10 lokasi Wisata Bandungan, Wisata Dataran Tinggi yang Sejuk

Wisata Bandungan adalah sebutan untuk Daerah dataran tinggi indah yang berada di Semarang, Jawa Tengah. Tempat ini mempunyai pemandangan yang indah dipadukan dengan suasana sejuk dan dingin tentunya sangat mengasyikkan sebagai tempat berlibur keluarga.


wisata bandungan, daerah wisata khas dataran tinggi dengan berbagai situs wisata sejarah dan wisata alam
Wisata Bandungan. Image via: tribunnews.com

Area wisata bandungan ini menyimpan berbagai pesona alam yang mempesona. Namun demikian, sebagian dari objek itu masih belum begitu populer. Itu membuat masih banyak orang yang belum mengetahui keindahan tempat keren yang ada di kompleks Bandungan.

Wisata Bandungan punya banyak Spot objek wisata keren, mulai dari situs budaya, situs bersejarah, taman dengan spot foto kekinian, hingga air terjun yang menakjubkan.

10 Objek Wisata Bandungan

Saat punya rencana untuk berlibur ke area wisata Bandungan, jangan khawatir akan kekayaan kawasan ini. Kawasan ini menawarkan cukup banyak wisata pilihan untuk di dikunjungi. Berikut kami mencoba mengajak para pembaca untuk melihat satu persatu 10 diantara belasan objek indah itu.

Cek juga, objek wisata seputar Semarang.

  1. Gunung Ungaran

Gunung Unggaran, puncak tertinggi lokasi wisata bandungan
Gunung Unggaran. Image via: delapanmataangin.com

Wisata bandungan Gunung Ungaran cocok untuk wisata pendakian pemula. Objek wisata bandungan ini tidak jauh dari kota, gunung ini juga tidak tinggi. Jadi cocok untuk pendakian rekreasi yang tidak punya banyak waktu.

Area Mawar camp merupakan gerbang pendakian Gunung Ungaran. Di sini disediakan area khusus camping. Bagi pengunjung Wisata bandungan ini yang tidak sepenuh hati ingin mendaki gunung, tempat ini bisa jadi pilihan tempat yang cocok untuk menghabiskan akhir pekanmu.

Pengunjungbisa merasakan dinginnya udara wisata bandungan pada lefel terendah, indahnya pemandangan kota, kegagahan Gunung Merbabu, juga sunrise yang hangat. Dari area ini terlihat indahnya pemandangan kerlap-kerlip lampu kota.

Akses ke tempat Wisata bandungan  ini juga cukup mudah. Dari pusat kota Semarang Kamu bisa menggunakan mobil atau motor. Perjalanan akan emakan waktu sekitar 1-1,5 jam, tergantung kondisi keramaian jalan. Lebih asyik lagi karena kendaraanmu bisa masuk hingga area camp, jadi Kamu tak perlu berjalan kaki.

Informasi:

  • Nama: Gunung Unggaran
  • Alamat: Hutan, Ungaran Bar., Semarang, Jawa Tengah
  • Jam buka: 24 Jam
  • Harga tiket: Rp 7.000,-
  1. Curug 7 Bidadari

curug 7 bidadari, air terjun bertingkat di area wisata bandungan
Curug 7 Bidadari. Image via: wisatalova.com

Curug yang satu ini memiliki nama yang unik yakni Curug 7 Bidadari. Nama untuk obek wisata bandungan satu ini tidak sembarang diberikan. Nama bidadari diberikan untuk menggambarkan kecantikan dari Wisata bandungan dengan tujuh air terjun dengan ukuran yang berbeda.

Begitu menginjakan kaki di Curug 7 Bidadari, pengunjung Wisata bandungan ini disajikan pemandangan air terjun yang jernih. Curug 7 Bidadari memiliki tiga tingkatan dengan 7 curug dan 7 kolam yang terbentuk dengan alami. Ketujuh curug ini memiliki tingkatan yang berbeda-beda, seperti pada air terjun tingkat 1 dan tingkat 2 memiliki jarak sekitar 6 meter sementara dari air terjun tingkat 2 ke tingkat 3 memiliki jarak ketinggian 7 meter.

Untuk sampai menuju air terjun Wisata bandungan  ini, pengunjung harus melalui jalan berliku melalui kawasan perbukitan dan di kelilingi hutan. Lokasinya yang berada di kaki Gunung Ungaran menjadikan perjalanan menuju air terjun ini membutuhkan sedikit perjuangan. Melalui medan gunung yang menantang. Pemandangan hijaunya pepohonan serta sejuknya udara menjadi teman setia yang menemani perjalanan untuk sampai ke Curug Bidadari ini.

