8 Wisata Kuliner Semarang, Mulai Dari Yang Legendaris Hingga Newbie

|

Wisata kuliner di berbagai daerah mempunyai ciri khasnya masing-masing, apalagi jika kita berbicara tentang wisata kuliner legendaris yang sudah ada sejak beberapa tahun yang lalu.

Begitu pun dengan wisata kuliner di Semarang, yang mempunyai ciri khas pada makanan tradisionalnya hingga tempat-tempat makan yang baru namun enak-enak dan layak untuk dicoba.

Tak lengkap jika berlibur ke suatu daerah tidak mencicipi makanan khas atau bahkan makanan legendaris dari daerah tersebut. Berikut kami ulas beberapa tempat wisata kuliner di Semarang mulai dari yang legendaris hingga yang kekinian.

8 Wisata Kuliner Semarang

1. Lumpia Gang Lombok

lumpia gang lombok
lumpia gang lombok. google maps. sumber: sigit Mulyanto

Simak juga: ragam kuliner Malang.

Tempat kuliner pertama yang wajib kamu datangi ialah Lumpia Gang Lombok, banyak yang bilang ini merupakan lumpia terenak di dunia.

Dan Lumpia Gang Lombok ini sudah berusia sekitar 100 tahunan loh, hingga saat ini antrean panjang selalu menghiasi warung yang tampak sederhana tersebut.

Penyajian lumpianya ada yang lumpia basah maupun lumpia goreng, keduanya sama-sama enak kok…Lumpia Gang Lombok ini dapat kamu pesan melalui aplikasi juga loh…

  • Lokasi: Jl. Gang Lombok No.11, Purwodinatan, Semarang, Jawa Tengah
  • Jam buka: 08.00 – 17.00
  • Harga perporsinya: Rp. 17.000,-

2. Tahu Pong Gadjah Mada

tahu pong gajah mada
tahu pong gajah mada. google maps. sumber: Alita Kusuma

Simak Juga: Pilihan kuliner Hits di Jogja.

Tahu Pong Gadjah Mada merupakan kedai kuliner yang sudah berdiri sejak tahun 1955, merupakan makanan khas dari Semarang yang harus kamu coba.

Tahu Pong berisi ialah tahu yang tidak berisi, disajikan dengan kuah yang terbuat dari kecap, petis, juga bawang. Warnanya yang hitam, rasanya mantap yakni ada rasa gurih juga manis namun tidak berasa asam.

  • Lokasi: Jl. Gajahmada No. 63 B, Kembangsari, Kecamatan Semaran Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah.
  • Jam buka: 11.00 – 22.00
  • Kisaran harga per porsinya: Rp. 28.000,-

3. Gudeg Koyor Mbak Tum

gudeg koyor mbak tum
gudeg koyor mbak tum. google maps. sumber: Andreas Wahyudi

Simak juga: Tempat ngopi hits di Bandung.

Gudeg Mbak Tum termasuk kuliner legendaris yang buka hingga tengah malam, jadi pas banget untuk kamu yang kelaparan di malam hari. Gudek Mbak Tum sudah membuka cabang di beberapa tempat, yakni:

  • Jalan Majapahit, dan
  • Purwodadi.

Gudeg koyor Mbak Tum enak banget, berisikan gudeg khas Semarang ditambah dengan urat sapi (koyor) kemudian menu lainnya dan nggak ketinggalan tentu saja nasi putih yang hangat.

Rasanya yang nikmat dan enak, membuat Gudeg Koyor Mbak Tum ini semakin malam malah tambah rame. Sangat wajar jika kedai ini tetap bertahan meski sudah berdiri sejak tahun 1991.

  • Lokasi: Wonodri, Kecamatan Semarang Selatan, Kota Semarang, Jawa Tengah
  • Jam buka: 14.00 – 22.00
  • Kisaran harga per porsinya: mulai dari Rp. 20.000,-

4. Super Penyet Resto

menu super penyet
menu super penyet. google maps. sumber: Erma Pancasila

Simak juga: Kuliner di Kampung Daun Bandung

Super Penyet Resto sudah memiliki 5 cabang, 4 diantaranya berada di Kota Semarang dan 1 lagi berada di Kudus. So, kamu akan menemukan Super Penyet Resto ini hampir di semua titik Kota Semarang.

