Pantai Angsana, Pantai Cantik Dengan Yang Mempesona

0

Pantai adalah kawasan yang masih menjadi primadona bagi semua kalangan. Primadonanya pantai tidak lepas dari pesona yang dihadirkan dan beberapa fasilitas yang saat ini mulai diperhatikan dengan baik. Apalagi, permainan air selalu mengundang gelak tawa dan keseruan yang tidak pernah bisa diukur dengan apa pun.

Pantai Angsana Ramai
Image via: www.instagram.com/fazrin_zen
dago dream park info

dago dream park

Di Kalimantan Selatan, tepatnya berada di Banjarmasin. Ada sebuah pesona pantai yang begitu esoktis. Keindahannya selalu menjadi sebuah kenangan yang tidak akan terlupakan bagi sebagian sobat native yang pernah mengunjunginya. Apalagi, disini tersimpan dunia bawah laut yang mempesona.

Bagi sobat native nama pantai angsana mungkin baru terdengar. Tetapi, bagi warga Kalimantan pantai ini begitu familiar. Nuansanya mampu membuat hati menjadi tenang, teduh dan juga damai. Semua beban pikiran secara perlahan luntur begitu saja. Penasaran dengan keindahan pantai angsana, mari kita simak penjelajahannya dibawah ini.

Mengenal Pantai Angsana

Pantai Angsana adalah kawasan pantai yang bisa dibilang kaya akan pemandangan. Berada di wilayah perkebunan kelapa sawit membuat pemandangan tidak hanya berupa pasir dan air laut saja. Melainkan, ada sekawanan hutan yang bisa dilihat dan dinikmati.

Destinasi kawasan ini memang tergolong masih baru. Pemerintah belum lama ini membuka akses menuju ke kawasan ini. hal ini terjadi, lantaran banyak wisatawan yang datang dan mengeluh akan aksesnya yang begitu sulit. Oleh karena itu, jangan heran bila sobat native menemui pantai yang sedikit sepi.

Pantai Angsana Dock 1
Image via: www.instagram.com/aris.lina

Keindahan Pantai Angsana

Saat pertama kali menginjakkan kaki disini, sobat native akan disapa oleh pasir putih yang berhamburan kesana-kemari. Menghadirkan nuansa khas pantai-pantai pulau dewata yang selalu silau dengan pasir putih.

Kondisinya yang masih perawan membuat kawasan ini memiliki kebersihan tingkat tinggi. Air nya pun juga sangat jernih. Sehingga menghasilkan pemandangan yang sedikit berbeda dari beberapa pantai yang ada di wilayah Kalimantan selatan.

Baca Juga :  Puncak Merbabu via Selo: Jalur Favorit Pendaki Menuju Kenteng Songo

Walaupun, belum memiliki nama bukan berarti kawasan ini tidak mempunyai daya tarik. Salah satu yang wajib dan tidak boleh untuk dilewatkan adalah aktifitas snorkeling dan scuba diving. perlu diakui, dunia bawah lautnya memang jagoan di kelasnya. Bahkan, ada yang wisatawan pernah mengunjungi tempat ini dan menyamakannya dengan bunaken.

Terumbu karang kawasan ini tidak jauh dari pasir pantai. Sehingga sobat native bisa dengan mudah melihatnya. Karena, masih suci terumbu karang disini, memiliki keindahan yang sangat sempurna. Sepertinya para warga sudah mulai sadar bagaimana caranya merawat alam, sehingga menghadirkan beberapa menu makanan yang enak.

Bagi yang ingin menyelam, di sekitar pantai ada yang menyewakan perlatannya. Dengan harga yang berbeda-beda. Disini pula, sobat native bisa belajar yang namanya diving dan snorkeling dari tenaga-tenaga handal yang berada di sekitaran pantai. Mereka dengan senyum ramah dan sabar akan memberikan begitu banyak pengetahuan tentang apa yang mereka tahu.

Pantai Angsana Snorkling
Image via: www.instagram.com/rusydinarrazy

Sehingga, sobat native bisa mengambil ilmu dan belajar banyak dari mereka. Nah, bagi sobat native yang sudah membawa peralatan sendiri bisa menyewa perahu. Dengan perahu ini sobat native akan diajak untuk melihat beberapa titik spot menyelam yang aduhai.

Titik pertama berada di Bantu Anjir, titik yang kedua sungai dua laut, dan yang ketiga Karang kima. Ketiga spot ini bisa dinikmati sekaligus semua tergantung dengan sobat native sendiri. Setidaknya minimal satu titik sobat native sudah pernah menyelam kedalamnya. Karena, suatu kerugian sudah jauh-jauh sampai disini, tetapi tidak menyelam.