Informasi:

  • Nama: Curug 7 Bidadari
  • Alamat: Desa Keseneng, Sumowono, Semarang, Jawa Tengah
  • Jam buka: Jam 08.00-17.00
  • Harga tiket: Rp 5.000,-
  1. Grojogan Klenting Kuning

Klenting Kuning, air terjund engan latar tebing warna kuning di area wisata bandungan
Grojogan Klenting Kuning. Image via: traveltodayindonesia.com

Wisata bandungan Air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 8 meter tersebut, berada di sebelah barat lereng Gunung Ungaran, agak tersembunyi dari khalayak ramai, menyimpan pesona yang tersembunyi dari sebuah desa yang bernama Kemawi.

Tebing bebatuan dari Air Terjun Klenting Kuning ini berwarna kekuningan, sepertinya sumber air yang mengalir di sini memiliki kandungan belerang yang cukup tinggi, meski dari baunya sama sekali tak tercium adanya bau belerang. Selain Klenting Kuning, di area Wisata bandungan ini juga terdapat 3 lagi air terjun. Curug Klenting Biru yang paling dekat dengan ketinggian sekitar 4 meter dan juga Klenting Hijau yang masih sedikit tertutup semak belukar.

Meski tersembunyi, Wisata bandungan curug ini termasuk lengkap fasilitasnya meski sederhana. Terdapat kamar ganti dan toilet, pendopo terbuka untuk beribadah dan juga gubug untuk menikmati pemandangan.

Informasi:

  • Nama: Grojogan Klenting
  • Alamat: Desa Kemawi, Kecamatan Sumowono, Kabupaten Semarang
  • Jam buka: Jam 08.00-17.00
  • Harga tiket: Rp 5.000,-
  1. Candi Gedong Songo

suasana malam di Candi Gedong Songo, salahs atu situs paling populer di wisata bandungan
Candi Gedong Songo. Image via: nativeindonesia.com

Kawasan wisata Gedong Songo banyak dikunjungi oleh wisatawan. Selain peninggalan sejarah kerajaan yang memukau, Lokasi Wisata bandungan ini juga menyajikan pemandangan yang indah tidak kalah dengan tempat wisata di daerah lain.

Kawasan wisata di candi Semarang ini memiliki suhu yang sejuk berkisar antara 19-27 celcius. Memang tidak sedingin dataran Tinggi Dieng namun pemandangan yang diberikan Wisata bandungan ini tidak kalah dari Dieng. Dari ketinggian tempat ini, pengunjung bisa melihat berbagai pemandangan kota dari ketinggian. Pemandangan inilah yang banyak diburu oleh wisatawan.

Gedung Songo ini pada mulanya dinamakan Gedong Pitoe oleh Raffles karena pada saat itu hanya ditemukan 7 candi saja. Kemudian pada tahun 1825 Van Braam membuat publikasi akan temuan itu. Kemudian pada tahun 1865 Hoopermans dan Friederich membuat tulisan tentang kawasan Wisata bandungan ini. Pada tahun 1910 hingga 1911 pembangunan dipimpin oleh Knebel.

Informasi:

Nama: Candi Gedong Songo

Alamat: Desa Candi, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, Provinsi Jawa Tengah

Jam buka: Jam 06.30-18.00

Harga tiket: Rp 6.000,-

Informasi lengkapnya baca di Gedong Sewu.

  1. Umbul Sidomukti

Umbul-Sidomukuti-Indah, taman wisata alam dengan kolam renang di area wisata bandungan
Umbul Sidomukti. Image via: nativeindonesia.com

Simak Reviu Umbul Sidomukti.

Lokasi kawasan Wisata bandungan ini berada di ketinggian 1200 mdpl. Sebuah ketinggian yang sudah cukup menghadirkan pesona dan suasana mengesankan. Sejuknya udara membuat siapa pun pasti enggan untuk beranjak dari kawasan ini.

Berada di Wisata bandungan ini memang wajib untuk berenang. Lihat airnya yang sangat jernih membuat siapa pun pasti tergoda untuk masuk ke dalam air. Apalagi, melihat pemandangan alam di depan mata yang begitu mengesankan. Sobat native akan dibawa ke pengalaman yang tidak pernah terlupakan.

Di sini sobat native akan dibawa memacu adrenalin. Dimana wahana flying fox, marine bridge, highest triangle, dan sepeda awang. Apa yang membuat sobat native wajib mencoba semua permainan di Wisata bandungan ini? Itu detak jantung yang berdebar kencang, saat sobat native melakukannya.

