Loji Suaka Elang Bogor, Menawan Dengan 4 Kandang Penangkaran Elang Jawa

Loji Suakan Elang Bogor memberikan wisata edukasi serta pengalaman yang seru kepada pengunjungnya, salah satunya dengan berinteraksi dengan satwa langka yang dilindungi. Suaka Elang Loji ini sangat cocok sekali untuk semua rentang usia, dari remaja, pemuda, hingga keluarga sekalipun.

Loji Suaka elang Bogor adalah salah satu wisata di Bogor yang berbasis edukasi serta menyuguhkan pengalaman seru pastinya. Juga dapat langsung berinteraksi dengan hewan yang terbilang cukup langka serta di lindungi.
Loji Suaka Elang Bogor. Image via: dianjuarsa.com

Lokasi wisata ini memiliki keindahan alam yang asri dan menakjubkan. Pengunjung dapat merasakan udara sejuk sambil bersantai ditemani dengan merdunya suara burung. Pengunjung dapat bersantai di lokasi ini bersama keluarga maupun sahabat.

Penting untuk diketahui jika Loji Suaka Elang Bogor ini merupak tempat singgah burung Elang sebelum dilepas ke habitatnya. Jadi jika ada opini yang mengatakan bahwa tempat ini merupakan tempat pengembang biakan adalah salah.

Ketike berkunjung Loji Suaka Elang Bogor, rasanya wisatawan wajib mendatangi spot favorit disini yakni jembatan gantung yang sering digunakan sebagai spot untuk berfoto. Pengunjung bisa menggunakan jembatan ini sebagi latar untuk foto yang hendak diunggah ke media sosial.

Tempat wisata ini menyuguhkan panorama alam yang masih sangat alami. Hawa di sana juga sejuk sekali, sangat nyaman untuk bersantai dan berkumpul bersama keluarga
Hutan Pinus. Image via: dakatour.com

Simak juga: 25 lokasi wisata populer di Bogor

Lokasi Loji Suaka Elang Bogor

Lokasi wisata alam Loji Suaka Elang Bogor terletak di Kampung Loji, Desa Ciburayut, Kecamatan Cigombong, Bogor, Jawa Barat.

Wisata ini cukup mudah ditemukan karena berada di kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak.

Rute Menuju Loji Suaka Elang Bogor

Memang perlu perjuangan buat sampai ke Suaka Elang Loji tersebut. Jangan harap akan melewati jalan beraspal karena memang jalan menuju ke sana masih bebatuan. Tapi justru disanalah letak keseruannya. Pengunjung harus bersusah-susah dulu untuk sampai ke tempat indah ini.

Untuk sampai ke sana, pengunjung bisa melalui rute Bogor. Pengunjung bisa menuju arah lokasi Argowisata Warso Farm, lanjut ke arah Batu Tulis. Kemudian ikuti saja jalan tersebut sampai ada pertigaan dengan jembatan besar sebelah kiri.

jalan menuju ke Loji Juaka Elang Bogor masih bebatuan. Tapi justru disanalah letak keseruannya. Pengunjung harus bersusah-susah dulu untuk sampai ke tempat indah ini.
Rute hiking. Iamge via: tribunnews.com

Lanjutkan perjalananan mengikuti jalan ke jembatan tersebut ke arah Cijeruk dan kemudian menemukan plang Warso Farm. Ikuti terus jalan tersebut sampai ada plang bertuliskan ‘loji’ di kanan jalan. Setelah menemukan plang tersebut, belok kanan dan ikuti jalan tersebut sampai menemukan plang bertuliskan ‘suaka elang’.

Jangan kaget kalau setelah sampai jalan tersebut, perjalanan akan sedikit merepotkan karena jalannya yang masih berbatu dan sedikit menurun.

Jam Buka Loji Suaka Elang Bogor

Loji Suaka Elang Bogor buka setiap hari sepanjang pekan, dari Senin sampai Minggu. Setiap harinya lokasi ini buka mulai jam 08.00 pagi hari dan tutup pada jam 17.00 di sore hari.

Tiket Loji Suaka Elang Bogor

Tiket masuk wisata Loji suaka Elang Bogor seharga Rp 20.000/orang.

Biaya parkir untuk motor sebesar Rp 30.000,

Biaya parkir untuk mobil Rp 60.000.

menikmati waktu Bersama kawan dalam suana asri di LOji suaka elang bogor memang sangat menghanyutkan.
Bersama kawan. Image via: @mreza_fadillah

Simak juga: Air Terjun Tarzan di Kompleks Coban Jahe

Fasilitas Loji Suaka Elang Bogor

Loji Suaka Elang Bogor menyediakan fasilitas yang cukup memadai, mengingat area wisata ini bukanlah kawasan wisata yang mewah. Pengunjung dapat dengan mudah menjumpai musholla, area parkir, toilet dan lain sebagainya.

Daya Tarik Loji Suaka Elang Bogor

  1. Kandang Elang

Sebenarnya, di Loji Suaka Elang Bogor ada tiga kandang yang diperuntukkan untuk merehabilitasi elang hasil sitaan atau serahan dari masyarakat: Kandang Transit, Kandang Rehabilitasi, dan Kandang Display. Namun, pengunjung hanya diperbolehkan melihat dan mempelajari langsung perilaku serta jenis elang di Kandang Display.

