8 Wisata Kuliner Surabaya, Mencicipi Citarasa Yang Enak, Murah, dan Kekinian

Wisata kuliner Surabaya sudah tertata dengan baik dan rapih, hal tersebut terbukti dengan dimilikinya beberapa sentra kuliner yang ada di kota terbesar kedua di Indonesia tersebut.

Surabaya merupakan kota metropolitan ke dua setelah Jakarta, dengan urutan ke bawahnya ialah Medan, Bandung, dan Semarang.

Sebagai kota metropolitan, tentu saja Surabaya memiliki beberapa tempat wisata kuliner kekinian, enak, dan masih banyak kuliner yang harganya murah.

Berikut beberapa tempat wisata kuliner di Surabaya, sebagai referensi awal menentukan tempat berwisata kuliner di akhir pekan ini.

8 Tempat Wisata Kuliner Surabaya

1. Sate Klopo Ondomohen Bu Asih

sate klopo ondomohen bu asih
sate klopo ondomohen bu asih. google maps. sumber: Apriyuanda G. Bayu Pradana

Simak juga: Ragam kuliner Jogja hits.

Sate Klopo Ondomohen Bu Asih merupakan salah satu penjual Sate Klopo yang paling enak, dan selalu menjadi incaran para penikmat rasa.

Daging yang tebal, dicampur dengan serundeng, menambah nikmat rasa dari sate klopo ini. Dagingnya dapat berasal dari ayam, sapi, sumsum, juga udang.

Sate Klopo Ondomohen Bu Asih sudah ada sejak tahun 1945, dengan masih eksis hingga saat ini, itu membuktikan bahwa sate klopo yang satu ini memiliki cita rasa tersendiri yang tak berkurang meski telah berganti zaman alias cita rasa yang tak lekang oleh waktu.

  • Lokasi: Jl. Walikota Mustajab No. 36, RW 05, Ketabang, Kecamatan Genteng, Surabaya, Jawa Timur.
  • Jam buka: 07.00 – 23.00
  • Kisaran per porsinya: dibawah Rp. 50.000,-

2. Rujak Cingur Delta

rujak cingur delta
rujak cingur delta. google maps. sumber: Winter Kitty

Kuliner yang satu ini merupakan makanan khas yang berasal dari Surabaya, yang wajib kamu cobain. Banyak banget pedagang yang menjual rujak cingur, dan yang paling harus dicobain ialah Rujak Cingur Delta yang berada di Plaza Surabaya.

Rujak Cingur Delta berisikan kacang panjang, tahu, tempe, kangkung, tauge, mangga muda, nanas, kedondong, dan sang primadona cingur. Kemudian disiram dengan kuah petis yang segar dan pedas. Segar jika dimakan di siang hari

  • Lokasi: Plaza Surabaya lantai 2, Jl. Pemuda, Embong Kaliasin, Kecamatan Genteng, Surabaya, Jawa Timur.
  • Jam buka: 10.30 – 20.30
  • Kisaran harga per porsinya: Rp. 30.000,-

3. Lontong Balap Garuda Pak Gendut

lontong balap garuda pak gendut
lontong balap garuda pak gendut. google maps. sumber: Gani Kurniawan

Simak juga: kuliner Bandung terpopuler.

Lontong Balap Garuda Pak Gendut ini cukup melegenda dan sangat terkenal, hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya artis – artis ibukota yang pernah mencicipi kelezatan lontong balap serta menu lainnya.

Tak ketinggalan, chef legendaris Indonesia yakni Sisca Soewitomo, yang pernah mencicipi lezatnya lontong balap Pak Gendut dan sate kerangnya.

Lontong Balap Garuda Pak Gendut ini sudah ada sejak tahun 1958, yang pada awalnya berjualan di depan trotoar Bioskop Garuda hingga akhirnya saat ini sudah memiliki 2 cabang.

  • Lokasi: Jl. Embong Malang No. 38, Genteng, Surabaya, Jawa Timur. (cabang utamanya)
  • Jam buka: 09.00 – 20.00
  • Kisaran harga per porsinya: di bawah Rp. 20.000,-

4. Rawon Setan Mbak Endang

rawon setan mbak endang
rawon setan mbak endang. google maps. sumber: Juventus Ongkar

Simak juga: Armor kopi Bandung.

Untuk selanjutnya ada Rawon Setan Mbak Endang, yang bukan hanya ada di Surabaya saja, melainkan sudah membuka cabangnya di Jakarta Barat, tepatnya di daerah Kecamatan Palmerah.

