Menara Pandang Tele, Melihat Lukisan Alam Dari Langit

Hampir semua orang tahu tentang sebuah danau yang melegenda, eksotis, dan terbesar yang ada di Indonesia. Ya, namanya Danau Toba.

Namun kali ini kita tidak akan mebahas tentang danau legend tersebut, kali ini kita akan membahas tentang spot wisata dimana pengunjungnya dapat melihat keindahan Danau Toba secara sempurna.

Namanya Menara Pandang Tele yang ada di Kabupaten Samosir Provinsi Sumatera Utara. Perjalanan menuju menara sudah banyak disuguhkan panorama alam yang luar biasa indah, terlebih lagi saat sampai di lokasi Pandang Tele.

Menara Pandang Tele
Menara Pandang Tele. Sumber : authentic-indonesia.com

Namun bagi yang baru pertamakali datang harulah berhati-hati, karena jalanannya berkelok-kelok, dan beberapa tepi jalan sebelah merupakan jurang, jadi jangan galak-galak ya injak gas nya. Jangan sampai tujuan untuk bersenang-senang justru menjadi sebaliknya.

Traveler nggak usah panik dulu hanya karena jalanan seperti itu, karena sepanjang jalan mata traveler akan dimanjakan dengan pemandangan alam sekitar yang indah, dan itulah tantangan untuk menuju lokasi tertinggi.

Sesampainya di lokasi, semua rasa tegang dan lelahnya berkendara akan dibayar tuntas oleh kehadiran Menara yang indah dan artistik, dan bersiaplah naik ke puncaknya.

Jalan Menuju Menara Pandang Tele
Jalan Menuju Menara Pandang Tele. Sumber : www.flickr.com

Meskipun lantai empat ditutup oleh kaca, justru kesempurnaan view tersaji indah di lantai puncak. Mungkin saja area lantai puncak ditutupi kaca dengan maksud untuk menjaga keamanan dan kenyamanan pengunjung.

Dari sisi arsitekturnya Menara Pandang Tele sangat artistik, apalagi bentuk atapnya. Perlu diketahui bahwa menara ini sudah berusia 40 tahun jika dihitung sejak awal pembangunan di tahun 1980.

Pada tanggal 22 April 1988 menara ini baru diresmikan oleh Bupati Tapanuli saat itu  Drs, G. Sinaga. Jadi kalau dihitung sejak tahun 1988 sampai tahun 2020 umur menara ini baru 32 tahun.

Arsitektur Yang Indah, Menara Pandang Tele
Arsitektur Yang Indah, Menara Pandang Tele. Sumber : codymavs.wordpress.com

Santuy mas bro, meskipun sudah berumur, namun menara ini masih berdiri kokoh bahkan bertambah cantik karena penataan yang sangat baik dari pihak pengelola.

Sebagai catatan tambahan, para traveler akan menyesal jika datang ke objek wisata ini tanpa membawa kamera. Karena pemandangan yang tersaji keren banget, bikin iri orang yang melihatnya, pokoknya sangat memanjakan mata pengunjung.

Pesona Pemandangan Saat Di Atas Menara Pandang Tele

Berwisata ke Menara Pandang Tele seolah-olah melihat lukisan alam dari langit, dan inilah view yang tersaji sempurna dari Menara Pandang Tele :

1. Danau Toba

Sebuah danau yang legendaris dengan panjang 100 kilo meter, lebar 30 kilo meter, dan memiliki kedalaman 505 meter.

Danau Toba terjadi dari proses letusan gunung berapi super masif berkekuatan VEI 8 sekitar 69.000 sampai 77.000 tahun yang lalu.

Dan yang menjadi legendarisnya adalah letusan pada waktu itu memicu perubahan iklim global atau dunia, sehingga pada akhirnya Danau Toba dikenaldi kancah internasional.

Karena danau ini luar biasa panjang dan lebar, tentu saja harus dilihat dari langit. Namun kini pengunjung tidak perlu terbang dulu ke atas langit, cukup naik ke Menara Pandang Tele, pemandangan Danau legend ini akan memanjakan mata orang yang melihatnya.

Jangan lupakan abadikan momen luar biasa tersebut melalui jepretan kamera anda.

Pesona Danau Toba
Pesona Danau Toba. Sumber : maritim.go.id

2. Gunung Pusuk Buhit

Sebuah gunung yang katanya sebagai asal muasal nenk moyang orang Batak yang tinggal di Samosir.

Berada di sebelah kiri menara, pesona Gunung Pusuk Buhit dapat dilihat secara eksotis.

Keindahan Gunung Pusuk Buhit
Keindahan Gunung Pusuk Buhit. Sumber : samosirwisata.wordpress.com

3. Air Terjun Efrata

Air terjun dengan ketinggian 25-26 meter dan lebar 10 meter. Tumpahan airnya sangat kuat apalagi saat musim hujan tiba.

Air terjun Efrata merupakan salah-satu objek wisata yang berdekatan dengan Danau Toba. Nah, jika para pengunjung berada di puncak Menara Pandang Tele, keindahan Efrata akan memancarkan pesonanya.

Pesona Air Terjun Efrata
Pesona Air Terjun Efrata. Sumber : correcto.id

4. Bukit Holbung

Bagi yang pernah nonton film Teletubbies maka saat melihat Bukit Holbung akan terkesima dengan keindahannya seperti yang ada di film tersebut.

Hamparan hijau sebagai sentuhan kesempurnaan Bukit Holbung, dan hal ini akan dapat dilihat baik saat traveler berada di Menara Pandang Tele.

Bukit Holbung
Bukit Holbung. Sumber : faseberita.id

Spot Wisata Di Area Menara Pandang Tele

Di area objek wisata ini tidak hanya menara saja yang tersaji kepada pengunjung. Ada beberapa spot yang bisa dinikmati, diantaranya :

1. Restoran

Ada satu restoran yang menyajikan makan khas Batak, beserta minuman yang akan semakin menambah keseruan saat berwisata ke Pandang Tele.

Ada tempat dengan sisi-sisinya full kaca, menghadap ke spot pemandangan indah, lalu tersaji secangkir teh hangat, tentu saja menjadi kenikmatan tiada tara.

2. Spot Selfie

Karena menawarkan keindahan lukisan alama yang luar biasa indah, maka wajar saja jika area ini sangat cocok dijadikan spot selfie.

Beda sudut jepretan, berbeda juga keindahan yang dihasilkan. Dan inilah surga bagi para photographer.

Spot Selfie Di Area Menara Pandang Tele
Spot Selfie Di Area Menara Pandang Tele. Sumber : www.hotelmurah.com

Alamat Dan Lokasi

Alamat dan lokasi Menara Pandang Tele berada di Desa Turpuk Limbong Kecamatan Harian Kabupaten Samosir Provinsi Sumatera Utara.

Tiket

Harga tiket yang ditetapkan sebesar Rp. 7.000 / orang

Penutup

Itulah kenikmatan saat berwisata ke Menara pandang Tele. Keindahan yang tersaji seakan melihat lukisan alam dari atas langit.

Selamat berlibur, hati-hati selama di perjalanan, and be happy.

Baca juga:

Leave a Comment