Paket Wisata Malang, Menentukan Pilihan Dari Pilihan yang Hampir Tak Terbatas

Malang, adalah sebuah nama Kota dan Kabupaten yang ada di Provinsi Jawa Timur. Beda nama, beda lokasi, beda juga sajian keindahan objek wisatanya.

Perencanaan paket wisata Malang meliputi Kota Malang, dan Kabupaten Malang, serta daerah sekitarnya. Salah – satunya dengan mempertimbangkan rasionalisasi jarak, dan waktu tempuh.

Alun-Alun Malang
Alun-Alun Malang. Sumber : www.republika.co.id

Perencanaan paket wisata yang tepat merupakan sebuah keharusan. Karena untuk membuat acara liburan anda lebih efektif, efisien, namun tidak merubah subtansi wisatanya. Seperti keseruan, kebahagiaan, serta sensasi kenikmatan wisata lainnya.

Maka inilah artikel yang recommended untuk anda baca, sebagai referensi awal untuk melakukan perencanan paket wisata, dengan destinasi wisata di Malang, Jawa Timur.

Area Paket Wisata Malang

Menyususn rencana paket wisata ke Malang, pembahasannya akan dibagi menjadi dua kawasan. Yang pertama adalah Kota Malang dan sekitarnya, serta wisata yang ada di Kota Batu.

1. Kawasan Malang dan Sekitarnya

Seperti yang telah dijelaskan pada paragraf sebelumnya, bahwa Kota Malang, dan Kabupaten Malang memiliki karakteristik objek wisata yang berbeda.

Kota Malang, didominasi dengan objek wisata heritage. Dan Kabupaten Malang, didominasi oleh objek wisata alam yang sangat mempesona.

Pantai Balekambang
Pantai Balekambang. Sumber : travelspromo.com 

Adapun objek wisata yang bisa dimasukan ke dalam perencanaan paket wisata Malang adalah sebagai berikut :

  • Inggil Museum Resto Malang
  • Kebun Teh Wonosari
  • Masjid Tiban Turen
  • Museum Kesehatan Jiwa Malang
  • Museum Malang Tempo Doeloe
  • Pantai Sipelot Malang
  • Museum Brawijaya Malang
  • Pemandian Air Panas Cangar
  • Pulau Sempu Malang
  • Taman Rekreasi Sengkaling
  • Pantai Ngliyep Malang
  • Pantai Balekambang Malang
  • Taman Wisata Senaputra
  • Air Terjun Ringin Gantung
  • Coban Rondo
  • Air Terjun Sumber Pitu
  • Agro Tawon Rimba Raya

2. Area Paket Wisata Kota Batu

Masih banyak yang menyangka bahwa Kota Batu merupakan bagian dari Malang. Wajar saja, karena memang jarak Kota Batu tidak jauh dari Malang, serta pernah menjadi bagian Kabupaten Malang.

Perencanaan paket wisata Malang dengan memasukan Kota Batu sebagai bagian paket tersebut, dikarenakan jarak dengan Kota Malang hanya 15 kilometer.

Batu Night Spectacular
Batu Night Spectacular. Sumber : sengajakesasar.blogspot.com

Objek wisata yang terkenal di Kota Batu sangat beragam. Dan inilah daftar objek wisata yang bisa dimasukan sebagai bagian paket wisata Malang, khususnya di Kota Batu :

  • D’Topeng Kingdom Museum
  • Batu Night Spectacular
  • Kusuma Agrowisata
  • Eco Green Park
  • Batu Secret Zoo
  • Museum Angkut
  • Alun – alun Kota Batu
  • Museum Satwa
  • Omah Kayu
  • Jatim Park 1
  • Jatim Park 2
  • Jatim Park 3
  • Paralayang Batu

Paket Wisata Malang 1 Hari

Tentu saja, keinginan mengunjungi lebih dari satu objek wisata adalah keinginan dari setiap wisatawan, meskipun dengan kondisi waktu yang sempit.

Lalu bagaimana jika waktu yang tersedia hanya satua hari? Maka merencanakan paket wisata sangat tergantung dengan informasi tentang objek wisata yang ada ketahui.

Seperti halnya dengan meyusun rencana paket wisata 1 hari di Malang, harus tahu tentang informasi awal tentang objek wisatanya.

Jika objek wisata tujuannya di Kota Malang, maka jarak antar objek wisatanya tidak terlalu menguras waktu di perjalanan. Karena objek wisatanya mayoritas bisa diakses sampai lokasi utama dengan jenis kendaraan roda dua, maupun roda empat.