Sajian kuah hitam dengan bau rempah-rempah yang khas berisikan daging sapi yang empuk, lebih nikmat dimakan dengan nasi hangat. Dicampur dengan kerupuk udang, empal goreng, irisan telur asin, tauge rebus, dan ditaburi bawah goreng. Jangan ketinggalan sambal terasinya juga ya….

  • Lokasi: Jl. Embong Malang No. 78/I, Genteng, Surabaya, Jawa Timur.
  • Jam buka: 24 jam
  • Kisaran harga per porsinya: Rp. 25.000,-

5. Nasi Goreng Jancuk

Nasi goreng merupakan makanan khas Indonesia yang cukup digemari oleh warga asing. Nasi Goreng Jancuk Surabaya ini wajib untuk kamu coba.

Namun melihat porsinya yang cukup besar, enaknya dimakan ramai-ramai bersama dengan kawan atau handai tolan. Nasi Goreng Jancuk berisikan nasi, iriisan telur dadar, udang, sewiran ayam, ditambang dengan cabe rawit yang cukup banyak.

Cita rasa yang pedas dan gurih berpadu menciptakan rasa yang luar biasa nikmat. Tak heran jika Nasi Goreng Jancuk sangat populer di Surabaya.

  • Lokasi: Tunjungan Plaza 1 lantai 5, Tegalsari, Surabaya, Jawa Timur.
  • Jam buka: 10.00 – 21.30

6. Ice Cream Zangrandi

ice cream zangrandi
ice cream zangrandi. google maps. sumber: Vicky Anggra

Setelah makan yang pedas – pedas, enaknya makan ice cream. Di Surabaya ada tempat makan ice cream yang lezat dan legendaris, yakni Ice Cream Zangrandi.

Ice Cream Zangrandi sempat tutup sementara beberapa waktu yang lalu, namun sejak tanggal 1 April tempat nongkrong legendaris ini sudah beroperasi seperti sedia kala.

Sajian ice cream yang cantik, apalagi rasa ice creamnya yang sudah tidak diragukan lagi membuat kedai Ice Cream Zangrandi tak pernah sepi pengunjung.

Tempatnya cozy dengan kentalnya suasana zaman kolonial membuat enak untuk nongkrong, apalagi menu ice cream yang disajikan cukup banyak dan beragam.

  • Lokasi: Jl. Yos Sudarso No. 15, Embong Kaliasin, Genteng, Surabaya, Jawa Timur.
  • Jam buka: 10.00 – 21.00
  • Kisaran harga per porsinya: mulai dari Rp. 30.000,-

7. Bebek Palupi

bebek palupi
bebek palupi. google maps. sumber: Vani

Simak juga: Kuliner Kampung Daun.

Kuliner khas Surabaya selanjutnya ialah Bebek Palupi, yang sudah berdiri sejak tahun 90-an. Awal mulanya berada di Rungkut, kemudian saat ini telah memiliki beberapa cabang di daerah lain.

Bebek Palupi tak sedikitpun memiliki rasa yang keras dan alot, layaknya daging bebek pada umumnya. Bebek Palupi memiliki rasa yang empuk dan enak, apalagi ditambah dengan sambal pedas dan nasi hangat.

Tak heran jika Bebek Palupi tak pernah sepi pengunjung, mereka rela antri untuk merasakan lezatnya sajian kuliner khas Surabaya yang cukup melegenda ini.

  • Lokasi: Jl. Rungkut Asri Tengah No. 10, Rungkud Kidul, Kecamatan Rungkut, Surabaya, Jawa Timur.
  • Jam buka: 09.00 – 21.00
  • Kisaran harga per porsinya: Rp. 30.000,-

8. Food Junction

food junction
food junction. google maps. sumber: Dony Setiawan

Tempat kuliner yang satu ini merupakan tempat wisata komplit pilihan keluarga menghabiskan waktu bersama, karena selain memiliki tempat untuk berwisata kuliner, tempat ini juga dilengkapi dengan beberapa wahana permainan yang seru.

Kuliner yang ada mulai dari makanan ringan, jajanan, hingga makanan berat. Sedangkan untuk wahana permainan yang ada diantaranya, komedi putar, perahu angsa, dan beberapa wahana lainnya.

Kita dapat mencicipi sajian kuliner yang ada sambil menikmati keindahan air mancur yang terletak di tengah danau. Untuk mengunjungi Food Junction saat ini, kamu harus menunjukkan kartu vaksin minimal dosis pertama.

  • Lokasi: Jl. Grand Pakuwon, Banjar sugihan, Kecamatan Tandes, Surabaya, Jawa Timur.
  • Jam buka: 11. 00 – 21.00

shopee