Loji Suaka Elang Bogor, Camping Di Tengah Pohon Pinus Dan Tempat Penangkaran Elang Jawa

Bogor, Jawa Barat merupakan sebuah tempat berlibur yang tak henti-hentinya menawarkan kita keindahan alam yang luar biasa. Satu lagi lokasi wisata yang ada di Bogor, menawarkan kita alam yang indah dengan segala kelebihannya.

Nama tempat yang harus kamu tuju selanjutnya ialah Loji Suaka Elang, yang terletak di Kecamatan Cigombong, Bogor, Jawa Barat. Lokasi wisata yang satu ini merupakan sebuah tempat wisata yang lengkap, selain menikmati keindahan alam jika kamu beruntung kamu dapat berjumpa dengan hewan yang sangat dilindungi yakni Burung Elang.

Indahnya Alam
Indahnya Alam. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Simak juga: 25 lokasi wisata populer di Bogor

Karena lokasi ini merupakan tempat untuk mereka singgah sebelum dilepasliarkan ke alam bebas. Elang merupakan burung yang gagah dan elegan, sering dilambangkan sebagai sebuah simbol kekuatan.

Loji Suaka Elang merupakan tempat yang tepat untuk kamu mendirikan tenda, alam di sekitarnya dipenuhi oleh pohon pinus yang berjajar dengan rapih. Selain itu kamu dapat mengunjungi sebuah curug yang masih sangat alami.

Sejak bulan Oktober tahun 2020 Loji Suaka Elang sedang mengalami renovasi pengembangan tempat wisata tersebut supaya lebih memikat hati para pengunjung. Namun, tidak ada informasi khusus mengenai ditutup atau tidaknya selama proses renovasi itu.

Penasaran tentang Loji Suaka Elang? Berikut ulasan lengkapnya:

Lokasi Loji Suaka Elang Bogor

Lokasi Loji Suaka Elang Bogor masih berada di Kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak. tepatnya berada di Kampung Loji, Desa Ciburayut, Kecamatan Cigombong, Bogor, Jawa Barat.

Rute Menuju Loji Suaka Elang Bogor

Rute menuju Loji Suaka Elang Bogor kamu arahkan kendaraanmu menuju lokasi Argowisata Warso Farm, kemudian menuju Batu Tulis. Setelah itu kamu akan menemukan pertigaaan dengan jembatan yang besar di sebelah kiri jalan.

Teruslah melaju di jembatan tersebut hingga kamu menemukan petunjuk jalan yang menunjukkan arah menuju Loji Suaka Elang.

Trekking Menuju Loji Suaka Elang Bogor

Kendaraan yang kamu bawa tak dapat mendekati area Loji Suaka Elang, kamu harus memakirkan kendaraanmu di tempat yang sudah disediakan.

Setelahnya, kamu harus melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki menyusuri jalan setapak. Trekking yang kamu lalui cukup melelahkan dan dapat membuat peluhmu bercucuran.

Kamu akan melalui jalan setapak dengan jurang di sebelah kanan jalan, selain itu kamu juga akan berjalan melewati sebuah jembatan yang dicat warna warni.

Jalur Trekking Menuju Loji Suaka Elang
Jalur Trekking Menuju Loji Suaka Elang. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Dilanjutkan dengan berjalan kaki diatas jalan yang masih berupa tanah dengan bebatuan yang cukup besar, ditambah dengan jalan yang menanjak.

Meskipun begitu hamparan pepohonan yang indah dan rindang selalu menyemangatimu di sepanjang jalan. Sebelum sampai di area camping Loji Suaka Elang, kamu akan menemukan sebuah pos.

Di pos tersebut kamu harus membayar tiket terlebih dahulu, tak berselang lama kemudian tibalah kamu di hutan pinus yang sangat indah. Lokasi tersebut sering digunakan untuk mendirikan tenda.

Jam Buka Loji Suaka Elang Bogor

Jam operasional Loji Suaka Elang Bogor buka setiap hari mulai hari Senin sampai dengan hari Minggu. Jika kamu mau berkunjung kesini lebih baik datang di pagi hari, dan jangan terlalu malam karena tak ada penerangan di sepanjang jalur trekking.

Tiket Loji Suaka Elang Bogor

Tiket masuk dan parkir tempat wisata Loji Suaka Elang Bogor ini yakni:

  • Untuk tiket masuk seharga Rp 20.000/orang.
  • Biaya parkir untuk motor sebesar Rp 30.000 per malam
  • Biaya parkir untuk mobil Rp 60.000 per malam

Banyak review pengujung yang kurang mengenakkan mengenai tiket parkir, semoga hal tersebut segera dipebaiki oleh pengelola bekerjasama dengan pemerintah setempat.

Sehingga potensi wisata yang ada dapat terus berkembang dan banyak pengunjung yang datang dengan rasa puas sehingga ingin datang dan datang lagi.

Simak juga: Air Terjun Tarzan di Kompleks Coban Jahe

Fasilitas Loji Suaka Elang Bogor

Meskipun berada di tengah hutan pinus, namun mengenai fasilitas jangan kamu ragukan. Fasilitas yang ada di Loji Suaka Elang Bogor terdiri dari:

  • Area parkir
  • Toliet dan Kamar mandi
  • Mushola
  • Camping Ground

Daya Tarik Loji Suaka Elang Bogor

1. Kandang Elang

Di Loji Suaka Elang Bogor ini terdapat kandang yang berisikan burung elang, burung-burung tersebut berasal dari hasil sitaan atau serahan dari masyarakat.