Informasi:

Nama: Umbul Sidomukti

Alamat: Desa Sidomukti-Jimbaran, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah

Jam buka: Jam 08.00-24.00

Harga tiket: Rp 5.000,-

  1. Pondok Kopi

pondok kopi, cofee shop eksotis di dataran tinggi wisata bandungan
Pondok Kopi. Image via: mytrip123.com

Penikmat kopi wajib mampir ke Wisata bandungan Pondok Kopi yang masih dalam kawasan Sidomukti. Pondok Kopi sangat unik dan berbeda dengan warung kopi lainnya. Menikmati kopi sambil memandang suasana lingkungan yang asri dan udara yang sejuk tentu menjadi momen yang sangat berharga.

Model bangunan Wisata bandungan pondok kopi sidomukti ini menggunakan desain minimalis modern. Bangunan yang terdiri dari dua lantai dan semi terbuka dapat memberikan suasana sejuk, karena sirkulasi udara yang lancar. Hal ini ditambah lagi dengan posisi yang berada di lereng gunung unggaran.

Kebanyakan yang datang adalah anak-anak muda, sambil berkumpul bersama teman menikmati kopi dan menu lainnya serta ditemani pemandangan yang indah. Tempat duduk yang tersedia di Wisata bandungan ini ada di tiga ruangan. Namun jika cuaca sedang cerah pengunjung bisa memilih tempat di luar ruangan. Di meja ini pengunjung bisa menikmati keindahan alam yang luar biasa.

Informasi:

Nama: Pondok Kopi Umbul Sidomukti

Alamat: Desa Sidomukti, Jalan Goa Jepang, Jimbaran, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah

Jam buka: Jam 08.00-24.00

Harga tiket: Rp 5.000,-

  1. Legok Madu

Legok Madu, taman bunga indah di area wisata bandungan
Legok Madu. Image via: @exploresemarang

Konsep yang diusung oleh Wisata bandungan ini adalah sebuah taman bunga dengan berbagai spot foto indah. Keindahan taman bunga di sini tidak kalah dengan taman-taman lain di Jawa Tengah. Banyak juga spot foto yang bisa dijadikan latar berfoto.

Di samping itu, tatanan-tamannya juga sangat alami dan indah. Di sini pengunjung bisa menikmati udara sejuk dengan pemandangan aneka bunga warna warni. Banyak pengunjung memanfaatkan bunga-bunga tersebut sebagai sarana foto. Pengunjung sering selfie baik bersama rekan, keluarga maupun sendiri.

Terdapat satu spot foto yang sangat mencuri perhatian di Wisata bandungan ini. Ikon tersebut adalah burung merak yang seolah-olah menyatukan dua kepala dan membentuk I LOVE YOU, yakni tanda cinta.

Selain itu ada juga spot lain, seperti bakso kaktus, spot siluet, kamar pengantin, dan warung lesehan.

Di samping taman dan beberapa spot foto, ada juga sebuah taman kelinci yang bisa dijadikan tempat bermain anak-anak. Di taman kelinci Wisata bandungan ini pengunjung bisa mengajak anak untuk berinteraksi dengan kelinci.

Informasi:

Nama: Legok Madu

Alamat: Dusun Ngipik, Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah

Jam buka: Jam 08.00-18.00

Harga tiket: Rp 10.000,-

  1. Taman Bunga Celosia

Taman Bunga Celosia, taman bunga dnegan berbagai icon dunia di area wisata bandungan
Taman Bunga Celosia. Image via: @okasepbianto

Tempat wisata bandungan ini sangat cocok bagi penggemar fotografi. Selain alamnya yang sangat indah, tempat ini juga memiliki spot-spot foto yang instagramable. Spot foto tersebut seperti deretan kincir angin untuk pembangkit listrik dan miniatur rumah kincir ala negeri Belanda.

Sebagai tempat wisata kekinian di Jateng, tempat Wisata bandungan ini juga memiliki spot bangunan terkenal di dunia. Spot miniatur bangunan bersejarah dunia tersebut diantaranya Menara Eiffel, replika patung Merlion Singapura, Rumah Hobbit dan masih banyak lagi yang lainya. Selain spot foto berupa landmark negara asing, pengunjung juga akan menemui spot hits seperti payung warna warni yang digantung membentuk kanopi.

Pesona Taman Bunga Celosia Gedongsongo memang tidak di ragukan lagi. Indah dan cantiknya bunga-bunga di taman membuat siapapun ingin memilikinya. Oleh sebab itu, pengelola menyediakan tanaman bunga yang siap untuk dibawa pulang wisatawan.

