11 Wisata Kuliner Bandung Populer yang Enak dan Murah

Sebagai pusat industri kreatif Indonesia, bandung juga terkena dengan industri kreatif bidang kuliner. Berbagai menu makanan enak namun murah meriah bisa ditemukan di bandung.


kuliner bandung terkenal akan fariasiny ayang beragam, bersumber dari kreatifitas penduduk kota ini
Kuliner Bandung. Image via: liburanmurah.info

Aneka macam menu makanan,  mulai dari kuliner khas sampai makanan western bisa dijumpai di Bandung. Bahkan jajanan yang unik dan legendaris yang ada sejak puluhan tahun lalu, juga bisa ditemukan sebagai bagia  dari kuliner bandung.

Untuk pengunjung luar kota yang sedang mencari info mengenai kuliner Bandung, kali ini nativeindonesia.com mencoba memberikan beberapa informasi. Informasi mengenai rekomendasi kuliner enak di Bandung yang murah meriah.

Pilihan Lokasi Kuliner Bandung

Berikut ini beberapa tempat wisata kuliner bandung yang bisa dicoba untuk memulai petualangan rasa di Kota Kembang ini.

  1. Iga Bakar si Jangkung

Iga Bakar Si Jangkung bandung, khas dengan daging yang telah dipisah dari tulang
Iga Bakar Si Jangkung. Image via: destinasibandung.co.id

Simak juga: daftar objek wisata Bandung populer

Lokasi kuliner bandung ini seringkali masuk ke dalam list, “Things to Eat in Bandung”. Tempatnya sangat sederhana, lebih berupa rumah makan biasa. Tempatnya sempit dan tempat duduk nya terbatas sehingga harus sedikit berjuang untuk mendapatkan tempat duduk.

Rumah Makan Iga Bakar Si jangkung juga sediakan fasilitas musik live performance. Saat makan di rumah makan ini, jangan kaget jika ada orang main gitar live musik sambil nyanyi, sehingga suasana jadi meriah dan hangat.

Berbagai sajian sedap dan nikmat telah disiapkan di kuliner Bandung ini. Ada menu beragam olahan daging iga sapi, kemudian daging ayam dan kambing serta sajian spesial Nasi Goreng dengan racikan daging di atas nasi.

Menu andalan kuliner bandung ini Iga Bakarnya dihidangkan dengan daging yang sudah terpisah dari tulang. Daging dihidangkan menggunakan hot plate tradisional dari tanah liat.

Alamat : Warung Lahap, Jalan Kejaksaan No 3, Kebon Kawung, Kota Bandung
Jam Buka : setiap hari, mulai buka dari pukul 11.00 – 23.00 WIB.
Harga per Orang: Kurang dari Rp 50.000

  1. Paskal Food Market

Paskal food masket, sebuah setra makan yang mengkombinasikan berbagai macam menu
Paskal Food Market . Image via: tripadvisor.com

Paskal Food Market hadir dengan konsep ruangan terbuka. Di lokasi kuliner bandung ini terdapat lebih dari 50 stand yang menyediakan berbagai makanan. Stand-stand makanan ini menyajikan hidangan chinese food, japanese food. Tidak ketinggalan masakan khas nusantara seperti empal gentong, bakso, dan masih banyak lainnya.

Tidak kurang dari 1001 menu tersedia di lokasi kuliner bandung dengan tata ruang yang rapi ini. Saat malam hari, tempat ini merupakan tempat yang romantis, karena sebagian penerangan adalah lampu pijar kuning lengkap dengan hiasan obor di bagian outdoor.

Selain stand penjaja makanan yang beragam, salah satu daya tarik kuliner bandung Paskal Food Market adalah live music. Di tengah-tengah kolam air mancur, terdapat sebuah panggung tempat para band perform live music. Lokasi ini cocok untuk bisa bersantai sambil mendengarkan live music dan menyantap ragam hidangan lesat

Alamat : Paskal Hypersquare, tepatnya di Jalan Pasir Kaliki Nomor 25-27, Bandung
Jam Buka : Hari biasa, tempat ini buka mulai pukul 11:00 sampai 23:30 WIB. Pada Akhir pekan buka pukul 11:00 sampai 00:30.
Harga per Orang: Kurang dari Rp 50.000

Lihat juga: daftar tempat kuliner Jogja yang populer

  1. Nasi Kalong Bandung

nasi kuliner bandung berwarna gelap dari olahan bahan bahan alami tradisional.
Nasi Kalong. Image via: maicih.com

Jika nasi pada umumnya berwarna putih, namun kuliner bandung Nasi Kalong memiliki warna hitam keunguan yang berasal dari kluwek. Saat memesan nasi kalong, pengunjung juga bisa menambah lauk lain seperti tumis buncis bakar dan ayam goreng madu yang tak kalah nikmat.