Terdapat tiga buah kandang yang ada di Loji Suaka Elang Bogor, yakni Kandang Transit, Kandang Rehabilitasi, serta Kandang Display. Namun kamu hanya diperbolehkan untuk mendekati kandang display saja, untuk kandang rehabilitasi dan kandang transit hanya digunakan untuk penelitian atau sejenisnya.

Kandang Display atau Sanctuary merupakan kandang tempat menampung elang-elang yang sudah tak dapat dilepas ke alam bebas, karena sudah tua atau cacat permanen.

Kamu dapat melihat secara langsung Burung Elang dan seluk-beluk kehidupannya, selain itu kamu juga dapat melihat bagaimana proses rehabilitasi yang dilakukan petugas terhadap burung elang.

Namun, pengunjung hanya diperbolehkan melihat dan memelajari langsung perilaku serta jenis elang di Kandang Display

Elang di kandang. Image via: tirto.id

2. Indahnya Hutan Pinus

Hutan Pinus merupakan daya tarik lain di Suaka Elang Loji, deretan pohon pinus yang berbaris dengan rapih menampilkan pemandangan yang sangat indah. Selain itu udara yang dihirup sangat sejuk dan menyegarkan, rindangnya pohon sedikit menghalangi cahaya matahari jatuh ke bumi.

Jajaran Pohon Pinus Yang Indah
Jajaran Pohon Pinus Yang Indah. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

 

Simak juga: Taman Bunga Celosia Riau di tengah kota

3. Jembatan Gantung

Yang sering wara wiri ada di berbagai media sosial mengenai Loji Suaka Elang ialah keberadaan sebuah jembatan gantung yang terlihat sangat cantik. Jembatan tersebut beralaskan kayu dengan dihiasi jaring-jaring disisi kiri dan kanannya.

Jembatan Gantung
Jembatan Gantung. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Ketika melewati jembatan tersebut kamu harus berhati-hati, karena di beberapa bagian terdapat pijakan yang sudah mulai berlubang. Jembatan ini hanya dapat dilalui oleh 4 orang saja sekali jalannya.

4. Mengunjungi Curug Cibadak

Selain Deretan pohon pinus yang sangat cantik, kamu juga dapat mengunjungi sebuah curug yang masih alami yang bernama Curug Cibadak.

Perjalanan menuju Curug Cibadak dari area camping cukup berat, dengan medan yang terus menanjak dan beralaskan tanah serta bebatuan. Jalur trekking yang ditempuh memakan waktu sekitar 1 jam lamanya, namun hal tersebut tergantung pada kecepatan kamu sendiri.

Namun lelahnya perjalanan tak sia-sia dengan hadirnya sebuah curug yang masih sangat alami dan begitu menyegarkan. Air yang dialirkan sangat bersih sekali, mengalir melalui bebatuan yang sangat besar dan juga kokoh.

Curug Cibadak
Curug Cibadak. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Simak juga: Teluans Resort, Wisata Premium standar Internasinal

Curug Badak memiliki ketinggian sekitar 30 sampai 40 meter, kolam di sekitarnya cukup dalam jadi kamu harus berhati-hati jika ingin berenang disini. Bawalah persediaan makanan dan minuman jika ingin mengunjungi Curug Cibadak, karena tidak terdapat warung-warung makanan di sepanjang perjalanan ataupun di area curugnya.

5. Camping Ground

Loji Suaka Elang Bogor selalu dikunjungi para pecinta alam yang ingin menikmati malam dengan mendirikan tenda. Selalu ramai dikunjungi apalagi jika weekend tiba, entah itu oleh sebuah organisasi ataupun perseorangan.

Lokasinya yang luas dan sangat indah merupakan daya tarik dari area camping yang ada di Loji Suaka Elang Bogor ini. Kawasan camping ground nya dikelilingi hutan pinus yang sangat indah.

Selain itu kamu juga bisa memasang hammock diantara kedua pohon pinus yang berdekatan. Beristirahat sejenak di atas sebuah ayunan sambil memandang keindahan pohon pinus.

Berkemah Diantara Pohon Pinus
Berkemah Diantara Pohon Pinus. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Simak juga: Lagoi Bay Intan yang sebersih Singapura

Tips Wisata

  • Perhatikan kondisi cuaca ketika hendak berangkat, karena kamu akan menghabiskan waktu di udara terbuka.
  • Gunakan alas kaki yang nyaman dan tidak licin.
  • Bawalah persediaan makanan dan minuman yang cukup.
  • Selalu jaga kebersihan lokasi wisata Loji Suaka Elang.
  • Hindari perbuatan yang dapat merugikan diri sendiri dan orang lain.
  • Siapkan gadget kamu untuk mengabadikan keindahan Loji Suaka Elang.

Penutup

Baiknya Tuhan pada alam Jawa Barat haruslah kita jaga dan lestarikan bersama, supaya keindahannya tak menjadi sirna hanya karena keserakahan semata.

Selamat menikmati indahnya alam Loji Suaka Elang Bogor, ya!

Leave a Comment