Namun, pengunjung hanya diperbolehkan melihat dan memelajari langsung perilaku serta jenis elang di Kandang Display
Elang di kandang. Image via: tirto.id

Dua kandang lainnya tidak boleh diakses secara bebas, kecuali untuk penelitian dan sejenisnya.

Kandang Display atau Sanctuary adalah tempat menampung elang yang sudah tidak dapat lagi dilepas liar, meski telah melalui proses rehabilitasi yang cukup panjang. Umumnya disebabkan karena mereka sudah tua, cacat permanen, atau hal lain.

Dalam di Kandang Display inilah pengunjung dapat belajar mengenai seluk beluk kehidupan Elang dengan didampingi petugas. Pengunjung bisa melihat langsung beberapa proses rehabilitasi dilakukan oleh petugas. Salah satunya, melihat perilaku elang saat diberikan pakan berupa beberapa ekor marmut.

  1. Hutan Pinus

Di Suaka Elang Loji, wisatawan dapat menjumpai hutan pinus yang keren bila dijadikan sebgai spot untuk berfoto. Selain itu pengunjung dapat menikmati segarnya udara khas pepohonan pinus dengan ditemanai merdunya suara burung.

Di bawah teduhnya dedaunan pinus di Loji suaka elang bogor.

Di bawah teduh pinus. Image via: @faridshlSimak juga: Taman Bunga Celosia Riau di tengah kota

  1. Jembatan Gantung

Di lokasi wisata ini juga terdapat jembatan gantung yang bisa dijadikan sebagi spot untuk berfoto. Jembatan ini dapat dijumpai pengunjung sebelum beranjak ke area kemah. Pengunjung dapat berdiri di tengah jembatan kemudian berfoto, hasilnya tentu akan bagus untuk nanti diunggah ke sosial media.

Jembatan gantung di tengah hutan loji suaka elang bogor.
Jembatan di tengah hutan. Image via: @visitjabarku

Di jembatan ini pula pengunjung dapat menjumpai setidaknya lima sangkar burung elang. Ketika melewati jembatan ini diharapkan agar tetap berhati-hati, mungkin karena usia, pada beberapa bagian tampak kayu jembatan memiliki beberapa lubang. Walau secara keseluruhan struktur jembatan masih kuat, namun tidak ada salahnya berhati hati.

  1. Curug Cibadak

Wisatawan juga disugahken pemandangan curug Cibadak yang membelah kawasan Suaka Elang Loji. Bagi pengunjung yang hendak melihat pemandangan curug indah ini sebaiknya berhati-hati karena rute menuju lokasi sedikit licin.

Curug Cibadak did ekat lokasi loji suaka elang bogor.

Curug Cibadak. Image via: detik.comSimak juga: Teluans Resort, Wisata Premium standar Internasinal

Kemudian bagi pengunjung juga disarankan untuk membawa bekal terutama air mineral karena setibanya disana pengunjung tidak akan menjumpai kedai0kedai penjual makanan. Selain itu pengunjung juga dapat merasakan kesegaran air curug ini dengan berenang di sekitar kolam alami air terjun. Dan berhati-hatilah ketika berenang karena kolam ini lumayan cukup dalam.

  1. Camping Ground

camping di bawah rindang dedaunan pinus loji suaka elang bogor
Camping. Image via: @fenyyuliana18

Kawasan wisata alam ini juga mengijinkan pengujung untuk menginap dengan cara membangun tenda. Namun karena belum ada fasilitas penyewaan tenda, pengunjung harus membawa sendiri perlengkapan yang dibutuhkan selama berkemah di lokasi ini.

Selain tenda, bagi yang akan camping disarankan membawa Hammock. Capek berkeliling di kawasan wisata, kalian juga dapat memasang hammock diantara pepohonan pinus di sana.Mengistirahatkan kaki dnegan tiduran bergelantungan diantara 2 pohon pinus tentu sangat menyenangkan. Apalagi pohon pinus disini cukup rapat, sehingga tetap teduh walau di siang hari.

Loji suaka elang bogor memang cocok untuk semua anggota keluarga
Wisata keluarga. Image via: @deriisupriadi

Simak juga: Lagoi Bay Intan yang sebersih Singapura

Objek Wisata Dekat Loji Suaka Elang Bogor

Bogor memang kaya kan wisata alam yang indah indah, Jangankan level kabupaten bogor, di darah kecamatan Cigombong saya, juga terdapat aneka lokasi wisata.

Tang pertama ada Danau Lindo. Danau Lido berada di sebuah lembah Cijeruk dan Cigombong. Jika dilihat dari atas, Danau Lido seperti mangkuk di kaki Gunung Gede – Pangrango. Di dekat danau ini juga terdapat air terjun Curug Cikaweni yang mengalirkan air yang sangat dingin di bahu Gunung Gede Pangrango.

Kecamatan Cigombong bahkan memiliki air terjun. Salah satunya Air Terjun Ciawi Tali. Ketinggian air terjun Ciawi Tali sekitar 15 meter, dengan debit air yang cukup deras. Banyaknya pepohonan kayu yang merambat disekitar air terjun seperti tali, bisa dipakai oleh wisatawan untuk bergelantungan. Di sini pengunjung bisa berenang dan bermain air di bawah guyuran air terjun.

Jadi, buat anda yang masih belum ada agenda liburan pasca Wabah, Bumi Perkemahan Suaka Elang bisa jadi pilihan alternatif untuk “pembalasan dendam” pada keterkungkungan di rumah di musim Pandemi ini.

Baca juga:

Leave a Comment