Nasi ada dua, yaitu nasi kalong dan nasi merah. Berjajar lauk pauk, mulai dari ayam, ikan, seafood,  ataupun daging halal. Juga tersaji sayur tumis buncis yang sangat enak. Pengunjung boleh mengambil sendiri menu yang diinginkan.  Pembayaran dilakukan setelah ambil makanan.

Rahasia kelegitan buncis bakar rumah makan ini terletak pada bumbunya, seperti serbuk bawang putih, bawang merah, lengkuas, serta jahe.

Ayam goreng madu menjadi favorit pelanggan di lokasi kuliner bandung ini. Dagingnya berasa empuk dimasak dengan dipotong kecil-kecil menggunakan bumbu manis seperti madu sampai meresap ke dalam daging ayamnya. Kebanyakan makanan yang dimasak di sini kebanyakan tidak berlemak dan tidak bersantan.

Alamat : Jalan R.E. Martadinata (Jalan Riau) Nomor 57,  persis di samping Gereja HKBP, Kota Bandung.
Jam Buka :  Setiap hari, jam19.00 sampai 03.00 dini hari.
Harga per Orang: Rp 50.000-Rp 100.000

  1. Batagor Hanjuang

batagor hanjuang, kuline rbandung kaki lima yang rasa bintang lima
Batagor Hanjuang. Image via: zomato.com

Makanan enak tidak selalu harus di restoran. Kali ini kita akan bahas makanan enak yang diperoleh di dagang gerobak kaki lima. Batagor Hanjuang, kuliner bandung Pinggir Jalan Rasa Restoran.

Batagor Hanjuang mulai berjualan batagor di Jalan Astina sejak 1990-an. Dalam sehari grobak ini mampu menjual batagor sebanyak 1.500 potong

Batagor Hanjuang ini dikenal sebagai batagor dengan resep asli yang sehat dan murah. Hanya menggunakan gerobak sederhana khas kuliner pinggir jalan, sang pemilik mengolah batagornya dari siang hingga malam.

Rasa batagor ini, kenyataannya tak sesederhana tempatnya. kuliner bandung Batagor Hanjuang memiliki citra rasa khas daging ikan tenggiri yang sangat terasa di lidah.Batagornya yang gurih, dipadu dengan bumbu kacang segar. Ciri khas dari Batagor Hanjuang adalah ditambahkan bahan mi pada semangkok batagor, yang bikin komplit dari segi rasa.

Alamat : Jalan Astina, Cicendo. di depan Rumah Makan Anugerah.
Jam Buka :  Setiap hari, jam 07.00 sampai 16.00.
Harga per Orang: kurang dari 20.000

  1. Warung Bu Eha

warung bu Eha, kuline rbandung legendaris idola keluarga President Soekarno
Warung Eha. Image via: @sanggi_

Warung kuliner bandung ini berdiri sejak tahun 1947, tidak salah jika disebut warung nasi legendaris di Kota Bandung. Rumah makan ini masih mempertahankan gaya lama dengan sajian Prasmanan. Pelanggan pun bisa memilih lauk pauk sesuka hati yang disediakan pada meja.

Ada banyak menu makanan khas sunda yang disajikan di rumah makan ini mulai dari gepuk, perkedel, tahu, tempe, kakap, urap, dan banyak lagi. Ciri khas warung ini adalah sambel dadak.

Warung kuliner bandung ini langganan Keluarga President Soekarno. menurut Eha Ibu Inggit, cukup sering mengunjungi warungnya di sekitar tahun 60-an. Bahkan sampai memberi foto Soekarno berseragam militer. Selain Inggit, Bu Eha juga kenal dengan Guruh dan Guntur Soekarnoputra, yang suka sekali jengkol dan ikan peda.

Alamat : Jalan di dalam Pasar Cihapit yang merupakan pasar tertua di Kota Bandung.
Jam Buka :  Senin sampai Sabtu, jam 06.00 sampai 16.00.
Harga per Orang: kurang dari 40.000

  1. Bakmi Apin

kuliner bandung yang inovatif dengan bentuk irisan daging ayamnya
Bak mi Apin. Image via: tripadvisor.co.id

Seiring perkembangan zaman, menu kuliner bandung bakmi telah banyak divariasikan dari segi rasa dan penyajiannya. Bahkan beberapa bakmi pun telah diadaptasi dengan menggunakan bumbu-bumbu rempah Indonesia.

