Merapi Park, Bisa Keliling Dunia Dalam 10 Langkah

Merapi Park merupakan taman yang sangat rapi dan indah untuk dikunjungi. Di taman ini terdapat berbagai macam spot latar foto yang menarik.


Merapi Park juga sering disebut The World Landmarks, karena menyediakan banyak fariasi miniatur dari beberapa icon terkenal kota-kota besar di seluruh dunia. DI taman Merapi Park terdapat miniatur icon dunia seperti: menara Eiffel, menara Pisa, patung Liberty, telepon umum London, Big Ben, kotak pos London, dan masih banyak lagi.

Miniatur-miniatur landmark tersebut dikelilingi taman bunga berwarna-wangi indah dan cantik untuk menjadi background foto. Taman bunga di tata dengan rapi danindah, dengan pemilihan bunga memperhatikan kombinasi warna-warni bunga. Kondisi ini membuat wisatawan nyaman dan betah untuk berlama lama di taman Merapi Park.

merapi-park
Merapi Park. Image via: pesona.travel

Simak: info tempat wisata populer di Jogja

Lokasi Merapi Park Jogja

Lokasi Merapi Park sangat mudah dicapai. Hal ini didukung oleh akses menuju Merapi Park yang dalam kondisi cukup bagus. Lokasi tepatnya berada di Jl. Kaliurang km 22, Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

papan nama
Later nama Wahana. Image via: pesona.travel

Rute Menuju Merapi Park

Jarak dari pusat Kota Jogjakarta ke wisata Merapi Park tidak terlalu jauh, hanya sekitar 22,6 kilometer saja. Jarak ini bisa ditempuh dengan kendaraan bermotor sekitar 1 jam.

Jalan menuju Merapi Park bisa dilalui dengan mudah. Jika berangkat dari pusat Kota Yogyakarta, kita bisa menuju  ke utara melewati jln. Abu Bakar Ali. Lanjutkan perjalanan menuju Jln. Cik Di Tiro sampai ke bundaran ugm. Pada bundaran ambil arah ke barat, jalan terus sampai ke perempatan. Kemudian ke utara jalan terus melalui Jln. Persatuan sampai ke perempatan ringroad utara lurus terus melewati Jln. Kaliurang.

Sampai ke pertigaan ke barat jalan terus, kemudian bertemu perempatan ke utara melewati Jln. Boyong lurus terus sampai ke pertigaan ke timur melewati Jln. Museum gunung merapi ikuti jl tersebut maka kita  sampai ke Merapi Park

Simak juga: info seputar Taman Sari Jogja

Jam Buka Merapi Park Jogja

Pada hari Senin sampai hari jumat, merapi park buka jam 9 pagi dan tutup jam 4.30 sore. Sedangkan di akhir pekan, Merapi Park buka jam 8.30 pagi dan tutup jam 5 sore.

Tiket Masuk Puncak Merapi Park Jogja

tiket-masuk-merapi-park
Tiket Masuk. Image via: wowhii.com

Biaya tiket masuk ke tempat wisata Merapi Park tergolong tidak mahal. Pengunjung dikenakan biaya Rp. 20.000/orang untuk masuk area the world landmark. Sedangkan untuk masuk area  kids waterpark pengunjung dikenakan biaya Rp. 10.000/orang.

Untuk keperluan parkir kendaraan, biaya parkir di Merapi Park dikenakan biaya sebesar Rp 2000 untuk sepeda motor dan Rp 5000 untuk mobil.

Simak; review wisata Puncak Becici

Fasilitas Merapi Park

Fasilitas yang disediakan pengelola Marapi Park sudah sangat mencukupi. Fasilitas yang disediakan itu semuanya mendukung kenyamanan pengunjung untuk betah berlama lama di taman ini.

