl mauni. Dilanjutkan belok kanan ke Jl Raya tugurejo, belok kanan ke Jl Kelapa. Lokasi Kediri Eco Park ada di sebelah kanan jalan.

alam yang asri
alam yang asri. google maps. sumber: nur wacid

Jam Buka Kediri Eco Park

  • Kediri Eco Park buka setiap hari mulai pukul 08.00 dan tutup pukul 17.00
  • Sayangnya saat ini Kediri Eco Park ditutup sementara sampai batas waktu yang belum ditentukan.

Tiket Kediri Eco Park

Harga tiket masuk ke taman edukasi di Kediri ini sebesar Rp 5.000.

Fasilitas Kediri Eco Park

Fasilitas yang ada di Kediri Eco Park diantaranya:

  • Mushola
  • Area parkir yang luas
  • Food Court
  • Stand oleh-oleh
  • Gazebo
  • Tempat untuk duduk
fasilitas kediri eco park
fasilitas kediri eco park. google maps. sumber: nur wacid

Simak juga: Eco Park Malang.

Daya Tarik Kediri Eco Park

Kediri Eco Park merupakan tempat rekreasi keluarga yang membuat anak-anak khususnya dapat bermain sambil belajar. Banyak keseruan yang dapat kita lakukan ketika berada di eco park ini.

Sejak Maret tahun 2020 lalu, akibat semakin merebaknya kasus Covid-19 di Indonesia, Kediri Eco Park pun ditutup. Sama halnya dengan berbagai tempat wisata lain yang ada.

Hal tersebut dikarenakan untuk mencegah terjadinya penyebaran Covid-19 di Indonesia, namun berdampak pada matinya pariwisata yang ada di Indonesia.

Keadaan Kediri Eco Park saat ini sungguh sangat memprihatinkan, banyak wahana yang terbengkalai, gezebo yang roboh, serta rumput ilalang yang semakin meninggi.

Padahal dulu, Kediri Eco Park memiliki daya tarik sebagai berikut:

wahana air seru
wahana air seru. google maps. sumber: Mesayu Astiningsih

1. Arena Outbond

Kediri Eco Park selalu ramai dikunjungi rombongan anak-anak sekolah yang ingin belajar sambil bermain, salah satu kegiatan yang ada diantaranya bermain outbond.

Mereka akan diajak segala ilmu terapan yang disimulasikan dan dilakukan di alam terbuka atau tertutup dengan bentuk permainan yang efektif, yang menggabungkan antara intelegensia, fisik dan mental.

Fasilitas outbond yang ada di Kediri Eco Park diantaranya:

  • Flying fox
  • sky bridge
  • mini tubing

2. SPot Memancing

Kediri Eco Park merupakan destinasi wisata yang cocok untuk keluarga, selain memiliki wahana seru untuk perkembangan anak, terdapat juga area memancing untuk mereka para mancing mania.

Jika hendak memancing, kamu harus membayar biaya lagi sebesar Rp. 25.000,- tiap hari Senin hingga Sabtu. Dan Rp. 35.000,- untuk hari Minggu.

Biasanya pada hari Rabu dan Sabtu kolam pemancingan ini dibuka hingga pukul 1 malam.

bersantai di hammock
bersantai di hammock. google maps. sumber: KAKA & KOKO

Simak juga: wisata keluarga Dago Dream Park.

3. Kolam Terapi

Ada pula kolam terapi untuk kamu yang mau merasakan sensasi geli ketika ikan-ikan kecil mulai memakan kulit mati yang ada di area kaki.

4. Kolam Berenang

Daya tarik selanjutnya dari Kediri Eco Park ialah adanya kolam renang yang cukup besar, namun tak begitu dalam. Hingga anak-anak dapat bermain air dengan serunya.

Kolam renangnya terdiri dari beberapa tingkatan, kamu akan merasakan sensasi berenang dengan hiasan alam yang cantik.

5. Wahana Lainnya

Masih ada lagi keseruan lain yang dapat kamu lakukan ketika berada di Kediri Eco Park, yakni:

  • Bersantai di gazebo
  • Bermain hammock
  • Bermain perahu kano
  • Mengunjungi toko bunga
taman bunga kediri eco park
taman bunga kediri eco park. google maps. sumber: Kak Ichsan

Simak juga: Hammock di Hutan pinus Pengger.

Penutup

Melihat banyaknya daya tarik yang dimiliki oleh Kediri Eco Park, sungguh sangat disayangkan jika harus mengalami nasib seperti sekarang ini.

Destinasi wisata yang satu ini kini terbengkalai dan terkesan angker. Semoga saja pandemi Covid-19 cepat berlalu, sehingga kita dapat bermain sambil belajar di Kediri Eco Park kembali.


Tinggalkan komentar