Malino Highlands, Landmark dunia di Sulawesi Selatan

Malino Highland hadir sebagai sebuah kawasan wisata termegah dan digadang-gadang menjadi Landmark Dunia. Kehadiran kawasan ini akan memberikan kesan akan pesona alam hijau nan menawan bagi para pengunjungnya.


Malino Highlands landmark dunia di ketinggian perkebunan teh Sulawesi Selatan
Malino Hinghlands. Image via: tribunnews.com

Berada di lokasi dataran tinggi Perkebunan the Malino Highlands, diyakini dapat memuaskan semua kalangan pengunjung. Baik itu pengunjung lokal maupun mancanegara.

Selama perjalanan menuju Malino Highlands, pengunjung akan disuguhi oleh pemandangan jajaran pohon pinus yang terbentang di antara bukit dan lembah. Beragam tanaman tropis tumbuh di sini sehingga membentuk pemandangan hijau nan indah.

Saat musim panas, suhu udara di sini sangat dingin, bisa mencapai 10 derajat Celsius. Kawasan ini tidak jarang diselimuti kabut. Saat berkendara, cobalah untuk mematikan AC, kemudian bukalah jendela mobil. Rasakan sensasi AC alami Malino yang sejuk lengkap dengan udara yang sangat segar.

Selain bersantai di kafe puncak perkebunan teh, Malino Highland juga menawarkan beberapa permainan outdoor yang dapat Anda nikmati, seperti misalnya kegiatan paralayang, menunggang kuda, bungee jumping, trampolin, cross country running, bersepeda, festival layang-layang, dan masih banyak kegiatan lainnya.

luasnya alam Malino dilihat dari ketinggin Malino Highlands
Luasnya alam Malino. Image via: alorinatours.co.id

Simak: pesona lokasi wisata di Sekitar Makasar.

Lokasi Malino Highlands

Malino Highlands berada di Kecamatan Tinggimoncang, Kabupaten Goa, Sulawesi Selatan. Lokasi ini sekitar 80 km di arah Selatan pusat kota Makassar.

Rute Menuju Malino Highlands

Untuk menuju tempat wisata Malino Highlands dapat ditempuh dengan berbagai jenis kendaraan. Pengunjung hanya memerlukan waktu kurang lebih 2,5 jam dari pusat kota Makassar dan dapat mencapai lokasi ini.

Untuk menuju ke Malino Highlands, pengunjung dapat melewati Jalan Sultan Hasanuddin. Kemudian ambil arah ke kiri melewati Jalan Malino. Ikuti terus sepanjang Jalan Malino, hingga akhirnya sampai kawasan Malino.

Dari sana lokasi wisata Malino Highlands sudah cukup dekat. Tinggal teruskan sedikit lagi perjalanan menuju ke Lembah Hijau Malino.

Sepanjang perjalanan, pengunjung disuguhkan dengan panorama alam yang asri. Pemandangan hutan pinus lebat menghijau menemani sepanjang perjalanan. Hal ini membuat 2,5 jam berlalu dengan sangat cepat. Bisa dikatakan, seakan-akan perjalan ini sendiri merupakan sebuah paket wisata juga.

Langit yang cerah di Malino Highlands, moment ideal untuk pengambilan foto
Langit Cerah di Malino Highlands. Image via: @azizahmushar

Jam Buka Malino Highlands

Karena lokasi ini juga tersedia penginapan, maka Malino Highlands beroperasi 24 jam sehari, 7 hari dalam seminggu.

Tiket Malino Highlands

Untuk masuk ke area Malino Highlands, pengunjung dikenakan biaya retribusi sebesar Rp 50.000 bagi orang dewasa dan Rp 25.000 bagi anak-anak.

Fasilitas Malino Highlands

Fasilitas wisata Malino highlands sangat lengkap dan berstandar internasional. Di sini tersedia berbagai fasilitas, mulai dari penginapan, rumah makan, sampai wahana permainan alam terbuka.

Untuk penginapan sendiri. Di lokasi ini ada villa yang bisa disewa pengunjung. Harga yang ditawarkan mulai dari Rp 1.750.000 hingga Rp 10.000.000 tergantung dari jenis villa dan waktu ketika anda memesan villa tersebut. Hal yang menarik di penginapan ini adalah semua arsitekturnya bergaya Jepang lengkap dengan para pelayan yang juga menggunakan baju Kimono.

