Lembah Panyaweuyan, Terasering di Majalengka Yang Bikin Adem

|

Lembah Panyaweuyan sebuah tempat wisata di Majalengka yang hits dan banyak dikunjungi oleh wisatawan yang hendak mencari keindahan alam.

Lembah Panyaweuyan atau disebut juga dengan Terasering Panyaweuyan memiliki daya tarik utama sesuai namanya, yakni hamparan sawah yang menggunakan teknik terasering.

lembah panyaweuyan
lembah panyaweuyan. google maps. sumber: Gustav Subagio

simak juga: puncak sawiyah

Terasering atau sengkedan berfungsi untuk membantu memperlambat debit air hujan yang akan diserap oleh tanah, sehingga dapat mencegah terjadinya longsor.

Yang akhirnya menghasilkan pemandangan yang menakjubkan, dan menjadi sebuah destinasi wisata. Terbukti bukan hanya di Majalengka saja, namun ada pula di berbagai daerah lain seperti Bali, Kabupaten Agam, Trenggalek, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Gambaran Lembah Panyaweuyan akan diulas selengkapnya, sebagai bahan referensi tempat wisata kamu ketika berada di Majalengka.

Lokasi dan Alamat Lembah Panyaweuyan

Alamat Lembah Panyaweuyan terletak di Desa Tejamulya, Kecamatan Argapura, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat. Lokasinya berada di kaki Gunung Ceremai.

bersantai bersama alam
bersantai bersama alam. google maps. sumber: Andripradiansyah Andripradiansyah

simak juga: tempat wisata di majalengka

Rute Menuju Lembah Panyaweuyan

Setelah keluar dari Gerbang Tol Kertajati kamu harus menyusuri Jl. K.H Abdul Halim untuk menuju pusat kota Majalengka. Dimana kamu akan melewati Bunderan Munjul.

Dari sana belok ke kanan untuk menuju Cikijing, ketika bertemu pertigaan jalan beloklah ke kiri untuk menuju Desa Sukasari. Kemudian kamu akan menemukan papan petunjuk arah menuju Panyaweuyan.

Terus saja ikuti jalan tersebut, hati-hati dalam berkendara ya karena jalannya sempit, penuh dengan tanjakan juga belokan.

Karena kondisi jalan yang sempit maka sebaiknya menggunakan kendaraan roda dua saja, namun tenang jalurnya sudah beraspal dengan baik kok.

Jam Buka Lembah Panyaweuyan

Jam operasional Lembah Panyaweuyan buka setiap hari Senin hingga Minggu, mulai pukul 08.00 hingga 15.00 waktu setempat.

jalur yang harus dilalui
jalur yang harus dilalui. google maps. sumber: Sies Project

simak juga: situ cipanten

Harga Tiket Masuk Lembah Panyaweuyan

Tiket masuk Panyaweuyan cukup membayar sebesar Rp. 5.000,-

Fasilitas Lembah Panyaweuyan

Fasilitas yang ada di Lembah Panyaweuyan diantaranya:

  • Area untuk menyimpan kendaraan,
  • Toilet,
  • Warung makanan dan minuman,
  • Spot foto,

Daya Tarik Lembah Panyaweuyan

1. Terasering Panyaweuyan

bak negeri di atas awan
bak negeri di atas awan. google maps. sumber: Samsul Ma’arif

simak juga: taman gunung batu karang

Lembah Panyaweuyan dan Terasering Panyaweuyan merupakan tempat wisata yang memiliki view yang sama, yakni terasering hanya berbeda desa saja namun masih berada di satu kecamatan.

Keindahan Lembah Panyaweuyan sempat mengisi postingan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, dan mendapat jutaan viewers. Sehingga menjadikannya tempat wisata yang hits di Majalengka.

Waktu terbaik mengunjungi Lembah Panyaweuyan ialah di waktu panen, dimana pemandangan akan sangat berbeda jika berkunjung di waktu tanam.

Dengan berada di ketinggian sekitar 900 mdpl, Lembah Panyaweuyan menghadirkan pemandangan yang indah serta udara yang sejuk. Jika kabut datang, tempat wisata di Majalengka yang satu ini terasa bagaikan negeri di atas awan.

suasana berkabut di panyaweuyan
suasana berkabut di panyaweuyan. google maps. sumber: Guntur Budi Herwanto

simak juga: curug tonjong majalengka

Indah banget deh pokoknya, bikin kamu betah dan adem. Lupa akan semua kesibukan dan tugas-tugas yang menumpuk, masalah yang tak kunjung selesai, serta sakit hati yang menyayat.

Semuanya hilang dan terobati dengan sejuknya pemandangan di depan mata, seakan-akan semua problem kita hilang ditiup angin.

2. Spot Foto

Dewasa ini sebuah tempat wisata takkan lengkap tanpa adanya spot foto, yang akan semakin memanjakan setiap pengunjung yang datang.

Kehadiran spot foto menjadi bumbu penyedap akan adanya tempat wisata, dan selalu menjadi buruan bagi mereka yang haus akan spot foto terbaik.

spot incaran pengunjung
spot incaran pengunjung. google maps. sumber: Haris Maulana

simak juga: curug muara jaya majalengka

Penutup

Alam memang memiliki cara tersendiri untuk membuat kita tersenyum dan sembuh dari luka yang sulit diobati. Mungkin untuk itulah Tuhan menciptakan pemandangan seperti di Lembah Panyaweuyan.

Lembah Panyaweuyan ataupun Terasering Panyaweuyan harus menjadi tujuan wisata kamu ketika berada di Majalengka, Jawa Barat.