Lawu Park, Restoran di Kaki Gunung Lawu yang Rasa Resort

Seperti dugaan penulis yang selalu diulang – ulang hampir di setiap artikel bahwa wisata alam dengan view yang indah selalu menjadi primadona utama bagi para wisatawan.

Hal tersebut senada dengan hasil survei yang dilakukan oleh pegipegi yang bekerjasama dengan YouGov, yang menyatakan bahwa 78% lebih, responden lebih memilih traveling ke objek wisata yang menwarkan view yang sangat indah.

Maka jangan heran jika objek wisata yang memiliki panorama alam yang indah selalu ramai dikunjungi wisatawan, terutama saat liburan tiba.

The Lawu Park
The Lawu Park. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Seperti halnya objek wisata Lawu Park, atau disebut juga dengan nama The Lawu Park. Objek wisata tersebut mengusung konsep besar sebagai wisata alam yang cocok sebagai destinasi wisata keluarga.

Lalu apa saja daya tarik dari objek wisata Lawu Park tersebut? Maka inilah jawabannya!

Daya Tarik Lawu Park Tawangmangu

Daya tarik utama dari objek wisata Lawu Park Tawangmangu bisa terlihat dari konsep besar yang ditawarkan oleh objek wisata tersebut kepada para pengunjung. Yaitu :

1. Wisata Alam

Daya tarik yang pertama mengusung konsep wisata alam yang menawarkan view indah sejauh mata memandang. Letaknya yang berada di ketinggian, serta di area hutan pinus, maka menjadikan lokasi tersebut sangat nyaman untuk dikunjungi.

Selain itu, udara sekitarnya juga sangat sejuk. Meskipun tidak jauh dari jalan utama, namun udaranya masih dirasa cukup bersih.

Lawu Park Konsep Wisata Alam
Lawu Park Konsep Wisata Alam. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Saat hari mulai lewat jam 12.00, perlahan cuaca di sekitar perlahan mulai menjadi dingin. Hal tersebut tentu saja sangat disukai oleh para wisatawan yang terbiasa hidup di kota besar dengan cuaca yang panas.

2. Wisata Keluarga

Daya tarik selanjutnya dari Lawu Park adalah dengan mengusung konsep wisata keluarga. Hal tersebut bisa terlihat dari ragam wahan yang ada, sangat ramah anak, tidak berbahaya, serta sangat cocok untuk membangun kebersamaan bersama keluarga.

Spot Ramah Anak
Spot Ramah Anak. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Bukan hanya itu saja, di kawasan objek wisata Lawu Park juga terdapat penginapan yang sangat nyaman sekali.

3. Wisata Edukasi

Selanjutnya, terdapat spot yang menawarkan nilai edukatif bagi para pengunjung, terutama bagi anak – anak. Seperti : taman kelinci, taman kambing, serta taman bebek.

Anak – anak bisa memberi makan kambing, serta bermain dengan kelinci – kelinci yang sangat lucu. Hal tersebut memberikan edukasi secara tidak langsung, bahwa kita mesti berharmoni dengan alam sekitar.

Wisata Edukatif
Wisata Edukatif. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

4. Wisata Kekinian

Pesatnya perkembangan media sosial, terutama di kalangan milenial, menuntut setiap objek wisata memiliki spot yang sangat instagrammable.

Hal tersebut sudah dilakukan oleh Lawu Park. Terbukti terdapat beberapa spot yang sangat cocok untuk diposting di media sosial para pengunjung.

Spot Selfie
Spot Selfie. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Ragam Aktivitas Wisata Dan Wahana Di Lawu Park Tawangmangu

Untuk diketahui oleh pengunjung, bahwa Lawu Park terbagi menjadi du zona, yang disebut dengan Lawu Park 1, dan Lawu Park 2. Masih dalam satu kawasan, namun terpisah oleh jalan utama.