Burung yang Cantik di Mini Zoo malino Highlands
Burung yang Cantik di Mini Zoo. Image via: @anna_sh_skinner

Simak juga: kebun binatang Gembira Loka.

Aktivitas Menarik di Malino Highlands

  1. Joging

Satu Kegiatan yang tidak boleh ketinggalan ketika berwisata menginap di Malino Highlands adalah Jogging. Pengunjung akan merasakan sensasi Jogging di tengah perkebunan the yang udaranya masih fresh, bersih, sehat, dan alami. Sangat jauh dari polusi dan udara kotor hasil pembakaran knalpot mobil maupun pabrik.

Jogging di tempat ini dijamin akan membuat pikiran kembali segar dan fresh. Bagaikan komputer yang reset. Semua stres dan pusing langsung menghilang. Membuat otak lebih jernih untuk kembali menghadapi kehidupan pasca liburan.

  1. Jelajah Hutan Pinus

Untuk mengakses Malino Highlands, pengunjung harus melewati deretan hutan pinus yang menjulang tinggi. Hawa sejuk mulai terasa saat kamu menempuh kelok demi kelok. Beragam tanaman kecil yang indah bisa dilihat dan ditemui.

Tenggelam dalam rimbun teh Malino Hinglands
Tenggelam dalam Teh. Image via: @rhmaaysf

Tanaman indah yang jarang pengunjung lihat, bisa sekaligus dijadikan objek foto. Foto akan menjadi spesial, karena objek yang sangat alami. Pengunjung juga bisa turun dan menjelajah isi hutan pinus. Kalau beruntung, pengunjung bisa bertemu dengan hewan-hewan lucu yang bisa diajak foto bareng. Atau paling tidak menjadi objek foto candid.

  1. Menikmati Hamparan Kebun Teh

Malino Highlands yang berada di ketinggian 1.200 di atas permukaan laut. Dengan luas kebun yang mencapai 200 hektar. Terhampar perkebunan teh yang hijau dan subur yang menjadikannya tempat favorit bagi pengunjung yang hobi fotografi.

Perkebunan teh ini menjadi favorit pula bagi pengunjung yang suka menikmati pemandangan alam dari ketinggian. Panorama serba hijau di area pegunungan serta tanah yang berbukit-bukit menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung.

Dulunya, sebelum berubah nama menjadi Malino Highlands, tempat ini merupakan lahan perkebunan teh biasa. Melihat lokasi yang menjanjikan sebagai tempat wisata, akhirnya tempat ini dikelola menjadi objek wisata. Menjadi lokasi wisata yang lebih indah, nyaman, dan dapat dinikmati semua kalangan.

cafe di puncak bukit malino highlands
Café di puncak bukit. Image via: katalogwisata.com

Simak juga: Trans Studio Makasar.

  1. Menikmati Sunset dalam Secangkir Teh

Mau berburu sunset? Tenang, karena Malino Highlands menghadirkan sebuah kafe cantik di tengah, Green Cafe Pekoe. Di sini, kamu bisa menyeduh dan menikmati sendiri teh hijau dan hitam sehat yang nggak ditemukan di tempat lain, tentu saja dengan camilan hangat seperti pisang dan roti bakar. Tapi, justru view pemandangan kebun teh yang membungkus rapi Malino Highlands jadi hal yang paling dicari pemburu foto sunset di sore hari.

Di café Malino Highlands ini, pengunjung bisa pesan beragam menu berat. Mulai dari nasi goreng hingga mie kering. Juga tersedia berbagai ragam snack goreng-gorengan. Untuk harga, memang cukup mahal. Karena menggunakan standar lokasi wisata bintang 5. Harga lumayan mahal makanan mulai 35 ribu sampai 75 ribu. Harga minuman beragam 10 ribu sampai 50 ribu.

