Pantai Anoi Itam, Alamat, Kuliner, Wisata & Keindahannya

Pulau Weh adalah tempat titik 0 kilometer Indonesia bagian Barat. Pulau ini termasuk ke dalam Provinsi Nangroe Aceh Darussalam. Pulau Weh adalah pulau vulkanik yang terbentuk akibat letusan gunung berapi pada zaman Pleistosen.

Pulau Weh terkenal dengan ekosistemnya yang masih terjaga, tak heran jika di pulau ini masih terdapat hewan-hewan yang terancam punah seperti katak Genus Bufo, ikan hiu mulut besar, dan banyak jenis terumbu karang.

Pulau yang memiliki 130.000 penduduk ini terdapat Pantai yang unik yaitu Pantai Anoi Itam. Sesuai namanya  pantai ini memiliki pasir hitam.

Pantai Anoi Itam
Pantai Anoi Itam. Sumber : dolandolen.com

Tapi kan di Indonesia ada beberapa pantai hitam seperti Pantai Licin Di Malang, Pantai Nyanyi di Bali, atau Pantai Jolosutro di Blitar? Nah, pantai Anoi Itam ini memiliki pasir hitam yang berbeda, pasirnya mengandung kandungan Nikel yang tinggi sehingga memilki massa 3 kali lebih berat dari pada pasir hitam yang lainnya.

Bagaimana ya rasanya menginjakan kaki diatas pasir ini? Wajib dimasukan kedalam list travelling nih…

Pantai Anoi Itam yang memiiki ciri khas dan membuat penasaran para wisatawan untuk melihat pasirnya, dan keberhasilan menjaga ekosistemnya.

Rasanya keterjagaan ekosistem ini tak lepas dari penduduk dan pengelola yang saling bahu membahu untuk menjaga kebersihan dan kelestarian alamnya.

Anoi Itam Masih Terjaga Ekosistemnya
Anoi Itam Masih Terjaga Ekosistemnya. Sumber : travel.detik.com

Akan menyenangkan rasanya menyusuri garis Pantai Anoi Itam ini dengan bertelanjang kaki, sambil menikmati jernihnya air dan birunya laut lepas. Pasirnya yang hangat dan ombaknya yang menyapu kaki kita serasa melepaskan semua kepenatan.

Julukan Si Hitam Manis memang pas untuk Pantai Anoi Itam, karena sangat menggambarkan pasirnya yang hitam menawan dan manisnya lingkungan karena bersih dan terjaga ekosistemnya.

Soal kecantikan alamnya tidak usah diragukan lagi. Penghargaan dari majalah Garuda Indonesia sebagai slah-satu pantai tercantik di nusantara menjadi sebuah penegasan bahwa wisatawan wajib mengunjungi pantai Anoi Itam.

Ramai Pengunjung Saat Liburan
Ramai Pengunjung Saat Liburan. Sumber : www.acehimage.com

Ragam Wisata Di Pantai Anoi Itam

Ada beberapa spot yang dihadirkan saat pengunjung datang ke objek wisata Pantai Anoi Itam. Diantaranya :

1. Benteng Peninggalan Penjajahan Jepang

Kalian juga bisa menambah wawasan sejarah, di Pulau Weh kalian akan mudah menemukan bunker-bunker atau benteng pertahanan bekas penjajahan dulu.

Di Pantai Anoi ini juga kalian bisa belajar sejarah mengenai benteng pertahanan masa Jepang pada zaman Perang Dunia ke 2.

Benteng ini berbentuk tapal kuda 1,5 m menghadap ke laut, setengah dari bangunan ini terletak dibawah tanah dan dilengkapi dengan meriam sepajang 3 meter.

Fungsi meriam berdasarkan letak, karena benteng ini juga berfungsi sebagai menara bidik ke arah laut untuk mencegah musuh memasuki wilayah perairan Sabang.

Pada Zaman penjajahan Jepang, Pantai Anoi Itam ini dijadikan pangkalan militer Jepang dan gudang persenjataan Jepang, Karena pulau Weh ini adalah pulau terluar Indonesia, pulau ini cocok untuk menjadi lokasi pertahanan.

Benteng Pertahanan Jepang
Benteng Pertahanan Jepang. Sumber : www.tempatwisata.pro

2. Snorkeling Dan Diving

Dipantai ini juga kalian bisa melakukan snorkeling dan diving dengan menyewa peralatannya di tempat yang sudah disediakan. Dimulai dari harga Rp.300.000 perorang aja, kalian bisa melihat ekosistemnya yang terkenal masih terjaga, kalian bisa menemukan berbagai macam ikan dan terumbu karang.

3. Panorama Pantai Dari Atas Bukit

Melihat keindahan Pantai Anoi Itam dari bibir pantai sudah tentu memanjakan mata. Mau lebih? Coba deh melihat seluruh panorama pantai ini dari atas bukit yang ada di sekitar pantai, maka pemandangan alam menjadi lebih sempurna di hadapan mata.