Khusus di Kota Bandung, banyak pedagang kaki lima dan kedai-kedai yang menyajikan bakmi sebagai hidangan utama. Satu di antaranya yang wajib anda coba adalah Kedai Bakmi Apin yang menjadi favoritnya Warga Bandung.

Selain bakmi, porsi bakmie berisikan taburan toping daging ayam, kerupuk kulit, dan sayuran lainnya. Toping daging ayam yang ditaburkan di atas bakmi tidak berupa suiran seperti di tempat lain. Tapi dibuat berbentuk buliran-buliran halus.

Di sini menu andalan Yamien Manis. Penampakan bakmi tersebut memang Jawa banget soalnya disajikan dengan kecap manis dan asin. Daging ayam cincang dan kuah kaldu pun melengkapi lezatnya Yamien Manis.

Alamat:  jalan Gandapura No. 39. Bandung
Jam buka : setiap hari pada pukul 08.00 -20.00
Harga per orang : Kurang dari 50.000.

  1. Es Duren Pak Aip

Es-Durian-Pak-Aip, kuline rbandung yang mashur akan keaslian rasa duriannya yang menusuk
Es Durian Pak Aip. Image via: @dian_purnama_cantik

Kuliner bandung satu ini cocok bagi kalian yang cinta pada buah berkulit tajam itu. Ditambah, durian yang disajikan bukan sembarang durian. Pak Aip sendiri memulai usaha sejak 1987. Dengan predikat legend yang disandang, tak perlu disangkal jika menu beliau memang sudah bersarang di hati masyarakat.

Memiliki cita rasa yang begitu nikmat, tak salah jika Es Duren Pak Aip begitu digemari. Artis dan juga pakar kuliner sekelas almarhum Bondan Winarno juga pernah berkunjung. Hal tersebut bisa dilihat dari kolase foto yang dipajang oleh pemilik di dalam tempat berjualnya.

Menu utama yang ditawarkan di kuliner bandung satu ini adalah es durian. Terdapat kurang lebih 20 varian yang bisa dicoba. Mulai dari rasa original, lovely pink, durian alpukat, chocholava, dan masih banyak lagi yang lainya. Yang menjadi favorit banyak orang adalah es duren original.

Alamat:  Jalan Jl. Tubagus Ismail raya No. 5, Bandung.
Jam buka : setiap hari pada pukul 08.00 -20.00
Harga per orang : Kurang dari 30.000.

  1. Rumah Sosis

kuliner bandung yang menyatukana ntara makan bermain dan berenang
Rumah Sosis. Image via: travel.detik.com

Simak juga: kuliner kampung daun.

Rumah Sosis Bandung adalah tempat wisata kuliner bandung berbalut wahana permainan menarik. Rumah Sosis Bandung mengusung ide “Eat – Swim – Play”. Yang artinya di lokasi ini pengunjung bisa menikmati 3 aktivitas, yakni makan, berenang dan bermain di 1 lokasi.

Puluhan menu-menu kuliner dengan bahan dasar sosis seperti bock wurst, sosis barbeque, sosis Crispy, dan lain-lain, siap mengisi perut. Selain sosis, ada juga nasi ayam, nasi liwet, sup iga, nasi goreng, spaghetti, nasi bakar, tempura, kentang goreng. Untuk sosis, yang disajikan adalah sosis buatan sendiri.

Setelah puas menyantap berbagai macam menu andalan, pengunjung bisa menjelajahi area Rumah Sosis Bandung bagian wahana permainan. Di sana terdapat flying fox, rumah pohon, kereta sosis, rumah kelinci, rumah domba, dan juga kolam renang

Alamat:  Jalan Setiabudi No. 295, kawasan Lembang, Bandung.
Jam buka : setiap hari pada pukul 10.00 -22.00
Harga per orang : Rp 50.000 sampai Rp 100.000.