Fasilitas yang tersedia dand apat diakses dengan gratis meliputi: Gazebo, Bangku panjang, Taman bunga, Wahana Merapi Park Jogja

Di lokasi wisata Merapi Park saat ini terdapat 3 area utama. Yaitu Cowboy Town, Kids Watermark, dan taman icon dunia.

Cowboy Town

coboy town
Coboy town. Image via: @Merapipark

Di Area Cowboy Town, pengunjung diajak untuk Jalan-jalan sambil berkuda, menikmati keindahan alam sekitar. Pengunjung juga bisa berselfie dengan latar kuda atau sedang menunggang kuda. Seluruh pengalaman berkuda itu dapat dinikmati dalam suasana sejuk udara pegunungan.

Saat menyewa kuda, pengunjung juga bisa memilih untuk menggunakan aksesoris ala coboy, seperti topi atau jaket indian.

Untuk menikmati fasilitas berkuda ini, pengunjung dikenakan iaya Rp. 15.000 saja.

Baca: info seputar Pantai Siung

Kids Waterpark

water park
Kids Waterpark. Image via: facebook.com

Saat berjalan jalan ke Merapi Park, Anak-anak memiliki tempat khusus di lokasi ini. Di fasilitas khusus anak ini anak anak diberikan kesenangan berupa kesempatan main air dan juga kesempatan bermain di area taman yang berisi patung patung hewan.

Untuk menikmati fasilitas main air dan dan replika taman satwa, pengunjung dikenakan biaya Rp 10.000 saja.

The World Landmarks

Spot foto di Wahana The World Landmarks merupakan primadona di taman Merapi Park jogja ini. Ada sangat banyak icon icon kota besar dunia yang tersedia di taman ini. Berfoto ria maupun selfie di spot spot ini tentu memberikan kesan lucu dan ceria.

  1. Brandenburg Gate Berlin

berlin gate
Brandenburg Gate Berlin . Image via: @story_kurniawan

Saat baru memasuki kawasan taman, pengunjung disambut oleh sebuah gerbang besar yang merupakan sebuah miniatur dari monumen terkenal di Berlin Jerman, yakni Bradenburg Gate. Miniatur Gate bersejarahn ini bahkan bisa dicapai sebelum membeli tiket di loket masuk.

Bangunan gerbang kota ini aslinya berada di batas kota Berlin Jerman. Bangunan ini merupakan bangunan bersejarah yang sudah dibangun puluhan tahun yang lalu. Jalan diantara pilar pilar gerbang merupakan jalan raya kota berlin.

Simak : wisata Pantai Timang bersama keluarga

  1. Menara miring Pisa (Leaning Tower of Pisa)

Salah satu bangunan miniatur landmarks yang ada di The World Landmarks Merapi Park Jogja adalah Menara Pisa. Menara Pisa merupakan salah satu bangunan terkenal di dunia yang pernah masuk dalam tujuh keajaiban dunia, bersama dengan Candi Borobudur.

Meskipun miniatur, tetapi menara pisa ini dibangun lebih tinggi dibandingkan tinggi badan para pengunjung, sehingga nampak seperti aslinya.

Bangunan asli Menara Pisa ada di kota Pisa di negara Italia. Bangunan ini dibangun selama dua abad yaitu pada tahun 1173 – 1372. Bangunan delapan lantai setinggi 55,86 meter ini dirancang oleh arsitek bernama Bonanno Pisano.

  1. Big Ben London

bigben_london
Big Ben London. Image via: ulinulin.com

Big Ben merupakan menara jam di Westminster Palace, London, Inggris. Menara jam setinggi 96 meter ini merupakan ikon kota London, yang dibangun pada tahun 1843-1859. Big Ben terdiri dari tiga bagian penting yaitu menara, jam dan bel. Big Ben didesain oleh arsitek August Pugin.

Big Ben merupakan salah satu miniatur landmark yang sangat populer dan digemari oleh pengunjung Merapi Park untuk berfoto. Anda tentu saja harus bersabar untuk antri, menunggu giliran foto apabila The World Landmarks Merapi Park Jogja sedang ramai pengunjung.

