Peternakan Padang Mengatas Di Payakumbuh, Sensasi Wisata Ke Luar Negeri

Status sebagai padang rumput tercanti di dunia saat ini masih disandang oleh padang rumput “Palouse”di sebelah teggara Washington Amerika Serikat.

Keberadaan Palouse seolah menegasikan image Amerika sebagai negara yang gagah dengan bangunan beton serta gedung pencakar langitnya.

Namun tahukah anda bahwa padang rumput seperti itu juga ada di Indonesia? Yang memiliki keindahan seolah sedang berada di negeri dongeng. Namanya objek wisata Padang Mengatas atau disebut juga Padang Mangateh.

Luas Padang Mengatas sekitar 280 hektar, dan orang-orang sering menyebut daerah ini mirip dengan daerah yang ada di Selandia Baru.

Padang Mengatas
Padang Mengatas. Sumber : www.ngenetyuk.com

Lokasi padang rumput tersebut berada di pinggang Gunung Sago sehingga meiliki udara yang sangat sejuk. Pemandangan Kota Payakumbuh dapat dilihat dari lokasi Padang Mengatas ini.

Status awalnya memang peternakan hewan unggul berupa sapi potong Padang serta salah-satu sumber pakan ternak. Namun karena keindahan alamnya yang memikat, maka peternakan ini sekaligus menjadi sebuah objek wisata yang sangat cocok bagi semua kalangan.

Pesona Padang Mengatas
Pesona Padang Mengatas. Sumber : gaeguristory.blogspot.com

Sejarah Objek Wisata Padang Mengatas

Bagi kalian yang belum tahu, ternyata umur Balai Pembibitan Ternak Unggul (BPTU) sudah beumur 104 tahun atau satu abad lebih. Dan pengelolaannya di bawah pemerintah kolonial Belanda.

Jenis hewan yang pertamakali dikembangbiakan adalah kuda, kemudian pada tahun 1935 didatangkan jenis Sapi Zebu dari Benggala, India. Tujuannya untuk dikembang biakan.

Pada tahun 1945 sampai tahun 1949 di fase awal kemerdekaan kegiatan di lokasi ini sempat terhenti, karena para penjajah Belanda telah terusir dari Indonesia.

Kemudian pada tahun 1950 oleh Dr. Moh. Hatta lokasi ini dibuka kembali. Dan sekitar tahun 1951-1953 lokasi ini menjadi Stasiun Peternakan pemerintah dengan nama Induk Taman Ternak Padang Mengatas.

Pada tahun 1955 lokasi ini mengukir sejarah sebagai stasiun peternakan terbesar se Asia Tenggara. Luar biasa bukan? Adapun jenis hewan yang dikembang biakan saat itu adalah sapi, kambing, ayam, dan kuda.

Fase tahun 1973 – 1974 dilakukan penelitian oleh pemerintah Jerman di lokasi Induk Taman Ternak ini. Dan pada tahun 1974 sampai 1978 terjadi sebuah kerjasama pembangunan kembali antara pemerintah Indonesia dengan Jerman. Karena area ini yang sempat rusak akibat pergolakan PRRI. Tahun 1978 menjadi akhir kerjasama dua negara tersebut.

Dan pada tahun 2002 lokasi ini berubah nama menjadi Balai Pembibitan Ternak Unggul (BPTU) Sapi Potong Padang Mengatas.

Sekarang, lokasi ini bukan hanya sekedar pusat pakan serta pembibitan ternak unggul saja, tetapi sekaligus mampu menjadi objek wisata yang memikat hati para wisatawan.

Peternakan Sapi Padang Mengatas
Peternakan Sapi Padang Mengatas. Sumber : www.indoflashlight.org

Ragam Wisata Dan Aktivitas Di Padang Mengatas

Ada beberapa aktivitas yang dapat dilakukan oleh para wisatawan saat berkunjung ke Padang Mangateh yang sudah pasti menjadi sebuah keseruan yang luar biasa. Diantara ragam aktivitas tersebut adalah sebagai berikut :

1. Pesona Alam

Hamparan rumput hijau bak di negeri dongeng serta film-film kartun menjadi sajian yang mengangumkan mata yang melihat.

Jika di pantai yang dilihat adalah hamparan air yang seolah-olah tanpa batas. Maka di lokasi ini adalah hamparan rumput hijau sejauh mata memandang karena saking luasnya.