  1. Nasi Goreng Mafia

Nasi Goreng Mafia, kuliner bandung yang telah merambah nusantara
Nasi Goreng Mafia. Image via: @nasgormafia

Nasi goreng memang sudah menjadi makanan favorit orang Indonesia. Dunia Kuliner bandung memang terkenal dengan orang – orangnya yang kreatif. Nasi goreng mafia pun bisa mereka ciptakan. Gila memang. Saat ini nasi goreng mafia sudah menyebar ke kota – kota besar seperti jakarta, Garut, Cimahi, Bogor, Yogyakarta bahkan sudah sampai Bali.

Nasi goreng mafia tak seseram namanya. Tapi rasa pedasnyanya memang benar – benar kaya mafia. Bumbu yang digunakan dalam membuat kuliner bandung nasi goreng mafia adalah aneka rempah – remaph asli Indonesia. Ada satu bumbu yan membuat nasi goreng mafia berbeda dari nasi goreng pada umunnya yaitu kencur.

Menu favorit di tempat ini adalah Nasi Goreng Gangster. Dibuat dengan racikan dari 15 macam bumbu rahasia yang hanya diketahui oleh orang – orang yang berkepentingan saja.Ada juga nasi goreng Preman. Warna nasi goreng preman hijau, hasil dari racikan rempah ditambah bumbu kencur yang dominan akan memberikan tonjokan mematikan dimulut dan perut.

Alamat:  Jalan Merdeka No 56 BIP Lantai 3 No 08 B, Citarum Bandung Wetan.
Jam buka : setiap hari pada pukul 09.30-23.30
Harga per orang : Di bawah Rp 50.000.

  1. Restoran Kehidupan

restoran vegetariand alam ragam kuliner bandung, yang menyajikan aneka menu daging berbahan tepung dan jamur
Restoran kehidupan. Image via: destinasibandung.co.id

Salah satu rumah makan kuliner bandung paling unik, baik dari segi menu maupun tata ruang restoran. Bagian depan dijadikan sebagai tempat berjualan kerupuk rumput laut. Rumah makan Masih masuk lagi ke dalam. Pada lorong menuju rumah makan, dipenuhi oleh display TV yang memutar video-video propaganda tentang betapa sehat menjadi vegetarian.

Di dalam tempat makan ruangan tersedia cukup luas. Warna ruangan cenderung cerah ceria didominasi warna putih dan biru. Kapasitas ruangan bisa menampung lebih dari 100 orang, mungkin 150 orang pun bisa.

Menu restoran kuliner bandung ini sama sekali tidak ada dagingnya. Kebanyakan sayur-mayur dan kalaupun ada menu yang namanya “sapi ini” atau “ayam itu”, bahan menggunakan jamur. Bahkan mereka tidak memakai bawang, santan, dan hanya menggunakan penyedap sari jamur. Semua sayuran dicuci dengan air garam dengan tujuan untuk membersihkan pestisida.

Alamat:  Jalan Pajajaran No. 63 Bandung.
Jam buka : setiap hari pada pukul 06.00-22.00
Harga per orang : Di bawah Rp 50.000.

  1. Warung Kopi Bapak Purnama

Kuliner bandung yang sudah ada sejak sebelum zaman Jepang
Warung Kopi Bapak Purnama. Image via: incotive.com

Simak juga: lokasi ngopi hits di bandung.

Warung Kopi ini ternyata sudah ada sejak tahun 1930 dengan nama “Chang Chong Se”. Tahun 1966 sang pemilik mengubah nama warung kopinya menjadi “Purnama”, mengikuti mandat dari Pemerintah Indonesia.

Begitu memasuki kuliner bandung warung purnama, pengunjung akan terpesona dengan kursi kayu jati dan meja marmer yang katanya belum pernah diganti dari awal warung kopi ini dibuka. Di dinding tergantung foto-foto kota Bandung di masa lampau yang dipigura apik.

Setiap pagi kuliner bandung kopi purnamaselalu ramai dengan orang-orang yang ingin makan pagi setangkup roti selai srikaya dan kopi yang digiling sendiri oleh Yong A Thong. Hingga saat ini, resep itu masih terjaga baik turun temurun. Penggilingan kopi dan pembuatan selai srikayanya dilakukan di rumah keluarga pemilik Warung Kopi Purnama sendiri.

Selain roti selai srikaya, yang terkenal di Warung Kopi Purnama ini adalah Roti Worst dan Roti Dadar Worst.

Alamat:  Jalan Alkateri no 22, Braga, Sumur, Bandung.
Jam buka : setiap hari pada pukul 06.00-22.00
Harga per orang : Di bawah Rp 50.000.

Baca juga:

Artikel lainnya:

Leave a Comment