Pantai Apra, Wisata Bahari Yang Bersejarah Di Cianjur

Pantai Apra adalah salah-satu pantai yang bersejarah, terletak di Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat. Pantai Apra memiliki pesona, dan ciri khas tersendiri, sebagai bagian dari wisata pantai Cianjur Selatan.

Pantai Apra cocok banget buat anda yang ingin menikmati pesona pantai, tapi dengan suasana yang tidak terlalu ramai, namun tetap mampu menyajikan kepuasan wisata.

Sebe;um kita lanjutkan reviewnya, untuk ke sekian kalinya penulis perlu menyampaikan perencanaan liburan ke objek wisata alam, baik pantai, maupun gunung, ataupun air terjun.

berlibur di pantai apra
berlibur di pantai apra. google maps. sumber: Bagas Gunantoro

simak juga: telaga biru

Faktor cuaca sangat berperan penting dalam menghadirkan kepuasan wisata, bahkan sangat menentukan aspek keamanan begitupun saat kunjungan ke Pantai Apra Cianjur.

Para wisatawan diharapkan mampu menjaga kehati-hatian, terutama saat bermain air. Karena pernah terjadi pengunjung yang tergulung ombak Pantai Apra, hingga mengakibatkan kejadian yang memilukan.

Begitupun saat cuaca sedang buruk, maka kawasan Pantai Apra rentan terjadi abrasi. Tetapi sebaliknya, saat cuaca cerah, maka menjadi lokasi yang nyaman untuk merilekskan diri.

Selalu update terlebih dahulu setiap objek wisata yang akan anda kunjungi, terutama di masa PPKM. Karena hal tersebut bisa berdampak terhadap buka, atau tutupnya sebuah objek wisata.

Lokasi Pantai Apra

Lokasi Pantai Apra berada di alamat Desa Saganten, Kecamatan Sindangbarang, Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat.

wisata bahari di sindangbarang cianjur
wisata bahari di sindangbarang cianjur. google maps. sumber: A. Willy Saputra

simak juga: curug citambur

Rute Menuju Pantai Apra

Jalan menuju objek wisata Pantai Apra Cianjur bisa diakses dengan menggunakan kendaraan roda dua, maupun roda empat hingga area parkiran di dekat pantai.

Perjalanan menuju Pantai Apra layaknya sekali mendayung, dua pulau terlampaui. Karena lokasinya dekat dengan Karang Potong Ocean View.

Jarak dari Pantai Apra ke Karang Potong Ocean View hanya sekitar 7 kilometer, dengan waktu tempuh sekitar 15 menit perjalanan, atau waktu tempuh dengan menggunakan mobil.

Harga Tiket Masuk Pantai Apra

  • Tiket masuk Pantai Apra gratis,
  • Para pengunjung hanya membayar biaya parkir saja.
hamparan pasirnya luas
hamparan pasirnya luas. google maps. sumber: SAEFUL FATAH

simak juga: hukoci

Jam Buka Pantai Apra

  • Pantai Apra buka selama 24 jam.
  • Pantai Apra beroperasional setiap hari.

Fasilitas Di Pantai Apra

Fasilitas wisata di Pantai Apra Cianjur memang tidak banyak. Tetapi, fasilitas primer yang diperlukan oleh para wisatawan sudah ada, di antaranya:

  • Area parkir,
  • Toilet,
  • Mushola,
  • Rumah makan,
  • Souvenir,
  • Penginapan Pantai Apra.
wisata bahari yang bersejarah
wisata bahari yang bersejarah. google maps. sumber: Jamal Ludin

simak juga: taman bunga nusantara

Daya Tarik Pantai Apra

1. Wisata Bahari Yang Bersejarah

Daya tarik yang pertama dari Pantai Apra adalah pantai yang menjadi saksi sejarah Angkatan Perang Ratu Adil, di masa penjajahan Belanda, khususnya pada masa Westerling.

Sejarah penamaan Pantai Apra mengacu kepada nama pasukan tersebut. Kabupaten Cianjur, pada saat itu menjadi tempat, dan saksi atas kehancuran pasukan APRA yang akan berangkat menuju Jakarta.

2. Pantai Khas Cianjur Selatan

Pantai Apra memiliki pesona pantai selatan, dengan ciri khas ombaknya yang besar, tetapi memiliki area pasir pantai yang bersih, dan luas.

ombaknya cukup besar
ombaknya cukup besar. google maps. sumber: Salavat Bz

simak juga: tempat wisata di cianjur

Pada saat hari-hari biasa, memang Pantai Apra tidaklah ramai. Tetapi sebaliknya, saat hari libur, khsusunya saat libur lebaran, pantai tersebut selalu dipenuhi oleh para pengunjung.

Bagi anda yang butuh suasana pantai yang tenang, dengan opsi menginap, maka Pantai Apra menjadi pilihan yang tepat. Bahkan bisa menjadi alternatif tempat camping di Cianjur.

Suasana romantis tersaji indah saat sang mentari perlahan mulai terbenam, atau yang kita kenal dengan istilah sunset. Jangan lupa untuk mengabadikan momen kehangatan tersebut bersama orang tercinta.

sunset di pantai apra
sunset di pantai apra. google maps. sumber: iwan gunawan

simak juga: hayyu farm

Yang paling penting lagi, jangan sampai membuang sampah sembarangan, terutama sampah plastik. Dan pastikan untuk selalu mentaati protokol kesehatan.


shopee