Liburan Akhir Pekan dan Sajian Kuliner Laut di Pantai Klatak Tulungagung

Pantai Klatak adalah salah satu destinasi wisata yang menakjubkan di Tulungagung, Jawa timur. Terletak di pesisir Selatan Pulau Jawa, pantai ini menawarkan keindahan alam yang mempesona. Pasir putih kecokelatan yang bersih dan air laut yang jernih. Air laut di pantai ini cenderung lebih tenang dibandingkan dengan pantai yang berada di selatan pulau Jawa lainnya.

wisata pantai klatak
wisata pantai klatak. google maps. sumber : zafrina Karina

Nama Klatak berasal dari bunyi batu-batuan yang jika terkena ombak saling berbenturan dan mengeluarkan bunyi ‘Klatak’. Ketika air laut mulai mencapai pantai, maka ombaknya akan mengenai gugusan batu tersebut. Sehingga timbullah suara klatak-klatak hasil dari benturan antar batu. Itulah mengapa pantai ini dinamakan Pantai Klatak.

Pantai Klatak memiliki luas sekitar 200 hektar dan memiliki garis pantai dengan panjang kurang lebih 3 km. Pantai Klatak memiliki pesona alam yang memukau, suasana yang asri, alami dan eksotis. Destinasi wisata pantai yang menawarkan pesona alam bahari yang memukau.

Keindahan Pantai Klatak tidak berhenti di situ. Pantai ini memiliki sebaran batuan di bibir pantainya. Di sisi barat pantai, pengunjung akan disambut oleh tebing-tebing bebatuan. Di antara tebing-tebing tersebut, tersembunyi lorong-lorong yang memberikan nuansa serupa dengan goa alami. Goa ini telah menjadi daya tarik tersendiri dan menjadi salah satu spot favorit pengunjung.

Alamat Pantai Klatak

  • Jl. Pantai Waru Doyong Klatak, Soireng, Keboireng, Kecamatan Besuki, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, 66275.

Jam Buka

  • Buka setiap hari 24 jam.

Harga Tiket Masuk

  • Harga tiket masuk Rp.5.000,-
  • Parkir motor Rp.3.000,-
  • Parkir mobil. Rp5.000,-

Rute ke Pantai Klatak

Pantai Klatak berjarak sekitar 34 km dari Aloon-Aloon Tulungagung. Dengan waktu tempuh perjalanan sekitar 1 jam berkendara.

  • Jika kamu berangkat dari pusat Kota Tulungagung menuju Pantai Klatak, bisa mengambil arah menuju Campurdarat. Dari sana bisa menempuh arah menuju Besole. Setelah itu belok ke selatan setelah perempatan lampu lalu lintas Pasar Campurdarat. Selanjutnya anda hanya perlu mengikuti jalan raya tersebut, hingga ke arah Jalur Lintas Selatan (JLS).

Transportasi

Untuk mencapai lokasi Pantai Klatak Tulungagung, dapat menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum. Jika kamu menggunakan kendaraan pribadi, ikuti petunjuk jalan menuju Tulungagung dan kemudian ikuti petunjuk arah ke Campurdarat. ikuti jalurnya hingga menuju Pantai Klatak. Untuk permudah perjalanan, sebaiknya anda menggunakan kendaraan pribadi.

Ada Apa di Pantai Klatak

pantai klatak
pantai klatak. google maps. sumber : Devy Yulianto

Pantai Klatak merupakan salah satu wisata pantai di Tulungagung. Pantai ini memiliki panorama alam yang indah dan mempesona, dengan ombak yang tenang dan pasir putih yang masih bersih. Dipantai ini terdapat berbagai kegiatan rekreasi yang dapat kamu lakukan.

Menikmati Panorama pantai

menikmati panorama pantai klatak
menikmati panorama pantai klatak. google maps. sumber : Sari Fatmawati

Pantai Klatak di Tulungagung memikat hati para wisatawan dengan keindahannya yang alami. Air laut Pasir pantai ini tergolong tidak banyak ombak alias cukup tenang. Pasir puith kecokelatan yang unik memberikan nuansa berbeda dan menambah daya tarik pantai ini.