  1. Menara Eiffel (Eiffel Tower)

eivel
Menara eivel. Image via: travelisto

Miniatur Menara Eiffel termasuk dalam salah satu spot yang paling ramai di area The World Landmarks Merapi Park Jogja untuk berfoto. Hal ini sangat mungkin disebabkan oleh populernya kota paris sebagai kota romantis, tempat tujuan jalan jalan pasnagan kaya saat berwisata ke luar negeri. Belum lagi kota paris juga diangkat dalam beberapa film nasional sebagai kota romantis.

Bangunan asli Menara Eiffel berada di Kota Paris. Menara ini dibangun pada tahun 1887-1889 dengan tinggi hingga 324 meter oleh dua arsitek besar yaitu Stephen Sauvestre &Gustave Eiffel.  Menara Eiffel berdiri tepat di tepi sungai Seine yang semakin menambah keindahan menara Eiffel. Sehingga lokasi dibawah Menara Eiffel sering digunakan sebagai lokasi syuting film berkelas Internasional.

Simak: uniknya wisata Pantai Ngobaran

  1. Patung Liberty (Statue Of Liberty)

Patung Liberty aslinya berada di Manhattan, New York Amerika Serikat. Di Indonesia Patung Liberty bukan hanya ada di The World Landmarks Merapi Park Jogja, namun juga terdapat beberapa daerah yang memiliki patung menyerupai Patung Liberty.

Bangunan asli patung  dibangun pada tahun 1886 ini aslinya memiliki tinggi 93 meter dan dirancang oleh seorang arsitek bernama Frederic Auguste Bartholdi. Patung Liberty merupakan hadiah perayaan kemerdekaan Perancis untuk Amerika Serikat.

  1. Kincir Angin Belanda

kincir belanda
Kincir Angin . Image via: @dessywindy

Negara belanda selain terkenal sebagai negeri penuh kanal air dan pemilik bunga tulip yang indah, juga terkenal memeiliki banyak kincir angin. Negara Belanda memang sudah terkenal sejak lama sebagai negeri kincir angin karena di negara ini ada banyak sekali kincir angin.

di The World Landmarks Merapi Park Jogja, kincir angin khas Belanda itu dikelilingi oleh kebun bunga tulip. Namun bunga tulip yang dipasnag disini bukan bunga asli.

  1. Pagoda

Pagoda adalah bangunan besar yang memiliki atap bertumpuk tumpuk atau bertingkat. Pagoda menjadi ciri khas tempat tempat ibadah untuk orang budha. Negara yang mayoritas penduduk beragama budha seperti di tiongkok dan thailand terdapat banyak sekali pagoda. Sehingga pagoda yang yang menjadi wahana di the world landmarks merapi park Jogja ini merupakan landmark dari negara negara yang berpenduduk Budha.

Jika anda pernah menonton film film action dari Tiongkok terutama yang bertema sejarah, akan banyak menampilkan bangunan pagoda. Meskipun pagoda di The World Landmarks Merapi Park Jogja ini hanya miniatur, namun ukuran bangunannya tetap terbilang sangat besar.

Pagoda
Pagoda. Image via: joshuafavian
  1. New York Love Sculpture

Wahana New York Love Sculpture ini merupakan yang terbaru pada wahana di The World Landmarks Merapi Park Jogja. Meskipun masih baru, tetapi wahana ini menjadi salah satu wahana yang sangat digemari untuk berfoto, terutama para kawula muda. Bagaimana tidak, wahana ini merupakan sebuah letter huruf tiga dimensi yang membentuk tulisan LOVE atau yang berarti cinta.

Wahana ini merupakan miniatur (meski ukurannya sama sama besar) sebuah ikon seni dari New York Amerika Serikat. Ikon seni ini berada di tengah tengah kota New York sehingga menjadi wahana yang menarik para wisatawan untuk mengabadikan momen perjalanan disana.