Keindahan Pemandangan Padang Mengatas
Keindahan Pemandangan Padang Mengatas. Sumber : phinemo.com

Pemandangan bukit-bukit terutama Gunung Hago menjadi tambahan kesempurnaan latar pemandangan. Begitupun dengan Kota Payakumbuh menjadi sebuah pemandangan yang epik, layaknya di film-film kerajaan Inggris, dimana seorang ksatria yang berdiri gagah di tengah hamparan rumput hijau dan melihat ke pusat kerajaan.

Belaian udara dan angin semakin melarutkan suasana dalam kenikmatan. Jauh dari kebisingan kota dan kemacetan. Pemandangan sapi-sapi yang bergerak bebas di hamparan rumput seluas 280 hektar semakin menambah keseruan saat berkunjung.

Hamparan Rumput Dan Pesona Pegunungan
Hamparan Rumput Dan Pesona Pegunungan. Sumber : id.wikipedia.org

2. Spot Selfie Dan Pre Wedding

Sensasi wisata serasa di luar negeri menjadikan lokasi ini menjadi surga bagi para pemburu fotografi. Pembuatan konten untuk media sosial, ataupun hanya untuk sekedar eksis saja, maka ini lokasi yang tepat dengan latar pemandangan yang instagrammable.

Bagi kalian yang hendak melangsungkan pernikahan, maka lokasi yang cocok sebagai spot pre wedding adalah di Padang Mengatas. Orang yang tidak tahu akan menyangka prosesi pre wedding dilakukan di luar negeri.

Pre Wedding Di Padang Mengatas
Pre Wedding Di Padang Mengatas. Sumber : www.bobocantik.com

3. Sunrise Dan Sunset

Bukan hanya di pantai saja terdapat sajian pesona pemandangan saat matahari terbit maupun terbenam. Di Padang Mengatas juga terdapat keindahan tersebut, tentu saja dengan sensasi yang berbeda. Karena di sini matahari seakan terbit dan terbenam di hamparan rumput hijau dan pegunungan.

4. Wisata Edukasi Dan Wisata Keluarga

Selain sebagai objek wisata, Padang Mengatas merupakan salah-satu peternakan terbesar yang ada di Indonesia. Maka lokasi tersebut sangat cocok juga menjadi wisata edukasi bagi anak-anak anda untuk mengenal keindahan alam serta ilmu tentang tata cara beternak yang baik dan benar.

Anak-anak sudah pasti sangat senang saat berada di lokasi ini, karena mereka merasa berada di film-film kartun yang biasa mereka tonton.

Sensasi Negeri Dongeng
Sensasi Negeri Dongeng. Sumber : indoepic.com

Catatan Penting Saat Berkunjung Ke Padang Mengatas

  • Para pengunjung harus mengisi formulir kunjungan secara online yang ada di sutus resmi BPTUHPT.
  • Pengunjung wajib membawa bukti balasan formulir kunjungan saat ke lokasi tersebut.
  • Mendaftarkan kunjungan di pos jaga

Lokasi Dan Alamat Padang Mengatas

Lokasi dan alamat objek wisata Padang Mengatas berada di Nagari Mungo Kecamatan Luak Kabupaten Lima Puluh Kota Provinsi Sumatera Barat.

Rute Menuju Padang Mengatas

Jika rute awal dari Bandara Internasional Minangkabau, maka jalur yang ditempuh selanjutnya menuju arah Batang Tabik dengan patokan Tugu Adipura di Pasar Payakumbuh.

Setelah dari tugu tersebut, lanjutkan perjalanan melewati Pasar Ibuah. Setelah sampai di sebuah bundaran, anda terus lurus saja ke arah Batang Tabik hingga sampai di Puskesmas Mungo. Tidak jauh dari puskesmas ada sebuah belokan yang sudah dekat ke lokasi Padang Mengateh.

Tiket Masuk Ke Padang Mengatas

Tidak dikenakan biaya tiket saat masuk ke lokasi Padang Mengateh

Penginapan

Pengunjung harus terlebih dahulu membooking jika berencana menginap di lokasi Padang mengateh serta melampirkan ijin kunjungan.

Penutup

Ternyata banyak sekali pesona alam Indonesia yang tak kalah indah dari pemandangan yang ada di luar negeri. Hanya saja kebanyakan orang belum mengetahuinya.

Yang terakhir, jangan sampai mengotori tempat wisata ya… dan buanglah sampah pada tempatnya.

Baca juga:

Leave a Comment