Pengunjung dapat berjalan-jalan di atas pasir yang lembut sambil menikmati keindahan panorama pantai. Lokasi pantai ini dikelilingi oleh bukit dan hutan. Suasana yang asri, alami dan eksotis. Destinasi wisata pantai yang menawarkan pesona alam bahari yang memukau.

Berenang dan Bermain Pasir Tepi Pantai

bermain tepi pantai
bermain tepi pantai. google maps. sumber : Dwi slamet suryanto channel

Air laut di Pantai Klatak cenderung lebih tenang dibandingkan dengan pantai yang berada di selatan pulau Jawa lainnya. Air laut yang jernih memungkinkan pengunjung untuk berenang atau bermain air dengan nyaman. Anda dapat bermain pasir pantai dengan teman-teman atau keluarga di area yang telah disediakan.

Naik Perahu

Selain itu, kamu juga dapat menyewa perahu nelayan untuk menjelajahi sekitar pantai.

Jembatan Cinta

spot jembatan cinta di pantai klatak
spot jembatan cinta di pantai klatak. google maps. sumber : iwn stio

Saat ini ada spot terbaru yang berupa jembatan yang kini tengah viral. Jembatan tersebut dinamai Jembatan Cinta. Meski berupa jembatan sederhana, namun menjadi favorit di mata para wisatawan lantaran tampilan visualnya yang cukup menarik. Banyak wisatawan yang asik berfoto ria di jembatan ini.

Sunset Menawan di Pantai Klatak

sunset di pantai klatak
sunset di pantai klatak. google maps. sumber : Rusdiyanto Anto

View sunset di Pantai Klatak juga menjadi incaran para wisatawan yang datang ke pantai ini. Anda bisa menyaksikan keindahan fenomena matahari terbenam ini dari tepian pantai.

Camping Ground

Camping ground juga tersedia bagi wisatawan yang ingin berkemah dengan mendirikan tenda. Menikmati malam yang tenang dan damai di bawah cahaya bintang.

Memancing

Bagi anda yang hobi memancing, bisa menyalurkan hobi memancingmu di Pantai Klatak. Spot memancing di sini sangat recommended.

Kuliner Tepi pantai

warung kuliner di pantai klatak
warung kuliner di pantai klatak. google maps. sumber : Taufan Sutrisno

Pantai Klatak Tulungagung juga menawarkan kelezatan kuliner laut yang tidak boleh dilewatkan. Di sepanjang pantai, tersedia warung makan yang menyajikan aneka hidangan laut segar.

Disini, anda dapat mencicipi hidangan khas seperti kepiting saus, udang goreng, ikan bakar, dan masih banyak lagi. Menikmati kelezatan dan keharuman seafood segar langsung dari laut.

Berswafoto

hunting foto di pantai klatak
hunting foto di pantai klatak. google maps. sumber : Ayu Diah Saputri
berfoto di pantai klatak
berfoto di pantai klatak. google maps. sumber : Afrizal Fakhmy

Fasilitas Pantai Klatak

Berikut adalah fasilitas dan sarana umum yang tersedia di Pantai Klatak.

  • Area parkir
  • Spot foto
  • Warung makan
  • Toilet dan kamar mandi
  • Wahana menarik
  • Camping ground
  • Gazebo
  • Tempat duduk dan lain-lain.

Tempat Wisata Sekitar Pantai Klatak

  • Pantai Popoh
  • Pantai Coro
  • Pantai Gemah
  • Pantai Midodaren
  • Pantai Niyama

Video Pantai Klatak

Video Pantai Klatak berikut dikutip dari channel : Jalan Jalan Nusantara

Penutup

Pantai Klatak Tulungagung menawarkan keindahan alam dan suasana pantai yang alami dan tenang. Pantai Klatak bisa menjadi pilihan yang tepat untuk liburan bersama keluarga. Objek wisata pantai ini masih tergolong alami dan belum banyak dikunjungi wisatawan. Menyajikan keindahan alam yang luar biasa dan fasilitas yang memadai.