  1.   Tokoh Kartun Masha and the Bear

Masha and The Bear adalah tokoh animasi atau kartun yang berasal dari Rusia. Kartun ini menceritakan tentang seoran gadis kecil yang suka berpetualang bersama beruang temannya. Meskipun kartun ini sering kali menampilkan kenakalan si Masha dan tidak disukai oleh para orang tua, tetapi kartun ini tetap saja menjadi favorit anak anak.

Jika anda berkunjung ke The World Landmarks Merapi Park Jogja anda akan melihat tokoh masha sedang ditopang oleh Bear yang sedang tiduran. Tentu saja ini sangat menarik bagi anak anak yang bisa berfoto bersama tokoh kartun kesayangannya.

  1. Telepon Box dan Post Office Box London

kotak telepon
Telepon Box. Image via: @merapipark.jogja

Pernahkan anda melihat kotak telepon berwarna merah di film film luar negeri? Telepon Box dan kotak pos ini merupakan salah satu benda ikonic dari Inggris. Sebenarnya tidak banyak yang spesial dari kotak telepon ini. Kotak telepon ini dulunya seperti wartel yang berada di pinggir pinggir jalan. Cukup memasukkan koin dan anda bisa menelepon.

Namun karena keunikan desain telepon Box ini akhirnya sering adopsi menjadi berbagai barang fungsional, seperti perpustakaan mini, benda seni dan lain sebagainya. Jika anda terobsesi untuk liburan ke London Inggris, sebaiknya datang dulu ke The World Landmarks Merapi Park Jogja sebagai motivasi anda.

Tips Berkunjung ke Merapi Park

Untuk memperoleh kepuasan maksimal dalam berwisata di Merapi Park, ada beebrapa hal yang harus dipersiapkan olehpengunjung. Beberapa diantara persiapan itu berupa:

  • Cek kondisi kendaraan, karena jalan menuju lokasi melalui tanjakan dan cukup berliku.
  • Kalau bisa datang di hari kerja, agar lebih leluasa berfoto. KAlau memang harus datang di akhir pekan, usahakan datang sepagi mungkin.
  • Datang saat cuaca cerah. Ini berpengaruh pada pencahayaan hasil foto yang lebih bagus.
  • Menjaga kebersihan dan tidak melakukan corat-coret di area wisata.
  • Membawa baterai cadangan atau Power Bank dengan isi full.
menara miring
Menara Miring. Image via: hargatiket.net

Lokasi Wisata Lain Dekat Merapi Park

Saat kita jauhjauh berwisata ke wilayah Jogja  tentu saja tidak cukup hanya dnegan mengunjungi taman Merapi Park ini saja. Kita dapat menghabiskan waktu yang tersedia di berbagai tempat wisata lain yang berdekatan dengan Merapi Park, di sekitar wilayah Yogyakarta bagian utara atau Kaliurang.

Tempat wisata yang terdekat adalah Museum Gunung Api Merapi, karena The World Landmarks Merapi Park Jogja berada hanya beberapa ratus meter dari Museum ini. Jika ingin menikmati wisata alam, kita dapat berkunjung ke Kaliurang, yang merupakan salah satu ikon wisata di Yogyakarta.

Selain itu lokasi itu, mengikuti Merapi Lava Tour untuk berwisata menggunakan jeep wisata merapi tentu pilihan yang menyenangkan walau juga menegangkan.

Jadi kapan berencana berlibur ke The World Landmarks Merapi Park Jogja yang hits bersama orang tersayang Anda? Yuk ajak teman atau keluarga berlibur ke sini. Dijamin seru dan asik pastinya.

Merapi Park, Bisa Keliling Dunia Dalam 10 Langkah
4.8 (96%) 5 vote[s]

Baca juga:

Artikel lainnya:

Leave a Comment