Pesona Malang
Pesona Malang. Sumber : www.artipproject.org

Beda halnya dengan objek wisata yang ada di Kabupaten Malang, karena didominasi oleh wisata alam yang mengaharuskan pengunjungnya melakukan trekking.

Informasi jarak trekking untuk menuju lokasi utama, informasi tentang ragam fasilitas, adalah contoh informasi awal yang harus dimiliki oleh para wisatawan.

Oleh karena itu, menyusun paket rencana wisata di Malang harus terfokus pada satu kabupaten atau kota saja, jika waktu yang tersedia hanya 1 hari.

Bahkan, anda bisa menyusun rencana paket wisata Malang berdasarkan tema wisatanya. Dengan demikian, para pengunjung dapat menikmati lebih dari satu objek wisata. Tanpa kesan terburu – buru, dan tetap dapat menikmati subtansi wisatanya.

1. Itinerary Malang 1 Hari Fokus Instagramable

Objek wisata yang instagrammable pengalami perkembangan yang sangat pesat, sejalan dengan perkembangan media sosial.

Kota dan Kabupaten Malang memiliki banyak sekali objek wisata dengan tema tersebut. Menyusun rencana paket wisata di Malang, untuk menjangkau beberapa objek wisata dalam 1 hari, sangat ditentukan dengan hotel atau penginapan yang anda pilih.

Pada faktanya, para wisatawan selalu larut dalam sajian pesona keindahan sebuah objek wisata. Sehingga mereka enggan untuk bergegas pergi.

Dengan demikian, rata-rata kunjungan dengan berbeda objek wisata dalam satu hari, biasanya maksimal sampai 4 objek wisata.

Hawai Waterpark
Hawai Waterpark. Sumber : www.youtube.com

Paket wisata Malang 1 hari fokus instagrammable bisa dimulai dari Hawai Waterpark. Tujuan ke lokasi tersebut baiknya di pagi hari, karena biasanya kondisi airnya baru saja dikuras.

Hawai Waterpark dipenuhi dengan spot yang sangat instagrammable yang berpadu dengan nuansa air. Dan setelah selesai, lanjutkan perjalanan ke objek wisata selanjutnya yang bernama Santerra De Laponte.

Santerra De Laponte
Santerra De Laponte. Sumber : getlost.id

Objek wisata tersebut merupakan surganya para pemburu fotografi. Sebuah kawasan yang ditumbuhi oleh bunga – bunga indah, membentuk sebuah taman besar yang sangat indah.

Jarak dari Hawai Waterpark menuju Santerra De laponte hanya sekitar 25 kilometer, dengan waktu tempuh 40 menit perjalanan.

Dan kunjungan terakhir, saat malam tiba, kalian bisa kembali ke kawasan Hawai waterpark. Tetapi kali ini bukan untuk berenang.

Terdapat spot yang bernama Malang Night Paradise. Sebuah taman lampion dengan sajian Dancing Water Fountain, dan Lighting Tunnel.

Malang Night Paradise
Malang Night Paradise. Sumber : explorewisata.com

2. Itinerary Malang 1 Hari Fokus Heritage

Paket wisata Malang dengan tema heritage, denga waktu kunjungan 1 hari saja, bisa terpusat di Kota Malang. Karena kota tersebut memiliki banyak sekali objek wisata bertemakan heritage.

Selain itu, lokasi antar objek wisatanya cukup berdekatan. Dengan demikian, para wisatawan dapat mengunjungi objek wisata tema heritage lebih dari satu tempat.

Kunjungan pertama bisa dimulai dengan kunjungan ke objek wisat Candi Badut. Sebuah candi yang sangat bersejarah, yang sudah ada sejak tahun 760 Masehi.

Candi Badut
Candi Badut. Sumber : wisataceper.wordpress.com

Setelah itu lanjutkan jalan – jalan menuju Ijen Boulevard. Sebuah jalan yang sangat bersejarah, serta dipenuhi dengan arsitektur jamn dahulu. Dan lokasi tersebut juga sering dikunjungi wisatawan macanegara.

Kunjungan terakhir menuju cagar budaya, sebuah gereja yang sudah ada sejak tahun 1905, yang bernama Gereja Kayu Tangan.

Dengan arsitektur klasik, menaranya mempunyai ketinggian 33 meter, sehingga menjadi spot selfie yang menarik.

3. Itinerary Malang 1 Hari Fokus Wisata Alam dan Edukasi

Objek wisata alam, bagaikan dua sisi mata uang dengan tema wisata edukasi. Paket wisata Malang 1 hari, dengan fokus wisata alam dan edukasi, bisa berpusat di Kabupaten Malang.

Perencanaan paket wisata Malang, denga tema wisata alam harus mempertimbangkan jarak trekking, cocok dan tidak untuk keluarga, serta akses jalan oleh kendaraan.