Pantai Angsana Boat
Image via: www.instagram.com/arynikiki__

Aktifitas selain menyelam

Apakah pantai angsana hanya ramah terhadap para penyelam saja? Tidak, kawasan ini ramah terhadap siapa pun. bahkan bagi mereka yang tidak menyukai aktifitas menyelam, pantai ini mempunyai pesona yang tidak kalah eloknya di bibirnya.

Baca Juga :  Pura Besakih Bali; Nikmati Pesona Magis yang Indah Disini

Kegiatan seru yang bisa dilakukan disini adalah menyewa banana boat dan rasakan adrenalin yang terpacu. Saat pisang besar ini melaju dengan kecepatan tinggi dan menghantam ombak-ombak, saat itulah jantung akan bergetar dengan hebat. Rasa takut, senang, gembira, semua menjadi satu dalam sebuah teriakan.

Selain banana boat ada jetski yang bisa disewa. Memacu gas di atas air dan berkelok di jalanan lintasan adalah keseruan dari permainan jetski. Biasanya banyak sobat native yang memilih jetski daripada banana boat yang sudah terlalu mainstream untuk dilakukan.

Pantai Angsana Banana Boat
Image via: www.instagram.com/veradewirosmini

Nah, bagi yang tidak ingin basah-basahan, atau yang sudah basah-basahan tetapi enggan untuk pulang. Sobat native bisa menikmati sebuah jembatan yang seringkali dijadikan sebagai sebuah spot foto. Disini pula, adalah titik terindah bila wisatawan ingin melihat pemandangan senja tenggelam.

Nuansanya akan sangat romantis dan paling tepat untuk menyatakan cinta kepada orang yang disuka. Jangan lupa membawa kamera agar setiap momen tidak terlewatkan sedikit pun. karena, kenangan tidak akan pernah bisa terulang kembali untuk kedua kalinya.

Kuliner dan Oleh-Oleh

Kurang afdol rasanya bekunjung ke tempat wisata tidak mencicipi makanan di beberapa warung yang sudah tersedia. Apalagi, makanan yang disajikan adalah makanan khas seperti soto banjar dan Bula-Bula Lombok. Rasanya sungguh, lidah bergoyang dan tidak mau berhenti. Sobat native harus coba masakan asli banjar dengan bumbu rahasia yang katanya sudah turun-temurun

Puas makan, saat nya berbelanja. Ada berbagai macam souvenir khas laut yang bisa dibeli disini dengan harga yang cukup bersahabat. Mulai dari 10 ribu rupiah, sobat native sudah bisa membelikan sebuah kenang-kenangan untuk yang ada dirumah.

Baca Juga :  Mengenal Sejarah Kelautan Di Museum Bahari Jakarta
Pantai Angsana Sunset
Image via: www.instagram.com/lulukwidy

Alamat Dan Rute Lokasi

Alamat Pantai Angsana adalah jalan sawit KM.8 Bunati, Angsana, Kabupaten Tanah Bumbu, Banjarmasin Kalimantan selatan. Titik poin menuju ke kawasan ini adalah dari Banjarmasin, sudah banyak maskapai yang melayani penerbangan dari dan ke Banjarmasin di berbagai kota di jawa.

Perjalanan menuju pantai angsana dari Banjarmasin menuju ke banjarbaru – Plaihari – Asem-asem – kintab – Sungai Danau – Desa Angsana. Bagi sobat native yang ingin menggunakan transportasi umum bisa menggunakan angkutan L 300 dari terminal yang terletak di kilometer 6 banjarmasin. Dan turun di depan gapura masuk desa angsana. Menuju ke pantainya, sobat native bisa menggunakan ojek.

Harga Tiket Masuk

Tidak ada tiket masuk yang dikenakan untuk kawasan ini. hanya saja biaya parkir yang cukup mahal dimana mobil harus membayar 15 ribu dan motor harus membayar 10 ribu rupiah. Tetapi, menjadi seimbang setelah melihat berbagai macam pesona yang bisa dinikmati disini. apalagi, saat ini pemerintah dan warga bekerja sama demi membangun kawasan pantai yang ramah.

Untuk peralatan snorkeling sobat native akan dikenakan biaya 50 – 75 ribu ruoiah tergantung harinya. Untuk biaya scuba diving. Lebih mahal lagi dipatok 100 – 250 ribu rupiah untuk sekali penyelaman. Tetapi, pesona bawah lautnya yang mempesona seakan menjadi impas.

Pantai Agsana adalah kawasan wisata yang cukup ramah bagi siapa pun yang ingin datang. berada di sini adalah pengalaman yang tidak akan terlupakan. Jadi, kapan sobat native liburan ke sini?

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.