Informasi:

Nama: Taman Bunga Celoasia

Alamat: Jalan Wisata Gedong Songo, Km 5, Kecamatan Bandungan, Semarang, Jawa Tengah

Jam buka: Jam 07.30-17.00

Harga tiket: Rp 15.000,-

Simak reviu lengkapnya di Taman bunga Celosia.

  1. Kampung Kopi Banaran

kampung kopi banaran, jejak sejarah Peradan Kopi di Indoensia. wisata sejarah edikasi di area wisata bandugan semarang
Kapung Kopi Banaran. Image via: tribunnews.com

Kawasan Kampoeng Kopi Banaran merupakan Wisata Agro yang dimiliki oleh PT. Perkebunan Nusantara IX. Fasilitas utama Kampoeng Kopi Banaran berupa bangunan untuk menikmati sedapnya kopi “Banaran Coffee”. Ada juga fasilitas arena bermain anak – anak, Corporate Gathering, Coffee Walk, Out Bound Games, Kolam Renang, Gasebo, lapangan tenis, Taman Buah, Gedung Pertemuan, Flying Fox, Mushola, Meeting Room, Griya Robusta, Family Gathering, serta Jelajah Kebun dengan ATV.

Untuk merasakan berbagai fasilitas Wisata bandungan tersebut, pengunjung tidak perlu merogoh kocek yang dalam. Untuk permainan flying fox, pengunjung hanya perlu mengeluarkan biaya Rp 20.000. Sedangkan panjat pinang, Wood Ball Penalty, trampolin serta mandi bola, masing-masing dikenakan biaya Rp 10.000. Kemudian untuk kegiatan olahraga seperti berenang hanya dikenakan harga tiket masuk sekitar Rp 8.000.

Disediakan pula sarana kereta wisata untuk anak anak yang ingin menjelajah berkeliling Wisata bandungan kebun kopi ini.  Tarifnya sebesar Rp 60.000. Selama  perjalanan masinis kereta akan bertugas menjadi guide yang siap memandu dan mengenalkan kebun kopi di area perbukitan. Perjalanan berlangsung sekitar 30 menit.

Informasi:

Nama: Kampung Kopi Banaran

Alamat: Areal Perkebunan Kopi Kebun Getas Afdeling Assinan , Jalan Raya Semarang-Bawean, Km 1,5, Kecamatan Bandungan, Semarang, Jawa Tengah

Jam buka: Jam 07.00-21.00

Harga tiket: Rp 5.000,-

  1. Kebun Durian Watu Simbar

kebun mencari durian watusimbar, wisata durian runtuh di bandungan semarang
Kebun Durian Watu Simbar. Image via: @rolandlagonda

Ketika memasuki kawasan Wisata bandungan Agro Kebun Durian Watu Simbar, pengunjung dapat menjumpai kebun nan luas. Terdapat jalan setapak yang terbuat dari batu kecil yang disusun rapi dengan pegangan besi yang dicat kuning menyerupai bentuk kaki. Berjalan di atasnya tanpa menggunakan alas kaki diyakini dapat memberikan khasiat refleksi dan kesehatan bagi tubuh.

Tidak hanya kebun durian saja, di kawasan Wisata bandungan seluas 3,5 hektar ini juga ada kebun buah Naga. Batang pohon buah naga itu tampak berbaris rapi. Selain itu, pengunjung juga dapat menjumpai beberapa tanaman buah Nanas Merah yang menghias berderet di tepi jalan.

Selain berburu durian, pengunjung juga dapat bersantai dan berfoto di area taman yang indah. Beberapa orang petugas terlihat sedang membersihkan area kebun, dan sebagian lainnya ada yang sedang memanjat pohon durian.

Wisata bandungn Agro Kebun Durian Watu Simbar Gunungpati mengembangkan lebih dari 50 jenis buah durian lokal yang semuanya diberi nama unik, ada yang bernama durian petruk, durian doyong, hingga durian bejo.

Informasi:

Nama: Kebun Durian Watu Simbar

Alamat: Jalan Mr. Koesbiono Tjondro Wibowo, Gunung Pakis, Pakintelan, Semarang, Jawa Tengah

Jam buka: Jam 09.00-16.00

Harga tiket: Rp 10.000,-

Cukup menarik bukan? Ternyata tempat wisata di Bandungan sangat beragam dan tak kalah menarik dengan destinasi di kota-kota lain di Indonesia. Jadi buat apa tunggu lama-lama, yuk segera rencakanan liburan ke Bandungan Semarang sekarang juga!

10 lokasi Wisata Bandungan, Wisata Dataran Tinggi yang Sejuk
5 (100%) 1 vote[s]

Baca juga:

Artikel lainnya:

Leave a Comment