Perjalanan bisa dimulai dengan mengunjungi Boon Pring Andeman. Kunjungan objek wisata tersebut menjadi awal perjalanan, dikarenakan di lokasi tersebut banyak sekali spot wisata yang bisa dijajal.

Boon Pring Andeman
Boon Pring Andeman. Sumber : travelspromo.com

Objek wisatanya sangat cocok sebagai destinasi wisata keluarha, serta perpaduan wisata alam dengan wisata edukasi.

Selanjutnya, perjalanan wisata menuju Museum Singhasari. Sebuah museum yang sangat bersejarah, berdiri di atas lahan dengan luas 3 ribu meter persegi.

Museum Singhasari
Museum Singhasari. Sumber : infomalangraya.tumblr.com

Jaraknya cukup jauh, sekitar 51 kilometer, dengan waktu tempuh 1 jam 30 menit dari lokasi awal. Yaitu dari Boon Pring Andeman.

Paket wisata Malang 1 hari, bisa ditutup dengan wisata kuliner. Karena kuliner Malang sangat terkenal kelezatannya.

Paket Wisata 3 Hari 2 Malam

Untuk menikmati objek wisata yang ada di Malang dan sekitarnya, seperti Kota Batu, idealnya paket wisatanya 3 hari 2 malam. Karena para wisatawan dapat leluasa mengunjungi objek wisata pilihan, tanpa dikejar – kejar waktu, atau jarak.

Paket wisata Malang 3 hari 2 malam, bisa dengan merencanakan kunjungan wisata per kota. Seperti paket wisata Malang, dan sekitarnya yang telah kami susun sebagai berikut :

Hari ke-1

Kunjungan di hari ke 1, biasanya kondisi badan masih sangat prima. Oleh karena itu, kunjungan wisata di hari pertama menuju salah – satu objek wisata air terun yang ada di Kabupaten Malang.

Objek wisata air terjun yang sangat populer adalah Coban Rondo. Objek wisata tersebut dilengkapi fasilitas yang bisa memanjakan anda beserta keluarga.

Coban Rondo
Coban Rondo. Sumber : www.kompasiana.com

Banyaknya ragam wisata di Coban Rondo, seolah mengunjungi beberapa objek wisata, namun dalam satu kawasan. Dan kunjungan terakhir di hari pertama, ditutup dengan wisata kuliner.

Karena, wisata alam khususnya wisata air terjun cukup menguras energi. Maka biarkan tubuh anda beristirahat, sebagai bekal menjelajah objek wisata lainnya.

Hari ke-2

Paket wisata Malang di hari ke 2, digunakan untuk menjelajah pesona keindahan yang tersaji di Kota Batu. Dan perjalanan dimulai denga mengunjungi Batu Secret Zoo.

Sebuah objek wisata kebun binatang moderen, dengan dilengkapi spot tambahan yang sangat banyak, serta spot tersebut sangat cocok untuk menghadirkan keseruan, dan moen indah bersama keluarga.

Selanjutnya, mengunjungi objek wisata dekat Batu Secret Zoo, yang bernama Eco Green Park. Sebuah objek wisata yang dilengkapi dengan beragam wahana, serta edukasi alam yang cocok untuk keluarga.

Eco Green Park
Eco Green Park. Sumber : pagguci.com

Perjalanan selanjutnya menuju Museum Angkut. Sebuah kawasan wisata, dengan view arsitektur klasik, bahkan terdapat spot kendaraan klasik.

Dan paket wisata di hari ke 2 ditutup dengan mengunjungi Batu Night Spectacular (BNS). Sebuah lokasi wisata malam, yang cocok untuk keluarga, dengan sajian view kekinian.

Hari ke-3

Paket wisata Malang hari ke 3, yaitu menyusuri keindahan Kota Malang. Kunjungan bisa diawali dengan mengunjungi objek wisata kampung tematik. Seperti Kampung Biru Arema, Kampung Warna – warni Jodipan, atau Kampung 3D.

Kampung 3D
Kampung 3D. Sumber : wisatangehits.com 

Perjalanan wisata terakhir, bisa dengan mengunjungi Alun – alun Kota Malang. Karena di lokasi tersebut terdapat view yang sangat bagus, serta anda dan keluarga bisa sambil hunting kuliner, atau cinderamata khas Kota Malang.

Penutup

Itulah paket wisata Malang yang bisa dijadikan rujukan awal jadwal liburan selanjutnya. Patuhi protokol kesehata, dan tetap utamakan keselamatan.

Jangan membuang sampah sembarangan ya, karena “Sampahmu, Adalah Dosamu”.

Leave a Comment