Sunset di Malino Highlands dilihat dari cafe di atas bukit.
Sunset di Malino Highlands. Image via: nyero.id
  1. Mencicip Berbagai Wisata Ekstrim

Jika kamu menyempatkan diri untuk menginap di villa Malino Highlands, kamu wajib banget coba bermain berbagai wisata ekstrim. Mulai dari paralayang, menunggang kuda, bungee jumping, trampolines, cross country running, bersepeda, kegiatan festival layang-layang, tracking, hingga outbound yang sangat seru.

Khusus buat cross country running, pengunjung bakal dihadapi rute yang sangat spesial dengan kontur trek yang bersahabat. Menarik banget, deh!

  1. Berburu Benda Luar Angkasa

Buat pecinta astronomi, Malino Highlands juga siap memanjakan kamu dengan wisata luar angkasa. Di malam hari, kamu dipersilahkan untuk berburu benda-benda luar angkasa dari berbagi sudut dengan teropong yang sudah disediakan. Beruntung apabila kamu bisa menemukan komet lewat hingga taburan bintang-bintang keren di angkasa.

Putri berkuda putih, salah satu wahana wisata di malino highlands
Putri berkuda putih. Image via: #kebuntehmalino
  1. Mini Zoo

Kawasan Mini Zoo Malino Highlands ini, oleh pengelola disebut kawasan Midori Oka.

Di taman satwa ini, pihak resort menyediakan buaya, kuskus Sulawesi, Musang, Kera Hitam, kasuari, burung elang putih, dan elang jenis lain, juga kakatua raja. Objek lain yakni taman bunga Krisan.

  1. Menikmati Air Terjun Takapala

Tidak jauh dari lokasi Malino Highland, pengunjung dapat menemukan air terjun. Untuk sampai ke air terjun tersebut pengunjung hanya perlu berjalan kaki sekitar 600-800 meter. Sepanjang perjalanan menuju air terjun, pengunjung kembali disuguhi pemandangan alam yang hijau nan mempesona.

Air terjun ini adalah Air Terjun Takapala. Air terjun Takapala berada di sela-sela bukit dan rimbunnnya hutan dengan aliran air yang cukup deras. Air terjun ini memiliki ketinggian mencapai 100 meter. Pada ketinggian 20 meter, kabut selalu menyelimuti air terjun ini.

Jika beruntung, pengunjung bahkan bisa melihat pelangi di sini. Pengunjung bisa menyegarkan badan dengan bermain air di bawah air terjun ini. Di kaki air terjun terdapat kolam kecil dengan batuan vulkanik berukuran besar.

Di dasar air terjun juga terdapat sebuah gua. Gua ini adalah tempat yang asik untuk bermain air.

Kebun teh Malino Highlands yang luas
Kebun the yang luas. Image via: @iriantywhyunii

Objek Wisata Dekat Malino Highlands

Bagi pengunjung yang memiliki ketertarikan pada kebudayaan, kesempatan perjalanan jauh ke tanah malino harus dimanfaatkan. Di sini terdapat Butta Toa Bulutana, yang berjarak 9 km saja. Lokasi ini sangat kental dengan unsur sejarah kerajaan Gowa masa lampau. Butta Toa Bulutana adalah salah satu peradaban tertua yang masih terjaga di kota Malino. Memiliki 2 rumah adat yang masih berdiri kokoh, dan beberapa tempat yang bisa dijadikan referensi untuk pengetahuan sejarah.

Sedangkan untuk yang cinta mati apa wisata alam, bisa melanjutkan perjalanan ke Air terjun Biroro. Air terjun ini berjarak 14 km dari Malino Highlands. Air terjun Biroro terletak di tengah hutan. Aliran air terjun ini deras namun sejuk untuk bermain- main di sekitarnya. Air terjun ini tidak pernah sepi dengan pengunjung. Tempat di sekitar air terjun cocok dijadikan spot foto, dan juga selfie.

Bagi Sobat Native yang berada di Sulawesi Selatan, atau bahkan seluruh Indonesia, dan bingung mau ke mana mengisi liburan, Malino Highlands tampaknya cukup pantas dimasukkan dalam bahan pertimbangan.

Malino Highlands, Landmark dunia di Sulawesi Selatan
4 (80%) 1 vote[s]

Baca juga:

Artikel lainnya:

Leave a Comment