Pesona Pantai Dari Atas Bukit
Pesona Pantai Dari Atas Bukit. Sumber : www.glory-travel.com

4. Spot Selfie

Status sebagai salah-satu pantai tercantik yang ada di nusantara menjadikan area wisata pantai ini sangat dipenuhi sudut yang sangat cocok untuk para pemburu fotografi.

Momen kebahagiaan saat berwisata, serta view yang indah jangan sampai luput dari tangkapan kamera para traveler ya…..

Spot Selfie Favorit
Spot Selfie Favorit. Sumber : dolandolen.com

Kuliner Khas

1. Kopi Aceh

Selain pantainya yang memiliki pasir yang berkarakter, pantai ini juga menjadi surga untuk para pecinta kopi. Banyak sekali kedai atau cafe yang menjual kopi aceh yang memiliki cita rasa yang sangat khas.

Kopi Citarasa Khas Aceh
Kopi Citarasa Khas Aceh. Sumber : www.airmagz.com

2. Rujak Khas Aceh

Tak lengkap rasanya jika mengunjungi suatu tempat tapi tak mencoba kuliner khas nya. Nah, selain Kopi Aceh yang sangat khas, di kedai atau cafe juga ada Rujak Aceh yang sangat khas karena ditambahkan Buah Kawista (limonia Acidissima) dan Buah Rubiah yaitu buah lokal yang katanya sangat disukai para wanita pedesaan.

Untuk tingkat kepedasan rujak khas Aceh ini ada dua bentuk yaitu diaduk menjadi saus rujak atau disajikan secara terpisah.

Rujak Khas Aceh
Rujak Khas Aceh. Sumber : www.wistakul.com

Lokasi Dan Alamat Pantai Anoi Itam

Lokasi dan alamat Pantai Anoi Itam berada di Desa Anoe Itam Kecamatan Sukajaya Kota Sabang Provinsi Aceh.

Rute Ke Pantai Anoi Itam

Makin tergugah untuk liburan bukan?, kalau kalian ingin ke Pantai Anoi Itam jangan khawatir soal transportasi. Pantai ini hanya berjarak 13 km dari Kota Sabang.

Kamu bisa memakai mobil atau motor dari Kota Sabang melalui jalur timur, melewati Pantai Sumur Tiga dan kalian udah sampai deh di Pantai Anoi Itam.

Tapi untuk menuju Pulau Weh itu sendiri kalian harus menaiki kapal Fery atau Sped Boat lagi dari Pelabuhan Ulee Lheue, Banda Aceh.

Penginapan Di Pantai Anoi Itam

Di Pantai Anoi Itam ini sudah banyak hotel atau resort yang tersedia. Dimulai dari harga sewa Rp.100.000 per malam dan fasilitasnya juga bagus dan lengkap. Kalian bisa booking penginapan melalui aplikasi atau bisa juga langsung di tempat.

Tiket Masuk

Untuk memasuki kawasan Pantai Anoi Itam ini kalian hanya perlu mengeluarkan uang Rp.10.000 per orang yang bisa ditukar dengan air mineral di pintu keluar resort. Murah bangetkan?

Tips Wisata

Pasti kalian semakin mau kan liburan ke Barat Indonesia ini? Ada beberapa tips nih untuk kalian yang mau berlibur ke Pantai Anoi Itam ini.

  • Yang Pertama, jangan pergi sendiri. Akan lebih hemat dan seru pergi dengan kawan. Kalian bisa patungan untuk sewa penginapan, makan, beli cemian, dan lain-lain. Pergi beramai-ramai lebih ┬áseru bukan?
  • Kedua, untuk kalian yang ingin liburan hemat, lebih baik sewa motor untuk pergi berkeliling. Hanya Rp.100.000/24 jam.
  • Ketiga, lebih baik menaiki kapal fery, dari Pelabuhan Ulee Lheue kalian bisa menaiki Kapal Fery hanya Rp.25.000/orang. Selain murah, jika beruntung kalian juga akan bisa meihat lumba-lumba di laut lepas.
  • Yang terakhir, cari penginapan murah. Untuk penginapan diusahakan mencari penginapan yang murah, karena harga dari penginapan tergantung dari view atau pemandangannya. Itu beberapa tips untuk pergi ke Pantai Anoi Itam.

Penutup

Si cantik dari Sabang sebetulnya tengah terancam dengan tangan jahil para pengunjung. Sampah serta coretan di dinding benteng menjadi tanda rasa memiliki yang masih minim di hati oknum-oknum tersebut.

Mari jaga Pantai Anoi Itam sebagai pantai cantik dari Sabang, pantai yang eksotis nan bersejarah. Pantai ini harus tetap terjaga dari generasi ke generasi.

 

 

Baca juga:

Leave a Comment