Beda zona, beda nama, tentu saja berbeda juga sajian wisata yang ditawarkan. Maka inilah ragam wahana dan aktivitas wisata di setiap zona :

1. Lawu Park 1

Yang tersaji di Lawu Park 1 adalah sebagai berikut :

  • Penginapan yang sangat nyaman
  • Restoran yang menawarkan kuliner yang sangat lezat di lidah
  • Jalur trekking di bawah rindangnya pohon pinus
  • View alam yang sangat menawan
  • Penjelajahan menggunakan jasa penyewaan mobil khusus
Penginapan Di Lawu Park
Penginapan Di Lawu Park. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

2. Lawu Park 2

Rumah Pohon Lawu Park
Rumah Pohon Lawu Park. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Lawu Park 2 adalah zona yang dipenuhi dengan banyak sekali whana yang bisa dinikmati oleh setiap pengunjung. Diantaranya :

  • Rumah pohon
  • Taman Kelinci
  • Taman Kambing
  • Taman Bebek
  • Wahana Outbound
  • Zona Salju
  • Spot Selfie

Yang sangat menarik perhatian para pengunjung adalah keberadaan zona salju. Sebuah spot yang menawarkan salju buatan, di alam bebas, serta dilengkapi dengan ornamen pendukung. Seperti boneka salju.

Spot Salju Lawu Park
Spot Salju Lawu Park. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Dan sebagai catatan, bagi para pengunjung yang ingin melakukan aktivitas outbound. Maka wajib melakukan reservasi terlebih dahulu.

Harga tiket untuk aktivitas outbound tentu saja berbeda dengan harga tiket masuk seperti biasanya. Lawu Park pada akhirnya menjadi sebuah objek wisata yang menawarkan berjuta keseruan, dan kenikmatan dalam satu kawasan.

Aktivitas Outbound
Aktivitas Outbound. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Inilah objek wisata yang sangat recommended untuk anda dan keluarga yang ingin menghabiskan waktu liburan bersama – sama. Jangan lupa abdikan momen keindahan tersebut ya….

Lokasi Lawu Park

Lokasi The Lawu Park ini berada di Bulakrejo, Gondosuli Kidul, Gondosuli, Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Wisata ini sangat mudah di temukan dan rute jalan yang sangat mudah di lalui oleh berbagai kendaraan.

Rute Lawu Park

Lokasi Lawu Park Tawangmangu  8 Km dari Terminal Tawangmangu melalui JI. Lawu, sekitar 13 menit perjalanan. Kalau dari pusat Kota Solo, sekitar  47 Km  melalui JI. Lawu. Sedangkan jika dari Telaga Sarangan melalui JI. Tawangmangu-Plaosan, jaraknya sekitar 9 km.

Bagi pengunjung  yang menggunakan Transportasi Umum dari Jakarta, bisa naik kereta dengan tujuan Stasiun Balapan Solo. Setelah itu, dilanjutkan menuju ke Terminal Tirtonadi dengan naik skybridge. Lalu naik bus rukun sayur atau bus jurusan Tawangmangu.

Lokasi The Lawu Park hanya berjarak kurang lebih 13 menitan dari Terminal Tawangmangu. Pengunjung bisa naik angkutan umum jurusan Cemoro Sewu dari Terminal Tawangmangu. Kemudian turun di Lokasi wisata ini.

Jika berangkat Dari Arah Magetan, pengunjung tinggal mengikuti jalan utama Tawangmangu saja. Lokasi The Lawu Park berada beberapa puluh kilometer setelah Cemoro Kandang, dan sebelum Bukit Sekipan. Jadi rutenya sama dengan ketika kamu menuju ke Bukit Sekipan.

Jam Buka Lawu Park

Jam operasional Lawu Park dibuka setiap hari mulai dari jam 07.30 – 22.00. Khusus untuk penginapannya dibuka 24 jam.

Tiket Lawu Park

Tiket masuk ke Lawu Park adalah Rp. 15.000 untuk tujuan wisata saja tanpa menginap. Dengan tarif ini pengunjung dapat menikmati keindahan taman yang luas yang dihiasi dengan pohon-pohon pinus yang indah.

Fasilitas Lawu Park

The Lawu Park, sebagai salah satu tempat wisata terkemuka di Karanganyar, memiliki fasilitas yang bisa dibilang komplit. Ada fasilitas umum yang free ada juga fasilitas yang berbayar, seperti misalnya penginapan.

Untuk fasilitas umum yang tersedia antara lain adalah Mushola, Tempat makan, Area parkir, Kamar mandi, Taman bersantai dan masih banyak lagi.

Penutup

Demikian info lengkap tentang The Lawu Park. Selalu patuhi protokol keamanan, dan protokol kesehatan. Dan Jangan membuang sampah sembarangan. Karena “Sampahmu, Adalah Dosamu”.


Leave a Comment