Dari namanya saja kita sudah dapat menebak, restoran ini memiliki ciri khas dari sambalnya. Benar saja, Super Penyet Resto memiliki sambal yang super pedas dan mantap banget.

Tempatnya yang luas membuat kita nyaman jika datang bergerombol bersama keluarga besar ataupun dengan komunitas yang diikuti.

  • Lokasi: Jl. Gajah Mada No. 87
  • Jam buka: 10.00 – 22.00
  • Kisaran harga per porsinya: mulai dari Rp.  20.000,-

5. Mie Ramor

mie ramor
mie ramor. google maps. sumber: Niken Satyawati

Selanjutnya ada Mie Ramor yang berdiri pada tahun 2018 lalu, meski terbilang baru tempat kuliner Semarang yang satu ini menjadi tempat favorit untuk makan mie atau bakso dengan suasana tempat yang eyecatching.

Bahkan terdapat fasilitas AC, smooking area, mushola, juga free wifi juga loh,,,,sedikitnya ada 30 menu olahan mie dan bakso, serta menu makanan lain yang disajikan di Mie Ramor ini.

  • Lokasi: Mugassari, Kecamatan Semarang Selatan, Kota Semarang, Jawa Tengah.
  • Jam buka: 10.00 – 21.30
  • Kisaran harga per porsinya: mulai dari Rp. 12.000,-

6. Pelangi Café

pelangi cafe
pelangi cafe. google maps. sumber: Agnes Dewi Warani

Tempat kuliner newbie selanjutnya ialah Pelangi Café, yang menjadi tempat nongkrong anak-anak muda Semarang apalagi ketika malam menjelang.

Menu andalan di Pelangi Café ini ialah Cheese Chiffon Cake, ada juga menu ice cream dan kopi. Café ini memang lebih dominan menyajikan menu kudapan, namun menu nasi juga ada.

  • Lokasi: Jl. Singosari Raya No.45, Pleburan, Kecamatan Semarang Selatan, Kota Semarang.
  • Jam buka: 07.00 – 23.00
  • Kisaran harga per porsinya: mulai dari Rp. 20.000,-

7. Kuliner di Simpang Lima Semarang

pujasera simpang lima semarang
pujasera simpang lima semarang. google maps. sumber: PAPA SULTAN GAMING

Tempat wisata kuliner Semarang selanjutnya dan yang paling nggak boleh kamu lewatkan berada di kawasan Simpang Lima Semarang. Di lokasi tersebut banyak banget jajanan-jajanan ringan hingga makanan berat.

Simpang Lima Semarang bisa dibilang merupakan surganya untuk kamu para pecinta kuliner, dan selalu ramai dikunjungi wisatawan yang datang dari berbagai daerah maupun juga turis asing.

Harga yang ramah dikantong tak mengurangi cita rasa dari makanan tersebut. Pokoknya ketika berada di Semarang, kamu wajib mengunjungi Simpang Lima Semarang.

8. Eling Bening

restoran eling bening
restoran eling bening. google maps. sumber: Yongky Sulaksono

Baca lebih lengkap artikel eling bening

Eling Bening baru diresmikan sekitar tahun 2015, dan berada di perbukitan Ngrawan dengan menampilkan panorama alam seperti:

  • Gunung Merbabu, dan
  • Pegunungan Andong dan Telomoyo.

Selain digunakan sebagai tempat rekreasi, Eling Bening juga memiliki restoran dengan menyajikan berbagai macam menu. Di kawasan Eling Bening juga terdapat area kolam renang.

  • Lokasi: Jl. Sarjono, Kecamatan Bawean, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.
  • Jam buka: 08.00 – 18.00